silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
nama : yonathan davar nugroho
nim : 857838761
UPBJJ : Surakarta
Pembelajaran yang disampaikan guru tentang menentukan arah mata angin dengan menggunakan posisi matahari dan kompas menunjukkan pendekatan yang sederhana namun efektif. Siswa terlihat antusias dan aktif mengikuti instruksi guru, menunjukkan bahwa metode yang digunakan cukup tepat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti kurangnya penggunaan alat bantu visual dan kesempatan siswa untuk mencoba secara langsung.
Guru memiliki kelebihan dalam menyampaikan materi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, serta mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Metode unik yang digunakan, seperti meminta siswa menunjukkan arah mata angin dengan posisi tubuh, efektif dan mudah diingat oleh anak-anak. Penggunaan kompas secara langsung juga membantu memperkuat pemahaman siswa.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dapat menambahkan alat bantu visual seperti peta arah mata angin, memberi kesempatan siswa untuk berlatih dalam kelompok kecil, dan menyisipkan sesi refleksi atau tanya jawab di akhir kegiatan untuk mengukur pemahaman siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan efektif
Nama : Qonitah Bashirah
Nim: 860242663
UPBJJ: UT Medan
Izin menanggapi video di atas, Video “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yang dipublikasikan oleh Guru Pintar Online Universitas Terbuka merupakan materi pembelajaran yang dirancang untuk siswa kelas III SD. Video ini bertujuan membantu siswa memahami konsep arah mata angin dan cara menentukan arah dengan metode sederhana.
Kelebihan Video:
-Pendekatan Praktis dan Kontekstual
Video ini mengajarkan siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Misalnya, dengan mengarahkan tangan kanan ke arah matahari terbit (timur) dan tangan kiri ke arah barat, maka wajah menghadap utara dan punggung menghadap selatan. Metode ini memudahkan siswa memahami arah secara praktis dan kontekstual.
-Alternatif Saat Cuaca Mendung
Video juga memberikan solusi alternatif jika cuaca mendung dan matahari tidak terlihat, yaitu dengan menggunakan kompas. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dalam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
-Visualisasi yang Menarik
Penggunaan visualisasi dalam video membantu siswa memahami konsep arah mata angin dengan lebih mudah. Animasi dan ilustrasi yang digunakan membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
Kekurangan Video:
-Kurangnya Doa Pembuka dan Penutup
Video tidak mencantumkan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, yang biasanya menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
-Evaluasi Terbatas
Evaluasi dalam video hanya dilakukan di luar kelas, sehingga kurang memberikan gambaran tentang pemahaman siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
-Keterbatasan Interaktivitas
Video ini bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga siswa mungkin memerlukan bimbingan tambahan dari guru atau orang tua untuk memahami materi secara menyeluruh.
Rekomendasi:
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, disarankan agar video ini dilengkapi dengan aktivitas interaktif, seperti kuis atau tugas praktikum sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah. Selain itu, menambahkan doa pembuka dan penutup serta evaluasi selama proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih fokus dan memahami materi dengan lebih baik.
Secara keseluruhan, video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk mengenalkan konsep arah mata angin kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
UPBJJ: UT MEDAN
Izin menanggapi video di atas, “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yang dipublikasikan oleh Guru Pintar Online Universitas Terbuka merupakan materi pembelajaran yang dirancang untuk siswa kelas III SD. Video ini bertujuan membantu siswa memahami konsep arah mata angin dan cara menentukan arah dengan metode sederhana.
Kelebihan Video:
-Pendekatan Praktis dan Kontekstual
Video ini mengajarkan siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Misalnya, dengan mengarahkan tangan kanan ke arah matahari terbit (timur) dan tangan kiri ke arah barat, maka wajah menghadap utara dan punggung menghadap selatan. Metode ini memudahkan siswa memahami arah secara praktis dan kontekstual.
-Alternatif Saat Cuaca Mendung
Video juga memberikan solusi alternatif jika cuaca mendung dan matahari tidak terlihat, yaitu dengan menggunakan kompas. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dalam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
-Visualisasi yang Menarik
Penggunaan visualisasi dalam video membantu siswa memahami konsep arah mata angin dengan lebih mudah. Animasi dan ilustrasi yang digunakan membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
Kekurangan Video:
-Kurangnya Doa Pembuka dan Penutup
Video tidak mencantumkan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, yang biasanya menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
-Evaluasi Terbatas
Evaluasi dalam video hanya dilakukan di luar kelas, sehingga kurang memberikan gambaran tentang pemahaman siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
-Keterbatasan Interaktivitas
Video ini bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga siswa mungkin memerlukan bimbingan tambahan dari guru atau orang tua untuk memahami materi secara menyeluruh.
Rekomendasi:
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, disarankan agar video ini dilengkapi dengan aktivitas interaktif, seperti kuis atau tugas praktikum sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah. Selain itu, menambahkan doa pembuka dan penutup serta evaluasi selama proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih fokus dan memahami materi dengan lebih baik.
Secara keseluruhan, video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk mengenalkan konsep arah mata angin kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
UPBJJ: UT MEDAN
Izin menanggapi video di atas, “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yang dipublikasikan oleh Guru Pintar Online Universitas Terbuka merupakan materi pembelajaran yang dirancang untuk siswa kelas III SD. Video ini bertujuan membantu siswa memahami konsep arah mata angin dan cara menentukan arah dengan metode sederhana.
Kelebihan Video:
-Pendekatan Praktis dan Kontekstual
Video ini mengajarkan siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Misalnya, dengan mengarahkan tangan kanan ke arah matahari terbit (timur) dan tangan kiri ke arah barat, maka wajah menghadap utara dan punggung menghadap selatan. Metode ini memudahkan siswa memahami arah secara praktis dan kontekstual.
-Alternatif Saat Cuaca Mendung
Video juga memberikan solusi alternatif jika cuaca mendung dan matahari tidak terlihat, yaitu dengan menggunakan kompas. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dalam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
-Visualisasi yang Menarik
Penggunaan visualisasi dalam video membantu siswa memahami konsep arah mata angin dengan lebih mudah. Animasi dan ilustrasi yang digunakan membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
Kekurangan Video:
-Kurangnya Doa Pembuka dan Penutup
Video tidak mencantumkan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, yang biasanya menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
-Evaluasi Terbatas
Evaluasi dalam video hanya dilakukan di luar kelas, sehingga kurang memberikan gambaran tentang pemahaman siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
-Keterbatasan Interaktivitas
Video ini bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga siswa mungkin memerlukan bimbingan tambahan dari guru atau orang tua untuk memahami materi secara menyeluruh.
Rekomendasi:
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, disarankan agar video ini dilengkapi dengan aktivitas interaktif, seperti kuis atau tugas praktikum sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah. Selain itu, menambahkan doa pembuka dan penutup serta evaluasi selama proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih fokus dan memahami materi dengan lebih baik.
Secara keseluruhan, video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk mengenalkan konsep arah mata angin kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.
Nama : Rahmanti
Nim : 856601762
menurut pengamatan saya tentang video yang saya lihat -Pendekatan Praktis dan Kontekstual
Video ini mengajarkan siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam. Misalnya, dengan mengarahkan tangan kanan ke arah matahari terbit (timur) dan tangan kiri ke arah barat, maka wajah menghadap utara dan punggung menghadap selatan. Metode ini memudahkan siswa memahami arah secara praktis dan kontekstual.
-Alternatif Saat Cuaca Mendung
Video juga memberikan solusi alternatif jika cuaca mendung dan matahari tidak terlihat, yaitu dengan menggunakan kompas. Hal ini menunjukkan fleksibilitas dalam metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.
-Visualisasi yang Menarik
Penggunaan visualisasi dalam video membantu siswa memahami konsep arah mata angin dengan lebih mudah. Animasi dan ilustrasi yang digunakan membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan.
Kekurangan Video:
-Kurangnya Doa Pembuka dan Penutup
Video tidak mencantumkan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, yang biasanya menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar.
-Evaluasi Terbatas
Evaluasi dalam video hanya dilakukan di luar kelas, sehingga kurang memberikan gambaran tentang pemahaman siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
-Keterbatasan Interaktivitas
Video ini bersifat satu arah dan kurang interaktif, sehingga siswa mungkin memerlukan bimbingan tambahan dari guru atau orang tua untuk memahami materi secara menyeluruh.
Rekomendasi:
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, disarankan agar video ini dilengkapi dengan aktivitas interaktif, seperti kuis atau tugas praktikum sederhana yang dapat dilakukan siswa di rumah. Selain itu, menambahkan doa pembuka dan penutup serta evaluasi selama proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih fokus dan memahami materi dengan lebih baik.
Secara keseluruhan, video ini merupakan sumber belajar yang bermanfaat untuk mengenalkan konsep arah mata angin kepada siswa sekolah dasar dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.
Nama : Muhammad Rizki
Nim : 856576651
Pokjar : Kerinci
a) Reaksi siswa
Pada awal video siswa tampak kurang mengerti pembelajaran karna guru langsung menunjuk siswa untuk menentukan arah mata angin kepada siswa yang belum mengerti arah mata angin
b) Kelebihan
Guru mengajak siswa keluar kelas untuk menentukan arah mata angin langsung mempraktekkan secara langsung ke siswa
c) Kurangnya
Didalam kelas penjelasan guru yang kurang menarik/monoton membuat siswa kurang bersemangat atau bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru tidak menegur siswa untuk tidak menyorati temannya yang salah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
d) Hal unik
Didalam video tersebut ditemukan hal unik di dalam metode yang digunakan yaitu mengeksplore sekeliling. Sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran.
e) Solusi
Sebagai guru juga harus bisa menciptakan inovasi ataupun pembaharuan dalam pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran menyenangkan dan kondusif. Misalnya sebelum belajar, seorang guru dapat menciptakan suasana yang asik dengan icebreaking atau permainan singkat yang menyenangkan sebelum memulai pembelajaran.
Nama : Oga dinni Putra
NIM : 856601755
Assalamualaikum wr, wb.
Dari video ini reaksi : Siswa menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi selama pembelajaran, terutama saat guru mengajak mereka belajar di luar ruangan untuk mempraktikkan cara menentukan arah mata angin menggunakan anggota tubuh mereka sendiri.
Hal unik : Metode pembelajaran yang digunakan dalam video ini cukup unik, yaitu dengan meminta siswa mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, kemudian mengarahkan tangan kanan ke arah timur (matahari terbit) dan tangan kiri ke arah barat. Dengan posisi ini, siswa dapat menentukan bahwa di hadapan mereka adalah utara dan di belakang adalah selatan.
Kelebihan : Pendekatan Praktis dan Kontekstual, Mengajarkan siswa menentukan arah mata angin dengan mengamati posisi matahari, membuat pembelajaran lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran Aktif, Melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan di luar kelas, meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka.
Sesuai Kurikulum, Materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, memastikan relevansi dan ketercapaian tujuan pembelajaran.
Kekurangan : Tidak Ada Salam Pembuka dan Penutup, Guru tidak melakukan salam pembuka saat memulai pembelajaran dan tidak menutup dengan doa atau salam penutup.
Evaluasi Terbatas, Evaluasi pembelajaran hanya dilakukan saat di luar ruangan, tidak ada evaluasi saat di dalam kelas.
Penjelasan Materi Kurang Rinci, Di awal pembelajaran, guru tidak menjelaskan materi secara rinci, seperti pengertian mata angin dan kegunaannya.
Tindak lanjut : Peningkatan Kegiatan Pembuka dan Penutup, Guru disarankan untuk memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan salam atau doa untuk membangun suasana belajar yang kondusif.
Evaluasi yang Lebih Menyeluruh, Melakukan evaluasi baik di dalam maupun di luar kelas untuk memastikan pemahaman siswa secara menyeluruh.
Penjelasan Materi yang Lebih Mendalam, Memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang konsep mata angin dan kegunaannya sebelum praktik lapangan.
Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif, Mengintegrasikan media pembelajaran interaktif seperti video atau permainan edukatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa.
Nama : Muhammad Rizki
Nim : 856576651
Pokjar : Kerinci
a) Reaksi siswa
Pada awal video siswa tampak kurang mengerti pembelajaran karna guru langsung menunjuk siswa untuk menentukan arah mata angin kepada siswa yang belum mengerti arah mata angin
b) Kelebihan
Guru mengajak siswa keluar kelas untuk menentukan arah mata angin langsung mempraktekkan secara langsung ke siswa
c) Kurangnya
Didalam kelas penjelasan guru yang kurang menarik/monoton membuat siswa kurang bersemangat atau bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru tidak menegur siswa untuk tidak menyorati temannya yang salah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
d) Hal unik
Didalam video tersebut ditemukan hal unik di dalam metode yang digunakan yaitu mengeksplore sekeliling. Sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran.
e) Solusi
Sebagai guru juga harus bisa menciptakan inovasi ataupun pembaharuan dalam pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran menyenangkan dan kondusif. Misalnya sebelum belajar, seorang guru dapat menciptakan suasana yang asik dengan icebreaking atau permainan singkat yang menyenangkan sebelum memulai pembelajaran.
Nama : YORIY HANDICA
Nim : 856602187
POKJAR: KERINCI
Menurut pendapat saya terkait video tersebut adalah. Untuk mengajarkan siswa tentang arah mata angin itu perlu praktik langsung seperti yang dilakukan guru,yaitu praktik menggunakan anggota badan yaitu tangan kanan menunjukkan arah timur,tangan kiri menunjukkan arah barat dll anak jadi lebih tau arah mata angin dan kegunaan mengetahui arah mata angin.
Jika tidak ada praktik langsung, anak anak pasti kesulitan memahami materi tersebut.
Nama: Arrum Neisvillia
NIM: 859540506
Semester: 6
Prodi: S1-PGSD
Salut: Banjar Agung, Tulang Bawang
UT Daerah: Lampung.
Menurut saya, video tersebut sangat bermanfaat terutama bagi peserta didik sekolah dasar untuk melatih kemampuan mereka dalam menentukan arah mata angin. Guru tersebut mengajarkan dengan cara yang sederhana dan mudah untuk dipahami, yaitu dengan menggunakan posisi matahari terbit dan terbenam. Selain itu juga, dalam video tersebut menjelaskan bahwa pentingnya mengetahui arah mata angin karena untuk menentukan letak suatu tempat dengan cepat dan tepat. Meskipun video tersebut hanya fokus pada matahari saja dan tidak menggunakan alat bantu/media pembelajaran lainnya, serta hanya fokus pada empat arah mata angin saja (Timur, Barat, Utara, Selatan). Namun secara keseluruhan, sudah menjadi sumber belajar yang baik untuk peserta didik sekolah dasar dalam memahami konsep arah mata angin secara sederhana.