silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Menurut saya video tersebut bisa membantu anak mengurangi kecanduan pada gadget dengan memberikan contoh dan dampak main gadged dan juga kegiatan bermain peran yang bisa memberikan penjelasan kepada anak bahwa main gadget ada batasan dan aturannya karena jika terlalu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan . kegiatan lain yang bisa diberikan agar anak tidak kecanduan gadget bisa dengan menunjukkan gambar seorang anak yang matanya sampai bengkak karena bermain gadget terlalu sering karena dengan melihat gambar secara langsung anak bisa mengetahui gambar itu merupakan bukti akibat dari main gadget yang buruk. Dalam video ini guru sudah berusaha memaksimalkan peran pengasuhan anak usia dini. Untuk kegiatan Project based learning bisa juga dilakukan di sekolahan bersama teman-teman dengan didampingi guru sehingga guru juga bisa mengamati secara langsung kegiatan anak-anak membuat gadget dari kertas karton

    4
    1
  2. assalamualaikum, ijin menyampaikan pendapat
    nama:Kamilah Faoziyyah
    NIM:857457659
    Prodi: PGPAUD AKPMM
    1. video diatas sangat bermanfaat terutama untuk ayah bunda yang anaknya mengalami kecanduan gadget, dengan memberikan edukasi yang baik kepada anak, menjelaskan bahaya gadget kepada anak merupakan salah satu cara untuk dapat mengurangi penggunaan gadget.
    2. Selain edukasi mengenai bahaya gadget kepada anak, hal yang dapat kita lakukan adalah memberikan peraturan pemakaian gadget,yang harus disepakati oleh kedua belah pihak baik anak dan orang tua. misalnya anak boleh menggunakan gadget ketika libur sekolah dengan durasi 15 mneit per hari.konten yang boleh anak lihat atau tonton di gadget juga harus selalu dipantau dan diawasi. selain itu hal penting yang harus dilakukan orang tua adalah tidak menggunakan gadget ketika bersama anak. karena banyak anak yang kecanduan gadget karena meraka sering melihat orangtuanya menggunakan gadget sehingga mereka juga tertarik. orang tua harus berkomitmen ketika sedang bersama anak komunikasi kebersamaan dan bermain dengan anak merupakan prioritas tanpa menggunakan gadget.
    3. cukup efektif, guru menerangkan bahaya gadget dengan gaya yang mudah dipahami anak, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan main dengan gadget. guru juga memberikan kegiatan yang menarik dalam membuat gadget dari bahan dus yang akan dilakukan bersama orangtua, sehingga dapat memberikan quality time anak bersama orangtuanya.
    4.sebenarnya dalam video ini tidak semua hal dapat dilihat apakah guru ini sudah maksimal memberikan pengasuhan, disini guru memberikan materi secara menyenangkan, kegiatan yang diberikan juga cukup menarik, guru juga memberikan kesempatan pada anak untuk tanya jawab, adanya komunikasi 2 arah, juga memberikan kesempatan pada anak untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya, tetapi untuk pengasuhan secara person to person belum terlihat dari video ini seperti memuji hasil karya anak, memberikan semangat kepada anak ketika mengalami kesulitan dalam kegiatan.
    5. disini guru memberikan project untuk anak berkreasi dengan tema gadget, diawal guru mejelaskan tentang gadget dan ada sesi tanya jawab dengan anak, lalu guru menjelaskan bahaya gadget agar anak tidak kecanduan bermain gadget. setelah itu anak diberikan kebebasan untuk membuat gambar gadget sesuai dengan imajinasinya masing-masing. dan untuk puncaknya anak-anak membuat gadget bersama orangtua darii bahan-bahan yang telah ditentukan. salah satu hal yang belum terlihat pada video adalah nelum adanay kegiatan bersama- sama yang dilakukan anak-anak pada project ini

  3. Assalamualaikum …
    Perkenalan nama saya Aam Patmawati Nim 857500618 semester 2 ,
    Setelah saya melihat Vidio di seri anak sulit mengungkapkan ketidak setujuan nya secara verbal di topik ini mungkin saya juga pasti akan segera menghampiri anak dan akan menanyakan kenapa menangis kan dalam Vidio ini si anak menangis itu karna krayon nya di ambil sama teman nya dengan tanpa permisi dan si anak pun tidak bisa mengungkapkan bahwa kerayon nya tidak boleh di pinjam jadi si anak meluapkan nya dengan cara menangis , disini kita sebagai pendidik tentunya benar sekali apa yg di katakan tadi di dalam Vidio kita harus cepat tanggap dan menghampiri si anak , dan juga kita harus bisa membujuk anak untuk berhenti menangis , jika anak terus menangis juga juga harus bisa menenangkan si anak tersebut , dan kita beri pengarahan untuk anak-anak yang lain nya juga ketika meminjam suatu barang milik teman itu haru ijin terlebih dahulu ..
    Terimakasih

  4. Setelah saya menonton, video tersebut sangat efektif dan juga sangat bermanfaat baik bagi orang tua maupun sesama pendidik. Dari video ini saya belajar banyak hal, tentang penanganan kecanduan gadget pada anak usia dini. Video nya pun mudah dipahami. Penjelasan dari video tersebut sangat jelas.
    Dalam video ini pun guru melibatkan orang tua, jadi bukan hanya di sekolah saja, tapi di rumah juga ada aturan agar anak tidak kecanduan gadget. Hal ini sangat lah penting bagi perkembangan anak, karena pihak sekolah dan orang tua sejalan.
    Dalam video ini pun guru sudah cukup maksimalkan perannya sebagai pendidik. Kegiatan yang diciptakan pun menarik perhatian anak.

  5. 1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya, video diatas sangat membantu untuk anak didik menerima informasi mengenai pengaruh buruk terlalu lama bermain gadget. Disini Ibu guru menjelaskan positif buruk dari terlalu banyak bermain gadget dan akibat-akibat yang bisa terjadi, seperti mata menjadi bengkak. Selain itu, untuk mendalami masalah yang ada, Ibu guru juga mengajak anak untuk bermain peran sebagai orang tua untuk mempelajari alasan orang tua melarang anak untuk bermain gadget terlalu lama. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketergantungan akan gadget sangat besar pada era ini. Namun, semua hal itu harus tetap ada batasannya mengingat manusia adalah makhluk yang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Cara lain yang bisa dilakukan oleh ibu guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan memberikan kesibukan berupa project sederhana untuk di lakukan di rumah, contoh, ibu guru memberi tugas yaitu si anak harus melakukan kegiatan lain selain bermain gadget, seperti, menceritakan kepada orang tua apa saja yang telah dikerjakan selama di sekolah.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Menurut saya project tersebut tepat karena anak melakukan aktifitas nyata yang dilakukan bersama orang tua. Dengan memiliki kesibukan diharapkan anak menkadi lebih tertarik untuk membangun kreatifitas yang dimiliki serta mampu meningkatkan komunikasi dengan orang tua.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Menurut saya Ibu guru telah melakukannya dengan tepat, karena guru melakukan pembelajaran ini tidak hanya dalam satu hari namun dua hari. Hal ini menunjukkan bahwa ibu guru ingin menggali potensi kreatifitas anak dengan selalu melakukan diskusi dua arah dengan anak didik agar tercapai tujuan inti yaitu memberi pengertian bahwa bermain gadget akan memberi pengaruh yang kurang baik baik bagi perkembangna fisik, psikologis, dan sosial anak.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya project based learning yang dilakukan sudah sesuai karena disini anak dituntut untuk belajar sambil bermain. Project yang diberikan pun sudah sesuai dengan kebutuhan anak untuk mengembangkan kreatifitas dan pengertian untuk bertanggung jawab terhadap pilihannya.

  6. assalamu’alaikum
    perkenalkan saya Yulianti Mahasiswi UT UPBJJ Banjarmasin, saat ini menjadi tenaga honor mengajar di lembaga TK Tunas Harapan Banjarbaru…
    menurut saya pada video yang telah ditampilkan tersebut memparkan bagaimana Guru dan orang tua menjadi model yang memberikan contoh kepada anak dalam memberi batasan penggunaan gadget agar tidak berlebihan di tangan anak sudah tersampaikan dengan baik. Anak-anak pun dapat menerima pembelajaran yang sudah disampaiakan. Pada kegiatan main pun anak-anak antusias dalam mengerjakan. Guru telah berhasil memberikan pemahaman kepada anak tentang plus-minusnya bermain gadget, bahwa segala bentuk perkembangan zaman apabila dilakukan dan digunakan secara berlebihan akan mempunyai dampak negative baik bagi Kesehatan anak dana psikologisnya.

  7. Nama: Rizky Mai Khusnia ‎
    NIM : 858799085‎
    Prodi : PG PAUD AKPMM‎
    Pembelajaran yang dilakukan didalam video ini bermanfaat untuk pendidik di sekolah maupun dirumah (orang tua). ‎Guru memahami bahwa gadget hampir menjadi seperti kebutuhan anak-anak di zaman sekarang. Karena hampir ‎segala sesuatu di masa sekarang selalu membutuhkan gadget. Dalam video ini guru tidak memberikan larangan yang ‎keras kepada anak, melainkan memberikan informasi tetang bagaimana cara memakai gadget dengan baik dan bijak ‎lewat permainan dan bercerita, dimana bermain dan bercerita merupakan dunia bagi anak.‎
    Namun, tempat duduk masih kurang efektif untuk dilakukan didalam kelas. Karena tempat duduk tersebut mudah ‎membuat konsentrasi anak terpecah sehingga pada saat guru bercerita anak memiliki kesibukan masing-masing. ‎Seharusnya anak-anak melingkar menjadi satu di lantai menggunakan alas/karpet, sementara guru duduk di tempat ‎duduk yang lebih tinggi daripada anak-anak sehingga semua anak dapat terfokus pada kegiatan yang berlangsung. ‎Serta cerita yang dibawakan guru akan lebih baik lagi jika bertema agar lebih menarik. Cerita yang bertema akan lebih ‎mengena pada ingatan anak sehingga mereka akan terus mengingat pesan yang diberikan guru.‎
    Cara guru menjalin kerjasama dengan orang tua untuk mengurangi anak dalam bermain gadget sudah baik, dengan ‎cara memberikan tugas bersama dengan orang tua. Selain itu, juga ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua di ‎rumah agar anak tidak menggunakan gadget terlalu berlebihan :‎
    a.‎ Orang tua memberikan batasan waktu pada anak untuk bermain gadget
    b.‎ Menjadi contoh bagi anak dengan cara tidak bermain hp di depan anak dan seperlunya
    c.‎ Awasi tontonan yang di tonton anak
    d.‎ Ajak anak untuk bermain fisik ‎

  8. Assalamualaikum wr wb
    Nama: Nasti purnamasari
    Nim: 859411889
    PGPAUD
    Izin memberi tanggapan
    Pendapat saya mengenai video tersebut yakni sangat berguna bagi anak-anak yang dalam kesehariannya ketergantungan handphone. Dengan memberikan pemahaman tentang kegunaan handphone serta bahaya yang ditimbulkan jika memakai dengan berlebih.
    Cara saya sebagai pendidik atau orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan hanndphone yaitu pertama saya akan memberikan batasan waktu untuk bermain handphone…karna jika sewaktu-waktu kita langsung mengambil atau memberi perintah untuk menghentikannya,,membuat anak menjadi tantrum..
    jadi akan lebih baik jika tahap demi tahap dilakukan pengurangan wktu bermain handphone,serta tetap mengawasi anak dengan konten-konten yang bisa dilihat dan tidak boleh dilihat
    cara kedua biasanya saya akan mengajak peserta didik atau anak-anak untuk bermain bersama,sehingga dapat membuat anak melupakan handphone
    menurut saya cara guru tersebut sudah maksimal dalam melaksanakan peran pengasuhan pembelajaran Anak Usia Dini.

  9. menurut saya video tersebut bagus dan efektif dalam memberikan pemahaman terhadap anak dalam penggunaan gadget yang baik dan benar sesuai kebutuhan. guru telah secara maksimal dalam pengasuhan anak di sekolah , guru juga secara lengkap menjelaskan tentang gadget dan bahayanya jika menggunakan secara berlebihan dan tanpa kontrol. menurut saya selain dala video ada juga cara lain yaitu dengan menyibukkan anak dengan kegiatan yang menyenangkan diruah dengan orang tua. secara intensive orang tua meluangkan waktu 20 s/d 60 enit per hari untuk berkegiatan dengan anak contohnya mengajak berkebun, membersihkan ruah ,membuat kerajinan dan lain sebagainya sehingga anak akan terlupakan dengan gadget. karena keterlibatan orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan suatu pebelajaran.

  10. Nama : Rizani Rinja
    NIM : 857747883
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Semarang

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya video yang disajikan bisa memberi pengetahuan dan menginspirasi anak untuk tidak bermain gadget, karena bagaimanapun anak paling nurut kalau Bu Guru yang menasehati

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? Guru bisa memberi tugas kepada anak seperti mewarnai gambar, supaya anak bisa perlahan melupakan gadgetnya

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? Belum sepenuhnya, mungkin ketika anak disekolah bisa untuk meredam namun ketika kembali kerumah rasa ingin itu pasti ada, nah peran orang tua juga sangat penting dirumah untuk bisa mengendalikan anak supaya tidak bermain gadget, jadi kerjasama antara guru dan orang tua perlu dipererat

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Sudah, karena guru sudah memberi arahan dan stimulasi untuk anak didiknya

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? Dalam proses penjelasan kegiatan belajarnya

Leave a Reply