silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Nama : Mutoharoh
    NIM : 858164589
    Prodi ; S1- PGPAUD
    a. Pembelajaran melalui video tadi memberikan solusi bagi kita pendidik bagai mana cara kita menanamkan pemahaman tentang dampak baik dan buruk jika seorang anak mempunyai hobi main gadget.
    b. cara kita agar anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan memberikan pembelajaran yang mendidik, misalanya mengajak anak untuk bermain membuat alat komunukasi seperti HP dari plastisin.
    c. project yang di buat oleh Guru belum maksimal untuk mengalihkan kecanduan anak dalam gadget,sebab kegiatan tersebut anak hanya diminta untuk mencari gambar yang disembunyikan oleh guru.
    d. Dalam video guru belum memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini
    e. Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan guru di video ini menurut anda belum maksimal adalah saat guru menyuruh anak mencari gambar yang disembunyikan guru.

  2. Nama : Nikmatus Sholekah
    Nim : 858569461

    1. sangat bermanfaat,Baik dan mudah di pahami.
    2. cara lainya, sebagai orang tua. harus menyediakan waktu untuk mendidik anaknya, karena tidak jarang anak diberikan gadget agar tidak mengganggu hal yang di sedang di kerjakan orang tua nya.
    3. cukup efektif karena tidak semua dalam kondisi yang sama baik dari segi ekonomi, waktu dan lainya.
    4. guru dalam video tersebut sangat maksimal peran nya dalam memperkenalkan IT pada anak serta memberi wawasan yang lebih luas untuk orang tua
    5. project tersebut ada baiknya dibahas juga tentang pengaturan waktu kebersamaan anak dan orang tuanya. ada kalanya orang tua harus sibuk bekerja dan akhirnya anak dapat berlebihan dalam menggunakan gadget tanpa pengawasan

  3. nama: tiara kusuma wati
    NIM:858749682
    Prodi: PGPAUD-BI
    1. video diatas sangat bermanfaat terutama untuk ayah bunda yang anaknya mengalami kecanduan gadget, dengan memberikan pngarahan yang baik kepada anak, menjelaskan bahaya gadget kepada anak merupakan salah satu cara untuk dapat mengurangi penggunaan gadget pada anak.
    2. Selain edukasi mengenai bahaya gadget kepada anak, hal yang dapat kita lakukan adalah memberikan peraturan pemakaian gadget, yang harus disepakati oleh kedua belah pihak baik anak dan orang tua. misalnya anak boleh menggunakan gadget ketika libur sekolah, konten yang boleh anak lihat atau tonton di gadget juga harus selalu dipantau dan diawasi.bisa juga sudah di donlutkan aplikasi yang bisa mnunjang bljr anak, tp anak tidak mnyadari klo dia sdang bljr mlui mdia game di hp. orang tua adalah tidak menggunakan gadget ketika bersama anak.
    3. cukup efektif, guru menerangkan bahaya gadget dengan gaya yang mudah dipahami anak, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan main dengan gadget. guru juga memberikan kegiatan yang menarik dalam membuat gadget dari bahan dus yang akan dilakukan bersama orangtua, sehingga dapat memberikan quality time anak bersama orangtuanya.
    4.sebenarnya dalam video ini tidak semua hal dapat dilihat apakah guru ini sudah maksimal memberikan pengasuhan, disini guru memberikan materi secara menyenangkan bagi anak, kegiatan yang diberikan juga cukup menarik, guru juga memberikan kesempatan pada anak untuk tanya jawab, adanya komunikasi 2 arah, juga memberikan kesempatan pada anak untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya, tetapi untuk pengasuhan secara person to person belum terlihat dari video ini seperti memuji hasil karya anak, memberikan semangat kepada anak ketika mengalami kesulitan dalam kegiatan.
    5. disini guru memberikan project untuk anak berkreasi dengan tema gadget, diawal guru mejelaskan tentang gadget dan ada sesi tanya jawab dengan anak, lalu guru menjelaskan bahaya gadget agar anak tidak kecanduan bermain gadget. setelah itu anak diberikan kebebasan untuk membuat gambar gadget sesuai dengan imajinasinya . dan untuk anak-anak membuat gadget bersama orangtua darii bahan-bahan yang telah ditentukan. salah satu hal yang belum terlihat pada video adalah nelum adanay kegiatan bersama yang dilakukan anak-anak pada project ini

  4. tidak bisa di pungkiri pada jaman generasi z ini semua orang mudah sekali mengenal gadjet, bahkan anak-anak usia dinipun sudah mampu mengoprasikannya, pdahal dalam penggunaan gadget ada banyak manfaat dan ada banyak pula bahayanya, apalagi jika dipakai oleh Anak-anak justru banyak sekali bahayannya oleh sebab itu penggunaaan gadget pada anak-anak harus selalu di dampingi oleh orang tua. namun kebanyakan anak sekarang justru kecanduan menggunakan gadget terutama Hp dan terkadang orang tua juga merasa supaya anak bisa diam akhirnya orang tuanya memfasilitasi dengan memberikan hp tersebut akibatnya anak akan kecanduan, jika diminta anakpun akan marah.
    nah melihat hasil video diatas sangat bagus sekali edukasi yang disampaikan kepada anak tentang penggunaan HP dan bahayanya sangat mengena, disamping itu anak juga di berikan kegiatan yang menyenangkan bersama orang tua dirumah, supaya anak tidak hanya di sibukkan dengan HP saja namun ada hubungan baik serta penddekatan yang baik antara orang tua dan anak, jadi ada kerja sama antara guru dan orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting.

  5. 1. Menurut pendapat saya tentang video cara tepat mengenalkan IT pada anak ( literasi digital ) sudah sangat setuju dan sangat membantu untuk anak didik agar mengetahui dampak positif dan negatif adanya gadget. Dengan adanya dampak positif diantara nya anak bisa mengikuti jaman perkembangan IT , namun juga ada dampak negatifnya seperti : mata menjadi bengkak Anak juga mengalami ketergantungan akan gadget , oleh karena itu anak harus dibatasi dalam bermain gadget .
    2. Cara lain yang bisa dilakukan oleh guru agar anak tidak ketergantungan pada gadget adalah memberikan kesibukan atau kreativitas pada anak . Bercerita tentang sekolah serta memberikan batas waktu untuk bermain gadget.
    3.menurut saya sangat efektif karena dengan mengajak anak bermain peran akan memberikan anak kreatif dan tidak mengingat bermain gadget , guru juga bisa mengajak anak dengan kegiatan yang cukup menarik.
    4. Sudah , karena guru sudah memberikan arahan dan stimulasi untuk anak didik agar mengetahui bahwa berlian gadget akan memberikan pengaruh yang kurang baik bagi perkembangan fisik, psikologi dan sosial.
    5. Menurut saya sudah cukup maksimal karena dalam pembelajaran tersebut ajuga memaksimalkan dan mencangkul semuanya . Pembelajaran pun sudah mencangkup semua yang sudah menggunakan projek sesuai dengan kebutuhan anak agar dapat mengembangkan kreatifitas.

  6. Nama : Rike Nur Janah
    NIM : 858733523
    izin menanggapi video ulasan “cara tepat mengenalkan IT pada anak literasi digital”.
    menurut pendapat saya pada video tersebut saya sependapat dan setuju tentang pengenalan IT pada anak dengan memberikan arahan serta pengertian bahaya penggunaan gadged yang berlebihan. guru sangat efektif dengan mengajak anak berperan aktif dengan mengajak anak bermain peran, bermain guna mengasah kreatifitas dan kemampuan motorik pada anak, menggali kemampuan bahasa anak, menjalin komunikasi antara guru dan orang tua sehingga dapat saling bekerja sama guna tercapai perkembangan anak. adapun tambahan untuk mengatasi kecanduan gadged pada anak yaitu dengan mendampingi kegiatan belajar online anak, menjadi contoh pada anak dengan tidak menggunakan gadged di depan anak, menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak. sekian pendapat dari saya, kurang lebihnya mohon koreksi. terima kasih.

  7. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Istuti
    NIM : 859548532

    izin menanggapi video ulasan “cara tepat mengenalkan IT pada anak literasi digital”.
    pada sekarang ini gadged adalah suatu hal yang tidak dapat dielakkan lagi, anak dari bayipun sudah kenal dengan gadged, IT dapat mendatangkan manfaat juga jika tidak ada kontrol akan mengakibatkan hal yang fatal, orangtua terkadang tanpa pikir panjang memberikan gadged kepada anak kerena kesibukan dll yang penting tenang tanpa memikirkan efek dari ketegantungan pada gadged ,
    salah satu efek dari akibat kurangnya kontrol atau pengendalian gadged banyak permasalahan pada anak usia dini, terutama saat disekolahan, para pendidik sangat kelimpungan saat menghadapinya misalnya anak menjadi tantrum susah untuk dikendalikan emosinya, susah bersosialisasi dengan temannya , anak menjadi susah konsentrasi, kurangnya rasa empati , kurangnya gerak motorik pada anak karena dengan gadged anak tidak melakukan gerak.
    menurut pendapat saya pada video tersebut saya sependapat dan setuju tentang pengenalan IT pada anak dengan memberikan arahan serta pengertian bahaya penggunaan gadged yang berlebihan
    dengan bekerjasama antara orangtua dan guru dapat melakukan hal positif sebagai berikut:
    1.Memberikan kesibukan atau kreativitas pada anak.
    2.Bercerita tentang sekolah serta memberikan batas waktu untuk bermain gadget.
    3.Duru memberikan project untuk anak berkreasi dengan tema gadget, diawal guru mejelaskan tentang gadget dan ada sesi tanya jawab dengan anak, lalu guru menjelaskan bahaya gadget agar anak tidak kecanduan bermain gadget. setelah itu anak diberikan kebebasan untuk membuat gambar gadget sesuai dengan imajinasinya . dan untuk anak-anak membuat gadget bersama orangtua darii bahan-bahan yang telah ditentukan.
    4.Bekerjasama dengan orangtua dalam mengontrol anak dalam penggunaaan gadged
    5.Sekolah mengadakan parenting tentang manfaat dan bahaya Gadged kepada wali murid agar memiliki pemahaman yang sama tentang pola asuh masa digital

    sekian terimakasih.

  8. Nama : Nurul Hidayah_858826215
    Prodi : PGPAUD AKPMM

    1. Menurut saya terkait isi video literasi digital penggunaan gawai di atas materi yang disampaikan sudah memuat tujuan pembelajaran berdasarkan aspek perkembangan yang berorientasi pada anak. Kegiatan dalam vidio tersebut yaitu:
    – Bermain peran terkait batas waktu penggunaan HP.
    – Membuat gambar handphone dari kertas atau karton bersama orang tua

    2. Selain cara yang ada pada video, cara lain yang dapat dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget yaitu:
    – mengajak anak bermain fisik, misal lomba lari, senam irama bebek, membantu guru merapikan kelas. Jika di rumah maka orang tua juga perlu di berikan pengarahan untuk melibatkan anaknya dalam kegiatan rumah
    – membuat cheklist printable tentang penggunaan HP di rumah. Akan ada reward bagi anak yang berhasil mengurangi waktu bermain gadgetnya
    – aktif mengedukasi anak bahwa kita juga perlu seimbang dalam berkegiatan. Menonton gawai boleh kok, tentu dengan durasi waktu secukupnya. Bahwa si pembuat vidio juga memiliki kegiatan lain juga bisa disampaikan ke anak. Sehingga akan muncul kesadaran pada diri anak terkait penggunaan gawai.
    – guru juga memberikan edukasi kepada wali murid agar ada sinergi terkait penggunaan gawai bagi anak.

    3. Project yang diberikan oleh guru dalam video ini sudah menarik untuk merangsang kemampuan anak. Untuk lebih efektif guru dapat melakukan opsi kegiatan dengan mengajak anak untuk menjenguk teman atau orang dewasa yang sedang sakit mata (tentu sudah di setting sebelumnya oleh guru). Disana akan terjadi interaksi dan pengalaman langsung bagi anak untuk memahami informasi yang disampaikan guru tentang bahaya bermain gawai memang benar beresiko.

    4. Menurut saya, peran pengasuhan guru dalam video ini yaitu guru menyampaikan informasi dengan ramah, luwes dan komunikatif. Selain itu, guru dapat melakukan pendekatan kepada anak secara bergiliran jadi tidak berpusat di satu tempat.

    5. Tahapan Project Based Learning yang belum maksimal diterapkan oleh guru dalam video yaitu memonitor kemajuan proyek. Hal yang nampak yaitu persiapan proyek dan hasil akhir proyek tersebut.

  9. nama : Sri Rahayu
    Nim : 85873199

    1. Menurut pendapat saya video diatascukup bagus untuk memberi pengertian kepada anak tentang bahaya terlalu lama ermain hp, dan guru memberikan kegiata-kegiatan yang menarik supaya anak teralihkan dari bermain hp.
    2. Tips Mengatasi Anak Kecanduan Handphone
    – Batasi waktu penggunaan. Batasi penggunaan gadget sesuai dengan rekomendasi kelompok umurnya. …
    – Beri jadwal bermain hp
    – tidak memberi akses penuh. misalnya punya hp pribadi atau tersedia nya wifi yang penuh
    – Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget.
    – Ajarkan anak pentingnya menahan diri.
    – Berikan contoh yang baik.

    3. Guru bisa memeksimalkan peran pengasuhan pembelajaran disekolah dan dirumah dengan cara selalu berkomunikasi dengan orang tua

  10. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Nama : akbar Moechammad Al Islami
    Nim : 859412938
    Prodi : PGPAUD
    izin menjawab pertanyaan diskusi diatas
    Nomer 1
    Menurut saya konten video diatas merupakan suatu konten yang menarik dimana kiita dapat menjadikan konten tersebut sebagai salah satu referensi ide dalam menangani anak anak yang utamanya di era saat ini anak anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan hp dibandingkan dengan dunia nyatanya. dengan adanya konten tersebut akan sangat membantu para penontonnya dalam menangani anak yang keterkaitan dengan hp.

    Nomer 2
    salah satu cara selain video diatas adalah dengan memberikan anak permainan menarik yang dapat dilakukan bersama, sehingga anak anak yang tadinya kecanduan hp akan lambat laun terbiasa dengan permainan berkelompok. melalui permainan berkelompok anak anak akan saling berkomunikasi dengan teman temannya, menciptakan permainan baru sehingga kelompok tersebut tidak akan kehabisan permainan dan mengurangi resiko bosan terhadap anak.

    nomer 3
    saya rasa efektif karena anak dapat menyibukkan dirinya dengan project tersebut dan tidak terfokus pada hp mereka, mereka hanya akan berfokus pada project bermain yang dilakukan bersama teman temannya.

    Nomer 4
    iya guru tersebut sudah memaksimalkan perannya karena selain menjauhkan anak dari kecanduan gadget guru juga tidak lupa membantu anak dalam menyusun kegiatan yang dapat meningkatkan aspek perkembangan anak.

    Nomer 5
    yang belum maksimal adalah kegiatan penggunaan lembar kerja, untuk masa ini anak anak lebih menyenangi kegiatan yang diluar dari mengerjakan lks karena dapat memicu rasa bosan anak, lebih baik berikan anak kegiatan kegiatan yang lebih menyenangkan seperti menggunakan playdough, atau stik eskrim dalam membuat gadget bersama teman temannya.

Leave a Reply