silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
1.Menurut tanggapan saya Vidio tersebut sudah bagus dan menginspirasi.Terlihat juga dalam Vidio anak-anak sangat serius dalam mendengarkan penjelasan dari ibu guru tentang penggunaan Handphone
2.Selain cara yang ada dalam Vidio tersebut,cara lain yang dapat dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan mengajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti membuat lose part dari bahan alam
3.Projek yang diberikan oleh guru dalam Vidio tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya meredam anak dalam bermain gadget.Karena ketika di sekolah bisa saja anak sejenak lupa ,tetapi saat berada di rumah anak akan kembali bermain gadget jika tidak ada pengawasan dari orangtua.
4.Menurut tanggapan saya guru dalam Vidio tersebut sudah memaksimalkan peran pengasuhan bagi anak-anak didiknya
5.Menurut saya tahapan based learning yang ada dalam Vidio tersebut sudah maksimal,hanya saja bisa ditambahkan dengan membuat handphone dari kardus bekas(karton).Karena kegiatan tersebut dapat membuat anak semakin bersemangat dalam berkreasi
Nama: Henrayana
Nim: 859534369
Pokja: Mateng
Prodi : S1-PGPAUD (Semester 8)
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Jawaban; Menurut saya video tersebut sangatlah bermanfaat dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang dampak penggunaan gadget. Selain itu dalam video tersebut terjadi komunikasi dua arah antara guru dengan anak didik.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Jawaban; Menurut saya peserta didik diajak bermain di luar ruangan untuk mengeksplor alam bebas, dan mengajak peserta didik untuk berekreasi ke kebun binatang untuk mengenal jenis-jenis hewan.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Jawaban; Menurut saya sudah efektif dalam menjauhkan anak dari bermain gadget, namun masih tetap perlu bimbingan dari orang tua di rumah.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
Jawaban; Menurut saya sudah maksimal karena guru memberikan stimulus kepada peserta didik dalam bentuk pertanyaan berkaitan dengan apa yang dilihat secara langsung.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Jawaban; Menurut saya sudah maksimal, mulai dari tahapan persiapan pembelajaran sampai pada tahap penutup.
Terima kasih, mohon koreksi jika ada yang keliru
Nama : Rizka Mulyaningsih
NIM : 859165694
Prodi :PGPAUD
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video di atas?
Jawab : menurut saya dalam video tersebut sudah sangat jelas bagaimana cara ibu guru memperkenalkan IT (Literasi digital) pada anak. mengingat di zaman ini kita tidak bisa terlepas dari teknologi, oleh karena itu sebagai guru PAUD dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan pesan agar sampai pada anak. dalam video tersebut ibu guru menggunakankan tehnik permain peran dalam memanfaatkan teknologi (gadget dan bahaya bermain gadget terlalu lama)
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan ganget?
Jawab : berdasarkan pengalaman saya mengajari di sekolah, salah satu cara kami dalam upaya mengurangi kecanduan gadget pada anak dengan memperbanyak aktifitas yang menarik salah satunya memperkenalkan bagaimana bahaya bermain gadget terlalu lama melalui pemanfaatan (teknologi) bioskop mini. Melalui bioskop mini kami memperlihatkan video-video yang memiliki dampak berbahaya bagi anak jika bermain gadget terlalu lama. Melalui kegiatan menonton bersama ini akan menambah banyak khazanah anak-anak
3. Apakah project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Jawab :apa yang dipraktekkan guru di sekolah dalam meredam keinginan anak untuk bermain gadget sudah sangat baik, tetapi akan lebih efektif jika orang tua bisa bekerja bersama-sama dan disiplin dalam menerapkan aturan di rumah sehingga anak tidak kecanduan bermain gadget.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini?
Jawab : sudah sangat baik, terlihat dari bagaimana guru tersebut secara kreatif melalui bermain peran dan games mengajarkan anak dalam memanfaatkan teknologi dengan baik.
5. Tahapan apa dalam project based learning yang ditetapkan oleh guru dalam video yang menurut anda yang belum maksimal?
Jawab : apa yang sudah diterapkan oleh guru tersebut sudah maksimal, apalagi ditambah dengan anak berkegiatan di rumah bersama dengan orang tua membuat suatu hasil karya bersama yang tentunya itu sangat baik dalam tumbuh kembang anak baik secara kognitif maupun sosial emosionalnya.
Nama : Herlina
NIM : 858305554
Prodi :PGPAUD
1.Menurut saya dalam video tersebut sudah sangat jelas bagaimana cara ibu guru memperkenalkan IT (Literasi digital) pada anak. mengingat di zaman ini kita tidak bisa terlepas dari teknologi, oleh karena itu sebagai guru PAUD dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan pesan agar sampai pada anak. dalam video tersebut ibu guru menggunakankan tehnik permain peran dalam memanfaatkan teknologi (gadget dan bahaya bermain gadget terlalu lama).
Nama : Agrepian Aome
NIM : 859262046
Prodi ; S1- PGPAUD ( Semester 9)
1. Pembelajaran melalui video tadi memberikan solusi bagi kita pendidik bagaiamana cara kita menanamkan pemahaman tentang baik dan buruk nya jika anak menonton hobi main gadget.
2. cara lain agar anak tidak kecanduan gadget adalah memberikan pembelajaran yang mendidik, misalanya mengajak anak membuat toko yang menjual alat komunikasi ( HP) ( menggunakan bahan lepasan)
3. project yang di buat bu Guru belum maksimal untuk mengalihkan kecanduan anak dalam gadget, karena kegiatan tersebut anak hanya diminta untuk mencari gambar yang disembunyikan guru.
4. Dalam video ini guru belum memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini
5. Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal adalah saat guru meminta anak mencari gambar yang disembunyikan guru.
1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
menurut saya vedio tersebut sangat membantu dan menjadi pelajaran yang sangat penting untuk kami sebagai tenaga pendidik agar bisa kami terapkan di dalam kelas.
2.Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? cara lain agar anak tidak lagi kecanduan dengan gadget yaitu dengan cara kita memberi edukasi kegiatan lain yang menarik sehingga anak bisa menyukai hal baru yang bisa membuatnya tidak lagi kecanduan dengan gadget.
3.Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? project yang diberikan oleh guru dalam video tadi sangat efektif untuk meredam keinginan anak berbain gadget, dan dapat diterapkan juga oleh orangtua dirumah.
4.Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? guru dalam video tadi menurut saya sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini.
5.Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
nama : hanifah
nim : 858820776
pokjar : pasuruan
1.Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? menurut saya video tersebut sangat bermanfaat untuk kami sebagai tenaga pendidik untuk diterapkan di kelas.
2.Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? cara lain yang harus dilakukan oleh guru agara anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan cara memberi kegiatan yang menarik agar dapat mengalihkan rasa tertariknya pada gadget .
3.Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? project yang diberikan oleh guru dalam video tersebut efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget.
4.Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?menurut saya guru dalam video tersebut sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini.
5.Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Nama : Ervina Rachmawati
Nim : 857979067
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Yogyakarta
1. Pendapat saya mengenai video yang diatas adalah guru yang divideo menciptakan pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak didiknya. Dengan memberikan beberapa pengenalan permainan membuat anak menjadi gembira dan sangat antusias dalam kegiatan belajar. Pembelajaran yang dapat didapat anak yaitu mereka dikenalkan manfaat dan dampak buruk dari gadget.
2. Selain cara yang ada pada video, cara lain yang harus dilakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan memberikan batas waktu anak ketika bermain gadget. Orangtua maupun guru perlu melakukan pendampingan kepada anak. Disamping itu orang tua maupun guru perlu menciptakan permainan misalkan menggunakan APE yang lebih menyenangkan sehingga anak mempunyai waktu banyak bermain dan tidak kecanduan gadget.
3. Project yang diberikan guru dalam video tersebut belum efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget, karena perlunya kerjasama antara guru dan orangtua siswa untuk menerapkan program tersebut sehingga anak ketika di sekolah maupun dirumah sudah melupakan bermain gadget.
4. Menurut saya guru dalam video tersebut sudah maksimal dalam mengenalkan manfaat serta dampak buruk gadget.
5. Menurut saya tahapan dalam project based learning yang diteraplan oleh guru dalam video tersebut sudah maksimal. Guru memberikan pertanyaan dasar sehingga proses pembelajaran lebih interaktif, guru juga memberikan pembelajaran dengan menggunakan berbagai media yang dapat membuat anak merasa penasara.
Assalamualaikum wr.wb
sedikit pemaparan dari saya, mengenai
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
– Menurut pendapat saya terkait adanya video tersebut ialah tindakan guru sudah baik dan bermanfaat yaitu memberi arahan pada anak bahwa penggunaan gadget tak boleh berlama-lama yang nantinya akan dapat merusak mata, dan tak hanya intruksi dari guru disekolah saja tapi dirumah juga orang tua memberi arahan pada anak agar tidak menggunakan hp didepan anak.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
– Bisa dengan cara guru membuat kegiatan menyenangkan di luar kelas, bermain permainan yang ada dihalaman kelas, berolahraga bersama/senam, bisa juga dengan memberikan permainan edukatif seperti mengajak anak tebak kata, tebak huruf, diajak bertepuk-tepuk, bernyanyi, dll supaya anak senang dan lupa dengan gadget tersebut.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
– Belum efektif, dikarnakan meskipun disekolah tidak menggunakan gadget, tetapi alau dirumah belum tentu anak tidak menggunakan gadget sama sekali.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
– Sudah, guru sudah memaksimalkan pembelajarannya terkait penggunaan gadget yang dapat merusak mata bila dipergunakan terus menerus pada anak usia dini.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
– Project based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peran aktif dari pesertanya, dalam hal ini adalah murid, menurut saya tahapan dalam Project Basic Learning dalam video tersebut sudah maksimal, yang mana semua pembelajaran berpusat pada murid, dan guru sebagai fasilitator.
Nama : Dewi Ning Sri Hariyatin
NIM : 858739026
PG PAUD BI tuban
1. Video tentang “cara tepat pengenalan IT pada anak” dg mengusung Tema : Telekomunikasi pada siswa TK B,
Yang disampaikan oleh azella ghaisani yang menggunakan “project based learning” saya rasa cukup efektif. Karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dg menggali potensi & memberikan anak untuk berkreasi sesuai bakat dan minatnya. Pelibatan orang tua juga sangat membantu untuk proses pembelian literasi digital agar anak bisa terarah saat penggunakan gawai
2. Iya saya sangat setuju dengan ada nya komunikasi positif pada anak agar kita bisa meminimalisir tantrum saat anak bermain gawai. Dg memberikan penjelasan dan batasan waktu. Serta manfaat APE yg di buat secara sederhana yg di lakukan di rumah dan di sekolah akan membantu anak dalam melakukan kegiatan, jadi mereka bisa lebih teralihkan untuk memilih gawai untuk bermain.
3. Menurut saya cukup efektif anak menjadi lebih fun dalam pembelajaran karena mereka di libatkan di gali kebahasaan mereka tentang manfaat dan akibat penggunaan gawai, motorik mereka juga terasah, komunikasi terjalin apik antara orang tua dan sekolah serta tergali potensi bakat dan minat anak secara alamiah dengan adanya stimulus yang diberikan oleh guru
4. Menurut saya Pembelajaran yang diberikan oleh siswa sudah efektif terlihat dari review yang di berikan orang tua kepada pihak sekolah.
5. Menurut saya sudah bagus semua tapi belum di lihatkan tadi tentang tahapan penilaian. Dan mungkin karena keterbatasan waktu ya, dan penggunaan loose part dalam pembuatan projek biza lebih di maksimalkan lagi