Sinopsis
Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.
–
Pakar Dosen
Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.
Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.
Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.
Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.
Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.
Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.
–
Nama : ROSI GUSRI RAHMAWATI
NIM : 501132876
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : PADANG
strategi pembelajaran dengan memakai lagu yang berkaitan dengan materi dapat memberikan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak bosan dan materi yang disampaikan dapat diserap siswa dengan baik. serta tujuan pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Nama : Sri Rahayuningsih
NIM : 501574109
Prodi: MPDr
Menanggapi video tersebut yaitu strategi dalam pembelajaran melalui musik sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, dan hal ini juga untuk mencapai tujuan pembelajaran Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan. Dalam video diatas, pemilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam bahasa inggris dan Guru juga harus memperhatikan syarat dalam pemenggalan lirik (tdk boleh lebih dari 3 kata dalam satu baris) agar siswa tidak merasa kesulitan.dan didalam video tersebut sudah dijelaskan bagaimana keuntungannya melalui strategi pembelajaran lewat musik, maka dari itu kita bisa melakukan kegiatan strategi seperti ini agar peserta didik lebih paham lagi untuk meningkatkan pembelajaran khususnya bahasa inggris.
Nama : Jennie Nathania Putri
NIM : 501203104
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Yang saya pelajari dari video ini adalah lagu merupakan metode belajar bahasa inggris yang paling mudah dan dekat dengan keseharian peserta didik. Melalui lagu, peserta didik lebih mudah memahami berbagai kosakata dari yang baku hingga bahasa keseharian. Melihat fenomena ini, sebagai pendidik perlu untuk ikut serta menggunakan metode ini dalam kegiatan pembelajaran. Seperti mulai mengenal selera musik peserta didik masa kini dan menyusun pembelajaran yang sesaui dengan tujuan pembelajaran. Sebisa mungkin lagu yang digunakan memiliki keterkaitan yang erat dengan materi yang akan diajarkan supaya peserta didik menjadi lebih mudah dan merasa senang mengikuti pembelajaran. Manfaat yang saya dapatkan dari video ini antara lain saya sebagai pendidik dapat menambah referensi dalam metode belajar. Saya rasa, metode ini buhan hanya dapat dilakukan pada mata pelajaran bahasa inggris, tetapi juga dapat digunakan pada mata pelajaran lain. Saran untuk video pembelajaran ini, masih perlu lebih banyak lagi contoh strategi pembelajaran agar lebih bervariasi.
Nama : Wahyu Nengsih
NIM : 501574187
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Lagu/musik memang merupakan salah satu bentuk strategi yang kerap kali di gadang gadangkan menjadi alternatif guru untuk memberikan stimulan yang baik dan tepat untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa siswa. Lagu/musik dapat menarik minat belajar siswa, dan juga menjadi alat yang efektif untuk mengembalikan konsentrasi siswa ketika belajar. Guru dapat menggunakan metode ini untuk menarik minat siswa jika siswa memang sudah merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran. Siswa akan lebih bersemangat dan mereka juga secara tidak langsung akan mempelajari bahasa dari kata kata yang tertera di lirik lagu tersebut. Guru hanya dapat mengarahkan siswa nya untuk lebih menyukai bahasa inggris dengan menggunakan metode ini.
Ini adalah metode efektif untuk merangsang minat siswa dalam belajar.
Nama : Minhatul Maula
NIM : 042121684
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Menanggapi video tersebut lagu merupakan salah satu media yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
Penggunaan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris memiliki banyak dampak positif seperti dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Sifat lagu yang dapat menciptakan rasa nyaman dan tenang mampu membuat siswa termotivasi. Selain itu, lagu juga memiliki manfaat lain jika dipakai dalam pembelajaran Bahasa Inggris, seperti meningkatkan daya ingat siswa, meningkatkan kemampuan mendengarkan, kosa kata, dan susunan kalimat dalam Bahasa Inggris, serta meningkatkan kemampuan pengucapan karena mendengarkan langsung cara mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris.
Nama: Nike wahyuni putri
Nim : 043684915
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Selamat sore, saya ingin menanggapi vidio di atas. Menurut saya metode yang digunakan sangat bagus, karna bisa mencakup pembelajaran Listening yaitu siswa bisa mendengar lagu dalam bahasa inggris. Siswa bisa mengucapkan kosa kata dalam bahasa inggris, siswa juga mengisi lirik yang hilang dengan mengisi kosa kata yang sudah di dengar dari lagu tersebut. Jadi belajar bahasa inggris melalui musik merupakan metode yang bagus dan menarik.
Setelah melihat video pembelajaran di atas,menurut saya metode pembelajaran bahasa inggris yang digunakan lewat lirik lagu dan musik sangat membantu sekali pemelajar sekunder untuk memahami tata bahasa,kosa kata dan bisa memperkuat listening.
keuntungan belajar dengan menggunakan metode ini lewat lirik lagu dan musik dapat juga mengartikan sekaligus cara pengucapan kosa kata yang baik dan benar.
jadi,menurut saya lagu dan musik begitu efektif sebagai alat belajar bahasa inggris.
Nama : Magdalena Seku Laka
NIM : 501373073
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Penggunaan musik atau lirik lagu dalam pelajaran bahasa inggris memiliki banyak manfaat antara lain membantu siswa meningkatkan ketrampilan berbahasanya baik dari segi pelafalan/ucapan, bunyi (latihan pronouciation), dapat meningkatkan jumlah perbendaharaan kosakata, pelatihan pendengaran (listening), dan pengenalan gaya bahasa Selain itu, dengan menggunakan musik (lirik lagu) dapat membuat siswa lebih bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Bernadeta Prissila
Nim : 501283158
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Manfaat yang saya dapat setelah menyaksikan video I Have Dream adalah ternyata Belajar bahasa Inggris lewat lagu dapat menjadi sebuah sarana yang
mumpuni dalam meningkatkan daya ingat maupun kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, hal ini dapat dibuktikan dengan mudahnya lagu diikuti dan diingat oleh para siswa. Selain membuat mereka termotivasi belajar, dapat juga meningkatkan kemampuan mendengarkan, pengucapan, kosa kata, dan susunan kalimat dalam Bahasa Inggris.
Masukan dan saran mengenai video tersebut alangkah baiknya presenter tidak terlalu mendominasi terhadap penyampaian materinya, sehingga lebih fokus pada video praktek mengajarnya. Dan untuk pemaparan atau pun penjelasan materinya mungkin bisa menggunakan teks berjalan pada video saja.
Nama : ANDRI
NIM
Positif:
1. Ide menggunakan lirik lagu untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah metode yang kreatif dan menarik. Musik dapat memotivasi siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Pemahaman pengucapan yang benar melalui lirik lagu dapat membantu siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris dengan lebih baik. Penggunaan lagu-lagu pop Barat untuk pembelajaran dijelaskan memiliki keunggulan karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Ini dapat memudahkan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan kosakata bahasa Inggris.
2. Potensial Peningkatan:
Video dapat lebih variatif dengan mencakup berbagai genre musik, sesuai dengan preferensi dan minat siswa. Ini dapat membuat pembelajaran lebih inklusif dan menjangkau audiens yang lebih luas. Mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam analisis lirik atau bahkan membuat proyek kreatif berbasis lagu dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman lebih dalam. Menambahkan elemen budaya terkait dengan lagu-lagu pop Barat dapat memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dan membantu mereka mengaitkan pembelajaran bahasa dengan konteks budaya yang lebih luas.
Secara keseluruhan, pendekatan pembelajaran ini tampaknya menyenangkan dan bermanfaat, terutama jika disajikan dengan cara yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa.