silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Sang Ayu Putu Sri Astuti
Nim : 859030318
Program studi : 119/PGSD S1
1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL
Nama: Dwi Yuliani
Nim. : 857609111
Prodi. :PGSD BI Smt II
1.Pendapat saya tentang Vidio diatas adalah sangat baik dan jelas dalam penyampaiannya sehingga memberikan gambaran tentang pembelajaran yg bisa dijadikan contoh bagi para guru
2.Hal penting yang bisa diambil dari tayangan Vidio diatas adalah memberikan saya contoh bagaimana saya mengajar ,menyampaikan materi sehingga anak anak bisa memahami materi
3.Vidio diatas sesuai kebutuhan saya dalam merancang pembelajaran karena dengan kita menyediakan media pembelajaran bisa membantu anak untuk anak paham dengan materi yg kita sampaikan
4.Hal yang sudah sangat baik yang bisa diambil dari Vidio diatas adalah penerapan sistem among sehingga anak tidak hanya belajar materi saja tp disesuaikan dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari
Nama : Rika Ismayanti
Nim: 857505172
Prodi: 118/ PGSD- SI
1. Pendapat saya tentang video diatas metode among dari ki Hajar dewantara sangat bagus di terapkan di dalam kelas.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas adalah dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran pbjl, terlihat siswa antusias dan mudah memahami materi yang di sampaikan. Banyak manfaat dari metode among tersebut untuk dapat di terapkan pada proses pembelajaran.
3.video ini sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas
4.hal yang sudah baik dari video di atas adalah penjelasan tentang metode among maupun model pembelajaran pbjl sudah bagus dan metode among yang di terapkan pada proses pembelajaran dari video meningkatkan pemahaman anak pada suatu materi, dan di berikan contoh- contoh sederhana dalam bentuk gambar yang dapat di pahami siswa dengan jelas. Salah satu metode among yang lain dari video di atas yaitu metode asuh, guru memantu dan membimbing semua siswa dalam pengerjaan tugasnya dengan penuh kesabaran dan membuat anak – anak nyaman.
Pendapat saya tentang Vidio diatas adalah sangat baik dan jelas dalam penyampaiannya sehingga memberikan gambaran tentang pembelajaran yg mudah dipahami dan bisa dijadikan contoh bagi para guru
Nama : Erika putri
Nim : 856441543
1. Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
2.Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3. video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sudah baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL
Nama : Puji Astutik
Nim : 858568517
Program Studi :118/PGSD -SI
1. Pendapat saya mengenai video sangat bermanfaat sekali karena dengan model PJBL membuat
anak – anak tertarik dengan mata pelajaran matematika model PJBL ini mudah di pahami oleh
siswa.
2.Hal penting yang terdapat pada video ini adalah manfaat metode among yang di terapakan
terhadap siswa dan bisa di kombinasikan dengan model pembelajaran PJBL
3. Video ini sangat membant saya dalam strategi saya dalam mengajar di kelas saya ,karena
dengan melihat video ini saya mempunyai gambaran bagaimana cara mendidik siswa dengan
cara among untuk meningkatkan minat belajar mereka .
4. Hal yang sudah baik ,dalam video ini adalah penjelasan tentang motode among,penerapan
metode among maupun model PJBL.
siswa
Nama : Siti Putri Rahayu
NIM : 858798241
Prodi : S1- PGSD
Dari analisis vidio tersebut, ada beberapa point penting yang dapat saya gunakan untuk perbaikan pembelajaran di kelas, diantaranya yaitu :
1. tentang persiapan pembelajaran yang matang, seperti konsep, materi, media dan bahan evaluasi pembelajaran atau tugas.
2. tentang penggunaan medote among dalam proses pembelajaran, dimana dengan metode tersebut dapat mencakup seluruh aspek tujuan atau kompetensi dasar dari pembelajaran, yaitu dengan asah, asih dan asuh.
3. tentang penggunaan model pembelajaran PBJL, dimana dengan model pembelajaran ini maka siswa akan diajak untuk memahami materi pembelajaran dengan adanya proyek atau tugas yang terjun langsung.
Nama Yulia Lamala
Nim 813807631
Pokjar luwuk kab banggai
Masa reg awal 2009.1
1.Menurut saya video pembelajaran ini sangat mengedukasi dan dpt diimpementasikan dlm metode proses kbm didlm kelas dgn model pbjl ini dpt memotivasi anak anak pada memahami materi yg diberikan guru
2.Hal penting yg dpt diambil dari video ini adalah siswa sngat antusias dlm belajar,minat dan bakat siswa dpt berkembang seluas mungkin dgn penerapan metode ini guru bisa dgn mudah mempresentasikan materi dgn menggunakan media pembelajaran
3.Iya,sudah sesuai
4.Hal yg sangat baik dlm video ini adalah video ini menayangkan kesiapan seorang guru dlm memberikan materi pada proses pembelajaran sehingga peserta didik dpt lebih mudah memahami materi yg diberikan .
Nama : Maris Azizatu N
NIM : 858815624
1. Pendapat saya tentang project base learning (PBL) modelpembelajaran tersebut sangat bagus diterapkan apalagi terhadap anak didik di fase A. Metode tersebut dapat memunculkan rasa penasaran, serta memberikan pengalaman belajar sehingga akan memudahkan mereka untuk menerima materi.
2. Hal penting yang saya dapat adalah penerapkan Asah, asih, dan asuh kepada siswa dengan baik.
3. Tentu sebab dari vidio tersebut sama menjadi lebih paham supaya kbm terlaksana dengan baik perlu persiapan yang matang.
4. Hal baik dalam vidio tersebut guru memberikan nilai-nilai spiritual, cintalingkungan, dan guru memberikan contoh bagaimana berperilaku yang baik.
1.menurut sy dalam video pelajaran ini sangat mengedukasi dan dapat di implementasikan dalam proses pembelajaran di kelas. Dan dapat memotifasikan anak- anak dalam memahami materi dan minat pada pelajaran matematika.
2.hal yg dapat di ambil dri video ini adalah anak anak bersungguh sungguh dalam belajar. Minat dan bakat siswa dapat berkembang seluas mungkin. Dgan penerapan metode guru bisa dgan mudah mempresentasikan materi dgan menggunakan media pembelajaran
3.ya, sudah sesuai
4.hal yang sudah sangat baik dalam video adalah menanyakan kesiapan seorang guru dalam proses pembelajaran dalam memberikan materi sehingga dapat membangkitkan minat dan motivasi anak dalam memahami materi yang di berikan