silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,367 Comments

  1. Assalamualaikum
    Nama : Susanti Silvia
    Nim : 857196987
    Judul vidio : Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Menuru says dalam vidio tersebut, ketika guru mengajar itu sudah bagus dalam memberikan metode kepada anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Ia menggunakan metode untuk menstimulus anak dengan cara meremas spon, memasang dan membuka skrup dan memasangkan kancing dalam rangka memperkuat dan melenturkan jari – jari tangannya. Metode lain juga bisa di gunakan misal dengan cara merobek kertas kecil – kecil lalu setelah banyak robeknya kita meremasnya menjadi satu sampai membentuk bola kertas, atau bisa juga dengan bermain plastisin, menulis dengan jari – jari di atas pasir.
    Dan jangan lupa berikan dorongan dan motivasi, dan kenyamanan sehingga anak senang dalam melakukan suatu kegiatan atau permainan.

  2. Assalamualaikum
    Nama : Susanti Silvia
    Nim : 857196987
    Judul vidio : Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Menuru says dalam vidio tersebut, ketika guru mengajar itu sudah bagus dalam memberikan metode kepada anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Ia menggunakan metode untuk menstimulus anak dengan cara meremas spon, memasang dan membuka skrup dan memasangkan kancing dalam rangka memperkuat dan melenturkan jari – jari tangannya. Metode lain juga bisa di gunakan misal dengan cara merobek kertas kecil – kecil lalu setelah banyak robeknya kita meremasnya menjadi satu sampai membentuk bola kertas, atau bisa juga dengan bermain plastisin, menulis dengan jari – jari di atas pasir.
    Dan jangan lupa berikan dorongan dan motivasi, dan kenyamanan sehingga anak senang dalam melakukan suatu kegiatan atau permainan.

  3. Assalamualaikum
    Nama : Susanti Silvia
    Nim : 857196987
    Judul vidio : Mengatasi Anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Menuru says dalam vidio tersebut, ketika guru mengajar itu sudah bagus dalam memberikan metode kepada anak yang belum mampu memegang pensil dengan benar. Ia menggunakan metode untuk menstimulus anak dengan cara meremas spon, memasang dan membuka skrup dan memasangkan kancing dalam rangka memperkuat dan melenturkan jari – jari tangannya. Metode lain juga bisa di gunakan misal dengan cara merobek kertas kecil – kecil lalu setelah banyak robeknya kita meremasnya menjadi satu sampai membentuk bola kertas, atau bisa juga dengan bermain plastisin, menulis dengan jari – jari di atas pasir.
    Dan jangan lupa berikan dorongan dan motivasi, dan kenyamanan sehingga anak senang dalam melakukan suatu kegiatan atau permainan.

  4. Nama : Vivin indriyana
    Nim : 857849678
    Prodi : PG PAUD
    Judul Video: Mengatasi Anak Yang Belum Bisa memegang Pensil dengan benar
    Menurut pendapat saya video tersebut sangat bagus sekali sangat menginspirasi kita dan sangat bermanfaat sekali, karena sebagai seorang pendidik agar dapat membantu anak didiknya yang belum bisa memegang pensil dengan benar karena jadi seorang guru itu harus sabar dan telaten dalam membimbing anak didiknya. Dan divideo tersebut juga diperlihatkan bagaimana mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar yaitu dengan melatih motorik halus pada anak secara bertahap yaitu dilakukan dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangman kancing baju. Tetapi kelemahan di vedio ini adalah guru menggunakan media yang tidak terlalu besar jadi menyebabkan anak susah untuk melihatnya dan dalam pembelajaran tidak ada pembukaan dan penutupnya.

  5. Nama : Icha Aulia Rahmawati
    NIM : 857972175
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Yogyakarta
    Judul video : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar.
    Video di atas sangat bermanfaat, di video tersebut ada seorang anak yang kesulitan memegang pensil dan tampak kaku menggerakkan jari tangannya, maka untuk itu adapun beberapa cara untuk menstimulasi agar anak bisa menggerakkan jarinya dan memegang pensil dengar benar, yaitu dengan cara guru menyediakan beberapa macam media untuk melatih kelenturan jari, misalnya seperti belajar memegang objek seperti membuka dan menutup botol, membuka dan menutup kancing baju, kemudian meremas – remas kertas, memeras spon. Semakin sering menstimulasi anak maka perlahan anak akan dapat menggerakkan jarinya dengan baik, dengan memegang pensil dan membuat pola garis lurus, miring, melengkung, kemudian selalu memberikan apresiasi pada setiap peningkatan kemampuan anak, agar anak semakin lebih bersemangat pada setiap pembelajaran.

  6. Nama : Zelanita Putri Astini
    NIM : 857811695
    UPBJJ : 44/ SURAKARTA
    Judul : Cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Di dalam video tersebut belum ada kegiatan pembukaan, kemudian isi serta penutup yang seharusnya dilakukan oleh pendidik di PAUD. Kemudian dari kegiatan pertama yaitu menebalkan garis, pendidik seharusnya memberikan contoh dipapan tulis sesuai dengan lembar kerja yang diberikan anak sehingga anak tidak bingung dalam mengerjakannya. Kemudian ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan pensil tersebut patah ketika ia menggunakannya, pendidik sudah benar mendekatinya dan memberikan arahan pada anak tersebut juga latihan-latihan kelenturan tangan dan jari jemari agar anak dapat memegang pensil dengan benar, seperti bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok berikutnya dengan menggunakan spons, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasangkan skup, serta berlatih membuka dan memasangkan kancing baju. Selanjutnya pendidik juga harus menyampaikan pada anak agar anak lebih berhati-hati menggunakan pensil. Pensil yang runcing juga berbahaya bagi anak, jadi pendidik harus memberikan pengertian bahwa pensil hanya boleh digunakan untuk menulis, tidak boleh dilempar dan melukai teman.

  7. Nama : Zelanita Putri Astini

    NIM : 857811695

    UPBJJ : 44/ SURAKARTA

    Judul : Cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Di dalam video tersebut belum ada kegiatan pembukaan, kemudian isi serta penutup yang seharusnya dilakukan oleh pendidik di PAUD. Kemudian dari kegiatan pertama yaitu menebalkan garis, pendidik seharusnya memberikan contoh dipapan tulis sesuai dengan lembar kerja yang diberikan anak sehingga anak tidak bingung dalam mengerjakannya. Kemudian ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dan pensil tersebut patah ketika ia menggunakannya, pendidik sudah benar mendekatinya dan memberikan arahan pada anak tersebut juga latihan-latihan kelenturan tangan dan jari jemari agar anak dapat memegang pensil dengan benar, seperti bermain memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok berikutnya dengan menggunakan spons, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasangkan skup, serta berlatih membuka dan memasangkan kancing baju. Selanjutnya pendidik juga harus menyampaikan pada anak agar anak lebih berhati-hati menggunakan pensil. Pensil yang runcing juga berbahaya bagi anak, jadi pendidik harus memberikan pengertian bahwa pensil hanya boleh digunakan untuk menulis, tidak boleh dilempar dan melukai teman.

  8. Nama : Eva Kartika
    NIM : 857374255
    Judul Video : Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar

    Video ini sangat bermanfaat, kebetulan di kelas saya pun ada anak yang belum memegang pensil dengan benar. Memang benar, sebelum anak dapat memegang pensil dengan benar ada tahap prewriting yang membantu untuk stimulasi kemampuan motorik kekuatan dan kelenturan otot-otot tangan seperti yang dicontohkan pada video (meremas spons, membuka dan mengencangkan mur, membuka dan mengunci gembok, membuka dan memasangkan kancing. Hal ini bermanfaat untuk melatih kekuatan dan kelenturan otot tangan sehingga anak nantinya akan mampu memegang pensil dengan benar.

  9. Nama : Elen Pancas Ayu Agustin
    Nim : 858969503
    Prodi : PGSD

    Memang benar adanya mengenai vidio diatas, dimana guru harus tau atau mengerti tentang anak didiknya bisa menulis apa belum, karena tidak semua murid saya kelas 1 yang sekolah TK, ada yang langsung masuk SD kelas 1, murid tersebut harus lebih diperhatikan, dan tingkat esmosi gurunya lebih disabarin, karena semua butuh dengan proses, guru yang baik seperti yang diatas, oh anak ini tidak bisa memegang pensil, guru inisiatif memberikan gembok dengan kunci untuk melatih jari-jari tangannya.

  10. Nama: Nora Farita Farhana
    NIM : 858181016
    UPBJJ : Surabaya
    Prodi : PGPAUD BI

    Menurut pendapat saya, pada Video “Mengatasi Anak Yang Belum Bisa Memegang Pensil Dengan Benar” memberikan inspirasi kepada semua orang, khususnya guru PAUD karena memberikan cara untuk mengatasi permasalahan anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik melalui latihan kelenturan jari anak dimulai dari latihan memeras spon untuk memindahkan air, membuka dan menutup gembok, serta mengancingkan baju. Ketika jari anak sudah mulai lentur dan tangannya sudah mulai kuat memegang sebuah benda, maka guru dapat memperkenalkan dengan aktivitas lain, yakni memegang pensil dan kertas serta membuat pola garis meskipun dengan pola yang mudah. Pada Video terlihat bahwa guru mempraktikan cara menebalkan garis di papan dengan menggunakan kertas yang bergaris kemudian meminta murid-murid untuk melakukan seperti yang dicontohkannya. Namun, pada saat anak-anak mulai menebali garis, ada sebagian anak yang memegang pensil kurang benar, mematahkan pensilnya bahkan merobek kertasnya.

Leave a Reply