silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,602 Comments

  1. NAMA : LILIS SAKINAH
    NIM : 857446996
    PRODI : S1 PGPAUD
    UPBJJ : BANDUNG
    POKJAR : AWIPARI TASIKMALAYA
    MATA KULIAH : PAUD4501 PANDUAN PKP

    ANALISIS VIDEO : MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BENAR

    Selamat siang
    Berikut jawaban saya :

    Memegang pensil dengan benar merupakan tahap awal anak usia dini untuk dapat menulis. Tahapan perkembangan menulis sangat penting untuk dioptimalkan melalui gerakan yang membutuhkan otot-otot halus di jari jemari dan pergelangan tangan.

    Dari video tersebut kita fahami bahwa,
    Latihan menulis tahap awal (memegang pensil dengan benar) dapat melalui :
    1. Kegiatan plastisin untuk melatih kelenturan jari anak
    2. Kegiatan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya mengunakan spon
    3. Kegiatan membuka tutup kunci gembok
    4. Kegiatan membuka dan menutup tutup botol

  2. Nama : Sulistriani Aulia Pertiwi
    Nim: 857374628
    Semester 3 Paud BI POKJAR CIANJUR

    Berdasarkan vidio tersebut seorang guru memberikan contoh kepada anak agar menulis dari awal dengan benar. Guru tersebut memberikan proses latihan menulis di awal sebagai berikut :
    1. Latihan meremas
    2.Latihan membuka gembok dengan kuncinya
    3. Latihan melenturkan jari jari tangan akan melatih koordinasi otot dan jari tangan anak

  3. Nama : Sulistriani Aulia Pertiwi
    Nim : 857374628
    Semester 3 PAUD BI
    Universitas Terbuka Indonesia

    Berdasarkan vidio tersebut menjelaskan , seorang guru memberikan latihan latihan dan tahapan untuk menulis diawal dengan beberapa tahapan sebagai berikut :
    1. Latihan meremas dengan spon
    2. Latihan membuka gembok dengan kuncinya
    3. Latihan melenturkan jari jari tangan anak dengan menentukan dan memasangkan baju ,akan melatih koordinasi otak dan jari tangan anak.

  4. Nama : Lia nurpaida
    Nim : 857510443
    Setelah melihat vidio bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangatlah membantu sekali bagi kita para guru paud, karena di paud pasti ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar oleh karena itu vidio tersebut sangatlah membantu sekali sehingga kita bisa mempraktikkan nya langsung ke anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, sehingga anak perkembangan motorik halusnya bisa berkembang dengan baik, cara cara nya pun kita bisa memilih mana yang anak sukai, bisa dengan memindahkan air ke wadah satu ke wadah yang satunya lagi dengan spons Atau mengunci dan membuka kunci gembok, ataupun membuka kancing dan memasangkan kancing baju
    Dari ketiga cara itu mana yang lebih di sukai anak, atau kalau suka ketiga tiganya bisa di coba

  5. Nama : Lia nurpaida
    Nim : 857510443
    Setelah melihat vidio bagaimana mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar sangatlah membantu sekali bagi kita para guru paud, karena di paud pasti ada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar oleh karena itu vidio tersebut sangatlah membantu sekali sehingga kita bisa mempraktikkan nya langsung ke anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, sehingga anak perkembangan motorik halusnya bisa berkembang dengan baik, cara cara nya pun kita bisa memilih mana yang anak sukai, bisa dengan memindahkan air ke wadah satu ke wadah yang satunya lagi dengan spons Atau mengunci dan membuka kunci gembok, ataupun membuka kancing dan memasangkan kancing baju
    Dari ketiga cara itu mana yang lebih di sukai anak, atau kalau suka ketiga tiganya bisa di coba

  6. Nama: Nur Fitriyah
    NIM: 858695154
    Prodi: PG PAUD
    UPBJJ: Waru-Surabaya
    Judul Video: Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar
    Dalam video tersebut anak belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar. Anak tersebut kesulitan dalam menggoreskan bentuk garis lengkung. Untuk mengatasi kondisi itu dapat dilakukan dengan berbagai tahapan seperti:
    – Melatih kelenturan jari anak, seperti melakukan kegiatan meremas, merobek, memegang benda halus/kasar, dll

  7. NAMA : LILIS SAKINAH
    NIM : 857446996
    PRODI : S1 PGPAUD
    UPBJJ : BANDUNG
    POKJAR : AWIPARI TASIKMALAYA

    ANALISIS VIDEO : MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BENAR
    Selamat siang
    Berikut jawaban saya :
    Memegang pensil dengan benar merupakan tahap awal anak usia dini untuk dapat menulis. Tahapan perkembangan menulis sangat penting untuk dioptimalkan melalui gerakan yang membutuhkan otot-otot halus di jari jemari dan pergelangan tangan.
    Dari video tersebut kita fahami bahwa, Latihan menulis tahap awal (memegang pensil dengan benar) dapat melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan dapat melalui kegiatan memindahkan air menggunakan spon, bermain plastisin agar jari jemari anak lentur, membuka dan menutup kunci atau tutup botol dan banyak kegiatan lainnya untuk melatih motorik halus anak menghadapi awal menulis.

  8. NAMA : LILIS SAKINAH
    NIM : 857446996
    PRODI : S1 PGPAUD
    UPBJJ : BANDUNG
    POKJAR : AWIPARI TASIKMALAYA
    Berikut jawaban saya pada video tentang : MENGATASI ANAK YANG BELUM BISA MEMEGANG PENSIL DENGAN BENAR
    Memegang pensil dengan benar merupakan tahap awal anak usia dini untuk dapat menulis. Tahapan perkembangan menulis sangat penting untuk dioptimalkan melalui gerakan yang membutuhkan otot-otot halus di jari jemari dan pergelangan tangan.
    Dari video tersebut kita fahami bahwa, Latihan menulis tahap awal (memegang pensil dengan benar) dapat melalui kegiatan yang bervariasi dan menyenangkan dapat melalui kegiatan memindahkan air menggunakan spon, bermain plastisin agar jari jemari anak lentur, membuka dan menutup kunci atau tutup botol dan banyak kegiatan lainnya untuk melatih motorik halus anak menghadapi awal menulis.

  9. Assalamualaikum
    Nama : Susanti Silvia
    Nim : 857196978
    UPBJJ : Serang – Banten
    Judul Vidio : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Dalam vidio tersebut menurut saya guru sudah baik dalam cara menggunakan metode untuk menstimulasi anak agar dapat memegang pensil dengan benar, selain dengan cara tersebut bisa juga cara yang lebih mudah, misal dengan meremas kertas menjadi bola kertas, merobek kertas menjadi kecil – kecil, atau bisa juga dengan menulis di udara, menulis di atas pasir atau tepungmenggunakan jari – jarinya, dalam rangka memperkuat otot – otot jari anak . Dan juga berikan motivasi, dorongan dan buat anak itu senang dan nyaman dalam setiap kegiatan.

  10. Assalamualaikum
    Nama : Susanti Silvia
    Nim : 857196978
    UPBJJ : Serang – Banten
    Judul Vidio : Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Dalam vidio tersebut menurut saya guru sudah baik dalam cara menggunakan metode untuk menstimulasi anak agar dapat memegang pensil dengan benar, selain dengan cara tersebut bisa juga cara yang lebih mudah, misal dengan meremas kertas menjadi bola kertas, merobek kertas menjadi kecil – kecil, atau bisa juga dengan menulis di udara, menulis di atas pasir atau tepungmenggunakan jari – jarinya, dalam rangka memperkuat otot – otot jari anak . Dan juga berikan motivasi, dorongan dan buat anak itu senang dan nyaman dalam setiap kegiatan.

Leave a Reply