Sinopsis

Dalam program ini digambarkan video pembelajaran tentang sikap berontak siswa. Ada beberapa diantara mereka yang berpandangan bahwa tidak ada kaitan antara kecerdasan dengan prilaku tertentu, seperti masalah rambut solusi, diperlakukan pendekatan yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini secara arif dan bijaksana.

Asnah Limbong

Penayangan Video ini bertujuan agar Guru dengan bantuan Guru BK, dapat menerapkan aturan sekolah. Dimulai dengan mengajak siswa untuk mematuhi aturan sekolah hingga mendapatkan surat peringatan.

Materi-Video GPO disampaikan tanpa guru mengajar. Penyajian disampaikan melalui penayangan video pendek dan presenter.

Pendekatan menggunakan penayangan video sangat baik bagi para guru yang melihat program ini karena semua lebih nyata.

Program ini sangat sesuai dengan perkembangan peserta didik dengan memberi contoh mengenai rambut.

Program ini juga telah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sebaik materi ini diletakan untuk umum jangan diletakan pada seri Pembelajaran Matematika SMP. Di akhir penayangan sebaiknya dilihatkan siswa ybs telah menyadari kesalahannya.

Drs. Edy Sjarif, M.Pd.

Similar Posts

37 Comments

  1. Nama : Ismah Yazid
    NIM : 858929943
    Program Studi : PGPAUD

    Menurut saya, secara keseluruhan pembelajaran tersebut sudah baik dan benar. Akan tetapi di awal video terdapat kegiatan guru mencontohkan pada anak untuk membuat garis melengkung dengan garis putus-putus. Menurut pengetahuan saya, hal tersebut kurang benar. Karena jika mengguanakan garis putus-putus, nantinya anak akan terbiasa dengan contoh dan sulit untuk membuat garis yang sama tanpa contoh. Sebaiknya guru lebih baik tidak perlu memberikan contoh tersebut, melainkan dengan cara lain yaitu penguatan motorik halus pada anak seperti yang sudah dijelaskan divideo. Karena kegiatan tersebut sudah tepat untuk menguatkan motorik tangan pada anak, yang akan memudahkan anak memegang pensil dan menulis nantinya. Contohnya seperti memeras spons, membuka kunci gembok, memasang kancing, dan sebagainya. Saran untuk mengutkan motorik halus pada anak yang lainnya adalah bermain plastisin dan ublek (alat main yang dibuat dari tepung kanji lalu diberi air). Karena kedua permainan tersebut sangat bagus untuk melatih pergerakan otot pada anak.

  2. Nama : Rahajeng Anik Purwaningsih
    NIM : 857828524

    Tanggapan :
    Ya, saya setuju dengan isi video di atas.
    Dari video diatas, yang saya tangkap adalah bahwa beberapa siswa menganggap bahwa kedisiplinan tidak berpengaruh pada nilai pelajaran. Memang benar, namun kedisiplinan akan berpengaruh pada karakter siswa. Diciptakannya berbagai aturan di sekolah bertujuan untuk melatih disiplin dan tanggungjawab siswa sebagai seorang siswa yang patuh aturan. Peraturan dibuat untk ditaati.

    Berikut beberapa cara menghadapi siswa yang sering berontak tidak mau menaati peraturan :
    1. Ajak mengobrol
    Sebagai seorang wali kelas, guru kelas harus bisa memahami karaktek setiap anak didik di kelasnya. Guru harus memahami watak setiap siswa. Ketika siswa melanggar aturan, cobalah untuk mengajak mengobrol secara empat mata.
    2. Serahkan ke guru BK
    Ketika wali kelas sudah tidak bisa menghadapi siswa yang berontak, minta bantuan ke guru BK merupakan sebuah solusi.
    3. Beri surat peringatan
    Jika sudah terlalu sering berontak, siswa bisa diberi surat peringatan agar orangtua siswa tersebut juga tahu bagaimana sikap anaknya ketika disekolah.

  3. Nama: FEBRIYANI
    NIM: 856979666
    Prodi: PGSD-S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar: Baradatu

    Dari video yang saya simak di atas mengenai pemberontakan siswa dalam mentaati peraturan di sekolah adapun solusi yang diberikan dari video tersebut sudah sangat cukup bagus dan saya sebagai pendidik memiliki tambahan agar siswa tidak memberontak dalam mentaati peraturan seperti contoh di atas yaitu dengan melakukan pendekatan secara langsung oleh siswa. Selain pendekatan secara langsung ke siswa Kita juga bisa melakukan pendekatan ke orang tuanya karena orang tua atau wali murid lebih mengerti apa yang dirasakan oleh siswa sehingga siswa mudah memberontak kita bisa bermusyawarah secara langsung dengan orang tua pendekatan dengan siswa sehingga bisa memudahkan kita melakukan pendekatan kepada siswa dan mengerti apa penyebabnya siswa tersebut memberontak dan bisa mendapatkan solusi yang tepat.

  4. Nama Mahasiswa : Adriansyah Adhi
    Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 857468597
    Prodi : Pendidikan guru sekolah dasar
    Kode/Nama UPBJJ : 24/BANDUNG
    menurut saya video diatas sudah mencontohkan dengan baik apa yang harus di lakukan untuk menangani siswa yang mempunyai sifat berontak, adapun alasan dan penanganan yang mungkin bisa saya tambahkan seperti :
    1.jika anak memiliki sifat berontak Cobalah untuk memahami apa yang mungkin menjadi penyebab perilaku berontak anak-anak. Mungkin ada masalah di rumah, kesulitan akademis, interaksi sosial yang sulit, atau masalah lain yang mungkin mempengaruhi perilaku mereka.
    2. Sebagai seorang sosok orang tua di sekolah kita bisa Ajak anak tersebut berbicara secara pribadi untuk mencari tahu apa yang mungkin membuatnya merasa tidak nyaman atau marah. Berikan kesempatan bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan mereka tanpa takut dihakimi atau dihukum.
    3. Pertahankan ketenangan dan kontrol diri saat menangani anak yang berontak. Jika Anda merasa marah atau frustrasi, berikan diri Anda waktu untuk tenang sebelum berbicara atau bertindak.
    4. Tawarkan dukungan dan bimbingan kepada anak tersebut. Berikan pujian saat mereka menunjukkan perilaku yang positif dan dorong mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang sehat.

  5. Nama Mahasiswa : Lomri
    Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 857215231
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ: Serang banten
    Pokjar: Gunungkencana

    Menurut saya, menurut saya video diatas sudah mencontohkan dengan baik apa yang harus di lakukan untuk menangani siswa yang mempunyai sifat berontak, adapun alasan dan penanganan yang mungkin bisa saya tambahkan seperti :
    1. mengasih arahan pada anak murid
    Sebagai seorang wali kelas, guru kelas harus bisa memahami karaktek setiap anak didik di kelasnya. Guru harus memahami watak setiap siswa.
    2.Berikan pujian saat mereka menunjukkan perilaku yang positif dan dorong mereka untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang sehat.
    3. Sebagai seorang sosok orang tua di sekolah kita bisa Ajak anak tersebut berbicara secara pribadi untuk mencari tahu apa yang mungkin membuatnya merasa tidak nyaman atau marah.

  6. Nama : Ririn Septiani
    Nim : 855856685
    Pokjar : Labura

    Pandangan tersebut memang cukup umum. Meskipun kecerdasan bisa memengaruhi cara seseorang menyelesaikan masalah, namun prilaku dan pendekatan terhadap situasi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya seperti pengalaman, nilai-nilai pribadi, dan konteks sosial. Jadi, dalam menyelesaikan masalah, mempertimbangkan banyak aspek dengan bijaksana memang sangat penting.

  7. Nama : Miftahul Magfirah
    Nim : 856238347
    Pokjar: Kabupaten 50 kota (Harau)
    Menurut saya video tsb sudah mencontohkan dengan baik dan bisa dijadikan contoh utk semua guru.

Leave a Reply