Sinopsis

Naskah diawali dengan munculnya presenter yang mengantarkan bahwa sering ditemui kegiatan praktikum yang tidak efektif, kemudian diteruskan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kegiatan ini tidak efektif. Pada tayangan berikutnya memberikan solusi bagaimana kegiatan praktikum dapat berjalan dengan efektif. Pada laboratorium suatu SMP, tampak adanya kegiatan belajar mengajar. Terlihat 3 orang guru sedang bekerja, sorang guru terlihat sedang menyiapkan infokus, guru yang lain sedang mengecek alat dan bahan praktikum dan guru yang lainnya sedang menyiapkan materi serta membimbing praktikum. Pada awal kegiatan guru membagi kelas menjadi 9 kelompok. Sebelum kegiatan praktikum guru menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Kegiatan praktikum berlangsung selama 80 menit. Selesai melakukan praktikum guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.

Pertanyaan pemicu diskusi :
Cukup efektifkah cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis tersebut? Beri alasan Anda! Jika jawaban anda tidak, jelaskan mengapa dan pendekatan pembelajaran apa yang Anda anggap paling cocok untuk memberikan materi tersebut?

Tri Wahyuningsih

Video ini menayangkan tentang bagaimana agar praktikum dapat berjalan secara efektif, khususnya praktikum tentang percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Pada tayangan pertama, presenter mengatakan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang sangat disukai siswa, karena dapat mengasah kemampuan kinerja dan analisis siswa, tetapi sering ditemukan kegiatan praktikum yang berlangsung tidak tertib dan tidak efektif.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan praktikum tidak tertib dan tidak efektif, diantaranya adalah:
1. Jumlah siswa terlalu banyak, sehingga dalam kelompok ada siswa yang tidak terlibat dalam praktikum.
2. Guru tidak mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada saat praktikum, sehingga pada saat pelaksanaan alat dan bahan tidak lengkap.
3. Guru tidak menyiapkan lembar kerja siswa yang berisi petunjuk cara melakukan percobaan, sehingga siswa melakukan praktikum tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Similar Posts

29 Comments

  1. Nama: SUPIAWATI
    Nim : 042667117
    prodi: FIKIP (Pendidikan biologi)

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    Di dalam Video di atas Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan.
    Saya sngat setuju, seblum guru melakukan praktikum guru sudah membentuk kelompok dan menjeaskan proses krja dalam praktikum,guru telah menyiapkan alat dan bahan setelah itu guru melaksanakan prktek dan siswa mendiskusikan dengan guru tersebut.kegiatan praktik di dalam vidio merupakan salah satu strategi mengaktifkan siswa dalam belajar selain melakukan praktik untuk mengaktifkan siswa yaitu dengan cara diskusi kwlompok dan memberikan penghargaan kepada siswa yang telah aktif dalam belajar.
    trimakasi….

  2. Nama : Pujo Satrio Utomo NIM : 501173137 Prodi : Magister Pendidikan Dasar UPBJJ : Palembang
    Menurut saya pembelajaran praktikum tersebut berjalan baik dan sesuai dimana telah dibagikan berkelompok sesuai dengan karakteristik dan kemampuanya. Dalam pendekatan yang digunakan guru dalam proses pembelajarab yaitu pendekatan kooperatif, Harapanya agar materi pembelajaran dapat terserap dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.

  3. Nama: Laila Candra Kartika Putri
    NIM : 530082154
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ: Surabaya

    Selamat sore, ijin menanggapi video percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau
    Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah cukup efektif dimana sebelum melakukan praktikum guru memastikan semua alat yang akan digunakan dapat berfungsi dengan baik. Guru melakukan langkah-langkah yang terstruktur diawali dengan kegiatan siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Guru berkomunikasi dengan baik dengan menjelaskan teori berupa gambar struktur daun melalui infokus, dan materi lain yang berhubungan dengan materi percobaan seperti fungsi daun, dan gunanya fotosintesis. Kegiatan berlangsung dengan tanya jawab. Kemudian guru membagikan LKS dan diteruskan dengan melakukan kegiatan praktikum dengan panduan LKS , tampak guru membimbing praktikum. Disini pembagian kelompok diharapkan mampu mendorong siswa dalam bekerjasama yang baik dengan anggota kelompoknya. Siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kurang pandai. pendekatan pembelajaran ini menggunakan pendekatan kooperatif dimana hasil dari praktikum dapat terlihat secara langsung, terlihat dari guru meminta untuk mendiskusikan hasil percobaan dan membuat laporan, terakhir siswa diminta untuk mengumpulkan LKS.
    Trimakasih

  4. Nama : Aida Fitria

    NIM : 501202926

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    UPBJJ : Jakarta

    Pada video pembelajaran dengan judul percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut menerapkan student centered yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Guru mempersiapkan pembelajaran dengan baik dari pembukaan, kegiatan inti dan penutup. Pada video tersebut, saya juga bisa mengambil tips-tips bagaimana praktikum berlangsung secara efektif diantaranya adalah guru mempersiapkan alat dan bahannya, guru membagi kelompok siswa, sebelum memulai praktikum guru menyampaikan teori mengenai pembahasan praktikum serta guru melakukan pendampingan selama praktikum.

  5. Nama: Yolanda Adelia Utami
    NIM : 501202879

    Percobaan proses fotosintesis merupakan salah satu pembelajaran yang berbasis pada students center dimana seorang peserta didik melakukan praktek. Praktikum ini dilaksanakan dalam bentuk kelompok dimana terdapat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah diberikan. Adanya kegiatan praktikum ini membuat peserta didik terjun langsung dalam mengamati proses terjadinya fotosintesis dibanding teori-teori yang mereka pelajari dari guru dan juga buku.

  6. Nama : Risqi Widiarti
    NIM : 501213255
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Pada video pembelajaran dengan judul Percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau menurut saya itu sudah cukup efektif. Dapat saya simpulkan bahwa dalam proses pembelajaran berupa praktikum, lebih efektif karena pertama guru sebelum pembelajaran mempersiapkan dan mengecek alat dan bahan praktikum. Kedua membagi siswa ke dalam kelompok dengan jumlah anggotanya yang sedikit. Dalam hal ini, pendekatan yang digunakan guru adalah pendekatan kooperatif, sehingga pelaksanaan pembelajaran praktikum dapat efektif dan mencapai tujuan pembelajaran. Setelah membentuk kelompok, guru mulai memberikan pengantar awal tentang materi yang diajarkan. Guru memberikan tugas dengan membagikan LKS yang terdapat langkah-langkah pelaksanaan praktikum. Guru memberikan kesempatan kepada sisiwa untuk bertanya. Guru melakukan pembimbingan praktikum dan siswa dapat mengeksplorasikan percobaan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa melakukan diskusi tentang hasil percobaan fotosintesis pada tumbuhan. Jadi dengan pendekatan pembelajaran kooperatif ini sangat cocock untuk pembelajaran praktikum .

  7. Mohon izin, saya:

    Nama : Devi Aninda Putri
    NIM : 501333127
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    ingin menanggapi video pembelajaran dengan judul “Percobaan Fotosintesis Pada Tumbuhan Hijau”.
    Berikut tanggapan saya.
    Cara guru tersebut dalam memberikan materi tentang fotosintesis tersebut sudah efektif.
    Pembelajaran dilakukan dengan praktik. Praktikum membuat siswa dapat memahami pembelajaran sehingga lebih efektif dan mencapai tujuan pembelajaran.
    Sebelum praktik dilakukan, guru melakukan pembagian kelompok dan anggota yang tidak terlalu banyak. Sebelum praktikum dimulai, guru memberikan penjelasan dan pengarahan tentang materi yang dipelajari. Peralatan praktik juga telah disipakan sebelumnya dengan baik sehingga siswa dapat menggunakannya dengan maksimal. Teori dan materi tentang praktikum diberikan lebih awal agar siswa memiliki pengetahuan awal.
    Penjelasan tentang langkah percobaan diberikan di LKS agar siswa tidak mengalami kebingungan untuk melakukan praktikum sehingga dapat menjawab pertanyaan pada diskusi yang dilakukan.
    Tanya jawab juga dilakukan agar siswa semakin paham tentang materi yang dipelajari dan disampaikan guru. Kegiatan-kegiatan dalam melakukan percobaan dilakukan dengan pendekatan kooperatif learning melalui kegiatan percobaan membuat pembelajaran efektif dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

  8. MIA KURNIASIH
    501223217
    PASCA SARJANA PENDIDIKAN DASAR
    “percobaan Fotosintesis pada tumbuhan hijau”
    pada video tersebut pembagian kelompok sebelum praktik sangat baik,agar lebih terkondisikan.
    pembagian kelompok juga harus merata bukan pilihan siswa karena ada siswa yang aktif ada juga yang pasif.guru juga mempersiapkan alat,dan bahan sebelum praktik dimulai. selain itu guru wajib memberikan arahan sebelum pelaksaan praktikum.

  9. Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
    NIM : 501253155
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Sangat setuju bahwa dalam melaksanakan kegiatan praktikum diperlukan perencanaan kegiatan agar kegiatan praktikum dapat dilaksanakan dengan lancar. Persiapan praktikum yang sering dilupakan yaitu tidak adanya LKS yang dibagikan kepada siswa sihingga siswa melakukan praktikum tanpa ada petunjuk yang pasti. Selain itu pembagian kelompok dengan anggota yang cukup banyak juga menjadi penyebab praktikum tidak efektif. Hal ini pernah saya rasakan sendiri ketika membagi siswa kedalam kelompok dimana dalam satu kelompok terdiri lebih dari 5 siswa akan menyebabkan sebagian siswa sibuk sendiri tanpa memperhatikan kegiatan praktikum yang sedang dilakukan. Cara – cara melakukan kegiatan praktikum yang efektif yang dijelaskan pada video tersebut sangat tepat jika diterapkan dalam kegiatan praktikum. Dengan adanya tips yang disampaikan dalam video tersebut tentunya akan menjadi masukan bagi saya ketika akan melakukan kegiatan praktikum pembelajaran di dalam kelas supaya kegiatan praktikum tersebut dapat berjalan efektif.

  10. Nama: Amri Saleh
    NIM: 501133008
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar
    Pada vidio pembelajaran tersebut saya melihat guru terlalu mendominasi pembelajaran dengan terus menyampaikan penjelasan sewaktu pratikum. Walaupun pembelajaran sudah dilakukan dengan cara membagi kelompok sebanyak 9 kelompok dalam 1 kelas, guru memang terlalu mendomonasi. Hal ini terlihat saat guru selalu memegang daun yang sudah dimasukkan ke dalam gelas yang akan dibakar dengan. Namun demikian, guru sudah berusaha untuk membuat pembelajaran dengan baik dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam belajar. Guru sudah melakukan pratikum dengan menggunakan lembar kerja siswa dan melakukan tanya jawab dan menyiapkan seluruh peralatan untuk pratikum.
    Saran saya terhadap vidio tersebut adalah, guru harus memberikan keluasan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru hanya menjelaskan pembelajaran di awal dan memberikan waktu kepada peserta didik untuk kegiatan pembelajaran sehingga mereka dapat menemukan sendiri hasil dari pratikum yang sudah dilakukan sehingga pembelajaran dapat menjadi menyenangkan bagi peserta didik.

Leave a Reply