silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

1,175 Comments

  1. ( Anak Sulit berimajinasi saat menggambar)
    Video tersebut bisa diterapkan di setiap sekolah PAUD, pendekatan yang dilakukan guru dalam meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar sangat tepat dimana anak anak diajak terlebih dahulu keluar ruangan untuk melihat benda benda yang ada disekitar kelas / saintifik/ nyata sehingga anak dapat mendapatkan imajinasi mengenai gambar apa yang akan digambar berdasarkan pengalaman nyata hasil mengamati lingkungan sehingga hasil gambar anak-anak bisa bervariasi / Dengan melihat gambar/ video di youtube . Sehingga anak bisa mencermati setiap gambar pada video tersebut otomatis imajinasi anak berbeda sehingga menampilkan hasil yang berbeda juga tiap individunya

  2. Nama : Kristiani zendrato
    Nim : 859876394
    judul vidio :anak sulit berimajinasi saat menggambar

    melalaui video ini, saya sebagai guru sangat terbantu dengan penjelasan yang disampaikan dalam vidio tersebut. dimana,saya tau ada 2 cara untuk menggali imajinasi anak. seperti:
    1. dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja, sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
    2. mengajak anak kehalaman sekolah dengan melihat- lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah.

  3. Nama : Natalia
    Nim : 856103809
    UPBJJ : Batam

    memperkenalkan anak PAUD pada lingkungan luar dapat menjadi stimulasi yang bagus untuk mengembangkan imajinasi kreatif mereka. Melalui pengalaman langsung dengan alam dan objek di sekitarnya, anak-anak dapat memperluas pandangan mereka dan mengembangkan kreativitas dalam menggambar. Jangan lupa memberikan pujian dan dorongan pada setiap usaha mereka, agar mereka merasa percaya diri untuk terus bereksplorasi dan berkreasi.

  4. Nama : Selly Lusianti
    NIM : 857436694
    Judul Video : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak, sehingga tidak terlihat apa yang dilakukan guru saat kegiatan pembukaan).

    Model pembelajaran pada kegiatan ini yaitu klasikal. Suasana kelas tertib, anak menyimak dengan baik apa yang disampaikan ibu guru.

    Pada kegiatan inti anak-anak menggambar, anak-anak cenderung meniru apa yang digambar oleh ibu guru
    Strategi/pendekatan yang dilakukan ibu guru untuk solusi masalah tersebut sudah tepat yaitu :
    1. Memberikan kebebasan kepada anak sesuai dengan minatnya
    2. Untuk menggali kreativitas, guru mengajak anak ke luar kelas
    3. Menggambar apa yang ditemukan disekitar anak-anak

    Pada kegiatan penutup, anak-anak diminta bercerita mengenai gambar yang dibuatnya.

    Dalam video terdapat :
    Kelebihan :
    1. Guru memberikan kebebasan kepada anak dalam menuangkan ide kreativitas anak
    2. Kegiatan menggambar bebas sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan kurikulum yang berlaku.

    Kekurangan :
    1. Kesulitan anak berimajinasi muncul, karena guru diawal memberikan contoh gambar.

    Terima Kasih

  5. Nama : Noviesi
    NIM : 859871618
    UPJJ : Medan
    Saya setuju dengan pendekatan ibu guru yang memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan imajinasinya dengan mengajak mereka keluar untuk melihat pemandangan dan objek di sekitar sekolah serta mendorong mereka untuk bercerita. Memberikan kebebasan dalam menggambar dan berimajinasi juga penting. Selain mengajak mereka keluar, guru sebaiknya memberikan motivasi dan rangsangan kepada anak agar imajinasinya lebih terlihat, serta menggunakan media yang menarik bagi mereka.

  6. NAMA : SITI MAESAROH
    NIM : 857196006
    Assalamualiakum wr.wb. Izin menanggapi video tersebut , saya setuju ketika anak-anak sulit berimajinasi , sebagai guru harus mempunyai ide kreatif untuk anak, seperti dalam video tersebut, guru memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menggambar bebas, karena itu salah satu cara efektif ketika anak kesulitan berimajinasi, dengan adanya menggambar bebas , anak akan berpikir dan menggambarkan apa yang ia inginkan, selain itu guru mengajak anak untuk melihat tanaman yang ada dilingkungan sekolah , dan guru juga memberikan sesi tanya jawab , sehingga guru tersebut juga bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk berani bertanya dan berani untuk maju

  7. NAMA : SITI MAESAROH
    NIM : 857196006
    Izin menanggapi video tersebut, saya setuju dengan video beliau, ketika anak kesulitan berimajinasi saat menggambar, guru harus mempunyai ide yang kreatif untuk anak, seperti beliau , beliau memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menggambar bebas, karena itu salah satu cara yang efektif untuk anak-anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar, dengan adanya kegiatan menggambar bebas anak akan berpikir dan berimajinasi apa yang ingin digambarkan nya, selain itu guru juga mengajak anak keluar kelas untuk melihat tanaman dilingkungan sekolah, selain itu guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya , dan memberikan sesi tanya jawab , sehingga membuat anak berani bertanya, dan berani maju.
    mungkin masih banyak cara untuk membuat anak percaya diri dan membuat anak bisa berimajinasi selain video diatas

  8. Nama : Eka Wahyuni
    NIM : 856282903
    UPBJJ : UT PADANG
    dengan video yang sudah dijelaskan guru mengetahui cara atau teknik atau strategi agar anak dapt berimajinasi dengan menuangkan ide-ide kedalam buku gambar dengan menyuru anak untuk menggambar bebas. karena setiap potensi yang dimiliki anak berbeda beda Menurut saya dengan mengajak anak keluar ruangan untuk melihat apa yang ada diluar akan memberi anak inisiatif untuk menggambar sesuatu dan dapat mengasah imajinasi anak tersebut. dan jika anak sudah menggambar dibuku gambar dengan imajinasinya jika anak sudah menggambar dengan bagus kita sebagai guru perlu juga untuk memberikan reward kepada anak untuk menjadi motivasi kepada anak bahwa aku bisa melakukannya dan ingin juga diberikan reward oleh guru sehingga anak -anak akan bersemangat mengerjakan tugasnya. dan salah satu yang merupakan pengembanagn kreativitas anak yang eefektif adalah dengan menggambar bebas yang sesuai dengan imajinasi mereka juga dengan mewarnai sesuai keinginan mereka ini juga merupakan suatu perkembangan kognitif bagi anak dan golden age.

  9. Nama : Cucu carwati
    Nim : 857531218
    UPBJJ : Bandung
    Mohon ijin untuk berkomentar tentang video anak sulit berimajinasi saat menggambar ,saya sangat setuju dengan cara pendidik yang ada di video tersebut dengan membiarkan terlebih dahulu apa yang di gambar anak dan ternyata semua anak menggambar dengan gambar yang sama karena melihat temannya menggambar gambar tersebut sehingga kreativitas dan imajinasi nya tidak bisa anak curahkan ,pendidik tersebut langsung membuat tindakan dengan mengajak anak-anak mengelilingi sekitar halaman sekolah agar anak mendapatkan ide untuk menggambar ,sebelum menggambar kembali pendidik tanya jawab terkait apa yang anak-anak akan gambar sekarang.
    Apabila anak-anak ketika tanya jawab masih mengikuti temannya pendidik bisa mengalihkan dengan cerita lainnya ,selain mengajak keliling halaman ,pendidik juga bisa mengajak anak ke tempat wisata atau tempat bermain ,atau melakukan peran dokter-dokteran ,polisi-polisian dan lain lainnya sehingga anak bisa menemukan lebih banyak imajinasi tanpa harus menyamakan nya dengan teman atau yang di gambarkan guru ,yang terpenting apa yang anak gambar pendidik harus menghargai dengan memberi reward berupa nilai bentuk bintang atau stiker dan jangan sampai berkomentar kurang baik

  10. Setiap anak tidak sama,perlu upaya untuk membangun imajinasi anak agar tumbuh berkembang secara optimal, Dunia bermain pada anak memiliki ide-ide imajinasi yang menakjubkan, imajinasi lahir dari proses mental yang manusiawi,kemampuan imajinasi pada anak merupakanbagian dari aktivitas otak kanak yang bermanfaat untuk kecerdasan, untuk menumbuhkan imajinasi dapat memberikan kebebasan untuk anak dalam bermain maupun belajar, memberikan dorongan positif dengan membacakan buku cerita atau mengajak anak mengamati langsung alam sekitarnya.

Leave a Reply