silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

2,360 Comments

  1. Memang benar, pada tahun ajaran baru, anak-anak masih belum mandiri. Dengan pendekatan yang terarah dan mendukung seperti ini, pendidik dapat membantu anak-anak yang belum mandiri pada tahun ajaran baru untuk mengembangkan kemandirian mereka secara bertahap dan positif. Terimakasih atas vidionya yang sangat bermanfaat bagi kita pendidik

  2. NAMA : SUHARNINGSIH
    NIM : 858449568
    Assalammuallaikum wr,wb…
    Dari video seri yang saya lihat anak belum mandiri ,tentunya ini sangat memotivasi saya agar bisa belajar bagaimana cara meghadapi masalah seperti ini, karena di sekolah saya pun, sering saya jumpai masalah seperti dalam video, sebagai guru memang sudah seharusnya kita selalu belajar, kapanpun dimanapun agar bisa menghadapi anak yang tentunya berbeda karakter.

  3. Nama : Husnun Lathifah
    NIM : 856336972
    Seri Pengembangan Bahasa
    Masalah : Anak belum mandiri
    Menurut saya dalam masalah anak belum mandiri ini dapat membuat saya mengetahui akan apa saja yang harus saya lakukan ketika menghadapi anak yang baru mau masuk sekolah. sehingga saya dapat menerapkan di lembaga PAUD tempat saya mengajar.
    1. Memperkenalkan diri saya sebagai pendidik, agar anak merasa kenal dengan pendidik yang akan mendidik anak
    2. Memberikan kesempatan kepada anak, apa yang ingin anak tanyakan kepada saya dan saya dapat menjawabnya dengan baik
    3. Dalam masa pengenalan sekolah pada tahun ajaran baru untuk mengajak ibu, atau pengasuh anak untuk masuk kedalam kelas selama 3 sampai 5 hari masa pengenalan sekolah
    4. Pada masa pengenalan sekolah, saya dapat mengajak anak yang pandai berkomunikasi dengan temannya agar anak dapat lebih mudah berkomunikasi dengan teman-temannya yang ada disekolah.
    5. Memberikan hadiah kepada anak yang masuk tahun ajaran baru yang sudah dapat mandiri

  4. Nama : Miftakhul Fia Nugrahayu
    NIM : 858877229

    Anak-anak yang belum mandiri saat awal masuk sekolah dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan memperkuat kemandirian mereka. Karena mereka masih merasa asing dengan suasana baru dan teman baru, karena biasanya dirumah hanya bermain dengan keluarganya dan teman sekitar. Transisi dari PAUD ke sekolah dasar merupakan tahap yang penting dalam perkembangan anak, dan memperkenalkan konsep kemandirian sejak dini dapat membantu mereka menghadapi tantangan ini dengan lebih percaya diri. Untuk nyaman dengan lingkungan baru juga perlu adaptasi, terutama teman baru, karena masih malu untuk berteman ataupun takut. Selain itu, orang tua dan guru juga perlu terlibat aktif dalam mendukung pembelajaran, dengan memberikan bimbingan dan dorongan yang sesuai sesuai dengan perkembangan anak-anak. Dengan demikian, anak mempunyai semangat dan percaya diri untuk mengenal dan mengeksplor lingkungannya yang baru.

  5. Nama : ARLINDA MARELY LELAPARY
    Nim : 855791337
    Video yang telah saya lihat tentang “Anak Yang Belum Mandiri” merupakan hal yang sering terjadi pada anak usia dini terutama pada masa pengenalan/ masa orientasi siswa baru. Pada masa tersebut anak diharapkan untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, bersosialiasi dengan ibu guru dan teman baru. Akan tetapi lingkungan yang baru membuat anak harus beradaptasi terlebih dahulu, dikarenakan kelekatan antara anak dengan guru belum terbentuk, sementara itu kelekatan anak dengan ibu masih sangat kuat maka dari itu banyak anak yang masih terlihat belum mandiri seperti ingin ditemani ibu dikelas dll. Hal yang dapat kita lakukan sebagai guru adalah bersikap sabar, beri rasa aman dan nyaman, dan adanya kerjasama antara orang tua dan guru untuk memotivasi anak agar terlihat mandiri. Hal yang paling penting adalah memberikan kenyamanan kepada anak sehingga di harapkan dapat membangun kepercayaan diri anak dan mandiri pada anak.

  6. Asalamualaikum,wr,wb.
    Nama:Silvi khoiriah
    Nim :857237767
    Dalam video di atas.
    Hal yang sering terjadi pada anak usia dini, ketika memasuki ajaran baru memang selalu ada anak yang belum mandiri.untuk itu video ini sangat memotivasi saya agar bisa mengatasi anak yang belum bisa mandiri, atau belum bisa jauh dari orang tua, selain itu guru dan orang tua berperan aktif dalam
    mendukung pembelajaran, dengan memberikan bimbingan dan dorongan yang sesuai dengan perkembangan anak.

  7. Memang benar,pada tahun ajaran baru anak anak masih belum mandiri.Maka dari itu guru dapat mendekatkan diri dengan anak didik saat awal sekolah guru dapat menjadi alat efektif untuk membantu murid menyesuaikan diri di lingkungan yang baru yaitu di sekolah.Dengan suasana yang baru dan teman baru di sekolah dasar merupakan tahapan yang penting dalam perkembangan anak.Sebagai guru memang sudah seharusnya saling belajar dan berbagi menghadapi anak yang tentu berbeda karakternya.

  8. Nama : Grace Maspaitella
    NIM : 858880155
    Awal anak masuk sekolah merupakan sebuah perubahan kondisi yang secara universal terjadi. Dimulai dari lingkungan yang baru, teman-teman yang baru, dan guru yang baru. Kondisi ini akan membuat anak merasa asing, sehingga orang tua yang selalu ada didekat anak akan menjadi orang pertama yang anak cari ketika dia berada atau bertemu dengan lingkungan yang baru. Ini merupakan tindakan sosial emosional yang secara natural itu bisa terjadi pada anak. Dari video ini mungkin belum terlihat bahwa diawal anak masuk sekolah, alangkah baiknya anak diberi kesempatan bersama orang tua untuk hanya melihat dulu lingkungan sekolah dan aktivitas dikelas. Meski anak belum mau masuk kekelas dan hanya masih mau diluar kelas tidak apa-apa, karena anak sedang membiarkan dirinya untuk berkenalan dengan situasi dan kondisi yang baru baginya. Kalau anak langsung diajak kedalam kelas, tentu ada rasa takut atau tidak percaya diri, sehingga anak akan menangis dan mendekati orang tuanya untuk meminta perlindungan. Hindari kondisi guru bersama dengan orang tua yang sedikit memaksa anak untuk masuk kekelas diawal sekolah, karena tindakan ini akan membuat anak menjadi trauma dan tidak ingin bersekolah.
    Untuk langka-langkah yang disampaikan melalui video ini mengenai cara mengatasi anak supaya bisa mandiri didalam kelas yang harus dilakukan oleh orang tua telah kami terapkan disekolah, dan banyak anak yang menjadi mandiri dengan cara-cara tindakan tersebut. Bahkan ada anak yang meminta orang tuanya untuk tidak menunggunya sekolah melainkan pulang.
    Terima kasih video ini sangat menginspirasi kami sehingga bisa lebih banyak tahu lagi dalam mendampingi anak-anak diawal mereka sekolah… 🙂

  9. Nama : SRI WAHYUNI
    NIM : 855895236
    Menurut saya dari video ini anak tidak mau berpisah dengan orang tua, dan anak belum bisa mandiri, dan belum bisa makan sendiri.
    Saran :
    Dengan memberikan rasa aman pada anak dengan cara merangkul anak memanjang anak dan bermain bersama anak.
    Manfaat :
    Manfaat dari vidio dapat memberi contoh teladan bagi guru dalam menghadapi anak didik pada awal masuk sekolah dan seterusnya.

  10. nama : eka wahyu pupitasari
    nim : 857758997
    menurut video diatas…
    guru harus mempunyai rencana saat masa orientasi atau awal ajaran baru untuk menghadapi anak yang masih belum mandiri ditinggal sekolah oleh orang tuanya. guru juga harus bekerja sama dengan orang tua agar anak bisa mandiri dan tidak menangis lagi dengan cara bertahap melepaskan anak untuk sekolah. dalam video tersebut guru memperkenalkan diri dengan baik dan memuji anak untuk mengambil hatinya serta mengenalkan anak kepada teman teman yang lain agar anak bisa bersosialisasi kepada yang lainnya.

Leave a Reply