silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,205 Comments

  1. Nama : NOK RISQI
    NIM : 858527955
    UPBJJ : SEMARANG
    Judul Video : Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Terpaut video di atas, yang wajib dicoba seseorang pendidik merupakan:

    1. Mengadakan Area Belajar yang Menyenangkan
    Menghasilkan area belajar yang aman serta menarik hendak menolong kanak- kanak merasa bersemangat serta bergairah dalam belajar. Buatlah ruang belajar yang menarik dengan game, novel, serta bahan belajar tertentu.

    2. Pakai Tata cara Pendidikan yang Interaktif
    Anak TK cenderung belajar dengan metode yang berbeda. Hingga, cobalah cunakan tata cara pendidikan yang interaktif serta kreatif, semacam memakai foto, lagu, ataupun game buat menolong mereka menguasai konsep- konsep baru.

    3. Perhatikan Style Belajar Anak
    Tiap anak mempunyai style belajar yang berbeda. Silahkan perhatikan apakah anak lebih suka belajar lewat visual, auditori, ataupun kinestetik. Hingga, sesuaikanlah tata cara pengajaran dengan style belajar anak buat mengoptimalkan uraian serta atensi mereka dalam belajar.

    4. Bagikan Motivasi
    Silahkan bagikan motivasi kala anak sukses menanggulangi kesusahan belajar. Pujilah usaha serta prestasi mereka, sehingga mereka merasa termotivasi buat terus belajar serta tingkatkan keahlian mereka.

    5. Kenali Keahlian Spesial Anak
    Tiap anak mempunyai keahlian serta bakat spesial. Hingga, temukanlah apa yang mereka gemari serta apakah terdapat zona belajar tertentu di mana mereka hendak menampilkan atensi serta kecakapannya. Dorong si anak supaya meningkatkan keahlian tersebut dengan membagikan peluang yang lebih banyak.

    6. Kedudukan Orang Tua
    Kerja sama antara orang tua serta pengajar sangat berarti dalam menanggulangi kesusahan belajar anak. Bila Kamu seseorang pengajar, hingga silahkan berbicara secara tertib dengan orang tua buat menguasai tantangan yang dialami anak di rumah serta sekolah.

    7. Bagikan Waktu serta Kesabaran
    Tiap anak belajar dengan ritme mereka sendiri. Hingga, berikanlah waktu yang lumayan serta bersabarlah dalam menolong mereka melewati kesusahan belajar. Tunjukkan sokongan serta kepercayaan pada keahlian mereka buat berkembang serta tumbuh.

    8. Konsistensi serta Rutinitas
    Anak TK memerlukan konsistensi serta rutinitas dalam belajar. Hingga, buatlah agenda belajar yang tertib, dengan waktu yang didetetapkan buat aktivitas belajar serta rehat. Ini hendak menolong anak merasa lebih tertib serta siap dalam proses belajar.

    9. Cari Dorongan Tambahan
    Bila kesusahan belajar anak terus bersinambung, hingga pertimbangkan buat mencari dorongan bonus, semacam pengajar individu ataupun sokongan spesialis dalam pembelajaran anak.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Setelah saya mempelajari video di atas menurut saya cara untuk mengatasi anak yang mogok belajar yaitu dengan cara.
    1. Dukung minat dan rasa ingin tahu anak dengan cara:
    – Biarkan anak melakukan hal-hal yang menarik baginya
    – Tunjukkan rasa antusiatisme dan berikan apresiasi terhadap keinginan anak.
    2. Sesuaikan materi dengan perkembangan anak.
    – gunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti anak
    – berikan materi yang sesuai dengan kemampuan anak.
    3. Melibatkan orang tua.
    – berikan dorongan orang tua agar menjadi orang tua yang teladan dalam memberikan motivasi bagi anaknya.
    4. Perhatikan kebutuhan istirahat anak.
    – pastikan anak mendapatkan istirahat cukup dan bermain.
    – hindari terlalu memaksa anak.
    Dengan pendekatan yang tepat anak dapat belajar dengan baik tanpa merasa terbebani dan menurut saya kunci utama adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sesuai dengan tahap perkembangan anak.
    Terimakasih🙏

  3. Nama : GUSNIARTI INDRA
    NIM : 856450234
    UPBJJ : TELUK KUANTAN – RIAU
    Judul Video : ANAK MOGOK TIDAK MAU BELAJAR BERSAMA TEMANNYA

    Pada uraian vidio terlihat anak dengan wajah cemberut , tidak acuh pada aktifitas didalam kelas dan memilih sibuk dengan dirinya dan terlihat agak marah serta menolak belajar bersama teman temannya .
    Penyebab ini bisa terjadi seperti yang diuraikan dividio :
    1. Anak takut pada lingkungan belajarnya
    2. Anak dipaksa guru mengerjakan tugas yang belum bisa dikerjakan anak seusianya.

    Kemungkinan anak telah bertengkar dengan temannya
    4. Berkemungkinan ada kalimat guru yang membuatnya kesal dan sakit hati

    Sehingga, untuk mendapatkan perkembangan emosional anak seperti yang diharapkan untuk seusianya , maka guru dapat melakukan cara cara sebagai berikut :
    1. Untuk mengetahui penyebabnya guru dapat bertanya kepada orang tua murid baik disekolah atau kunjungan rumah ( Menggali lebih dalam kenapa anak tidak mau belajar dengan teman temannya }
    2. Guru harus introfeksi dan merefleksikan setiap tingkah laku dan cara melayani anak apakah sudah sesuai atau belum
    3. Bila anak mogok belajar dengan teman temannya , bisa jadi karena anak bosan dan guru dapat memberi waktu anak untuk belajar di luar dengan cara bermain, walaupun tidak sesuai tema.
    4. Guru dapat melakukan pengayaan atau perlakukan khusus pada anak dengan konsisten walaupun dengan materinya berbeda dengan anak lainnya.
    5. Dan parenting perlu dilakukan secara berkala agar persepsi guru dan orang tua sama dalam mengatasi dan melakukan perkembangan anak asuhan mereka.
    Demikian ..terima kasih.

  4. Izin menanggapi, kondisi sosial emosional sangatlah penting untuk di perhatikan perkembangannya, apalagi menyangkut anak yang mogok belajar karena akan mempengaruhi tumbuh kembang lainnya, seperti kognitif dan fisik motorik. Disini peran guru sangat penting untuk menumbuhkan perkembangannya agar lebih baik lagi.

  5. Izin menanggapi video diatas, saya Noor Anita dari UPBJJ Banjarmasin dengan NIM 858289016

    Dari video tersebut telah kita ketahui bahwa anak tidak mau belajar terdapat beberapa kemungkinan, diantaranya :
    – anak merasa takut
    – anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakannya
    – kemungkinan anak bertengkar dengan temannya di kelas
    – anak merasa sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru kepada anak

    Tugas utama yang penting bagi seorang guru anak usia dini adalah membentuk motivasi diri anak dan membangkitkan rasa ingin tahu anak. Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga disekolah harus lah menyenangkan bagi anak-anak.

    Didalam video tersebut menjelaskan bahwa ada beberapa solusi bagi anak yang tidak mau belajar ( mogok belajar), diantaranya, :
    1. Guru menggali keterangan paling mendalam tentang anak kepada orang tuanya , bisa dilakukan dengan home visit ( mengunjungi rumah sang orang tua anak )
    2. Memberi pilihan belajar kepada anak , mau belajar dikelas bersama teman atau ke tempat lain, seperti ke kantor, perpustakaan dll
    3. Memberikan kesempatan bermain di luar kelas dengan waktu yang sudah disepakati bersama dengan anak
    4. Guru dapat melakukan pengayaan atau perilaku khusus pada anak walaupun materi yang diajarkan berbeda dengan temannya.

    Perkembangan sosial emosional anak ini terutama pada kasus di dalam video tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan , karena apabila anak didik sudah mogok belajar , maka secara tidak langsung menghambat perkembangannya bukan hanya pada perkembangan sosial emosional saja akan tetapi berbagai aspek perkembangan lainnya, seperti perkembangan fisik motorik anak, kognitif, bahasa dll.

    Dengan solusi yang diberikan didalam video tersebut akan mempermudah guru dalam menyelesaikan masalah yang di hadapi anak saat menemukan kasus yang sama dengan video tersebut.

    Terimakasih 🙏☺️

  6. Nama : Yunita Herlina
    Nim : 856625951
    Judul video : Anak Mogok tidak mau belajar
    Narasumber video : Dra. Siti Aisyah m. Pd

    Kekurangan pada guru :
    Guru tidak menjaga ucapan pada anak didik, sehingga mereka tidak mau belajar. Guru terlalu fokus pada anak didik yang lain, sehingga anak yang satunya merasa tidak di perhatikan . Gurunya terlalu memaksakan anak untuk belajar sehingga apa yang di pelajari tidak masuk sehingga pengetahuan anak menjadi berbeda dengan temannya.

    Kelebihan guru:
    Sebaiknya guru memberikan anak waktu untuk bermain mungkin dia sedang bosan
    Guru harus lebih dekat dengan keluarga atau anak didik
    Saat anak tidak mau belajar sebaiknya anak di ajak belajar di tempat yang menyenangkan

  7. Nama : Mu’awanah
    NIM: 858872101
    UPBJJ: 74/ Malang
    Judul Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Pada video tersebut tampak seorang anak yang mogok belajar. Upaya yang dilakukan guru sudah baik seperti: mencari tau alasan mengapa anak mogok belajar, menggali informasi ke orangtua denga home visit, memberi pilihan kepada anak apakah ia ingin belajar bersama teman-temannya ataukah belajar ditempat lain, memberikan kesempatan bermain terlebih dulu, serta memberikan pengayaan yang memberikan keleluasaan anak untuk menyelesaikan dengan caranya sendiri.

    Selain upaya-upaya yang dicontohkan dalam video tersebut, ada pula langkah lain yang dapat dilakukan oleh guru diantaranya:
    1. Bicara dari hati ke hati kepada anak untuk mendengarkan perasaannya
    2. Memberi pemahaman anak tentang manfaat belajar
    3. Memberikan dorongan positif pada anak (memberikan pujian atau penghargaan ketika anak menunjukkan motivasinya untuk belajar)
    4. Bimbing anak dengan bijak untuk mengatasi penyebab dirinya mogok belajar
    5. Bantuan tenaga ahli apabila diperlukan

  8. Nama : Melis Daria
    Nim : 857116664
    UPBJJ : Jakarta
    Judul Video: Anak Mogok Tidak Mau Belajar

    Dari pengamatan video yang saya lihat tersebut, memperlihatkan penyebab anak mogok tidak mau belajar karena: anak takut, anak dipaksa untuk melakukan kegiatan yang anak tersebut belum mampu untuk melakukannya, dan mungkin anak bertengkar dengan temannya, atau anak sakit hati terhadap ucapan guru, sehingga guru menggali, bagaimana supaya anak mau belajar kembali dengan bermacam-macam kegiatan seperti dengan home visit, anak di ajak ke perpustakaan sekolah, dan anak merasa bosan di kelas, dengan adanya kegiatan tersebut, akan membantu pendidik untuk memberikan solusinya,

    namun menurut pengalaman saya saat sedang mengajar, memang ada anak yang selalu mogok belajar, karena beberapa hal, seperti :
    – Orang tua selalu sibuk bekerja sehingga saat anak akan berangkat sekolah, anak tidak ada yang mengantar, karena tidur larut malam bangun jadi kesiangan
    – Di ejek temannya dengan kata-kata seperti (jangan temenin arsyila yuk…. )
    – Datang terlambat saat ke sekolah
    – ada yang di inginkan oleh anak namun belum di berikan oleh orang tuanya

    Dari penyebab di atas, hal-hal yang saya lakukan sebagai penddik adalah:
    -berbicara langsung ke ibu si anak dengan home visit, untuk memberikan pesan supaya ada waktu untuk anak
    -saya selalu berikan nasihat / pesan bahwa semuanya teman, harus selalu saling menyayangi, lalu saya memberikan kesempatan ke anak-anak untuk saling
    memaafkan dengan bersalaman
    – memberikan tata tertib sekolah, untuk mengajarkan anak disiplin supaya anak-anak tepat waktu untuk hadir ke sekolah
    – saya memberikan kesempatan sesuai minat anak, dengan bermain seraya belajar, menunggu senyaman anak saat dikelas, seperti mewarnai, bermain
    lego,menggambar dan apa saja yang membuat anak bisa nyaman, demikian pendapat dari saya, terima kasih

  9. Nama : Imro’ati Sholikah
    NIM : 8527990775
    UPBJJ : Yogyakarta
    Judul video : Anak mogok tidak mau belajar

    Dalam video diatas menjelaskan bahwasanya didalam belajar PAUD harus menyenangkan, anak belajar tanpa ada paksaan. Hal-hal yang dapat menyebabkan anak mogok tidak mau belajar :
    1. Anak takut
    2. Anak dipaksa untuk mengerjakan sesuatu tetapi anak merasa belum mampu mengerjakan
    3. Anak bertengkar dengan temannya
    4. Anak sakit hati

    Hal ini sering terjadi dilingkungan pembelajaran PAUD, oleh karena itu guru harus memberikan pembelajaran kreatif dan inovatif agar anak tidak mudah bosan, khususnya anak yg mogok tidak mau belajar cara pendekatannya harus dengan lembut agar tetap merasa nyaman berada di lingkungan sekolah.

  10. Nama : Nurhasanah
    NIM : 857457602
    UPBJJ : UT Bandung
    Judul : Anak mogok tidak mau belajar
    Menurut pendapat saya dari kasus video anak mogok tidak mau belajar bisa jadi anak merasa takut, bosan atu jenuh dengan susana pembelajaran tersebut. Namun ada kala anak tersebut tidak mod karena merasa terpaksa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Pengalaman saya di Lembaga ketika anak mogok tidak mau belajar upaya yang saya lakukan adalah mendekati dan bertanya pada anak tersebut mengapa ia tidak mau ikut belajar dengan temannya atau mengajak anak tersebut untuk belajar dan . bermain secara terpisah dari teman-temannya.Dari kasus video dia atsa upaya yang dilakukan ulah guru sudah baik dengan cara melakukan pendekatan secara inten serta menggali keterangan anak atau orang tua dengan melakukan home visit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar dengan mengajukan beberpa pertanyaan serta memberikan beberpa pilihan terhadap anak untuk mengikuti kegiatan belajar dengan mengajak anak untuk bergabung dengan teman lainnya atau diruangan lainnya seperti kantor sekolah atau perpustakaan.
    Terimakasih demikian pendapat dari saya serta beberapa hal yang dapat saya ambil dari kasus video tersebut

Leave a Reply