silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : BAHRIA
Nim : 858181213
Mata Kuliah : TAP
Dosen Pengampu : Yatiningsih, S. Pd.,M. Pd
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Penulis/pengembang : Dwi Astuti
Kegiatan yang muncul : Upaya Guru Mengatasi Anak yang Mogok Tidak Mau Belajar dengan Teman
Adapun solusi yang di berikan dalam mengatasi anak mogok tidak mau belajar dengan teman yaitu:
1. Guru mengadakan kunjungan kerumah anak untuk menggali lebih mendalam dari anak atau orang tua mengapa anak mogok tidak mau belajar dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan mengapa anak tidak mau masuk sekolah, padahal ibu guru dan teman-temannya sudah kangen
2. Jika anak masih belum mau bersekolah, guru memberikan pilihan kepada anak mau belajar di kelas atau di ruangan Kepala sekolah
3. Jika anak bosan di kelas, guru boleh memberikan kesempataan untuk bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama anak. Hal ini perlu dilakukan karena bagi anak membuat kesepakatan dengan guru merupakan proses pembelajaran
4. Jika anak mogok karena bosan, guru dapat melakukan pengaman/pengayaan sehingga anak tertarik walaupun materi dan cara belajar anak dilakukan secara berbeda dengan anak yang lainnya.
Alhamdulillah solusi yang diberikan dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar dengan teman sangat baik sekali sehingga bisa kita gunakan ketika anak didik kita mengalami hal yang sama dalam proses pendidikan PAUD.
Nama : Aprilyani
Nim : 859799063
Mata Kuliah : Profesional Guru
Dosen Pengampu : Rendy Setyowahyudi, M.Pd
Seri Pengembangan : Sosial Emosional PAUD
Judul : Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Penulis/pengembang : Dwi Astuti
Kegiatan yang muncul : Upaya Guru Mengatasi Anak yang Mogok Tidak Mau Belajar dengan Teman
Faktor Penyebab yang mungkin terjadi sehingga anak mogok tidak mau belajar dengan teman-temannya di Sekolah yaitu:
1. Kurangnya minat belajar bersama,
2. Kesulitan dalam bergaul dengan teman, atau kurangnya rasa percaya diri
3. Anak merasa takut
4. Anak dipaksa mengerjakan tugas yang anak belum mampu untuk mengerjakannya, sedangkan anak-anak yang lain sudah mampu mengerjakan
5. Anak bertengkar dengan teman sekelasnya
6. Anak merasa sakit hati terhadap ucapan dan perbuatan guru terhadapnya
7. Anak bosan selalu berada di kelas
Adapun solusi yang di berikan dalam mengatasi anak mogok tidak mau belajar dengan teman yaitu:
1. Pahami Alasan di Balik Sikap Anak
2. Berikan Pujian dan Dukungan: Berikan pujian dan dorongan kepada anak atas usaha dan kemajuan mereka dalam belajar. Ciptakan suasana belajar yang positif dan menyenangkan.
3. Latih anak untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman. Ajarkan mereka cara bertukar ide, membantu satu sama lain, dan menyelesaikan masalah bersama.
4. Guru mengadakan kunjungan kerumah anak untuk menggali lebih mendalam dari anak atau orang tua mengapa anak mogok tidak mau belajar dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan mengapa anak tidak mau masuk sekolah, padahal ibu guru dan teman-temannya sudah kangen
5. Jika anak masih belum mau bersekolah, guru memberikan pilihan kepada anak mau belajar di kelas atau di ruangan Kepala sekolah
6. Jika anak bosan di kelas, guru boleh memberikan kesempataan untuk bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama anak. Hal ini perlu dilakukan karena bagi anak membuat kesepakatan dengan guru merupakan proses pembelajaran
7. Jika anak mogok karena bosan, guru dapat melakukan pengaman/pengayaan sehingga anak tertarik walaupun materi dan cara belajar anak dilakukan secara berbeda dengan anak yang lainnya.
Alhamdulillah solusi yang diberikan dalam mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar dengan teman sangat baik sekali sehingga bisa kita gunakan ketika anak didik kita mengalami hal yang sama dalam proses pendidikan PAUD. Penting untuk bersabar, penuh kasih sayang, dan suportif dalam membantu anak mengatasi kesulitan belajarnya bersama teman. Dengan memahami alasan di balik sikapnya dan menerapkan solusi yang tepat, Anda dapat membantu anak kembali semangat belajar bersama teman dan mencapai potensi penuh mereka.
Nama : Arifa Liana Utami
Nim : 857506135
Upbjj : Bandung
Setelah menonton video tersebut saya merasa sinkron dan telah melakukan beberapa solusi yang terdapat dalam video tersebut seperti melakukan visit home, dan memfasilitasi terlebih dahulu keinginan-keinginan anak agar anak mau bersekolah kembali. Selain itu menuntaskan permasalahan anak apabila terjadi perbedaan pendapat dengan temannya. Apabila anak stress atau bosan dengan kegiatan disekolah, kita sebagai guru harus mencari kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak, agar anak merasa nyaman disekolah.
Nama: Indar Hestia Dewi
NIM :859692302
Mata kuliah: Evaluasi pembelajaran TK.
Video ini sangat menarik dan bermanfaat.saya sangat ingin melihat teknik bertanya guru untuk menggali permasalahan anak..
Nama : Arfah Sahara Nst
Program studi: pendidikan anak usia dini
Matakuliah : profesionalitas guru PAUD
Dari video yang sudah saya lihat jika anak mogok belajar atau takut kita sebagai guru harus pandai mencari solusi agar anak telihat senang untuk sekolah dan bermain bersama teman-temannya, dan kita harus sering-sering mengajak si anak bercerita agar mereka tidak mudah bosan dan mengajak anak untuk belajar bersama alam contohnya di sekitar lingkungan sekolah.
Nama: Desma erni
Nim: 856259286
Mata kuliah: pembelajaran terpadu
Setelah menonton video tsb
Judul:anak mogok tidak belajar
Penulis
Dri video tsbt kita dapat memahami berbagai penyebab dn cara mengatasi anak yang mogok belajar
Penyebab anak mogok belajar
*Kurangnya minat belajar ana
*Kesulitan bergaul dengan teman,anak takut pada guru,anak dipaksa mengerakan tugas,anak sakit hati tehapd ucapan guru,anak bosan dikelas terus
Cara mengatasi nya dijelaskan
*Pahami alasan dibalik sikap anak
*Berikan lah pyija terhadap anak
*Usahakan anak mau berkomunikasi dengan guru dn teman
Nama : Lidya Ndeki
NIM : 856325536
Menurut saya pada video pembelajaran diatas bahwa guru TK tersebut profesional dalam menghadapi anak yang tidak mau belajar dengan cara menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal. Ini bukti bahwa guru tersebut sudah menerapkan keterampilannya sebagai seorang guru PAUD yang selalu mengayomi, mendidik, anak usia dini dengan kelembutan hati.
umi kalsum
856651663
profesionalitas guru paud
tanggapan utk video di atas adalah ;
tugas guru adalah menghidupkan obor rasa ingin tahu anak terhadap pembelajaran.namun ada anak mogok tidak belajar dengan temannya kemungkinan ini di sebabkan oleh:rasa takut.di paksa melakukan tugas yang belum mampu ia lakukan,bertengkar dengan temannya,sakit hati akan ucapan dan perbuatan yang di lakuakn oleh guru.
adapun tehnik yang dapat di lakukan untuk mengtasi anak mogok tida mau belajar dengan temannya yaitu: guru menggali keterangan mendalam dari anak atau dari orang tua dengan home visit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar,jika anak masih tidak mau sekoalh maka guru boleh memberi 2 pilhan yaitu beljar dengan teman di kelas atau di ruangan lain,jika anak merasa bosan di dlam kelas guru boleh memberi waktu pada anak untuk bermain di luar kelas dengan konsekuensi bermain di luar sesuai dengan waktu yang telah di tentukan bersama.
melalui video ini saya sanagat terbantu mengetahui lebih mudsh untuk melihat karakteristik anak dan cara menanganinya dengan tepat
Nama: Bintang Eka Mariana
Nim: 877314863
Upbjj: Malang
Assalamualaikum wr.wb
Setelah menonton video diatas saya lebih memahami dan mencoba melakukan beberapa solusi yang terdapat dalam permasalahan anak mogok tidak mau belajar seperti jika anak bosan di kelas, guru boleh memberikan kesempatan untuk bermain di luar kelas dengan waktu yang telah disepakati bersama anak, guru melakukan visit home Selain itu menuntaskan permasalahan anak apabila terjadi pertengkaran dengan temannya dan apabila anak bosan belajar di kelas , kita sebagai guru harus mencari kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak dan mencoba belajar di luar kelas atau di luar sekolah, agar anak merasa nyaman disekolah.
Insyaallah video diatas dapat bermanfaat bagi saya dan teman-teman
terimakasih
waalaikumussalam wr.wb
Nama : Nurul Aini
Nim : 858191063
Video berisi seri Pengembangan Sosial Emosional Paud dengan judul Anak mogok tidak mau belajar. Seharusnya yang kami pelajari adalah Seri Pengembangan Bahasa, namun yang muncul di pilihan video adalah pengembangan sosial emosional, tetapi tidak mengapa karena kami tetap memperoleh ilmu dari video tersebut. Video yang ada di Guru pintar online ini memiliki kelebihan adanya sinopsis atau ringkasan dari isi video, tentu ini sangat berguna juga untuk membuat kami semakin tertarik untuk menontonnya. Setelah menonton video ini saya mendapatkan ilmu bahwa penyebab anak mogok tidak mau belajar di kelas adalah karena :
1. takut
2. dipaksa mengerjakan tugas tapi anak belum menguasai
3. bertengkar dengan teman
4. sakit hati atau kecewa dengan ucapan guru
dengan solusi nya adalah sebagai berikut :
1. home visit, kita melakukan kunjungan ke rumah anak dan melakukan wawancara kepada orang tua dan anak tentang penyebab anak tidak mau sekolah
2. jika anak masih tidak mau sekolah, berikan pilihan apakah anak mau belajar di kelas atau di tempat lain ( ruang kepala sekolah )
3. guru boleh mengajak anak bermain diluar dengan batasan waktu yang telah disepakati bersama anak
4. jika karena anak bosan, guru boleh melakukan pengayaan sehingga anak tertarik walaupun materi dan cara belajar dilakukan berbeda dari anak lain.