Sinopsis

Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.

Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.

Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.

Harimurti

Similar Posts

313 Comments

  1. NIM:858879895
    NAMA: CINTIA ADIEND TIARA AYU
    POKJAR: BANDUNG
    PRODI:S1 PGPAUD

    Assalamualikum wr wb
    Dari video penggunaan karcis parkir banyak memberikan inspirasi bagi kami utamanya Ibu guru PAUD untuk memberikan cara melatih kedisiplinan diri dan taat aturan. Dari video diatas bisa kita lihat sebelum pemberlakuan karcis parkir anak-anak nampak sibuk sendiri dengan mainannya. Namun berkat guru yang hebat dan sabar memberi arahan saat pembelajaran dimulai anak-anak mampu memfokuskan diri. Anak-anak merasa senang dengan adanya karcis parkir debsb anak-anak bisa belajar memarkir atau meletakkan mainanya dan juga teratur saat hendak mengambil lagi mainannya. Inilah hal yang bisa melatih kedisiplinan dan kateraturan pada anak. Sehingga kelak dewasa menjadi kebiasaan yang pada akhirnya menjadi karakter baik anak.

    1
    0
  2. Assalamualaikum
    Nama : Alisa Azzahra
    Nim : 857452825
    Prodi : S1 PGPAUD

    Jadi, setelah saya melihat video tersebut yang berjudul menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui karcis parkir adalah anak anak senantiasa belajar untuk kedisiplinan serta tentunya dapat menumbuhkan nilai nilai keteraturan pada diri anak sehingga anak dapat mengenal dan mempelajari hal tersebut agar terbiasa nantinya. Lalu dalam video tersebut ibu guru juga dapat membantu anak untuk belajar mengantri artinya anak anak dapat memiliki rasa tanggung jawab terhadap karcis yang di berikan oleh ibu guru agar karcis tersebut di simpan dengan benar

  3. Assalamualaikum,

    NAMA : ENA SEPTIA
    NIM : 858573938
    PRODI : PGPAUD S1
    UPBJJ : MALANG

    Dari video tersebut kita bisa belajar banyak hal tentunya untuk Seorang Guru PAUD, banyak hal yang dipetik dari video tersebut salah satunya dengan menggunakan metode belajar yang baik untuk menanamkan ketertiban dan ketaraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik.
    Dari cerita tersebut ketika ibu guru sedang bercerita banyak anak-anak yang asyik sendiri dengan benda mainannya. Kemudian ibu guru menggunakan alternatif belajar yang membuata perhatian anak-anak menjadi fokus contohnya dengan permainan parkir karcis ibu guru menjelaskan bagaimana aturan bermainnya , kemudian yang terjadi setelah itu? anak-anak menjadi lebih tertib dan fokus karena pembelajaran yang digunakan ibu guru tidak membosankan. Dalam pemebelajaran tersebut anak-anak menjadi mengerti salah satu nilai moral, bahwa kegiatan yang dilakukan ada tata tertibnya, contohnya anak-anak akan menjadi mengerti cara menghargai orang lain ketika berbicara, melalui karcis yang ada angkanya anak-anak akan mengerti cara mengantri yang baik dan benar, sesuai dengan urutan nomornya, dan anak-anak tidak lagi berebut mainan dengan temannya, lebih bisa menghargai dan menyanyangi temannya.

    Terimakasih….

  4. Nama : Vivi Norvita sari
    Nim : 858824798
    Prodi : S1 PGPAUD

    Asslamulaikum
    Dari tayangan video yang saya amati tentang menanamkan ketertiban dan keteraturan anak usia dini melalui karcis parkir dapat disimpulkan dan sangat menginsipirasi bahwa menangani anak saat pembelajaran memang perlu ketertiban agar disiplin dengan membuat kesepakatan yang dibuat bersama pendidik dengan anak-anak tentang apa saja aturan yang harus dibuat, dari video tersebut juga guru memberikan penjelasan dan media seperti berupa karcis parkir yang dikalungkan kepada anak-anak sehingga anak-anak antusias dan mengerti aturan kesepakatan yang telah dibuat tentang bagaimana mereka harus menyimpan mainannya dan tau kapan waktu mereka boleh bermain mengambil mainannya dengan tertib. hal ini akan menjadikan anak-anak terbiasa dengan aturan yang ada serta membentuk karakater yang baik dan displin.

  5. Assalamu’alaikum
    Nama : Elok Khoirul Muna Mabni Zain
    NIM : 877314627
    Pokjar Ngunut S1 PGPaud
    Melalui video dengan judul Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir. Dari video diatas kita dapat belajar, bahwa sebagai seorang guru harus mampu memberikan kegiatan yang menarik bagi peserta didik. Dalam video tersebut ada beberapa anak yang bermain ketika ibu guru bercerita. Namun, ketika penerapan karcis parkir mereka memperhatikan kembali dengan antusias. Kegiatan sederhana ini, akan menjadi suatu kebiasaan yang akan di bawa oleh peserta didik sampai dewasa. Video ini mengingatkan kita untuk memiliki kreativitas dalam menerapkan dan menanamkan nilai-nilai ketertiban dan keteraturan. Melalui karcis parkir dengan angka anak menjadi paham tentang pentingnya ketertiban dan keteraturan.
    Terimakasih 🙏

  6. Nama : Muslikah
    Nim : 858565701
    Pokjar: Pagelaran
    Mata kuliah: PAUD4102(METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI NILAI AGAMA)
    Nama tutor: Muchamad Irvan S.Pd . M.Pd

    Ketaatan mematuhi aturan merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Karena banyak orang yang memiliki rasa egois yang tinggi. Banyak yang melakukan penyerobotan di semua bidang sehingga merusak tatanan yang telah ada. Untuk itu mari anak anak kita sedari dini kita ajarkan untuk memiliki rasa taat pada setiap peraturan yang ada. Salah satu cara yang dilakukan oleh guru yang ada dalam video tersebut adalah dengan memberikan kartu karcis pada detik anak. Sehingga anak yang ingin bermain dan mengambil mainan harus sesuai dengan kartu yang dimiliki. Hal ini bertujuan supaya anak terbiasa untuk mampu mengendalikan perasaannya dalam mentaati peraturan yang ada. Dengan demikian keteraturan akan mampu tercipta jika anak mampu bersikap taat.

  7. Nama:Novicana afsriani
    NPM:856095489
    Pokjar:PematangSiantar
    Mata kuliah:PAUD4501(Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional)
    Tutor:Cut Putri Elda Vivibach,S.Pd,M.Pd

    Vidio tentang menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir menceritakan situasi dimana saat guru membacakan cerita pada buku bergambar sebagian besar murid dikelas tidak memperhatikan guru,karena mereka memegang mainan yang dibawa dari rumah dan memainkannya saat guru sedang membacakan buku cerita.
    Sehingga kegiatan belajar tidak efektif yang membuat guru kelas menjadi ribut,sehingga guru menjadi kerepotan dalam menyampaikan isi cerita.
    Agar anak tertib dan teratur dalam kegiatan belajar guru membagikan karcis parkir yang diberi angka,semua anak dibagi karcis dan diminta mengingat no urut yang ada dikarcis masing-masing.
    Guru meminta semua anak menyimpan mainananya ke laci sesuai no urut karcis yang telah dibagi secara berurutan.
    Sehingga anak-anak bergantian dengan tertib menyimpan mainannya.
    Hal ini membuat suasana kelas menjadi lebih tertib dan guru lebih mudah dalam menyampaikan materi.Karena anak telah menyimpan mainannya dilaci sesuai no urut.
    Hal ini menginspirasi saya untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan kepada anak didik saya disekolah.

  8. Nama: Vina Meilisa
    NIM: 857519235
    Mata Kuliah: Analisis Kegiatan Pengembangan PAUD
    Tutor: Rochaeni Esa Ganesha, M.Pd
    Judul Video GPO: Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir

    Bismillah,
    Dalam video GPO ini sangat menginspirasi dalam menangani masalah anak yang tidak mau menyimak guru saat bercerita karena anak membawa mainan. Biasanya guru akan mengambil mainan tersebut, tapi dengan penggunaan karcis parkir menjadi alternatif ide untuk membuat anak tetap semangat ke sekolah karena tetap boleh membawa mainan. Dengan karcis parkir ini setiap anak bahkan bisa mencoba mainan temannya secara bergantian tanpa terpaksa meminjamkan, tapi karena seru mengambil karcis menunggu giliran. Masya Allah sangat mengispirasi. Terima Kasih.

  9. Nama : Elisabeth Sri Harwati Tirtasari
    Nim : 857853109
    Pokjar : sukoharjo
    Prodi : PGPAUD BI

    Dari video yang sudah saya lihat dengan judul “penggunaan karcis parkir” memberikan pandangan untuk melatih kedisiplinan diri dan taat aturan pada anak. Sebelum pemberlakuan karcis parkir anak-anak nampak sibuk sendiri namun karena adanya arahan yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran dimulai anak-anak mampu memfokuskan diri. Anak-anak merasa senang dengan adanya karcis parkir anak bisa belajar lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan mainan yang mereka ambil, hal ini tentunya akan memberikan dampak yang baik dan nantinya akan menjadi sebuah bekal kebiasaan baik bagi anak.

  10. Nama : Khoirun Nisa’
    NIM : 877319751
    Membawa mainan dari rumah ke sekolah adalah hal yang sering kita jumpai di lingkungan PAUD. Sudah jelas hal itu akan menjadi perhatian tersendiri bagi anak – anak sehingga membuat mereka tidak fokus pada apa yang disampaikan oleh guru. Dari video di atas kita bisa melihat kecerdikan seorang guru dalam mengatasi hal tersebut. Guru dengan telaten dan sabar mencoba memberikan solusi pada anak – anak untuk menyimpan mainannya dengan pemberian karcis parkir selama anak – anak belajar. Karcis parkir dengan angka akan memudahkan anak untuk mengingat tempat parkir mainannya. Bisa kita lihat bersama setelah mainan anak – anak terparkir, anak – anak kembali fokus belajar, tertib dan menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pemberian karcis parkir bisa melatih anak untuk tertib dan disiplin dengan aturan disekolah, mereka bisa bermain dengan mainannya kembali di jam istirahat dan sudah menyelesaikan tugasnya. Pemberian karcis parkir melatih anak untuk menghargai orang lain, anak – anak tidak lagi berebut mainan karena setiap mainan sudah memiliki nomor parkir dan hanya yang memegang kartu parkir yang bisa mengambilnya. Selain itu bila anak – anak tertib bu guru bisa menyampaikan materi belajar dengan baik. Ketertiban, kedisiplinan dan menghargai orang lain adalah penanaman nilai moral yang sangat baik diterapkan pada anak usia dini yang di harapkan menjadi budi pekerti luhur untuk masa selanjutnya. Terima kasih 🙏

Leave a Reply