silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

281 Comments

  1. Dilihat dari aspek pengembangan motorik kasar, guru sudah tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan media yang di gunakan. Dengan gerakan senam yang di kolaborasi dengan musik tradisional membuat anak bersemangat melakukan gerakan yang di arahkan guru, sehingga capaian untuk pengembangan motorik kasar dapat di nilai. Jika di nilai tingkat keberhasilan pembelajaran melalui senam yang di padu dengan musik tradisional yang terlihat pada vidio, maka belum berhasil penuh. Guru dalam memandu senam kurang memberi suara yang memotivasi anak didiknya. Jadi hanya bersuara hitungan mengikuti alunan musiknya. Gerakan juga kurang geget sehingga masih ada anak didik belum bisa mengikuti sesuai arahan yang di contohkan guru. Guru juga tidak mengatur jarak antara peserta didik yang saling berdekatan, sehingga gerak luwes terbatas dengan singgungan dengan teman. Demikian komentar saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi masukan guru untuk di terapkan. terimakasih

  2. nama ; KADEK MEISA DWI SAPTARINI
    NIM : 859028748
    JURUSAN : FKIP S1 PGPAUD
    Dilihat dari aspek pengembangan motorik kasar, guru sudah tepat dalam menerapkan metode pembelajaran dan media yang di gunakan. Dengan gerakan senam yang di kolaborasi dengan musik tradisional membuat anak bersemangat melakukan gerakan yang di arahkan guru, sehingga capaian untuk pengembangan motorik kasar dapat di nilai. Jika di nilai tingkat keberhasilan pembelajaran melalui senam yang di padu dengan musik tradisional yang terlihat pada vidio, maka belum berhasil penuh. Guru dalam memandu senam kurang memberi suara yang memotivasi anak didiknya. Jadi hanya bersuara hitungan mengikuti alunan musiknya. Gerakan juga kurang geget sehingga masih ada anak didik belum bisa mengikuti sesuai arahan yang di contohkan guru. Guru juga tidak mengatur jarak antara peserta didik yang saling berdekatan, sehingga gerak luwes terbatas dengan singgungan dengan teman. Demikian komentar saya, semoga bermanfaat dan bisa menjadi masukan guru untuk di terapkan. terimakasih

  3. Nama :Aisyah
    Nim :837199877
    Prodi : S1 PGPAUD

    Kegiatan ini menurut saya sudah bagus karena sekolah ingin agar anak melatih motorik kasar mereka, guru memang harus kreatif dengan melakukan berbagai inovasi sehingga dapat menarik perhatian dari anak didik, dalam kegiatan senam tari tradisional dapat dilakukan dengan inovasi agar anak tetap antusias dan tidak bosan.

  4. Nama : Winda Tri Yuliana
    NIM : 857560684

    Pada video pengembanagn motorik anak usia dini melalui kegiatan senam. Kegiatan senam dilakukan secara rutin 1 minggu seklai. Namu dengan ketrlangsuanag kegiatan rutin tersebut membuatanak tidak bersemangat mengikutinya. Hal yang perlu dilakukan guru mempersipkan senam yang menarik untuk anak, dan jika bias setiap minggunya atau dua minggu sekali lagu senam berbeda dan lebih ceria.

  5. kegiatan senam yang dilakukan guru untuk anak sudah sangat tepat, karena berdasar kompetensi dasar dalam pengembangan motorik anak yaitu
    1. melakukan aktifitas fisik scara terkoordinasi dalam rangka persiapan kelenturan menulis, kelincahan dan keseimbangan.
    2. mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.
    untuk itu pengembangan motorik halus anak sangat diperlukan untuk menstimulasi kelenturan anggota tubuh lainnya. baik motorik halus maupun motorik kasar anak. oleh karenanya kegiatan senam sangat membantu untuk pengembangan motorik anak. dengan berbagai variasi senam terkhusus senam tradisional akan membuat anak-anak tidak cepat bosan dan bahkan bisa belajar dari berbagai tarian daerah.
    terima kasih

  6. Nama: Ni Komang Ferosi Krystiandini
    NIM : 859028067
    Jurusan: PGPAUD
    Pada video tersebut, guru menggabungkan gerakan senam yang biasa dilakukan dengan gerakan tari tradisional serta dengan diiringi musik tradisional. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami guru. Adapun kendala yang dihadapi yaitu anak yang merasa bosan dengan gerakan senam yang dilakukan secara rutin setiap minggu. Selain dengan cara ini guru juga dapat mengkombinasikan gerakan senam dengan tarian modern dan musik musik yang denkat dengan lingkungan anak saat ini sehingga menjadi lebih menarik.

  7. Nama : Ummi Halimah
    NIM : 857673536
    Jurusan : S1PGPAUD

    Video tersebut menceritakan tentang seri mengembangan kemampuan motorik PAUD dengan tema melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senamn tradisional. Anak-anak sudah mampu menirukan gerakan bersama-sama yang diperagakan oleh guru didepan. Akan tetapi tempat yang digunakan kurang luas sehingga gerakan senam anak kurang bebas. Senam tersebut senam tradisional yang berkolaborasi dengan musik jawa serta gerakan yang lemah gemulai. Manfaat dari senam untuk anak-anak :
    1. Melatih keterampilan motorik anak.
    2. Membangun kekuatan tubuh anak.
    3. Mengembangkan fisik anak.
    Terimakasih

  8. Nama : Ni Kadek Iin Indriani Pande
    NIM : 859029882
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pokjar : Gianyar

    Keterampilan motorik kasar penting untuk keseimbangan, koordinasi tubuh, dan kekuatan otot. Kehandalan dalam motorik kasar juga dapat memengaruhi keterampilan sosial dan kemandirian pada anak-anak. Program dan aktivitas yang merangsang pengembangan motorik kasar diintegrasikan dalam pendidikan anak usia dini dan dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan ini secara optimal.
    Pengembangan motorik kasar biasanya dilakukan oleh lembaga TK dengan cara senam, dan biasanya senam yang dilakukan dari waktu ke waktu adalah senam yang itu-itu saja (senam sehat gembira, gemu famire dll). Yang mana senam tersebut memiliki gerakan yang sama dan monoton terlebih anak-anak hanya melakukan satu atau dua jenis enam saja setiap harinya. Maka dari itu untuk melatih dan mengoptimalkan motorik kasar anak dengan kegiatan senam guru dituntut agar lebih kreatif dalam pengimplementasiaanya. Seperti yang dicontohkan pada video bahwa menggunakan musik tradisional dan gerakan tarian daerah, juga dapat menstimulasi perkembangan motorik anak usia dini. Disamping itu dengan menggunakan musik tradisional seperti gong dan juga memakai gerakan tarian tradisional anak-anak dapat mengenal dan menumbuhkan rasa cinta dengan adat dan budaya daerah setempat.

  9. Nama. : Nuryanti
    NIIM : 858811581
    Ptogram Studi : PGPAUD
    Pokjar : Madiun
    Dalam video tersebut anak-anak dibiasakan untuk mengembangkan motorik kasar sebelum mulai kegiatan belajar mengajar.
    Perkembangan motorik kasar sangat penting untuk menjaga kesehatan anak-anak, pembiasaan yang dilaksanakan pada video aku sangat bermanfaat untuk perkembangan anak sehingga anak akan mengenal olahraga adalah kunci utama untuk hidup sehat.
    Anak-anak diajak untuk senam bersama yang dipimpin oleh ibu guru dengan menggunakan musik.
    a. Kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar bagi anak usia dini adalah:
    – Dapat melatih keseimbangan tubuh ketangkasan gerak dan daya pikir anak.
    – perkembangan motorik kasar anak juga dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan kesehatan untuk anak.
    b. Adapun alternatif perkembangan motorik kasar bagi anak usia dini
    – dapat Melalui aktivitas bermain seperti bermain sepak bola, menari Peran atau bermain perang-perangan berolahraga dan termasuk juga senam.

    C. Kelebihan pada video tersebut adalah
    Guru sudah berusaha untuk memberikan variasi musik dan juga variasi gerak, dengan mengkombinasi musik menggunakan musik tradisional sehingga melalui musik tradisional tersebut anak-anak dapat mengenal musik tradisional yang ada di Indonesia,dengan tujuan anak-anak supaya tidak jenuh atau tidak bosan dalam melakukan kegiatan senam.

    d. Kelemahan pada video tersebut
    guru kurang bersemangat dalam mencontohkan gerakan senam sehingga anak-anak kurang fokus ada yang main sendiri,berbicara dengan temannya dan masih ada anak yang tidak memperhatikan atau tidak mengikuti senam.

    e. Yang Perlu diperbaiki adalah
    Untuk mengatasi masalah tersebut kita sebagai guru harus kreatif, dengan cara memberikan gerakan senam yang sesuai dengan keinginan anak dan dan menciptakan variasi-variasi gerakan senam sehingga anak-anak tidak merasa bosan.
    Di dalam video juga mengenalkan senam yang menggunakan musik tradisional, ini sangat bagus sekali Bagi anak-anak, untuk mengenal musik tradisional, karena pada zaman yang semakin maju ini lagu tradisional hampir punah. Maka dari itu anak-anak perlu sekali untuk dikenalkan musik ataupun lagu tradisional.

    Sekian jawaban dari saya terima kasih.

  10. Nama : Widya Oktaviani
    Nim : 857092035
    Prodi : S1 PGPAUD

    Kegiatan ini menurut saya sudah bagus karena setiap sekolah ingin melatih motorik anak, guru memang harus kreatif dengan melakukan berbagai inovasi sehingga dapat menarik perhatian dari anak didik, dalam kegiatan senam tradisional dapat dilakukan dengan berbagai inovasi agar anak tetap antusias dan tidak bosan.

Leave a Reply