Sinopsis

Video ini bertujuan untuk menjelaskan cara menulis surat lamaran atau aplication letter dalam Bahasa Inggris. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya penjelasan singkat tentang struktur teks aplication letter yang mudah dimengerti oleh siswa. Pada awal video siswa akan diberikan contoh iklan lowongan pekerjaan, kemudian pemateri akan menjabarkan materi atau struktur teks pada aplication letter dan diakhir video diharapkan siswa dapat memahami penulisan aplication letter serta menuliskan aplication letter untuk iklan dimaksud. Lalu apa yang dimaksud dengan aplication letter?

Aplication letter adalah surat yang dibuat pelamar kerja dan ditujukan untuk instansi atau orang yang membuka lowongan pekerjaan. Surat ini dibuat dengan tujuan agar pelamar kerja dapat bekerja di instansi yang dilamar. Ada beberapa bagian dalam aplication letter yakni: (1) alamat pengirim, (2) alamat penerima, (3) nama penerima, (4) salam dan pembuka surat, (5) isi surat, (6) penutup surat, (7) tanda tangan dan nama jelas.

Risye Restu Musdama

– 

– 

Similar Posts

13 Comments

  1. Nama : Harum Puspita Sari
    NIM : 042647179
    Program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Malang

    Link Video Pembelajaran :
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/16/writing-application-letter-2021/
    Instrumen refleksi sebagai berikut :
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab: Di awal pembelajaran, siswa memberi respon yang bagus dan mereka terlihat siap untuk menrima pembelajaran baru dari guru.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Guru sudah memberi penjelasan cukup jelas namun kelemahan nya hanya di jelaskan secara lisan tanpa memberi tambahan catatan yang ditulis di papan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan serta guru menggunakan media proyektor untuk mendukung proses pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab: Semua siswa sangat aktif dan antusias memberi jawaban ketika ketika guru memberi pertanyaan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab: Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam memberi penjelasan dengan cara memberi tambahan catatan di papan sehingga siswa tidak lupa akan point penting yang sudah disampaikan dengan lisan dan siswa lebih siap untuk menjawab pertanyaan yang di tanyakan saat proses pembelajaran berlangsung.

  2. Nama : Harum Puspita Sari
    NIM : 042647179
    Program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Malang

    Instrumen refleksi sebagai berikut :
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab: Di awal pembelajaran, siswa memberi respon yang bagus dan mereka terlihat siap untuk menrima pembelajaran baru dari guru.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Guru sudah memberi penjelasan cukup jelas namun kelemahan nya hanya di jelaskan secara lisan tanpa memberi tambahan catatan yang ditulis di papan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab: Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan serta guru menggunakan media proyektor untuk mendukung proses pembelajaran.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab: Semua siswa sangat aktif dan antusias memberi jawaban ketika ketika guru memberi pertanyaan.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab: Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam memberi penjelasan dengan cara memberi tambahan catatan di papan sehingga siswa tidak lupa akan point penting yang sudah disampaikan dengan lisan dan siswa lebih siap untuk menjawab pertanyaan yang di tanyakan saat proses pembelajaran berlangsung.

  3. Di video yg saya lihat,Materinya bagus dan bermanfaat, hanya ada kurang sedikittt saat membuka materi, yaitu ibu gurunya tidak menyapa siswanya 😄 to the point langsung k materi, tapi gpp, selebihnya keren + bagus sangat dapat di mengerti.
    Tambahan sedikit, mungkin ini lebih k CV ya, yg saya pahami, lebih bagus lagi pakai fhoto s pelamar kerja, jadi akan lebih mempermudah mengenali orang yg melamar kerja disertai dengan biodatanya.
    Terimakasih.

  4. Nama : Akhmad Khijazi
    NIM : 042451565
    Program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Purwokerto

    Metode Pembelajaran yang digunakan oleh Bu Guru tersebut sangat efisien dalam KBM. Dengan penggunaan LCD projector sebagai alat pembelajaran, siswa menjadi lebih aware terhadap Materi tersebut, sehingga guru akan lebih mudah untuk menjelaskan Materi. Interaksi yang dilakukan sangat efisien untuk menegaskan Materi.

    Namun, kekurangan dari Video Pembelajaran Tersebut, Guru hanya menyediakan LCD Proyektor dalam penyampaian Materi, sedangkan catatan di Papan Tulis sangat diperlukan dalam penyampaian Materi. Dan sebaiknya guru sedikit lebih memperhatikan Siswa ketika ada yang mengantuk, mungkin bisa diberikan Ice Breaking atau Game, sehingga Siswa mampu lebih Aktif lagi.

  5. Nama : Sha’rinah
    NIM : 857603769
    Prodi : PGSD BI
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pada awal pembelajaran, guru sudah bagus dengan melakukan apersepsi untuk menarik minat siswa supaya lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru sudah baik dengan menyediakan alat peraga dalam proses belajar mengajar, walaupun menurut saja alat peraga dalam pembelajaran kurang maksimal. Dan pada penyampaian materi cukup monoton. Sebaiknya guru dalam memberikan materi alat peraga siswa-siswinya pun membuat alat peraga sederhana dan pada saat pembelajaran menggunakan pola kelompok di kelas, agar siswa-siswinya mendapat penambahan pemahaman materi secara cepat.

  6. Nama : Dea Rahadian Hidayati
    NIM : 030709426
    Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Bandung

    Dalam video yang disajikan, Guru menyampaikan materi dengan cukup jelas dengan memanfaatkan media untuk memaksimalkan penyampaian materi. Selain itu, dari awal pembelajaran Guru secara aktif mendorong siswa untuk sama-sama mengidentifikasi application letter, membuka kesempatan untuk siswa dalam mengungkapkan pendapat dan pertanyaan seputar materi yang di ajarkan. Sehingga dapat disimpulkan aktifitas komunikasi di dalam kelas dinilai interaktif.

    Terimakasih

  7. Nama : Wifebrisufiani Sugiarto
    NIM : 042642829
    Pgrogram Studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Malang

    Menurut saya berdasarkan analisis yang saya lihat pada video pembelajaran https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/16/writing-application-letter-2021/
    Analisis masalahnya adalah
    – Guru tidak melakukan pengecekan presensi kehadiran siswa
    – Kurangnya kosakata Bahasa Inggris yang digunakan oleh siswa nya dalam menjawab umpan yang diberikan oleh guru
    – Media papan tulis yang ada kurang digunakan secara maksimal untuk menerangkan sesuatu, walaupun didalam video digunakan menjadi layar proyektor

  8. Nama : Adi Pamungkas
    NIM : 042634617
    Program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Malang

    Link Video Pembelajaran :
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/16/writing-application-letter-2021/

    Dalam video yang disajikan tersebut, ada beberapa catatan yang bisa diperoleh yaitu :
    1. Guru didalam menyampaikan sudah cukup jelas dengan memanfaatkan alat peraga/media dan dengan disertai contoh-contoh nyata.
    2. Siswa mengikuti proses kegiatan belajar mengajar dengan baik dan bisa menanggapi materi yang disampaikan dengan adanya siswa mengutarakan pertanyaan kepada guru
    3. Dalam memulai proses pembelajaran guru kurang berinovasi saat memulai nya seperti melakukan ice breaking sehingga suasana kelas tidak terkesan kaku dan monoton
    4. Masukkan dari saya yaitu, guru lebih kreatif dalam memulai proses KBM sehingga bisa menimbulkan semangat dalam mengikuti KBM

  9. Nama : MUHAMMAD RUSLI
    NIM : 856975991
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Di Dalam video yang saya lihat, Materinya bagus dan bermanfaat, hanya ada kurang sedikit saat membuka materi, yaitu ibu gurunya tidak mengucapkan salam pembuka kepada siswa.
    Tambahan sedikit, lebih bagus pembelajaran itu harus memakai alat peraaga yang sesuai dengan pembelajaran tersebut.
    Terimakasih.

  10. Nama : NOVITA PANDUSIWI ANAMAYANTI
    NIM : 042124318
    Program studi : S1-Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : 42/Semarang

    Menurut saya berdasarkan analisis yang saya lihat pada video pembelajaran tersebut :
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, menurut saya pada awal pembelajaran, guru sudah bagus dengan melakukan apersepsi untuk menarik minat siswa supaya lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Guru sudah baik dengan menyediakan alat peraga dalam proses belajar mengajar. Guru sudah mendapat cara yang baik dalam menarik minat siswa dalam bertanya.
    Namun, kekurangan dari Video Pembelajaran Tersebut menurut saya :
    1. Guru tidak memberi kesempatan peserta didik untuk menjawab sapaan pembuka yang diberikan.
    2. Guru tidak melakukan pengecekan presensi kehadiran peserta didik.
    3. Guru hanya menjelaskan secara lisan tanpa memberi tambahan catatan yang ditulis di papan tulis.
    4. Menurut saya penyampaian materi cukup monoton, sehingga membuat siswa mengantuk. Olehkarena itu icebreaking diperlukan.

Leave a Reply