silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu sendiri. Dengan demikian anak didik menjadi paham betul yang namanya tanda birama.

Hj. Endiyah Riyawati, S.Pd.

Similar Posts

22 Comments

  1. Nama : Lidya Aswidya
    NIM : 856082174
    UPBJJ UT Batam

    Dari video yang baru saja saya tonton saya dapat menganalisis beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut :
    1. Guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan ketika proses pembelajaran, sehingga hubungan antara siswa dan guru tidak canggung.
    2. Guru memberikan contoh secara langsung dengan menyanyikan lagu dan diikuti dengan tepukan untuk membuat siswa lebih paham mengenai materi yang sedang di ajar.
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses tanya jawab.
    4. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba melakukan tepukan birama pada sebuah lagu.
    5. Guru sangat menguasai materi dengan baik sehingga dapat menjelaskan secara rinci dan membuat siswa lebih paham apa yang disampaikan.

    Adapun kekurangan dari video tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Guru tidak melakukan proses berdoa dan pengambilan absen pada awal pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan refleksi pada akhir pembelajaran

    keunikan dari video tersebut adalah :
    1. Guru dan siswa terlihat sangat bersemangat dan tidak adanya keributan dalam proses pembelajaran.

  2. NAMA : AKBAR TRI WARDANA
    NIM : 858928135
    UPBJJ : JEMBER
    POKJAR : BONDOWOSO

    Assalamualaikum Wr Wb.
    Dalam video tersebut terkait cara guru mengajarkan Tanda Birama sudah sangat baik dimana guru telah mempraktikkan dan menjelaskan tanda birama, karena pada umumnya peserta didik hanya tau tentang tanda birama sebatas definisi saja atau jenis dan pengertiannya. Namun dalam video sudah terlihat bahwa guru telah memperkanalkan dan mempraktekkan langsung cara menentukan tanda Birama 4/4 pada peserta didik dan mengajakk peserta didik bernyanyi serta menentukan ketukan tanda biram secara bersama di depan kelas, hal ini menurut saya sudah sangat bagus karna dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif bagi siswa terlihat dalam video siswa sangat mencermati dan antusias dalam bernyayi dan mempraktikkan hal yang diberikan ibu guru, karna pada masa yang operasional konkrit siswa perlu secara nyata mengetahui bagaimana suatu hal terjadi.

Leave a Reply