Sinopsis

Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.

Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Ary Purwantiningsih

Tampilan Video secara umum cukup menarik karena topiknya adalah cara mengatasi pembelajaran PKn untuk berlatih mengemukakan pendapat di depan umum, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi.

Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh, contoh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, guru langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk mewawancarai seorang pejabat seperti kepala sekolah dan lurah. Tayangan ketika siswa melakukan wawancara tidak di tampakan, tahu-tahu setiap kelompok memberikan laporannya, laporan itupun hanya terbatas beberapa kata.

Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan wawancara di luar kelas. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi.

Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang utuh atau sempurna ketuntasannya dan perlu penggiringan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapatnya

Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.

Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajiannya.

Drs. Sriyono, M.Hum.

Similar Posts

49 Comments

  1. Nama : RIZKI PURNOPO
    NIM : 042873397
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan
    UPBJJ-UT : BANDAR LAMPUNG
    Dosen Pengampuh : NINA SEPTININGRUM,S.PD,M.PD 20001089
    TUGAS 1 ( PKP) Pemantapan Kemampuan Profesional – PKNI4501.200001

    Judul Video : Berlatih mengemukakan pendapat di muka umum
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab
    Menurut pendapat saya strategi yang di lakukan guru untuk melatih siswa dalam mengemukakan pendapat di muka umum dengan cara membuat siswa nayaman untuk mengeluarkan pendapatnya, sering mengajak siswa berinteraksi, melatih siswa mengemukakan pendapatnya di depan kelas, sering melakukan quis atau soal soal untuk memancing siswa untuk berpendapat serta memberikan umpan balik yang positif ke siswa, dan yang terakhir terjalin nya hubungan yang baik anatar siswa dengan guru.
    Jelaskan alasannya!
    Dengan cara demikian atau cara yang diatas membuat siswa lebih nayaman dan percaya diri untuk berinteraksi baik dengan sesama teman, guru, dan masyarakat. jika siswa sudah merasa nayaman untuk berinteraksi maka , untuk membuat siswa memberikan pendapat nya di depan umum itu sangat mudah dimana dia sudah menemukan keberanian serta kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum dan mengeluarkan pendapatnya dengan nyaman.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab
    Menurut pendapat saya metode yang dilakukan oleh guru di atas sudah sangat efektif dimana dengan metode tersebut bisa membuat anak semakin percaya diri dan ada nya keberanian dalalm memberikan pendapat nya
    dengan memberikan tugas dan membagi kelompok kemudian memberinya kesempatan anak untuk berbicara di depan umum dengan memberinya sebuah penilaian seperti temuk tangan dengan hasil tuas kelompok anak dan memberinya kesempatan untuk maju ke depan kelas, mengajari anak selain untuk membangun rasa percaya dirinya, juga menjarkan anak untuk berani , berbicara di depan umum dimana dengan metode yang ada di video memberikan peran masing masing anak ,serta memiliki kesempatan yang sama untuk memberikan pendapat kelompoknya.

  2. Nama : Maesaroh
    Nim : 044368308
    Prodi : PPKn
    UPBJJ : Serang
    Assalamu’alaikum, ijin menanggapi!!

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

    Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya, diantaranya :
    1. Mengajukan pertanyaan
    Guru dapat pula mempersiapkan beberapa pertanyaan yang siap diajukan kepada siswa terkait materi yang disampaikannya. Pertanyaan seperti ini akan mendorong siswa untuk lebih berani bicara. Meski waktu siswa untuk berbicara singkat, tapi hal ini akan sangat membantu mereka untuk membiasakan diri bicara di depan umum. Pastikan untuk memberi kesempatan pada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan atau mengemukakan pendapat mereka. Jangan terlalu fokus pada siswa tertentu saja, melainkan dorong setiap siswa untuk bisa menjawab atau menanggapi, sehingga memiliki kesempatan yang sama.
    2. Menerapkan metode belajar diskusi
    Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk mendorong siswa aktif berbicara adalah metode diskusi. Metode diskusi adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk dapat aktif menyampaikan pendapat atau gagasan yang ada untuk bisa memecahkan sebuah permasalahan. Dengan metode diskusi, siswa akan memiliki kesempatan lebih sering untuk bicara. Harapannya kemampuan komunikasi mereka juga turut berkembang. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan terkait masalah yang dibahas, berani mengeluarkan pendapat, mengambil keputusan, dan memecahkan masalah.
    3. Menerapkan metode belajar debat
    Bukan hanya metode diskusi, alternatif metode pembelajaran lainnya yang bisa diimplementasikan adalah debat. Debat atau adu argumentasi biasanya dilakukan antara dua kelompok atau lebih, bisa secara perorangan atau kelompok, untuk mengemukakan pendapat atas sikap yang diambil oleh kelompok tersebut. Tujuannya, peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bicara (public speaking) dan mengemukakan pendapat. Seharusnya, rasa percaya diri siswa untuk berbicara di depan umum dapat lebih berkembang dengan metode pembelajaran ini.
    4. Menerapkan metode belajar presentasi
    Guru juga dapat menerapkan metode pembelajaran presentasi. Presentasi adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang dengan menyajikan materi yang telah dipersiapkan sebelumnya secara terorganisasi dalam waktu tertentu. Untuk mempermudah proses presentasi, biasanya materi disajikan dengan menggunakan media yang menarik, salah satunya dengan power point. Contohnya, siswa dapat diberikan tugas untuk merangkum materi tertentu, dan diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikannya di depan kelas. Tujuannya, peserta didik akan menguasai lebih dalam materi yang disampaikan, serta meningkatkan kemampuan komunikasinya.
    5. Memilih topik yang relevan dan menarik
    Usahakan dalam setiap proses pembelajaran, guru dapat memilih topik yang relevan dan kontekstual dengan kehidupan sehari-hari. Harapannya, siswa akan lebih mudah menerima materi dan komunikasi terjalin secara efektif. Hal yang perlu diperhatikan di antaranya, menyajikan materi yang penting, memberikan outline, memberikan konsep utama, menghindari informasi yang tidak penting, dan memberikan topik diskusi ya

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

    Menurut saya metode yang diterapkan oleh guru tersebut sudah efektif karena dengan adanya diskusi kelompok siswa akan berargumen terkait dengan tugas yang diberikan oleh guru dan bagaimana cara mengungkapkan pendapat dimuka umum dengan baik. metode tersebut merupakan salah satu cara guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya dimuka umum bisa dilakukan dengan diskusi kelompok, guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok, dimana dalam setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan wawancara dengan tema yang berbeda-beda. Setiap kelompok diberikan bimbingan untuk membuat bahan wawancara yang akan mereka lakukan, sehingga siswa antusias dalam pembelajaran tersebut. Sedikit demi sedikit siswa belajar memahami bagaimana mengungkapkan pendapat dimuka umum dari hasil wawancara yang mereka lakukan kemudian setiap kelompok mempresentasikannya dikelas.

  3. Forum Diskusi GPO
    Video Pembelajaran Tema “Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum”
    Oleh : Nur huda
    NIM : o42879699
    Prodi PPKn

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

    jawab : Membangun kepercayaan diri siswa: Guru dapat membangun kepercayaan diri siswa dengan memberikan kesempatan untuk berbicara di depan kelas secara bertahap dan memberikan umpan balik positif.
    Melatih teknik presentasi: Guru dapat melatih siswa dalam teknik presentasi, seperti bagaimana menyusun materi, cara berbicara dengan jelas dan lancar, serta cara menarik perhatian audiens.
    Mendorong partisipasi: Guru dapat mendorong partisipasi siswa dalam diskusi kelas, sehingga siswa dapat terbiasa berbicara di depan umum dan dapat memperkuat kemampuan mereka dalam berbicara di depan publik.
    Memberikan umpan balik: Setelah siswa melakukan presentasi, guru dapat memberikan umpan balik positif dan konstruktif untuk membantu siswa memperbaiki kelemahan mereka.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    jawab : Pendapat saya Sudah efektif, sebab guru tersebut bisa membawa suasana yang baik dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan metode diskusi, sehingga peserta didik mampu memecahkan permasalahan yang ada . sebab dengan guru menggunakan metode diskusi dapat Meningkatkan partisipasi siswa: Dalam metode diskusi, siswa diberi kesempatan untuk berbicara dan menyampaikan pendapat mereka. Hal ini akan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan mendorong mereka untuk aktif berinteraksi dengan guru dan teman-teman sekelas.
    Meningkatkan kreativitas siswa: Diskusi dapat membuka ruang bagi siswa untuk berpikir kreatif dan mencari solusi yang inovatif untuk masalah yang sedang dibahas.
    Dengan demikian, metode diskusi dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dan dapat membantu siswa untuk mencapai pemahaman yang lebih baik tentang materi yang sedang dipelajari dan bisa merubah suasana menjadi lebih menarik .

  4. 1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

    jawab: menurut sata, Guru dapat pula mempersiapkan beberapa pertanyaan yang siap diajukan kepada siswa terkait materi yang disampaikannya. Pertanyaan seperti ini akan mendorong siswa untuk lebih berani bicara. Meski waktu siswa untuk berbicara singkat, tapi hal ini akan sangat membantu mereka untuk membiasakan diri bicara di depan umum.
    adapun dengan cara menerapkan metode pembelajaran diskusi, Metode diskusi adalah kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk dapat aktif menyampaikan pendapat atau gagasan yang ada untuk bisa memecahkan sebuah permasalahan.
    Pastikan untuk memberi kesempatan pada setiap siswa untuk menjawab pertanyaan atau mengemukakan pendapat mereka. Jangan terlalu fokus pada siswa tertentu saja, melainkan dorong setiap siswa untuk bisa menjawab atau menanggapi, sehingga memiliki kesempatan yang sama.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

    jawab: menurut saya metode yang digunakan dalam vidio tersebut sudah efektif, dimana Guru memberikan pertanyaan dengan memberikan tugas dan membagi kelompok kemudian memberinya kesempatan anak untuk berbicara di depan umum dengan memberinya sebuah penilaian seperti acungan jempol, itu dapat mengapresiasi siswa untuk lebih semangat dalam belajar.

  5. Forum Diskusi GPO
    Video Pembelajaran Tema ” Berlatih mengemukakan pendapat di depan umum ”
    Nama : Suprianto
    NIM : 042945512
    PRODI : PPKn

    1. Strategi apa yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum? Jelasakan alasanya.
    Jawab :
    Melatih para siswa untuk percaya diri, Memberi dorongan siswa dalam mencoba hal baru, Memberikan pujian atas usaha siswa, menerapkan growth mindset. Alasanya adalah kecemasan berbicara di depan umum banyak akan dialami para siswa. Hal ini merupakan keadaan yang muncul adalah rasa tidak percaya diri. selain itu bebrapa siswa juga akan mengalami sifat kecenasan berbicara yang datang secara intensif dan berlangsung lama seperti kurang percaya diri dan ketegangan gugup yang tinggi. Strategi para guru inilah yang nantinya akan membawa siswa dalam mengatasi masalah mengemukakan pendapat di muka umum di mana para siswa akan butuh proses dan bertahap untuk berani mengemukakan pendapatnya.

    2. Bagaimanakan pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab :
    Sangat efektif karena guru tidak langsung per siswa dalam mengajukan pertanyaan, tetapi dengan cara diskusi dan membentuk kelompok kecil untuk diskusi. Hal ini pastinya akan membuat para siswa tidak menjadikan beban karena pertanyaan yang di ajukan guru nantinya akan di kerjakan secara diskusi dan berkelompok yang mempermudah para siswa dalam mengemukakan pendapat pada kelompok kecil tersebut terlebih dahulu untuk mendiskusikan pertanyaan pertanyaan guru.

  6. Nama : Lusiana Dia Anggunsari
    Nim : 042877932
    Prodi : PPKn
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Assalamu’alaikum, ijin menanggapi

    kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut adalah

    kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik dan cara guru menjelaskan memilih dan menunjuk siswa adalah pilihan yang tepat agar siswa dapat aktif serta berinteraksi dengan baik dalam pembahasan materi

    kelemahan : tidak ada salam pembuka diawal pembelajaran padahal salam pembuka ini dapat memacu semangat siswa dalam memulai pembelajaran, kemudian siswa terlihat kurang aktif jika tidak di tunjuk oleh guru, seharusnya guru dapat mengajak siswa atau memicu siswa untuk dapat berpikir kritis terhadap materi yang sedang dibahas.

  7. Nama : Dina Purnama Sari
    Nim : 043728328
    Prodi : PPKn
    UPBJJ : Bandar Lampung

    ijin menanggapi

    kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut adalah

    kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik dan cara guru menjelaskan memilih dan menunjuk siswa adalah pilihan yang tepat agar siswa dapat aktif serta berinteraksi dengan baik dalam pembahasan materi

    kelemahan : tidak ada salam pembuka diawal pembelajaran padahal salam pembuka ini dapat memacu semangat siswa dalam memulai pembelajaran, kemudian siswa terlihat kurang aktif jika tidak di tunjuk oleh guru, seharusnya guru dapat mengajak siswa atau memicu siswa untuk dapat berpikir kritis terhadap materi yang sedang dibahas.

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    jawab : strategi pendekatan dilakukan oleh guru dalam video tersebut dengan membimbingan siswa untuk berani berpendapat didepan umum dengan cara mengajak siswa ber diskusi serta memberikan tugas kepada siswa dan dari tugas tersebutkan siswa mengumpulkan data serta meyampaikan laporan di depan kelas.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    jawab : sudah cukup efektif untuk memicu siswa ikut serta berperan dalam kegiatan pembelajaran terlihat di dalam videdo guru mengajak dan menunjuk siswa agar ikut berpendapat pada materi yang dibahas

  8. Nama Mahasiswa : MAYA PAULA RITA
    Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 043670609
    Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Kode/Nama UPBJJ : 50/SAMARINDA.

    Ijin menambahkan komentar terkait pertanyaan dari video diatas,

    1. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum, guru dapat menerapkan beberapa strategi, antara lain:
    Menerapkan pendekatan yang inklusif, sehingga siswa merasa nyaman dan terlibat dalam lingkungan pembelajaran yang aman dan terbuka. Hal ini dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dan nyaman untuk berbicara di depan umum.

    Melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mendorong mereka untuk berbicara di depan umum secara bertahap, seperti presentasi di depan kelas atau diskusi kelompok kecil. Hal ini dapat membantu siswa membangun rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan mereka dalam berbicara di depan umum.

    Memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif kepada siswa setelah mereka berbicara di depan umum, sehingga mereka dapat melihat kemajuan yang telah mereka buat dan merasa termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan mereka.

    Alasan mengapa strategi-strategi ini dapat efektif adalah karena mereka dapat membantu siswa membangun kepercayaan diri mereka dalam berbicara di depan umum, yang pada gilirannya dapat membantu mereka memperbaiki kemampuan mereka. Selain itu, strategi ini juga dapat membantu siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran dan meningkatkan partisipasi mereka dalam aktivitas kelas.

    2. Metode yang dijelaskan di atas terdengar efektif dan dapat membantu siswa memperbaiki kemampuan mereka dalam berbicara di depan umum. Namun, keefektifan metode ini tergantung pada cara guru menerapkannya dan kesesuaian metode dengan siswa dan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mempertimbangkan kebutuhan dan minat siswa serta karakteristik materi yang diajarkan dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dan efektif.

  9. Nama : Swarenda Septia
    NIM: 501574227

    Bagi sebagian orang, merasa sulit dalam megemukakan pendapat terkadang bahasa yang disampaikan terbata-bata bahkan sampai tak terkatakan karena gugup. Menurut Parera (1987:185) bahwa mengemukakan pendapat adalah kemampuan mengutarakan pendapat mempergunakan bahasa dengan baik, tepat dan seksama dan kemampuan mengutarakan pendapat secara analitis, logis, dan kreatif.
    Oleh karena itu, Dalam mengemukakan pendapat harus sering dibiasakan dalam pembelajaran. Biasanya dalam pembelajaran saya sering memberikan pertanyaan sederhana, membuat anak nyaman sehingga mereka mau menyampaikan pendapatnya serta meminta siswa mencari informasi sebelumnya untuk mempelajari materi berikutnya sehingga ada pengetahuan awal bagi anak.
    Membentuk kelompok seperti pada tampilan video tersebut, strategi yang baik karena anak berkolaborasi dengan teman kelompoknya, mengambil keputusan, dan melatih tanggungjawab. Guru harus kreatif dan inovatif menciptakan strategi atau metode pembelajaran agar lebih kondusif dan interaktif dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

  10. Nama : YUANA YANUARIANTI
    NIM : 501333213
    Prodi : Magister Pendidikan dasar
    Asal UPJJ : Malang

    Video : Berlatih Mengemukakan Pendapat dimuka Umum
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab :
    Menurut saya pada awal pembelajaran peserta didik masih kesulitan menemukan jawaban dari kalimat pemantik yang diberikan guru.Hal tersebut dapat terjadi karena peserta didik yang kurang terlatih dalam memberikan pendapatnya.Kebiasaan membaca dan mencari informasi belum maksimal dilakukan sehingga peserta didik tidak dapat menjawab pertanyaan dari gurunya.Dalam vidio tersebut guru berusaha mengajarkan kepada peserta didik agar dapat menyampaikan pendapatnya atu beragument dengan menciptakan pembelajaran melalui diskusi kelompok atau dapat dikatakan model pembelajaran kooperatif /kolaboratif.Dengan model ini peserta didik dapat berkerjasama dengan kelompoknya untuk menyelesaikan suatu permasalahan.Sehinga mereka dapat saling mendukung satu dengan lain dalam menyampaikan argumentnya.
    2.Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Menurut saya hal ini cukup efektif apabila dilihat dari adanya kemauan setiap kelompok untu menyampaikan hasil laporannya.Dengan strategi ini peserta didik akan berusaha dengan baik menyelesaikan permasalahan yang muncul serta memberikan laporan sesuai dengan tujuan pembelajaran.Apabila di lihat dari akhir vidio hal tersebut sudah tercapai

Leave a Reply