Sinopsis

Seorang guru bahasa yang mengajarkan membuat slogan, guru memperagakan bagaimana jika pembelajaran slogan itu dilakukan dengan cara yang tidak benar, misalnya diawali dengan menunjukkan beberapa gambar dan satu contoh slogan. Kemudian guru menjelaskan arti slogan dengan menyampaikan definisi slogan. Kegiatan selanjutnya guru memberi tugas kerja kelompok tiap kelompok beranggotakan 4 siswa untuk membuat slogan dengan tema lingkungan hidup. Guru berpesan untuk tidak ramai karena akan meninggalkan ruang kelas. Siswa kemudian kerja kelompok membuat slogan. Kemudian guru kembali dan memonitor kerja kelompok, dan menanyakan kelompok mana yang sudah selesai.

Untuk mengatasi hal tersebut seorang guru memperagakan dengan mengajarkan membuat slogan dengan benar. Diawali dengan menjelaskan tujuan, guru memulai pelajaran dengan menjelaskan pengertian slogan. Untuk meyakinkan pemahaman tentang slogan, guru meminta siswa memberi contoh slogan yang sering di baca di tepi jalan. Beberapa siswa secara volunteer menyampaikan contoh slogan yang pernah dibaca. Pembelajaran dilanjutkan dengan berlatih membuat slogan. Kegiatan delakukan dengan memberikan tema slogan yang akan dibuat, yaitu lingkungan hidup. Slogan dibuat secara kelompok.

1. Cara guru membuka pelajaran sudah cukup baik dengan memberitahukan materi yang akan dipelajari saat itu. Pada saat mengisi pelajaran guru sudah cukup baik ,sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, namun tidak ada penutup dalam video tersebut.

2. Pendekatan yang digunakan sudah tepat metode yag digunakan yaitu berkelompok untuk membuat slogan berdasarkan gambar yang terlihat.

3. Materi,Pendekatan, metode,dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan peserta didik.

4. Materi membuat slogan berdasarkan gambar terdapat pada kurikulum 2013.

Neneng Fitriyah, M.Pd

Similar Posts

29 Comments

  1. Nama : Kunthi Tri Prasetyo Ningsih
    NIM : 043550181
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Dalam video yang diperlihatkan, terdapat kegiatan belajar mengajar yang berjudul Membuat Slogan bergambar. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

    1. Tidak adanya bagian pembuka selain salam langsung ke inti pokok tanpa penjelasan berupa pertanyaan atau pernyataan mengenai slogan bergambar.

    2. Guru meninggalkan kelas saat kegiatan kelompok dilakukan sehingga murid ada yang tertidur bahkan mengobrol tanpa ada yang mengontrol.

    3. Saat guru kembali ke kelas, langsung menanyakan apakah murid sudah selesai, karena banyak yang mengobrol sehingga murid belum selesai mengerjakannya.

    4. Manajemen kelas perlu diperbaiki kembali.

    Untuk video kedua.
    Solusi tentang kelas manajemen sudah ada dan dijelaskan mengenai slogan bergambar. Gambar bisa disediakan sehingga peserta didik hanya fokus membuat slogan tanpa menghabiskan waktu pelajaran.

  2. Nama: Muhammad Imrom
    NIM : 042253622
    Prodi: Pendidika Bahasa dan Sastra Indonesia

    1. Menurut pendapat saya pribadi Reaksi anak didik atau siswa sangat jelas berbeda antara saat guru berada dikelas dan ketika guru keluar dari kelas. Siswa menjadi tidak kondusif dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan ketika guru keluar dan hal sebaliknya terjadi, yaitu ketika guru berada dikelas maka keadaan anak didik atau siswa menjadi kondusif.

    2. Adapun kekurangan atau kelemahan guru pada saat melakukan kegiatan belajar mengajar, harusnya sebagai seorang guru tentunya harus mampu menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran bagi anak didik atau siswa, namun guru tersebut malah terlihat hanya memberikan tugas kelompok kemudian keluar dari kelas yang seharusnya guru tersebut harus tetap menamai dan memandu para siswanya dalam menyelesaikan tugas tersebut.

    3. Dan Adapun kelebihan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut ialah, guru tersebut memberikan keterampilan membuka sebelum pembelajaran dimulai dengan cara memberikan sapaan kepada siswa. Serta guru tersebut tampak memberikan media visual yang berupa slogan bergambar yang ditampilkan menggunakan proyektor.

  3. Nama : Regari Fuji Astuti
    NIM : 044487041
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Dari kedua video proses pembelajaran dengan materi “Membuat Slogan Bergambar” yang kita tonton dapat kita lihat bahwa video pertama saat memulai kelas siswa tidak baik karena tidak ada salam pembuka, tidak berdoa terlebih dahulu, tidak memberikan motivasi untuk siswa, tidak menjelaskan tujuan dari pembuatan slogan, tidak melakukan refleksi dan meninggalkan kelas padahal jam pelajaran masih berlangsung. Hal ini dapat membuat kelas tidak kondusif dan proses pembelajaran kurang maksimal. Sementara video yang kedua pembelajaran dikelas sudah mulai terstruktur mulai dari awal sampai akhir, adanya umpan balik dari siswa dan guru sudah menjadi motivator sekaligus fasilitator dikelas. Jika nanti memungkinkan guru bisa menunjukan alat peraga atau contoh nyata slogan bergambar yang ada dilingkungan terutama lingkungan sekolah dan sekitar sekolah. Terimakasih

  4. Nama: Saidatil kamila
    Nim :042231208
    Prodi: pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

    Kekurangan dari video tersebut ialah guru tidak mendampingi siswa ketika siswa mengerjakan tugas sehingga tidak ada fasilitator bertanya. Akibatnya pembelajaran menjadi tidak maksimal.

    Kelebihannya guru menjelaskan materi slogan dan memberi contoh gambar slogan sehingga siswa dapat lebih mudah dalam mengerjakan tugas membuat slogan.

  5. Nama : Winda Nuraini
    NIM : 044489568
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ: Jakarta

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Dalam Video pembelajaran yang berjudul ” Membuat Slogan Bergambar”, dapat disimpulkan bahwa:
    – Dalam video pembelajaran pertama:
    – guru tidak melakukan pendahuluan seperti : Mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa,
    memberikan motivasi siswa.
    – ketika guru memberikan pertanyaan terkait materi pembelajaran, siswa tidak memjawab karena guru
    tidak menjelaskan materi terlebih dahulu.
    – Pada saat pembelajaran berlangsung guru meninggalkan kelas sehingga suasana kelas tidak kondusif
    yang seharusnya siswa mengerjakan tugas kelompok mereka hanya melakukannya dengan mengobrol.
    -Video Pembelajaran kedua:
    Cara mengajar sudah baik. Guru menjelaskan materi terlebih dahulu dan memberikan contoh-contoh dari materi yang disampaikan dengan begitu siswa lebih mengerti mengerti ketika diberikan pertanyaan.

    Demikian komentar dari saya.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  6. Nama : Siti Amalia
    Nim : 031393678
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu :
    -Pada kegiatan pendahuluan tidak diawali dengan pembuka seperti berdoa,menyakan kabar,melakukan absensi,motivasi,mengulas kembali pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya,tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
    iDalam kegiatan inti yaitu seharusnya guru menjelaskan tentang materi terlebih dahulu misalnya apa itu slogan?
    -Setelah memberikan tugas,guru meninggalkan kelas akibatnya,anak tidak fokus mengerjakan tugas yang telah diberikan guru dan banyak siswa yang mengobrol sehingga mengakibatkan kelas menjadi ramai.
    Kelebihan dam video pembelajaran tersebut yaitu:
    -Guru menggunakan media gambar contoh slogan
    -Pada perbaikan pembelajaran dalam video kedua yaitu Guru menjelaskan materi slogan secara rinci,memebrikan pertanyaan,dan adanya hubungan timbal balik antara siswa dengan guru.
    -Siswa antusias mengikuti pembelajaran dalam video kedua.

  7. Nama : Rinanda Afifah Oktaviyani
    NIM : 044107592
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut pendapat saya mengenai pembelajaran “Membuat Slogan Bergambar” tersebut yaitu :

    1. Reaksi para siswa terhadap pe,nelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik karena mereka memperhatikan apa yang diterangkan guru.

    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut tidak menggunakan kata pendahuluan seperti mengucapkan salam dan juga dalam video pertama tidak menjelaskan tujuan dalam membuat slogan bergambar tersebut serta pada saat siswa diberi tugas untuk membuat slogan bergambar berkelompok guru meninggalkan kelas dan mendapati siswa tidak menyelesaikan tugas secara baik karena digunakan untuk mengobrol sehingga tidak kondusif.

    3. Sedangkan kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu menjelaskan secara rinci apa itu slogan bergambar baik tujuan maupun pengertiannya seperti dalam video kedua dan guru juga memberikan contoh slogan bergambar serta memberikan para siswa waktu untuk menyampaikan slogan yang sering dilihat di jalanan.

    4. Hal unik yang ditemukan dalam pembelajaran mengenai slogan bergambar tersebut yaitu pada video kedua bahwa para siswa di bagi perkelompok untuk membuat slogan bergambar dan memberikan waktu dengan baik serta guru mendampingi mereka agar kels menjadi kondusif.

    5. Upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut dengan guru tidak meninggalkan kelas dalam rangka selain penting sekali agar siswa dapat belajar dengan baik karena tugas guru tidak hanya mendampingi para siswa tetapi juga menjadi motivator para siswa agar mendapat pembelajaran yang baik dan bermanfaat.

    Sekian pendapat saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf
    Wassalamualaikum wr.wb

  8. Nama : EVI YULIANTI
    NIM : 043761493
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Assalamualikum Wr. Wb
    Dalam video yang diperlihatkan, terdapat kegiatan belajar mengajar yang berjudul Membuat Slogan bergambar. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

    1. Dalam kegiatan pembelajaran belum diawali dengan kegiatan berdoa, sapaan, review materi sebelumnya, dan ice breaking. Kemudian guru meninggalkan kelas sehingga membuat suasana menjadi kurang kondusif.
    2. Pada peragaan pertama siswa terlihat merespon pemaparan materi dari guru dengan cukup baik. Mereka menyimak dan memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi tentang slogan. Namun, ketika guru menyuruh siswa bekerja dalam kelompok dan meninggalkan kelas, siswa terlihat ada yang ribut saja, ada yang malas dan kurang semangat, ada pula yang belajar.
    3.Pada peragaan berikutnya, siswa menunjukan reaksi yang cukup baik ketika guru memberikan apersepsi dan pemaparan materi. Siswa memperhatikan dan menyimak penjelasan guru dengan cukup baik. Ketika guru mengajukan pertanyaan siswa merespon dengan cukup baik juga. Hal tersebut terlihat dari beberapa siswa yang mengacungkan tangan dan memberikan contoh slogan yang pernah mereka temui di jalan. Ketika bekerja dalam kelompok siswa juga cukup aktif dan terlihat mulai berkomunikasi dengan senang dalam kerja kelompoknya.
    Sebagai tenaga pendidik hal yang seharusnya dilakukan adalah membimbing, menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat bertanya apabila mengalami kesulitan dalam membuat slogan. Bukan meninggalkan kelas saat peserta didik mengerjakan tugas karena dapat memicu keributan di dalam kelas dan suasana kelas menjadi tidak kondusif.
    Upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut dengan guru tidak meninggalkan kelas dalam rangka selain penting sekali agar siswa dapat belajar dengan baik karena tugas guru tidak hanya mendampingi para siswa tetapi juga menjadi motivator para siswa agar mendapat pembelajaran yang baik dan bermanfaat.
    Sekian pendapat saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf
    Wassalamualaikum wr.wb

  9. Nama : Fatlurrohman
    Nim : 042229677
    Parodi : pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

    Bismillahirrahmanirrahim

    Kekurangan :
    Kelas menjadi tidak kondusif karena guru meninggalkan kelas saya proses pembelajaran sehingga siswa menjadi kebingungan ketika mau mengerjakan tugas tersebut. ada sebagian siswa yang memang benar-benar mengerjakan tugas, ada juga yang bergurau dan ada juga yang tidur. Sehingga proses pembelajaran kurang maksimal.

    Kelebihan
    Guru menjelaskan secara rinci apa itu slogan bergambar baik tujuan maupun pengertiannya. Guru juga memberikan contoh slogan dengan media pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.

    Guru adalah pembimbing, menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat bertanya apabila mengalami kesulitan dalam membuat slogan. Bukan meninggalkan kelas saat peserta didik mengerjakan tugas sehingga mengakibatkan suasana kelas menjadi tidak kondusif. Dan tujuan pembelajaran kurang maksimal.

  10. Nama : Fatlurrohman
    Nim : 042229677
    Parodi : pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

    Bismillahirrahmanirrahim

    Kekurangan :
    Kelas menjadi tidak kondusif karena guru meninggalkan kelas saya proses pembelajaran sehingga siswa menjadi kebingungan ketika mau mengerjakan tugas tersebut. ada sebagian siswa yang memang benar-benar mengerjakan tugas, ada juga yang bergurau dan ada juga yang tidur. Sehingga proses pembelajaran kurang maksimal.

    Kelebihan
    Guru menjelaskan secara rinci apa itu slogan bergambar baik tujuan maupun pengertiannya. Guru juga memberikan contoh slogan dengan media pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa.

    Guru adalah pembimbing, menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta didik sehingga peserta didik dapat bertanya apabila mengalami kesulitan dalam membuat slogan. Bukan meninggalkan kelas saat peserta didik mengerjakan tugas sehingga mengakibatkan suasana kelas menjadi tidak kondusif. Dan tujuan pembelajaran kurang maksimal.

Leave a Reply