silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Penerapan sifat koligatif larutan banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengamati dengan teliti fenomena sifat koligatif larutan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang sifat koligatif larutan dan rasa ingin tahu terhadap permasalahan di sekitar. Sedangkan kepekaan terhadap fenomena fisik alamiah diharapkan dapat meningkatkan daya nalar untuk menemukan solusi yang cerdas terhadap permasalahan permasalahan yang muncul, sehingga dapat diatasi dengan biaya yang relatif murah dan waktu yang lebih cepat.

Pada saat memasak, mengapa titik didih air murni berbeda dengan titik didih air gula atau dengan air garam? Manakah yang terlebih dahulu mendidih? pada saat mendidihkan air kemudian air tersebut dicampurkan beberapa sendok gula pasir dan diaduk maka air yang awalnya telah mendidih kemudian terhenti sejenak. Hal ini disebabkan dengan adanya penambahan gula pasir sebagai zat terlarut menyebabkan adanya kenaikan titik didih. Titik didih air lebih rendah dibandingkan titik didih larutan. Jumlah zat terlarut sangat berpengaruh terhadap kenaikan titik didih larutan. Hal seperti ini adalah sifat koligatif larutan, yaitu sifat larutan yang tergantung pada banyaknya partikel zat terlarut dalam larutan dan bukan pada jenis partikel zat terlarut. Sifat koligatif larutan tidak hanya kenaikan titik didih dan penurunan tekanan uap, tetapi juga termasuk penurunan titik beku, dan tekanan osmosis. Pada tekanan osmosis, kita dapat memperhatikan orang yang sedang diberikan cairan infus. Mengapa cairan infus dapat masuk ke dalam tubuh?

Pemberian wacana tentang fenomena sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan Problem Based Learning dengan Teknik Jigsaw bertujuan untuk membagi beberapa  konsep diantaranya penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmotik untuk didiskusikan di dalam kelompok-kelompok ahli terlebih dahulu, yang selanjutnya setiap ahli akan kembali kepada kelompok asal untuk membagi hasil penelusuran informasinya kepada teman lain sehingga semua peserta didik mendapatkan pemhaman konspe yang utuh terkait sifat koligatif larutan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Mengapa orang mengapung di kolam apung/ laut mati?
  2. Mengapa penjual es puter dapat mempertahankan kondisi es di dalam wadahnya dalam waktu yang cukup lama?
  3. Mengapa telur menjadi asin?
  4. Mengapa merebus makanan memerlukan suhu yang lebih tinggi daripada titik didih air murni?
  5. Apakah tayangan video telah mampu menggambarkan pemahaman konsep tentang penurunan tekanan uap, penurunan titik beku, kenaikan titik didih, dan tekanan osmotik? 
  6. Apa kelebihan dan kekurangan dari tayangan video tersebut?
  7. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang dapat dilakukan oleh guru pada pembelajaran konsep sifat koligatif larutan?
  8. Apakah PBL dengan Teknik Jigsaw yang diberikan oleh guru dalam video dapat diterapkan di kelas Anda?
  9. Menurut Anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran dalam membantu peserta didik memahami konsep sifat koligatif larutan?
  10. Tahapan apa dalam Problem Based Learning dengan Teknik Jigsaw yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut Sahabat UT belum maksimal?

Similar Posts

Leave a Reply