silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Keaktifan dan kemandirian siswa adalah salah satu kunci dalam meningkatkan berpikir tingkat tinggi dan rasa keingintahuannya, salah satunya dengan memanfaatan alat peraga ataupun laboratorium sebagai salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Di era teknologi, guru harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar memudahkan siswa pada proses pembelajaran

Salah satu upaya yang yang diperbaiki dalam proses pembelajaran adalah dengan memberikan suatu masalah atau percobaan yang akan dipecahkan oleh siswa dan peran guru sebagai fasilitator. Model yang berkaitan dengan hal ini yaitu guided discovery learning. Pada materi getaran dan gelombang, bandul dapat dimanfaatkan sebagai alat peraga yang nantinya siswa akan menyimpulkan antara konsep dan fakta (pendekatan induktif) yang diharapkan siswa dapat merumuskan sejumlah penemuan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Apakah sintaks model guided discovery learning sudah tergambar jelas dari tayangan video tersebut?
  2. Apakah seluruh sintaks sudah diaplikasikan dengan baik dari tayangan video tersebut?
  3. Menurut anda, apakah penggunaan alat peraga sudah efektif dalam penerapan model guided discovery learning?
  4. Hal-hal apa saja yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan model guided discovery learning?
  5. Berdasarkan tayangan video, apakah proses pembelajaran tersebut sudah mencapai tujuan pembelajaran?

Similar Posts

One Comment

  1. Assalamuallaikum, wr. wb
    izin mengikuti diskusi dari video di atas, sebelumnya perkenalkan Saya :
    Nama : Icha Listyana
    NIM : 857706777
    UPBJJ : 42/SEMARANG
    PRODI : 118/PGSD – S1
    1. Apakah sintaks model guided discovery learning sudah tergambar jelas dari tayangan video tersebut?
    Model discovery learning dalam video tersebut sudah sangat terlihat rangkaian prosedur pembelajaran yang melibatkan proses mental peserta didik dengan mengasimilasikan konsep dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan atas petunjuk dari pendidik (guru).
    2. Apakah seluruh sintaks sudah diaplikasikan dengan baik dari tayangan video tersebut?
    Menurut Saya sintaks belum diaplikasikan dengan baik karena langkah-langkah model pembelajaran discovery yang dimaksud dalam data sekunder itu diawali dengan proses mengamati (observing). Proses mengamati ini dalam artian melihat, mengamati, membaca, mendengar, menyimak (tanpa dengan alat). Kedua, menanya (questioning). sedangkan pada video di atas langsung menggunakan alat tanpa memberikan pengarahan siswa untuk membaca dan mengamati terlebih dahulu tetapi langsung memberikan contoh praktik yang dilakukan oleh siswa.
    3. Menurut anda, apakah penggunaan alat peraga sudah efektif dalam penerapan model guided discovery learning?
    menurut saya sudah efektif menggunakan alat peraga dalam penerapan model guided discovery learning yang bisa dilakukan dengan berbagai macam metode salah satunya metode eksperimen seperti pada video diatas.
    4. Hal-hal apa saja yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan model guided discovery learning?
    Hal-hal yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan model guided discovery learning, yaitu :
    * pemberian stimulus
    * mengidentidfikasi masalah
    * mengumpulkan data
    * mengolah data
    * verifikasi data
    * menyimpulkan
    5. Berdasarkan tayangan video, apakah proses pembelajaran tersebut sudah mencapai tujuan pembelajaran?
    tujuan pembelajaran dalam video tersebut sudah tercapai siswa dapat merumuskan konsep yang disampaikan guru dan guru dapat memanfaatkan alat peraga yang ada sebagai penunjang pembelajaran dan siswa juga dapat mengembangkan kemampuan hardskill maupun soft skill.

    Sekian Diskusi yang dapat Saya sampaikan kurang dan lebihnya mohon maaf. Terima kasih

Leave a Reply