silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

349 Comments

  1. NAMA: M.Rahmat hidayah purba
    Nim:856041082
    Prodi: S1-PGSD
    Kelmehan video:
    Menurut pendapat saya tentang melihat video tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan tahap awal yaitu pendahuluan seperti tidak berdoa sebelum memulai pelajaran dan tidak melaksanakan daftar kehadiran siswa.
    Kelebihan video:
    Kelebihan video tersebut guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melakukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan Field.

  2. Kelmehan video:
    Menurut pendapat saya tentang melihat video tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan tahap awal yaitu pendahuluan seperti tidak berdoa sebelum memulai pelajaran dan tidak melaksanakan daftar kehadiran siswa.
    Kelebihan video:
    Kelebihan video tersebut guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melakukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan Field.

  3. tentang video pertama ,terlihat seorang guru menjelaskan bagaimana cara tumbuhan berfotosintesis, terlihat siswa yang tidak paham akan penjelasan guru dan terlihat pula salah seorang siswa yang mengantuk karna tidak mengerti apa yang di jelaskan.
    menurut saya di video pertama ini juga tidak ada salam pembukaan pembelajaran dan motivasi untuk siswa agar tidak cepat bosan dalam belajar.
    jika seorang guru langsung masuk ke inti pembelajaran maka siswa tidak akan mengerti dengan jelas apa yang di jelaskan oleh guru tersebut,karena siswa belum siap dalam pembelajaran.maka hendaklah seorang guru memberi peluang atau bertanya tentang kesiapan siswa terlebih dahulu
    agar siswa bisa siap dalam pembelajaran.
    disini juga ada penjelasan dalam video ke dua untuk rumusan masalah tersebut… menurut saya video ke dua ini sudah benar dalam mengajak siswa langsung masuk kepembelajaran penelitian,sehingga siswa juga bisa memperoleh pengalaman dan wawasan yang di dapat oleh siswa semakin meningkat.

  4. Nama:Ainun Zariyah
    Nim : 858434851
    pokjar : tunas mandiri
    menurut saya didalam video pertama terlihat kekurangannya yaitu
    – terlihat seorang siswa yang mengantuk dalam pembelajaran .
    -terlihat siswa yang tidak mengerti penjelasan guru
    -dan tidak ada pembukaan dalam pembelajaran.
    jadi menurut saya ,ketika seorang guru menjelaskan tentang pembelajaran ,hendaknya menggunakan media seperti media gambar atau media yang lain yang bisa membantu dalam pembelajaran..
    dan hendaknya seorang guru memberi kesiapan kepada siswa agar siswa bisa siap dalam pembelajaran tersebut.

  5. Nama:Dwi Sulasih
    Nim : 858526907
    pokjar : Kebonagung

    Setelah melihat video pertama ini masih ada kekurangan yaitu cara penyampaian materinya karena :
    Anak terlihat masih ada yang mengantuk
    Guru harus memberikan pembukaan yang menarik
    Sebelum seorang guru menjelaskan tentang pembelajaran hendaknya diberikan stimulasi seperti memberikan
    semangat dengan cara membuat yel yel atau nyanyian untuk semangat.
    Dari video dapat di ketahui bahwa untuk menciptakan pembelajaran yang berhasil dan memotivasi siswa agar suka dengan Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar ,hendaknya guru melakukan pembelajaran sesuai tahapan mulai dari pembukaan maupun penutup pembelajaran ,menggunakan metode dan pembelajaran yang menarik.

  6. Assalamualaikum Nama: Rama Indra Kusuma NIM :856813671 pokjar muko-muko, izin menanggapi kegiatan pembelajaran tersebut judul” penggunaan metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman siswa pada tumbuhan.
    * Kelemahan video pembelajaran tersebut
    1. Tidak menggunakan pendahuluan, seperti salam pembuka dan apsensi
    2. Guru tidak menggunakan media ketika menjelaskan jadi anak sulit untuk memahami.
    3. Tidak ada penutup.
    * Kelebihan video tersebut.
    1. Guru membagi kelompok siswanya
    2. Guru menyuruh siswa melakukan observasi langsung, sehingga siswa bisa memahami dengan cepat proses fotosintesis pada tumbuhan. Untuk karya wisata banyak sekolah memang yg memahami wisata di luar daerah bukan menafsirkan belajar di luar kelas

  7. Nama : Tiara Nurharfini
    Nim : 855780778
    Prodi : S1-PGSD
    Pokjar : Palembang

    Ringkasan isi Video :
    Di video menayangkan seorang guru sedang menjelaskan materi pada mata pelajaran IPA mengenai fotosintesis pada tumbuhan dengan metode field atau karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
    kelemahan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa, mengabsen, bertanya tentang kabar anak dan tidak memberikan motivasi kepada anak saat awal kegiatan
    pembelajaran.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan guru tidak mengulang materi pembelajaran sebelumnya.
    3. Siswa terlihat belum mengerti apa itu fotosintesis karena kurangnya penjelasan guru tentang materi fotosintesis.
    4. Siswa kurang merespon guru dikarenakan guru menggunakan metode ceramah selama proses pembelajaran berlangsung.
    Kelebihan :
    Metode pembelajaran yang digunakan guru sudah tepat dan baik . dengan metode ini siswa dapat meningkatkan kreatifitas dalam berpikir serta dapat nambah pengalaman siswa dan guru dalam pembelajaran tersebut, sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam belajar dan mencari tahu hal-hal yang belum mereka pahami.
    Rencana pembelajaran yang dilakukan :
    1. Melakukan kegiatan awal pembelajaran
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
    3. Menyampaikan materi pembelajaran secara jelas
    4. Melakukan metode field trip sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran

  8. Setelah menyimak video tersebut, dalam video seorang guru mengalami kesulitan dalam memahamkan siswa tentang materi pembelajaran. hal ini terjadi karena beberapa faktor :
    1. guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan berupa motivasi kepada siswa, pertanyaan pemantik, dan penyampaian tujuan pembelajaran
    2. guru terlihat menggunakan metode ceramah sehingga siswa terlihat pasif
    3. tidak adanya interaktif antara guru dan siswa dan atau siswa dengan siswa
    4. penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurang menarik sehingga siswa kurang paham materi pembelajaran. seharusnya materi tersebut menggunakan metode simulasi atau demonstrasi

  9. Nama : Shally Putri Jola
    NIM : 877529112
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : Humbang Hasundutan
    Setelah saya menyimak video dari Laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari proses Pembelajaran yang dilakukan reaksi siswa terlihat tidak fokus, ada yang mengunyah makanan dimulut sambil mendengarkan guru menjelaskan, ada siswa yang berbicara ditmpat duduk, ada juga siswa yang terlihat mulai ngantuk mendengarkan guru menjelasakan.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -. Dalam Video pembelajaran yang ditayangkan guru tidak melakukan apersepsi atau kegiatan pendahuluan akibatnya tampak siswa belum siap dan kesulitan untuk melakukan kegiatan pembelajaran, siswa kelihatan bingung karena tidak tahu apa tema dan tujuan pembelajaran yang dilakukan.
    3. Secara keseluruhan apa saja Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -.Dalam video yang dilakukan kelebihan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu guru memberikan pengalaman langsung ke[ada murid untuk melihat langsung objek yang digunakan dan dibahas dalam pembelajaran di sekitar sekolah
    -. Guru membuat metode pembelajaran dengan berkelompok untuk menganalisis objek yang akan dipelajari
    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -. Guru menyadari bahwa siswa kesulitan untuk menerima pembelajaran yang dilakukan saat guru menjelaskan pembelajaran dengan metode ceramah,sehingga guru memberikan pengalaman langsung kepada siswa melalui field trip atau karya wisata
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati videonya, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    Menurut pendapat saya, setelah guru membagi kelompok dan memberikan materi kepada masing masing kelompok ada baiknya guru memberikan juga kesempatan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan pengamatan yang sudah dilakukan.

    Demikian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih

Leave a Reply