silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:

  1. menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
  2. mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
  3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
  4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
  5. melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
  6. menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.

Toto Fathoni

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.

Herwati, M.Pd

Similar Posts

369 Comments

  1. Menurut saya model pembelajaran tentang menumbuhkan pemahaman siswa tentang pertumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar ,karena dalam proses pembelajaran lebih dan aktif dan mencari tahu tentang tumbuh tumbuhan yang menyimpan cadangan dari tumbuhan akan proses belajar pun berjalan dengan baik,dan siswa dapat terjun di lapangan dan dapat mengamati tumbuh tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan sekolah..

  2. Nama : Elvadea Auliah
    Nim : 855864668
    Prodi : S1- PGSD
    UPBJJ :Pokjar Sei Balai

    menurut pendapat saya tentang melihat video tersebut yaitu :
    -kekurangan dalam video tersebut ialah guru tidak melakukan kegiatan tahap awal yaitu pendahuluan seperti tidak berdoa sebelum memulai pelajaran dan tidak melaksanakan daftar kehadiran siswa .
    -kelebihan dari video tersebut guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melakukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan metode Field.

  3. Nama: MOHAMMAD CELVIN YANUAR SUGIANTO
    NIM: 858928769
    terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar:

    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

    Dengan memahami penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

  4. Nama : M.SHIROJUDDIN. NIM : 858528878. Menurut saya, model pembelajaran dalam vidio sudah baik apa yang di lakukan guru tersebut sudah sesuai,karena dalam proses pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih aktif untuk mencari tahu tentang tumbuh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan mereka.dan selama proses pembelajaran pun berlangsung dengan baik. Dan dalam penjelasan juga beneran sekolah kadang memahami karya wisata itu pergi ke tempat yg jauh untuk belajar bukan memahami belajar di luar lingkungan kelas

  5. Assalamualaikum Nama: M.Shirojuddin NIM :858528878 pokjar Kedungwuni , izin menanggapi kegiatan pembelajaran tersebut judul” penggunaan metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman siswa pada tumbuhan.
    * Kelemahan video pembelajaran tersebut
    1. Tidak menggunakan pendahuluan, seperti salam pembuka dan apsensi
    2. Guru tidak menggunakan media ketika menjelaskan jadi anak sulit untuk memahami.
    3. Tidak ada penutup.
    * Kelebihan video tersebut.
    1. Guru membagi kelompok siswanya
    2. Guru menyuruh siswa melakukan observasi langsung, sehingga siswa bisa memahami dengan cepat proses fotosintesis pada tumbuhan. Untuk karya wisata banyak sekolah memang yg memahami wisata di luar daerah bukan menafsirkan belajar di luar kelas

  6. Assalamualaikum Nama M Shirojuddin NIM 858528878 pokjar kedungwuni, izin menanggapi kegiatan pembelajaran tersebut judul” penggunaan metode Field Trip atau Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman siswa pada tumbuhan.
    * Kelemahan video pembelajaran tersebut
    1. Tidak menggunakan pendahuluan, seperti salam pembuka dan apsensi
    2. Guru tidak menggunakan media ketika menjelaskan jadi anak sulit untuk memahami.
    3. Tidak ada penutup.
    * Kelebihan video tersebut.
    1. Guru membagi kelompok siswanya
    2. Guru menyuruh siswa melakukan observasi langsung, sehingga siswa bisa memahami dengan cepat proses fotosintesis pada tumbuhan. Banyak sekolah yg memang salah menafsirkan karya wisata banyak yg mengartikan wisata ke luar daerah bukan belajar di luar kelas

  7. Nama : Imam Febri Pratama
    Nim : 856817084
    UPBJJ : Bengkulu
    Pokjar : Ketahun

    Dari Video Pembelajaran IPA , pada Guru Tersebut dapat disimpulkan bahwasannya ada beberapa Poin Penting antara lain :
    # Guru tidak Melaksanakan Kegiatan Pembukaan dalam pembelajaran ‘ seperti menyampaikan salam , berdoa, tanya kabar, dan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    # Guru Kurang Menarik perhatian dari Peserta didik dalam kelas Sehingga membuat siswa terlihat bosan dan tidak bersemangat dalam belajar.
    #Dalam Pembelajaran yang. Dilaksanakan Guru sudah mampu menyampaikan materinya dengan lancar , akan tetapi Harus menggunakan Teknik Pendekatan yang Tepat untuk siswa agar menarik motivasi dan semangat siswa dalam belajar.
    #terdapat beberapa Kesimpulan dari Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.antara lain :
    A. Guru kurang Memahami tentang cara menerapkan metode field trip atau karya wisata secara Tepat pada siswa .
    B. Keterbatasannya antara waktu dan anggaran di sekolah dalam melaksanakan kegiatan field trip dalam materi IPA yaitu materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi.
    C. Guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan metode field trip kegiatannya kurang menarik, tetapi dengan menggunakan metode tersebut materi yang disampaikan lebih menarik dan bisa difahami oleh Siswa.

  8. Nama :RIZAL ALDIN BATUBARA
    Nim : 856028109
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

  9. NAMA : MOHAMMAD HABIBURROHMAN
    NIM : 858902766
    UPBJJ : UT JEMBER
    POKJAR : PURWOHARJO

    Terdapat beberapa penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru dalam mengajar menggunakan metode field trip atau karya wisata untuk menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
    Penyebab masalah:
    1. Kurangnya pemahaman guru tentang cara mengimplementasikan metode field trip atau karya wisata secara efektif.
    2. Keterbatasan waktu dan anggaran sekolah untuk melaksanakan kegiatan field trip.
    3. Kesulitan guru dalam mengkoordinasikan dan mengawasi siswa selama kegiatan field trip.
    Kelemahan guru:
    1. Kurangnya keterampilan guru dalam merancang dan mengelola kegiatan field trip yang menarik dan bermakna bagi siswa.
    2. Keterbatasan pengetahuan guru tentang tumbuhan dan lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
    3. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman langsung siswa di lapangan.
    Kelebihan guru:
    1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang manfaat metode field trip dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tumbuhan.
    2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
    3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan field trip yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.

Leave a Reply