silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,
  2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu ”rute perjalanan” dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta. 

Eded Tarmedi

  1. Seharusnya ketika membuka pembelajaran guru dapat merangsang anak dengan materi-materi lingkungan sekitar.
  2. Pembelajaran peta buta dapat dilakukan dengan strategi berkelompok/media yang digunakan harusnya lebih memudahkan anak dalam mengerjakan.
  3. Ya, untuk materi disesuaikan dengan lingkungan sekitar.
  4. Sesuai Kesesuaian dengan kurikulum

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

46 Comments

  1. Nama:Sri sumarni
    Nim:855739866
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Matkul :PKM-Semseter 6A

    Izin menanggapi vidio diatas.
    Dari vidio tersebut terlihat anak anak tidak memahami tentang apa yang disanpaikan oleh guru tersebut. Dimana guru tidak menjelaskan secara jelas, dan tidak memberikan contoh terlebih dahulu, terlebih siswa tersebut sangat asing dengan peta yang diberikan guru.

    Kelemahan yang dilakukan oleh guru tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal saat belajar, guru tersebut tidak melakukan penjelasan dengan baik, malah langsung memberi tugas untuk menulisnya langsung.

    Namun di vidio selanjutnya guru melakukan sebuah gambaran kepada siswa yang membuat siswa menjadi lebih aktif dalam ruang kelas.

    Usaha yang perlu dilakukan guru tersebut adalah menjelaskan dengan jelas dan lengkap materi yang diberikan, memberikan contoh yang mudah dimengerti oleh siswa.

  2. Nama : Marisa Riantina
    NIM: 857004919
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Marisa Riantina

    Menurut saya reaksi siswa dalam video pembelajaran tersebut sedikit kurang antusias dan semangat. kelebihan guru tersebut adanya timbal balik seperti tanya jawab, pembukaan inti dan penutup. kelemahan guru tersebut yaitu tidak berdoa sebelum belajar serta motivasi untuk siswa suapaya semangat belajar. Upaya yang perlu dilakukan terhadap video pembelajaran tersebut yaitu ditambahkan dengan adanya doa sebelum belajar serta memberikan motivasi untuk siswa supaya siswa semangat belajar.

  3. Nama:Pani Wijaya
    Nim:859407302
    Prodi:PGSD S1
    UPBJJ: UT Makassar
    Pokjar : Luwu Timur
    Matkul :PKM-Semseter 6

    Bismillah

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa pada pada saat pelajaran tersebut sangat bersemangat dan senang, karena peta yang mereka gunakan dalam memahami sebuah peta.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu, kurangnya alat perga yang disiapkan selain peta, untuk menunjang kegiatan belajar mereka.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut adalah, guru sangat aktif ketika pembelajaran tidak diam saja ketika para siswa melakukan kegiatan perjalanan peta, dan memberikan apresiasi kepada siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal yang unik dalam pembelajaran tersebut adalah, guru menggunakan peta dan mobil mainan yang membuat ketertarikan siswa bertambah untuk memahami peta suatu daerah.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapa dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar dari video tersebut adalah, guru dapat menambah alat perga, seperti Vidio tentang peta satu daerah dan mengenalkan kondisi daerah didalam peta tersebut.

  4. Nama : Hendi Alfrius Waruwu
    Nim : 855855519
    Pokjar : Idanogawo
    Setelah saya menonton video ini ada beberapa kelemahan yaitu. (1) Guru tidak melakukan pendahuluan seperti menyapa,berdoa,dan bernyayi sehingga kelas terasa kaku sehingga siswa tidak fokus dan Semangat. (2).Guru langsung meberikan tugas kepada muridnya tanpa memberikan materi terlebih dahulu. (3) Cara menegur guru terhadap siswanya yang menggunakan bahasa yang salah sehingga siswa merasa minder.

  5. Assalamualaikum.wr.wb
    Nama : ANTON NUR HIDAYAT
    NIM: 857565232
    Pokjar : KEDUNGREJA
    UPBJJ : PURWOKERTO
    SEMESTER : 8
    izin menanggapi dari vidio yang sudah di tayangkan diatas, setelah saya melihat vidio tersebut, pembelajaran tidak diawali dengan kegiatan seperti salam, berdoa dan absen yang sebaiknya dilakukan sebelum pembelajaran dimulai,kemudian guru tidak merangsang siswa untuk berfikir terlebih dahulu mengenai materi apa yang akan dibahas, serta media yang digunakan kurang interaktif dan kurang besar melihat jumlah siswa yang cukup banyak, namun di kegiatan selanjutnya sudah cukup baik dengan memberikan kegiatan berkelompok, dan diskusi dengan pemberian tugas,kepada setiap kelompok.

  6. Nama : Khairunnisa
    NIM : 856818126
    Pokjar : Argamakmur
    Menurut saya reaksi siswa dalam video pembelajaran tersebut sedikit kurang antusias dan semangat. kelebihan guru tersebut adanya timbal balik seperti tanya jawab, pembukaan inti dan penutup. kelemahan guru tersebut yaitu tidak berdoa sebelum belajar serta motivasi untuk siswa suapaya semangat belajar. Upaya yang perlu dilakukan terhadap video pembelajaran tersebut yaitu ditambahkan dengan adanya doa sebelum belajar serta memberikan motivasi untuk siswa supaya siswa semangat belajar.

Leave a Reply