silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

76 Comments

  1. Nama : Brenda Mutiara Achika
    NIM : 857317531
    UPBJJ : Bogor
    POKJAR : Bogor Selatan

    Tanggapan saya setelah menonton video ini yaitu :
    1. Media belajar dengan menggunakan bakiak sangatlah bagus dan menyenangkan karena di era modern seperti ini, tentunya banyak anak-anak yang tidak mengenal permainan tradisional ini.
    2. Adapun refleksi yang perlu guru lakukan yaitu melakukan apersepsi di awal pembelajaran atau pun guru disini tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu.
    3. Video pembelajaran ini sangat menarik karena guru telah berhasil menjadikan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran (Student Center)
    4. Guru juga tidak melakukan apresiasi atau pun kegiatan penutup semestinya.

  2. 1. Ringkasan Dari Video Pembelajaran

    Setelah saya menyimak video pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga angat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan. Metode yang digunakan guru juga sangat baik untuk memancing respon siswa, tidak hanya ceramah saja, namun ada kegiatan diskusi yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memperagakan permainan bakiak tersebut. Namun ada beberapa hal yang kurang dalam video pembelajaran tersebut, pada kegiata pembuka guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam membuka kelas sehingga respon siswa juga terlihat monoton untuk menerima pembelajaran.

    2. Kelebihan Vidio Pembelajaran
    a. Media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
    b. Kegiatan belajar sudah berpusat pada siswa / melibatkan siswa dalam pembelajaran
    c. Metode yang digunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat secara aktif baik individu maupun kelompok
    d. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permaian.

    3. Kelemahan Vidio Pembelajaran
    a. Guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
    b. Guru kurang kreatif dalam membuka pembelajaran seperti ice breaking dll
    c. pada kegiatan pembuka, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tes awal atau tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
    d. Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran

    4. Rencana Perbaikan Yang Akan Dilakukan
    a. Guru harus lebih kreatif lagi untuk memancing semnagat siswa dalam membuka pembelajaran seperti melakukan ice breaking, menyapa siswa dengan bernyanyi, dll
    b. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan absensi dan apersepsi, dengan mengingatkan kembali materi sebelumnya dan dihubungkan dengan materi yang akan dibahas hari ini.
    c. Guru harus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Seperti, tanya jawab tentang materi yang sulit atau tidak dipahami oleh siswa, mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari, memberikan tugas kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut dikuasai oleh siswa, melakukan refleksi, berdoa dan mengucapkan salam.

  3. Nama : Vira Firdiana
    Nim : 858908197
    Pokjar : Genteng A

    1. Ringkasan Dari Video Pembelajaran
    Setelah saya menyimak video pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga angat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan. Metode yang digunakan guru juga sangat baik untuk memancing respon siswa, tidak hanya ceramah saja, namun ada kegiatan diskusi yang membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk memperagakan permainan bakiak tersebut. Namun ada beberapa hal yang kurang dalam video pembelajaran tersebut, pada kegiata pembuka guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan pembelajaran, guru kurang kreatif dalam membuka kelas sehingga respon siswa juga terlihat monoton untuk menerima pembelajaran.

    2. Kelebihan Vidio Pembelajaran
    a. Media yang digunakan guru sangat tepat dan kreatif untuk memancing semangat belajar siswa
    b. Kegiatan belajar sudah berpusat pada siswa / melibatkan siswa dalam pembelajaran
    c. Metode yang digunakan sudah tepat tidak hanya berpusat pada guru saja namun siswa terlibat secara aktif baik individu maupun kelompok
    d. Respon siswa terhadap pembelajaran tersebut juga cukup bagus karena pembelajaran diselingi dengan permaian.

    3. Kelemahan Vidio Pembelajaran
    a. Guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
    b. Guru kurang kreatif dalam membuka pembelajaran seperti ice breaking dll
    c. pada kegiatan pembuka, guru tidak melakukan absensi, tidak ada tes awal atau tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
    d. Tidak ada kegiatan penutup pembelajaran

    4. Rencana Perbaikan Yang Akan Dilakukan
    a. Guru harus lebih kreatif lagi untuk memancing semnagat siswa dalam membuka pembelajaran seperti melakukan ice breaking, menyapa siswa dengan bernyanyi, dll
    b. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya guru melakukan absensi dan apersepsi, dengan mengingatkan kembali materi sebelumnya dan dihubungkan dengan materi yang akan dibahas hari ini.
    c. Guru harus melakukan kegiatan penutup pembelajaran. Seperti, tanya jawab tentang materi yang sulit atau tidak dipahami oleh siswa, mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran yang sudah dipelajari, memberikan tugas kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana materi tersebut dikuasai oleh siswa, melakukan refleksi, berdoa dan mengucapkan salam.

  4. Nama : Ayu Nita Harahap
    Nim : 855860148
    Upbjj : Medan

    Menurut saya setelah mengamati video tersebut pembelajaran tentang “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” pada kegiatan pembelajaran tersebut guru sudah mampu membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa belajar dengan tenang, siswa juga antusias untuk menjawab pertanyaan guru dan mencoba bermain media bakiak di depan kelas. Pemilihan media yang digunakan juga sangat tepat sehingga mampu memancing semangat belajar siswa, sehingga siswa tidak jenuh dan bosan karena pembelajaran tersebut diselingi dengan permainan.

    Adapun refleksi yang perlu guru lakukan yaitu melakukan apersepsi di awal pembelajaran atau pun guru disini tidak menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu.Guru juga tidak melakukan apresiasi atau pun kegiatan penutup semestinya.

  5. Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
    NIM : 877530124
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Humbang Hasundutan

    Selamat siang, ijin menanggapi video yang ditayangkan dengan judul memerankan tokoh berdasarkan teks.
    1. Dari video yang ditayangkan, anak-anak terlihat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, begitu juga ibu guru dalam memulai kegiatan belajar.
    2. Dari tayangan diatas terlihat kelemahan guru yaitu masih kurang dalam menerangkan materi dimana dalam diskusi kurang terlihat adanya interaksi guru dan siswa.
    3. Kelebihan guru dalam mengajar materi diatas sudah bagus, dengan manggunakan media pembelajaran, sehingga siswa bisa dengan mudah memahami materi yang disampaikan olah guru. Dan dengan adanya praktek langsung dengan media pembelajaran akan tercipta suasana pembelajaran yang aktif dan dan tidak monoton. Anak-anak juga akan terlihat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    4. Hal-hal unik yang ada di video yaitu, terlihat ada beberapa jenis alat peraga dalam pembelajaran, dan anak- anak murid terlihat senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    5. Upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah
    – Meningkatkan media dan alat pembelajaran yang relevan
    – Lebih mengkoordinir murid dalam melakukan kegiatan atau aktivitas pembelajaran
    -Memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

Leave a Reply