silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Eded Tarmedi

  1. Cara membuka pembelajaran guru belum memperhatikan sekitar kelas, tiba-tiba langsung masukan dan memberikan materi yang akan dipelajari. Isi materinya tidak terlalu lengkap dalam penjelasannya. Pembelajaran yang digunakan monoton seharusnya guru dapat memberikan pembelajaran yang menarik. Ketika penutupan guru tidak membuat kesimpulan dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Strategi dalam mempembelajaran ini bisa menggunaan bermain peran agar siswa dapat mengalami kejadian-kejadian di masa lalu dan sekarang. Seharusnya media yang digunkan harus lebih jelas lagi agar siswa dpat memahami kejadian atau peristiwa yang terjadi saat itu.
  3. Kesesuain tingkat materi sudah cukup baik.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

62 Comments

  1. Nama : Elok Fa’iqotul Magfiroh
    NIM : 858921164
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Giri

    Saya mengamati video yang berjudul “Perlawanan Pangeran Diponegoro vs Makam Mbah Priok”

    a. Kelemaham : Tidak adanya kegiatan pendahuluan pada video pembelajaran tersebut. Tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan kejadian masa kini, hal ini membuat siswa sulit untuk mengingat materi pembelajaran.

    b.Saran : Guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan untuk menarik minat siswa dalam belajar. Guru diharapkan dapat lebih kreatif lagi dalam menyampaikan materi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan. Selain itu, guru juga harus memberikan kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa benar-benar faham akan materi yang sudah dipelajari.

  2. Nama : Muhammad Syarief Hidayattullah
    NIM : 856757638
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Gelumbang

    Saya mengamati video yang berjudul “Perlawanan Pangeran Diponegoro vs Makam Mbah Priok”

    a. Kelemaham : Tidak adanya kegiatan pendahuluan pada video pembelajaran tersebut. Tidak mengaitkan materi pembelajaran dengan kejadian masa kini, hal ini membuat siswa sulit untuk mengingat materi pembelajaran.

    b.Saran : Guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan untuk menarik minat siswa dalam belajar. Guru diharapkan dapat lebih kreatif lagi dalam menyampaikan materi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan. Selain itu, guru juga harus memberikan kesimpulan dari materi yang sudah dipelajari, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa benar-benar faham akan materi yang sudah dipelajari.

Leave a Reply