silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya.
Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd.

Similar Posts

170 Comments

  1. Dewi Rosalina
    Nim : 857388056
    Kelemahan
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal misalnya berdoa terlebih dahulu
    2.Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    3. Guru terlalu cepat membacakan cerita
    Kelebihan
    1.Siswa menjadi aktif dalam belajar
    2.siswa diberikan kesempatan membacakan cerita secara bergantian

  2. Nama : Nurhasanah
    Nim : 857382578
    Pokjar.: leuwiliang Bogor
    Dalam kegiatan menyimak, kita biasanya melibatkan beberapa keterampilan seperti ;:
    1. Mendengarkan; memperhatikan dengan seksama apa yang dikatakan oleh pembiacara.
    2. Membaca ; memahami dengan seksama isi dari teks yg dibaca.
    3. Memahami; menganalisis dan menafsirkan pesan yang disampaikan oleh pembaca.
    4. Merekam imformasi; menyimpan dan memproses informasi yang diterima agar dapat di ingat.

  3. Nama : Maya Komara
    NIM. : 857383168
    UPBJJ. : Bogor
    Pokjar : Leuwiliang

    Mohon maaf izin menanggapi video simulasi pembelajaran
    Metode pembelajaran menyimak cerita dongeng terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan

    1. Kelebihan
    – Guru mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika beberapa siswa tersebut ke depan
    – Guru dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah di baca
    – Guru melakukan tanya jawab hal ini dapat memacu semangat siswa dan dapat mengukur sejauh mana sudah memahami teks dongeng

    B. Kelemahan
    – Guru pada awal pembelajaran belum mengucapkan salam pembuka untuk memulai pembelajaran
    – Guru tidak melakukan absensi dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran
    – Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
    – Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    3. Saran
    – sebaiknya sebelum mulai pembelajaran guru memberi salam dan berdoa sebelum mulai pembelajaran dan mengabsen kehadiran siswa
    – sebaiknya guru perlu memaparkan tujuan dan materi awal kepada siswa
    – sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menambah media bahan ajar supaya kondisi belajarnya menyenangkan

  4. Nama :Wiwik Wijayati
    Nim :858715059
    Prodi :S1 PGSD
    Pokjar: Sampang
    Assalamualaikum wr wb Dalam video edukasi pembelajaran ini menggunakan metode menyimak dengan menggunakan media buku cerita dongeng dimana dalam penyampaiannya guru tidak menggunakan media visual lainnya selain pendengaran, maka dari itu guru dituntut untuk lebih kreatif dan menggunakan dinamika bahasa tubuh karna itu sangatlah berpengaruh dalam metode menyimak terlebih jika audien adalah anak SD kelas 1 Dalam hal ini izin memberi saran bahwa dalam pembelajaran menyimak siswa dan guru memerlukan keterkaitan agar apa yang disimak dapat tersampaikan dengan baik. Adanya interaksi seperti yang sudah dipaparkan di video membuat anak lebih paham dan diperlukan pula pengulangan juga memastikan apakah anak tersebut sudah paham atau belum. Selain itu media berupa video atau gambar jauh lebih disukai oleh anak anak sehingga dapat mudah dipahami dan dimengerti

  5. NAMA : Muhammad Syarief Hidayattullah
    NIM : 856757638
    Menyimak merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh siswa kelas 1 SD. Keterampilan ini menjadi dasar bagi mereka untuk memahami informasi, berkomunikasi secara efektif, dan belajar di sekolah.
    Sebagai guru, penting untuk memberikan tanggapan yang positif dan membangun kepada siswa selama pembelajaran menyimak. Berikut beberapa tips untuk memberikan tanggapan yang efektif:
    – Berikan pujian kepada siswa atas usaha dan partisipasi mereka.
    – Berikan umpan balik yang spesifik tentang apa yang dilakukan siswa dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.
    – Gunakan pertanyaan terbuka untuk mendorong siswa untuk berpikir lebih kritis tentang isi cerita atau percakapan.
    – Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang apa yang mereka pelajari.

  6. Assalamualaikum .Perkenakan saya Eka Dewi Khoiriyah saya dari Ut medan Pokjar simalungun.
    saya ingn memberikan komentar tentang sebuah video yang telah saya lihat .
    Nah didalam video tersebut ada kekurangan yang terlihat .
    dimana ketika kita menjadi seorang guru sebelum kita inigin melakukan pembelajaran dikleas seharusnya kita merancang terlebih dahulu rpp yang mana kita menyususn rangkai apa saja yang akan kita ajarkan pada siswa siswi kita selama jam pelajaran. dan dan pemahaman siswa kita sebagai guru mengetahui bahwa kita tidak semua siswa memiliki daya tangkap yang sama dalam pembelajaran menyimak .maka dari itu kita harus memilih metode apa yang akan kita gunakan sebelum memulai pembelajaran .

    sekiranya hanya ini yang dapat saya tuangkan dalam kolom diskusi ini .

  7. Nama : Dwi Sulistiawati
    NIM : 857133202
    Pokjar : Jakarta Barat
    Selamat Malam, Izin menanggapi video metode pembelajaran menyimak.
    Dari video yang saya tonton, menurut saya seorang guru dalam video ini memiliki beberapa kekurangan dalam langkah-langkah pembelajaran.
    1. Dalam video ini seorang guru tidak melakukan kegiatan awal seperti: menyapa para siswa dalam kelas, memberi salam dan berdoa, mengabsen para siswa dan guru belum menjelaskan kepada para siswa untuk pelajaran hari ini guru langsung masuk pada kegiatan inti, seperti dalam video ini.
    2. Seorang guru langsung membacakan buku cerita, sehingga membuat beberapa siswa kebingungan dalam menanggapi pertanyaan dari seorang guru.
    3. Guru dalam video ini juga sangat biasa saja saat menyampaikan cerita kepada para siswa, sehingga sebagian siswa merasa cerita ini kurang menarik.
    Solusi dari video ini :
    Seorang guru terlebih dahulu harus menjelaskan kepada para siswa tentang cerita/dongeng yang ingin disampaikan sehingga para siswa mengetahui judul dari cerita tersebut. Jika cerita bersumber dari buku pelajaran maka seorang guru juga bisa mengajak para siswa untuk membuka buku yang sama. Lalu seorang guru bisa meminta para siswa untuk bergantian membaca cerita dan siswa yang lain menyimak dengan begini para siswa dapat memahami setiap jalan cerita dari dongeng tersebut. Dan seorang guru pun bisa melakukan tanya-jawab terhadap para siswa untuk memastikan apakah siswanya menyimak cerita ini dengan baik.

  8. Nama : ASRI SITI NURBAYA
    NIM. : 859801643
    UPBJJ. : MEDAN
    Pokjar : LABUHANBATU UTARA

    Mohon maaf izin menanggapi video simulasi pembelajaran
    Metode pembelajaran menyimak cerita dongeng terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan

    1. Kelebihan
    – Guru mengajak siswa sebagai partisipan aktif ketika beberapa siswa tersebut ke depan
    – Guru dengan sabar membimbing siswa untuk memahami isi bacaan yang telah di baca
    – Guru melakukan tanya jawab hal ini dapat memacu semangat siswa dan dapat mengukur sejauh mana sudah memahami teks dongeng

    B. Kelemahan
    – Guru pada awal pembelajaran belum mengucapkan salam pembuka untuk memulai pembelajaran
    – Guru tidak melakukan absensi dan doa pembuka sebelum mulai pembelajaran
    – Guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
    – Guru belum menjelaskan materi awal secara terperinci, sehingga saat guru selesai membaca cerita tersebut siswa terlihat kebingungan
    – Guru tidak menyampaikan kesimpulan pembelajaran terhadap apa yang sudah di pelajari

    3. Saran
    – sebaiknya sebelum mulai pembelajaran guru memberi salam dan berdoa sebelum mulai pembelajaran dan mengabsen kehadiran siswa
    – sebaiknya guru perlu memaparkan tujuan dan materi awal kepada siswa
    – sebaiknya guru memberi metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menambah media bahan ajar supaya kondisi belajarnya menyenangkan

  9. Nama : IRA FITRIANI AZIS
    NIM. : 857388579
    UPBJJ. : BOGOR
    Pokjar : LEUWILIANG

    Assalamu’alaikum
    mohon ijin bapak/ibu. saya akan menanggapi video Metode Pembelajaran menyimak di Kelas 1 sd

    Metode menyimak cerita dongeng pada anak SD kelas 1 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihannya adalah dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan dan memahami anak, serta dapat membantu anak dalam memahami konsep-konsep yang kompleks dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dongeng seringkali mengandung pelajaran moral atau nilai-nilai yang dapat diajarkan kepada anak. Selain itu, metode ini juga dapat membantu anak dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas mereka.

    Namun, metode ini juga memiliki kekurangan. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan memerlukan keterampilan pengajar yang baik untuk membuat cerita dongeng menjadi menarik dan informatif. Jika cerita dongeng tidak disampaikan dengan baik, anak mungkin akan kehilangan minat dan tidak mendapatkan manfaat penuh dari metode ini.

    mohon maaf apabila ada salah dan kurang.

  10. Nama : JOJOR ROMAITO SIMANJUNTAK
    Nim : 877528959
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : Humbang Hasundutan

    Ijin menanggapi Video diatas :

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru yaitu
    terlihat dalam video diatas anak didik sangat antusias untuk mengikuti pelajaran bahasa Indonesia apalagi dalam mendengarkan cerita, mereka sangat tertarik dan terpikau disaat guru menceritakan cerita mengenai istana bunga. Apalagi adanya timbal balik antara guru dan murid untuk bercerita.

    2. Kelemahan terlihat juga dalam video diatas yaitu :
    terlihat dalam video diatas guru langsung masuk dalam pembelajaran tanpa mengajak siswa untuk berdoa atau melakukan ice briking dengan tujuan apakah mereka masih semangat atau tidak, atau melihat apa mereka siap untuk menerima pelajaran yang akan disampaikan.

    3. Kelebihan terlihat juga dalam video diatas yaitu :
    terlihat dalam video diatas guru tersebut mampu membuat para anak didik untuk mau menyimak dan bercerita didepan kelas, sehingga suasana menjadi senang dan asyik dikelas 1

    4. hal-hal unik terlihat dalam video diatas yaitu dimana anak-anak didik sangat diapresiasi dalam hal menyimak dan membaca teks, mereka lancar untuk membaca

    5. upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan yaitu :
    a. kegiatan pembelajaran, diawal masuk pembelajaran ada baiknya kita mengunakan ice briking, untuk melihat kesiapan dan keinginan para anak didik untuk menerima pelajaran yang akan disampaikan.
    b. dalam menyampaikan pembelajaran adanya baik untuk seorang guru mengingatkan kembali pelajaran yang sudah berlalu, untuk mengetahui apakah mereka masih mengingat pelajaran yang sudah berlalu atau sebaliknya.

    Demikian, Terimakasih.

Leave a Reply