silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah ini cukup lengkap seperti media dan alat peraga yang kondisinya sangat baik dan tertata dengan rapi di kelas. Penerangan di sekolah cukup baik dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa duduk di tempat duduknya masing-masing yang tertata rapi dengan settingan bangku menghadap ke papan tulis di depan kelas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran berbasis project yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut.
  2. Apakah sintak model PjBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut?
  3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
  4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project?
  5. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?

Similar Posts

12 Comments

  1. Assalamualikum wr wb
    Ijin menggapi vidio tentang pembelajarab IPAS dalam kurikulum MBKM di SD

    Setelah saya menyaksikan vidio materi pembelajaran IPAS tersebut siswa atau peserta didik bisa menjaga dan memelihara pantai dan laut dengan tidak membuang sampah sembarangan lebih – lebih di pantai laut dan sekitarnya, Guru bisa menunjukan pada siswa bahwa pada IPS komponen biotik dan Abiotik dilihat dari bagaimana siswa mampu mengolah limbah dari komponen tersebut.
    Selain dari siswa atau peserta didik mengerti bagaimana memelihara sampah peserta didik juga bisa menyelidiki bagaimana hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik dan abiotik yang mempengaruhi kestabilan suatu ekosistem dilingkungan sekitarnya.

    Demikian tanggapan saya secara singkat
    Wassalamualikum wr wb.

    0
    0
  2. NAMA : ROSSITA SITUMORANG
    NIM : 856041068
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : RANTAUPRAPAT
    UPBJJ : MEDAN

    Mohon ijin mengikuti diskusi :
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ?
    Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Menurut Kemdikbud (2013), peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.
    Berdasarkan penjelasan diatas bahwa video yang ditayangkan sudah benar dan baik, pembelajaran berbasis proyek ini sangat memotivasi, peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak – anak fokus dalam pembelajaran tersebut.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini ?
    Hal penting yang saya peroleh adalah bagaimana menentukan model pembelajaran yang baik dan tepat pada sebuah materi sehingga melalui model pembelajaran tersebut anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tersebut sangat terarah sehingga membuat anak mengerti tujuan pembelajaran yang diajarkan gurunya.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran karena sampah yang selama ini ada dilingkungan sekolah hanya diangkut oleh petugas kebersihan, melalui video ini, saya dapat menerapkan disekolah saya mengajar dengan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, melakukan ice breaking yang membuat siswa semakin antusias, adanya evaluasi di akhir pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

    Terimakasih

  3. NIM : 856041068
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : RANTAUPRAPAT
    UPBJJ : MEDAN

    Mohon ijin mengikuti diskusi :
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ? Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Menurut Kemdikbud (2013), peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Berdasarkan penjelasan diatas bahwa video yang ditayangkan sudah benar dan baik, pembelajaran berbasis proyek ini sangat memotivasi, peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak – anak fokus dalam pembelajaran tersebut.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini ? Hal penting yang saya peroleh adalah bagaimana menentukan model pembelajaran yang baik dan tepat pada sebuah materi sehingga melalui model pembelajaran tersebut anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tersebut sangat terarah sehingga membuat anak mengerti tujuan pembelajaran yang diajarkan gurunya.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran karena sampah yang selama ini ada dilingkungan sekolah hanya diangkut oleh petugas kebersihan, melalui video ini, saya dapat menerapkan disekolah saya mengajar dengan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang berharga.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, melakukan ice breaking yang membuat siswa semakin antusias, adanya evaluasi di akhir pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

    Terimakasih

  4. Nama : Yani Suryani
    Nim : 857321112
    Pokjar : Warungkondang kabupaten Cianjur, Jawa Barat PGSD S1
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran berbasis project yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut?
    Sangat inovatif
    2. Apakah sintak model PjBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut?
    Sangat jelas sekali. Pada saat guru memerintahkan peserta didik untuk ikut terlibat pada projek yang disampaikan oleh sang guru mengenai fotosintesis
    3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
    Sudah. Ada dengan menanyakan siapa yang tahu tentang bagaimana fotosintesis dihasilkan oleh tumbuhan? Kemudian salah satu siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan dari gurunya. Dengan berani.
    4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project?
    Sudah tepat sekali, karena pembelajaran mengenai IPA lebih mudah diingat oleh peserta didik jika disajikan dengan project karya nyata. Otomatis akan selalu diingat ketimbang hanya menghafal atau sekedar menebak saja.
    5. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?
    Evaluasi berupa dari LKPD yang dikerjakan siswa/i dapat terlihat seberapa paham mereka menyimak project ke dalam sebuah pekerjaannya. Bilamana terdapat nilai di bawah maka diadakan kembali tugas remedial kepada siswa yang belum paham. Insyaallah, dengan guru seperti ibu guru tadi pasti tidak ada siswa/i yang diremedial karena pemahamannya sudah sangat jelas sekali sampai hafal betul.

  5. Assalamu’alaikum wr wb.
    PjBL merupakan model pembelajaran yang mengembangkan kompetensi anak dalam merancang dan memecahkan masalah. Siswa juga mengembangkan kompetensi 4 c dan menggunakan TPACK dalam pembelajaran

  6. nama : Zuliana Apriani
    NIM : 501173255
    Studi : MPDr

    Video “Konsep Fotosintesis” yang disediakan oleh Gurupintar membahas tentang proses fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik. Berikut adalah ringkasan dari video:
    1. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik dengan menggunakan energi cahaya dari matahari, karbon dioksida, dan air.
    2. Fotosintesis terjadi pada kloroplas, organel yang terdapat pada sel tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik.
    3. Proses fotosintesis terdiri dari dua tahap, yaitu tahap terang dan tahap gelap.
    4. Pada tahap terang, energi cahaya dari matahari ditangkap oleh pigmen klorofil dalam kloroplas dan diubah menjadi energi kimia.
    5. Energi kimia yang dihasilkan pada tahap terang digunakan pada tahap gelap untuk membentuk glukosa dari karbon dioksida dan air.
    6. Glukosa yang dihasilkan pada tahap gelap dapat digunakan sebagai sumber energi dan bahan bakar untuk pertumbuhan dan metabolisme sel tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik.
    7. Fotosintesis sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kehidupan di bumi karena fotosintesis menghasilkan oksigen yang diperlukan oleh makhluk hidup lain untuk bernapas.

    Dalam ringkasan ini, dipahami bahwa fotosintesis adalah proses penting yang terjadi pada tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik untuk membuat makanan dan menghasilkan oksigen. Proses ini melibatkan tahap terang dan tahap gelap yang saling bergantung satu sama lain untuk menghasilkan glukosa. Dengan memahami konsep fotosintesis, kita dapat lebih memahami betapa pentingnya tumbuhan dan mikroorganisme fotosintetik bagi kehidupan di bumi.

  7. nama : Sawitri Mardhiyah
    NIM : 501333094
    Studi : MPDr

    Setelah saya menyimak Video di atas, dapat saya jelaskan bahwa sintak atau kegiatan pembelajaran berbasis project yang sudah dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut sudai sesuai yaitu: (1) Pertanyaan mendasar (Guru menyampaikan topik danmengajukan pertanyaan bagaimana cara memecahkan masalah, (2) Mendesain Perencanaan Produk, Guru memastikan setiap peserta didik dalam kelompok memilih dan mengetahui prosedur pembuatan proyek/produk yang akan dihasilkan, (3) Menyusun Jadwal Pembuatan, (4) Memonitor Keaktifan dan Perkembangan Proyek, (6) Menguji Hasil, dan (7). Evaluasi Pengalaman Belajar.

    Guru tersebut sudah menjalankan sintak PjBL dengan baik dan benar serta terlihat stimulus yang diberikan oleh guru sudah di lakukan dalam pembelajaran

    Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project? Ya, menurut saya siswa sudah merefleksinya model Pembelajaran berbasis project, salah satu aktivitasnya adalah Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktuyang telah ditentukan bersama.
    Salah satu bentuk evaluasinya adalah Setiap peserta didik memaparkan laporan, peserta didik yang lain memberikan tanggapan, dan bersama guru menyimpulkan hasil proyek.

    Terimakasih

  8. Nama : Malsina
    Nim : 501574194
    Prodi : MPDr

    1. Pembelajaran berbasis project merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktifitas secara nyata. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersusun sistematis dan menarik.
    2. Sintaks pembelajaran PjBL terlihat jelas dimana guru menjelaskan materi lalu memberikan masalah dan mengajak siswa berpikir dan mencari tahu tentang fotosintesis.
    3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut? Sudah diaplikasikan dengan cara memberikan pertanyaan dan mengajak siswa untuk searching tentang pembuktian fotosintesis.
    4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project? Menurut saya ini sudah tepat, dimana pembelajaran IPA memang harus ada pembuktian nyata agar siswa lebih memahami dan tidak berpikir abstrak.
    5. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan? Diakhir pembelajaran siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, dan melakukan tanya jawab disini guru bisa memberikan evaluasi dan meluruskan apabila materi yang dijelaskan masing-masing kelompok belum sesuai, dan bisa mengapresiasi bagi kelompok terbaik dalam penyajiannya. Selain itu guru juga bisa memberikan tes tulis setelah pembelajaran selesai.
    Terimakasih….

  9. Nama : Titik Kurniawati
    NIM : 501343181
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Malang

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran berbasis project yang dirancang oleh guru dalam tayangan video tersebut.
    Jawab: Pendapat saya mengenai kegiatan pembelajaran berbasis project yang dirancang guru tersebut sudah sangat sesuai dan tepat dengan materi konsep fotosintesis yang kemudian diuji kebenaran teorinya.
    2. Apakah sintak model PjBL terlihat jelas dalam tayangan video tersebut?
    Jawab: Sintak model PjBL terlihat jelas dan sesuai dalam video yang ditayangkan tadi.
    3. Apakah syntax pertama yaitu speculation (memulai dengan sebuah pertanyaan) sudah diaplikasikan dengan tepat pada tayangan video tersebut?
    Jawab: Sintak pertama yaitu speculation sudah diaplikasikan dengan tepat, yaitu dengan mensimulasi dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeksplor pengetahuan mereka dengan berselancar menggunakan media HP yang mereka bawa tentang fotosintesis. Kemudian guru memberikan pertanyaan pemantik tentang konsep fotosintesisi ini.
    4. Menurut Anda apakah project yang dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk merefleksikan model pembelajaran berbasis project?
    Jawab: Menurut saya apa yang telah dilakukan oleh siswa sudah tepat untuk dapat merefleksikan model pembelajaran PjBL yaitu diawali dengan tanya jawab seputar hasil presentasi kemudian merefleksikan apa yang telah mereka pelajari.
    5. Bagaimana evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yang telah dilakukan?
    Jawab: Evaluasi yang bisa dikonstruksikan siswa atas hasil proyek yaiitu dengan mempertanggungjawabkan atas apa yang telah mereka presentasikan sesuai dengan pengamatan yang mereka lakukan, sehingga akan membangun pola pikir/ konsep tentang fotosintesis ini dengan lebih matang.

  10. Assalamualaikum
    Nama : Yasri Hosvita
    NIM : 501133251

    Pembelajaran berbasis project yang dirancang oleh guru di tayangan di atas sudah sangat bagus dan sesuai dengan materi fotosintesis yang di berikan dan membuat siswa tertarik dan aktif dalam pembelajran serta model pembelajaran basis projectnya juga sudah terlihat jelas di dalam proses pembelajaran berlangsung.
    Peserta didik telah melakukan eksplorasi,interpretasi dan mengolah semua informasi dalam diskusinya.

Leave a Reply