Sinopsis

Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.

Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.

Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.

Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.

Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

99 Comments

  1. Nama : Khairul Fauzi
    NIM : 501343142
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Jember

    Pada video tersebut terlihat guru memanfaatkan media Realia dalam bentuk poster-poster dari artis favorit atau orang-orang terkenal lainnya untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi describing people. Dari video ini kita bisa memahami bahwa penggunaan media pembelajaran yang menarik berupa poster public figure bisa meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang dibahas karena ada rasa ingin tahu yang lebih besar terkait public figure favorit siswa sehingga motivasi belajarnya meningkat.
    Saran untuk perbaikan dalam siswa perlu diberi kesempatan untuk membuat deskripsi sendiri dengan diberi guide writing mengenai public figure favoritnya yang ada di poster tersebut kemudian guru menunjuk siswa untuk menyampaikannya di depan kelas . Setelah itu guru bisa memberikan umpan balik kepada siswa tersebut.

  2. Zulfikri (501123021) – Magister Pendidikan Dasar
    Video tersebut sangat menarik karena menggunakan poster untuk terlibat secara lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topik “Describing People.” Hal ini dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan membuat pembelajaran lebih menarik serta dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan konteks yang relevan. Sebagai saran, diakhir video mungkin dibutuhkan konfirmasi kembali kepada siswa untuk mengungkapkan (mengucapkan kembali) ciri-ciri tokoh yang mereka tebak dalam bahasa Inggris jadi kesannya tidak sekedar hanya menebak apa yang di diskripsikan guru saja.

  3. Nama : Buniks Rehulina Sitepu
    NIM : 501573827
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Realia adalah benda-benda asli yang digunakan dalam pembelajaran. Penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk: Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Realia dapat membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik. Realia dapat membantu siswa untuk memahami materi bahasa Inggris dengan lebih baik. Hal ini karena realia dapat memberikan gambaran yang lebih konkret tentang materi yang dipelajari.
    Meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Penggunaan realia dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Hal ini karena realia dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dalam konteks yang nyata

  4. Nama : Upik Erdawati S Sianu
    NIM : 501413224
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Kendari

    Pada video tersebut, pembelajaran keterampilan berbicara bahasa inggris dengan menggunakan realia. Realia bisa menggunakan poster dari idola peserta didik dengan topik describing people agar dapat mengajak siswa untuk aktif berbicara. Pada akhir pembelajaran guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan siswa menebak siiapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

    Saran saya pada video tersebut yaitu guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan ciri-ciri yang ada pada idola mereka sehingga siswa dapat terlihat aktif.

  5. Nama : Upik Erdawati S Sianu

    NIM : 501413224

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    UPBJJ : UT Kendari

    Pada video tersebut, pembelajaran keterampilan berbicara bahasa inggris dengan menggunakan realia. Realia bisa menggunakan poster dari idola peserta didik dengan topik describing people agar dapat mengajak siswa untuk aktif berbicara. Pada akhir pembelajaran guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan siswa menebak siiapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

    Saran saya pada video tersebut yaitu guru harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyebutkan ciri-ciri yang ada pada idola mereka sehingga siswa dapat terlihat aktif.

  6. Nama : Ninis Wahyuni
    NIM : 501322883
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Surabaya

    Menurut saya, penggunaan realia seperti poster-poster artis favorit dapat membantu dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topik describing people. Dengan melihat poster-poster tersebut, siswa dapat mempraktikkan keterampilan berbicara mereka dengan mendeskripsikan orang-orang yang mereka sukai dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat membantu mereka memperluas kosakata dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris.

  7. Dari video pembelajaran ini menggunakan poster dalam penyampaian pembelajaran Bahasa inggris, Siswa dapat meningkatkan keterampilan bahasa mereka, termasuk penggunaan kosakata dan frasa yang sesuai untuk mendeskripsikan orang dalam Bahasa inggris. Guru memberikan beberapa poster artis atau orang terkenal kepada siswa lalu menanyakan dan menjelaskan kepada siswa perihal poster yang di berikan kepada siswa dalam Bahasa inggris agar siswa dapat menganalisis orang orang yang di lihat mereka di poster tersebut, pembelajaran ini efektif dalam penyampaian pembelajaran Bahasa inggris karena bersifat Realia. Pembelajaran realia, yaitu penggunaan benda nyata atau materi autentik dalam proses pembelajaran, memiliki sejumlah manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. adapun tujuan dari Pelajaran describing people ini siswa dapat mengasah skill membaca mereka.
    Saran dari video pembalajaran ini adalah guru harus memberikan poster poster orang terkenal yang dikenali oleh siswa,guru mendeskripsikan ciri ciri orang yang ada di poster dalam Bahasa inggris yang akan di identifikasi oleh siswa. Ketika mendeskripsikan orang, siswa perlu memahami konteks poster tersebut sehingga peran guru harus membuat siswanya memahami apa yang di deskripsikan di dalam poster yang di berikan. Siswa dan guru saling berinteraksi satu sama lain sehingga Pelajaran bisa berjalan dengan efektif.

  8. Nama : Yuwana Dhian Marta
    NIM : 501332877
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Malang

    Menurut saya menggunakan realia dalam bentuk poster, gambar, atau foto idola, dan siswa dapat menyampaikan ciri-ciri idolanya dalam bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris menjadi antusias.

  9. Nama : Ariffatul Ma’fufah
    NIM : 042408359
    prodi : pendidikan bahasa inggris
    upbjj Pekanbaru
    dalam video guru menggunakan media belajar yaitu poster idola kesukaan peserta didik dalam materi describe, jadi peserta didik antusias dalam mendeskripsikan idola mereka,

Leave a Reply