silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Pembelajaran sudah baik, karean siswa menjadi aktif dalam pembelajaran namun yang perlu diperbaiki adalah pada kegiatan akhir yang tidak maksimal.
Nama : Mohammad Syifa’
NIM : 858685486
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Nama : Afif Yanuer Pratiwi
NIM : 858167093
Pokjar : Dinas Madiun Kota
Secara keseluruhan pembelajaran sudah baik tetapi dalam kegiatan awal di pembukaan guru hanya mengucapkan salam dan langsung membagi kelompok tidak menanyakan siswa bagaimana kabarnya atau tidak berdoa dan mengabsen terlebih dahulu.
Assalamualaikum wr.wb
Izin menjawab diskusi
1.Reaksi siswa tentang pembelajaran yang dilakukan guru adalah peserta didik melakukan pembelajaran yang diperintahkan guru dan peserta didik maju kedepan dengan semangat.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tidak melakukan membuka pembelajaran dan appersepsi,guru langsung melakukan pembelajaran dan media pun tidak nyata
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru menggambar jam dipapan tulis dan peserta didik antusias menunjuk jarum jam,tentang kegiatan dipagi hari.
4. Hal- hal unik yang ditemukan dalam Vidio adalah tidak terdapat hal yang unik menurut saya,namun guru tetap berusaha menampilkan media,walaupun hanya Dipapan tulis.
5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru sebaiknya menampilkan media nyata kepada peserta didik yaitu media jam yang nyata,dan peserta didik disuruh kedepan menunjukkan jarum jam yaitu kegiatan anak bangun pagi.swhingga anak tau ini adalah jam,dan sebelum melakukan pembelajaran guru menjelaskan tentang jarum jam,jarum pendek dan jarum panjang kepada peserta didik.
Nama: Noly Ariantika
Nim: 856444911
Menurut saya keseluruhan pembelajaran sudah Baik.
Pembelajaran dibuka dengan langsung membagi kelompok dan memperkenalkan konsep waktu dengan cukup menyenangkan untuk anak-anak tapi alangkah lebih baik lagi jika pembelajaran dibuka dengan apersepsi dulu, dilanjutkan dengan memfokuskan konsentrasi anak misalnya dengan tepuk konsentrasi, lalu barulah kita mulai dengan masuk pada pembelajaran.
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru sebaiknya menampilkan media nyata kepada peserta didik yaitu media jam yang nyata,dan peserta didik disuruh kedepan menunjukkan jarum jam yaitu kegiatan anak bangun pagi.swhingga anak tau ini adalah jam,dan sebelum melakukan pembelajaran guru menjelaskan tentang jarum jam,jarum pendek dan jarum panjang kepada peserta didik.
Nama: Noly Ariantika
Nim: 856444911
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru sebaiknya menampilkan media nyata kepada peserta didik yaitu media jam yang nyata,dan peserta didik disuruh kedepan menunjukkan jarum jam yaitu kegiatan anak bangun pagi.swhingga anak tau ini adalah jam,dan sebelum melakukan pembelajaran guru menjelaskan tentang jarum jam,jarum pendek dan jarum panjang kepada peserta didik.
Berdasarkan video menjagar diatas, ibu guru sudah cukup memberikan apresepsi dengan menampakkan gambar jam yang ada dipapan tulis, tapi untuk anak kelas tingkat rendah alangkah lebih baik memberikan gambaran secara nyata media pembelajaran yang akan di langsungkan seperti jam dinding asli yang dapat di lihat dan diraba.
kemudian saat sebelum pembelajaran dimulai lebih baik guru memberikan pertanyaan pemicu dan contoh bagaimana penggunaan jam yang tepat dan bagaimana cara membacanya.
Nama EKO MARIYADI
Nim 837607643
Pokjar Jenggawah UPBJJ JEMBER
Menurut saya alangkah baik nya guru memberikan persiapan untuk belajar siswa
Jadi guru juga tidak memberikan sapaan ke anak anak tidak mengontrol kesiapan anak dalam belajar nya.
Nama EKO MARIYADI
Nim 837607643
Pokjar Jenggawah UPBJJ JEMBER
Menurut saya alangkah baik nya guru memberikan persiapan untuk belajar siswa
Jadi guru juga tidak memberikan sapaan ke anak anak tidak mengontrol kesiapan anak dalam belajar nya.
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah guru sebaiknya menampilkan media nyata kepada peserta didik yaitu media jam yang nyata,dan peserta didik disuruh kedepan menunjukkan jarum jam yaitu kegiatan anak bangun pagi.swhingga anak tau ini adalah jam,dan sebelum melakukan pembelajaran guru menjelaskan tentang jarum jam,jarum pendek dan jarum
Nama: NOPI ANDRIYANI
Nim : 856708739
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : lawang Wetan
berdasarkan hasil pengamatan vidio di atas, saya akan menarik beberapa kelebihan dan kekurangan dari vidio tersebut
1. Kelebihan :
a. suara guru yang menjelaskan jelas dan lantang
b. mengecek siswa paham atau tidak dengan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengisi gambar jam
c. tingkat pemahaman siswa tinggi artinya semua siswa bisa mengisi gambar jam dengan menggambar
jarum panjang dan pendek sesuai dengan waktu kegiatan yang diminta guru
d. guru menyampaikan simpulan tentang kegiatan yang sudah dilakukan
e. guru memberikan tugas di akhir pelajaran
f. selama proses belajar berlangsung, guru bisa mengontrol kelas dengan baik
2. kekurangan :
a. guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa,
mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut
b. media yang digunakan (lembaran yang ada gambar kegiatan) sangat kecil dan tidak membagikan pada
setiap kelompok (lembaran yang ada gambar kegiatan) sehingga kelompok yang duduk di belakang
kemungkinan tidak melihat dengan jelas.
Nama: Widya Rustini
Nim: 857317739
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : UT BOGOR
Berdasarkan hasil pengamatan video di atas, saya dapat pengamatan tentang kelebihan dan kelemahan apa saja yang saya lihatt
1. Kelebihan : suara guru pada saat menjelaskan jelas dan lantang, menanyakan siswa paham atau tidak dengan menyuruh siswa maju kedepan untuk mengisi gambar jam, pada saat kedepan siswa dapat memahami pelajaran artinya semua siswa bisa mengisi gambar jam dengan menggambar
jarum panjang dan pendek sesuai dengan waktu kegiatan yang diminta guru
2. kekurangan : guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan baik, artinya tanpa ada kegiatan doa, mengecek kehadiran siswa, kegiatan apersepsi, dan penyampaian tujuan dari materi tersebut, media yang digunakan (lembaran yang ada gambar kegiatan) sangat kecil dan tidak membagikan pada
setiap kelompok (lembaran yang ada gambar kegiatan) sehingga kelompok yang duduk di belakang
kemungkinan tidak melihat dengan jelas.