silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

217 Comments

  1. Titik Desi Nurdiana / PGSD/smt.6/ 877322996
    Inovasi Pembelajaran di kelas rendah

    Catatan diskusi.
    Pembukaan: pada pembukaan dirasa kurang menarik terbukti dari siswa yang asik ngobrol sendiri, penguasaan kelas yang kurang membuat siswa kehilangan fokus dan kuranb perbatian terhadap guru. Seharusnya saat mengawali materi guru bisa membuka dengan kalimat atau pertanyaan oengantar u tuk menstimulasi jalan pikir dan fokus pemahaman siswa terhadap materi.

    Isi: dalam menyampaikan materi, guru terkesan terburu buru dan sangat cepat dalam berbicara. Untuk siswa kelas 1 dan 2 biasanya dibutuhkan pengulangan kata dan pengulangan kalimat yang disampaikan dengan pola yang tepat, ritme yang santai namun tegas. Sehingga siswa bisa benar benar memahami apa yan diucapkan oleh guru. Selanjutnya dalam penggunaan media seharusnya bisa menggunakan media yang kebih menarik contoh jam asli, karena diusia mereka rasa ingin tahu yang tinggi bisa menarik perhatian mereka dan mudah untuk menanamkan materi yang disampaikan. Kelas terkesan tidak natural karena pada umumnya siswa tidak menjawab serempak ( untuk kelas kecil dalam konteks tertentu ).

    Penutupan : sebelum pembelajaran selesai seharusnya ada evaluasi tentang apa yang dipelajari siswa pada waktu tersebut, diadakan pengecekan pemahaman denban memberi 1 atau 2 pertanyaan contoh yang sekiranya mereka bisa menjawab.

    Terima kasih

  2. Nama: Nurdiana
    NIM : 857115125
    pentingnya memanfaatkan pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa dalam mengajar konsep waktu. Mengaitkan konsep tersebut dengan kegiatan sehari-hari siswa tidak hanya membuat pembelajaran lebih relevan, tetapi juga memungkinkan mereka untuk melihat bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam konteks nyata. Pendekatan interaktif yang mendorong partisipasi siswa langsung dapat membantu memperkuat pemahaman mereka. Sebuah video yang mendemonstrasikan strategi pembelajaran ini dapat menjadi sumber inspirasi yang berharga bagi guru untuk mengajar konsep waktu dengan efektif kepada siswa kelas rendah

  3. Nama : KARMILA WATI
    Nim : 856814136

    Upaya yang akan dilakukan setelah melihat kelemahan dan kelebihan dari tayangan vidio tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu :
    1. Guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti, mengajak peserta didik berdoa, menyanyikan lagu nasional, memeriksa kehadiran peserta didik, menyampaikan tujuan pembelajaran, melakukan apersepsi
    2.Guru melakukan Pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif siswa misal menanyakan kabar siswa
    3. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan proses diskusi dengan teman satu kelompoknya
    4. Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat peserta didik supaya peserta didik tidak merasa bosan
    5. Guru menanyakan apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan atau belum
    6.Guru melakukan evaluasi pembelajaran

  4. Nama : Ica Melinianti
    NIM : 858687315
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Izin untuk menanggapi vidio di atas. Menurut saya pembelaran diatas kurang menarik. Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan semangat sehingga siswa terlihat diam dan tidak ada upan balik antara guru dan siswa, selain itu tujuan pembelajaran pun tidak disampaikan oleh guru. Media pembelajaran berupa kertas kecil menurut saya juga kurang efisien untuk dilihat satu kelas. Pada penutupan pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah di lakukan.
    Sekian dan terimakasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  5. Nama : Mia Audina Simanullang
    Nim : 877531015
    UPBJJ: Medan
    Prodi : PGSD

    Dari vidio inovasi pembelajaran di SD tersebut guru belum mampu sepenuhnya dalam mengelola kelas, ada beberapa anak anak yang main main
    pada saat proses pembelajaran berlangsung. akan tetapi ada kelebihan guru dalam proses belajar mengajar. guru membentuk kelompok hal ini dapat
    membuat siswa untuk berpikir kritis, guru juga menyruh anak anak untuk mengerjakan soal di depan kelas. tindakan tersebut dapat membuat mental siswa lebih berani.
    Kelebihannya pembelajaran tersebut guru menggunakan media gambar yang bisa menarik perhatian siswa untuk fokus pada pembelajaran
    Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar Guru memiliki keterampilan dalam menjelaskan materi pelajaran dengan baik
    saran saya pada vidio tersebut Pada awal pembelajaran, seharusnya guru memberikan motivasi awal untuk pembelajan,
    Terimakasih

Leave a Reply