silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Eva Yulianti Mayangsari
NIM : 857839756
Prodi : PGSD BI
Pokjar : Surakarta
email : eyms54886@gmail.com
Menurut saya,pembelajaran belum efektif, artinya guru sudah melakukan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam kegiatan pendahuluan, guru hanya mempersiapkan anak dan memberi salam, sebaiknya guru melakukan apersepsi/mengkaitkan dengan materi pelajaran, memberi semangat siswa dengan tepuk-tepuk semangat (kegiatan pra pembelajaran) dan motivasi siswa. Selanjutnya guru sudah bagus dalam menggunakan strategi yaitu membagi kelompok diskusi dan menggunakan media gambar. Guru juga sebaiknya lebih interaktif dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta menutup pembelajaran dengan menarik kesimpulan, mengadakan kegiatan tindak lanjut dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
Nama : NUR RAHMA HIDAYATI
NIM : 858817904
Prodi : PGSD
UPBJJ : Malang
Dari video pembelajaran tersebut, menurut saya strategi pembelajarannya sangat tepat, gurunya juga memberikan kesempatan siswa dapat aktif dalam pembelajaran serta media gambar yang digunakan cukup jelas dalam menyampaikan materi. Hanya saja kurangnya dalam pembelajaran tersebut, guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, membaca doa, menyiapkan siswa untuk pembelajaran, memotivasi siswa untuk semangat belajar. Akan lebih baik jika guru dapat mengapresiasi hasil belajar siswa. Dan pembawaan mengajar nya bisa lebih santai atau dengan permainan, karena siswa kelas 2 akan lebih bersemangat dan ceria dengan pembelajaran yang menarik.
Nama : Lukman Avif Erfanto
NIM : 858772747
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Malang
Dari video tersebut, menurut saya, proses pembelajarannya sudah baik tetapi belum sepenuhnya efektif
Terutama untuk apersepsi mungkin bisa ditambahi dengan salam, atau yel-yel yang bisa meningkatkan motivasi siswa dalam memulai pembelajaran. yang diharapkan agar siswa & guru lebih bersemangat dalam proses belajar mengajar
Nama : Novinda Fauzuna
UPBJJ : UT Malang
Nim : 858847487
Video pembelajarannya cukup menarik.
Guru membentuk kelompok untuk mempermudah siswa berdiskusi.
Guru menggunakan media berupa papan tulis yang terdapat gambar jam dinding dan ilustrasi tentang kegiatan keseharian anak jika dikaitkan dengan materi waktu. Untuk mempermudah siswa mengenal waktu, diakhir sesi guru juga memberikan tugas tentang jam berapa saja siswa melakukan kegiatan kesehariannya seperti bangun tidur, belajar, berangkat sekolah dan lainnya.
Namun, pada video ini hanya memuat inti pembelajaran saja. Tidak memuat pembelajaran awal dan penutup. Padahal ketiga kegiatan tersebut saling berkaitan. Dimana seharusnya guru menyampaikan apersepsi di awal pembelajaran dan tujuan mempelajari materi waktu. Guru juga dapat membuat ringkasan terkait materi waktu yang barusan dipelajari dan meminta umpan balik siswa berupa tanggapan pertanyaan lisan yang diajukan untuk mengevaluasi seberapa jauh pemahaman siswa terkait materi waktu. Guru juga hendaknya memberikan penguatan di akhir pembelajaran yang dapat berupa pujian atau reward karena siswa dapat menjawab pertanyaan tersebut.
NAMA : FUTRI WULANDARI
NIM : 858034201
Menurut saya didalam video tersebut kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru kurang menarik. Di kegiatan pendahuluan guru hanya menyapa dan memberi salam kepada siswa. Dengan masalah ini di kegiatan pendahuluan guru bisa mengajak siswa untuk berdoa dengan memberi kesempatan kepada siswa yang ingin mempimpin doa, setelah itu melakukan apersepsi dan memotivasi siswa bahkan mengabsensi kehadiran siswa. Setelah itu menyampaikam tujuan pembelajaran.
Di kelas rendah guru sebisa mungkin kreatif dalam berinovasi untuk menarik perhatian siswa. Hal ini bisa dilakukan dengan cara ketika masuk kelas guru membawa media pembelajaran yang konkret yang biasa ditemukan dilingkungan siswa sehari-hari. Selain itu guru juga bisa memberikan ice breaking untuk menarik perhatian, semangat dan konsentrasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Di kegiatan penutup pembelajaran yang diberikan kurang maksimal. Seharusnya siswa diberi penguatan tentang mengapa siswa harus tahu jam dan apa yang manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu siswa juga diberi tindak lanjut
Dalam video ini di kegiatan inti sudah bagus. Penggunaan strategi, pendekatan, metode dan evaluasi pembelajaran cukup baik.
NAMA : NI PUTU GINAYANTI
NIM : 859011902
UPBJJ : DENPASAR
PRODI : PGSD
menurut saya video diatas hanya menampilkan kegiatan inti dalam pembelajaran, kurang adanya kegiatan pendahuluan dan penutup. pada video ditampilkan guru langsung menggambar sebuah jam tanpa mengenalkan konsep waktu dan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari anak. media pembelajaran yang digunakan hanya gambar, alangkah baiknya bisa menggunakan alat peraga jam langsung agar anak lebih memahami dan lebih menarik. dalam kegiatan inti yang dilakukan sudah cukup baik belajar dengan kelompok dan memberi kesempatan anak untuk aktif dalam pembelajaran.
Nama : RIFA IBNADEWI
NIM : 858773219
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Nganjuk Mastrip
Menurut pendapat saya tentang vidio pembelajaran di atas guru sudah baik dalam mengondisikan siswa ketika belajar dengan cara berkelompok dan menerangkan tentang konsep waktu dengan cukup menyenangkan dan kelihatan anak-anak sangat faham dan menyukai. Tetapi alangkah lebih baiknya lagi jika pembelajaran pertama dibuka dengan mengucapkan salam dan apersepsi kepada siswa dan juga bisa dengan dtambahkan menanyakan keadaan siswa atau kabarnya agar lebih semangat dalam memulai pelajaran, dan dilanjutkan dengan memfokuskan konsentrasi anak misalnya dengan tepuk konsentrasi, dan selanjutnya baru kita mulai dengan masuk pada pembelajaran. Alat bantu pembelajaran sudah baik menggunakan media gambar dikertas. Siswa secara bersama-sama aktif dalam menjawab pertanyaan guru yang mengacu pada kegiatan yang ada di gambar tersebut. Terimakasih;)
Nama: Yesi Oktalia
Nim:856254556
Program Studi: PGSD S1 Masukan Sarjana
Pokjar: Lima Kaum (UPBJJ PADANG)
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru pada tayangan video sudah baik namun ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk kedepannya. Dalam memulai pembelajaran seharusnya guru tidak langsung masuk kemateri inti namun alangkah lebih baiknya jika guru melakukan prosedur pembelajaran dengan baik, yaitu dengan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal seperti mengabsen siswa, menyiapkan dan menciptakan suasana belajar dan memberikan apersepsi sehingga dapat mendorong motivasi siswa dalam belajar. Dalam pembelajaran yang dilakukan, guru menjelaskan dengan menggunakan selembar kertas didepan kelas. Penjelasan yang dilakukan guru dengan hanya menggunakan selembar kertas dirasa kurang efektif karena gambar yang ditampilkan tidak atau kurang jelas bagi siswa yang duduk dibelakang. Alangkah lebih baiknya jika guru menggunakan media infokus yang menayangkan gambar dan beberapa animasi yang berhubungan dengan materi yang diajarkan. Bukan hanya itu, kesalahan yang perlu diperbaiki yaitu alangkah lebih baiknya pada materi ini guru menjelaskan fungsi dan perbedaan jarum jam dengan menggunakan alat peraga jam yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembagian kelompok yang dilakukan guru dirasa hanya membuang waktu jika salah satu dari anggota kelompok diminta untuk mengerjakan tugas dipapan tulis. Sebaiknya setelah dilakukan pembagian kelompok, guru hendaknya memberikan lembaran tugas yang dapat dikerjakan siswa secara bersama. Setelah itu barulah tugas tersebut dapat dibahas secara bersama dengan meminta perwakilan kelompok untuk mengerjakannya kedepan. Pada bagian penutup pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.
Nama : Laimatul Imah
NIM : 856456909
POKJAR : Pelalawan
Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut, yang ditampilkan langsung pada inti pembelajaran tanpa menampilkan pendahuluan. Pendahuluan perlu dilakukan agar siswa memahami keterkaitan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. Pada kegiatan inti penyampaian materi pembelajaran terlihat cukup menarik dan mampu membuat anak memahami materi yang disampaikan tanpa menjelaskan lebih detail tentang materi yang dipelajari. Pengguanaan gambar jam pada papan tulis, media gambar yang terkait dengan kehidupan sehari hari, metode berkelompok yang digunakan sangat baik. Namun, pada kelas rendah hendaknya menggunakan alat praga yang lebih nyata misalnya jam dinding sehingga siswa lebih merasa tertarik juga memberikan lembar kerja pada setiap siswa sehingga guru dapat melihat sejauh mana kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan sehingga dapat melakukan evaluasi untuk kedepannya.
Nama : RISTI ULFATUS SHOLIKHAH
NIM : 858848156
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Nganjuk Mastrip
Menurut pemahaman saya setelah melihat tayangan video dari awal hingga selesai ,
Identifikasi Masalah :
1. Pada kegiatan awal, guru tidak melakukan pendahuluan yang diantaranya yaitu salam, berdoa sebelum memulai pembelajaran, pengecekan kehadiran.
2. Guru secara langsung ke dalam kegiatan pembelaaran inti.
3. Guru tidak memberikan materi secara jelas.
4. Guru tidak memberikan motivasi terlebih dahulu supaya siswa lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran .
Penyelesaian :
1. Sebelum pembelajaran dimulai alangkah baiknya guru melakukan pendahuluan.
2. pembentukan kelompok setelah materi diajarkan .
3. Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan menggunakan media yang menarik.
4. Motivasi itu sangat penting , maka dari itu, Guru wajib memberikan sebuah motivasi daam kegiatan pembelajaran