silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.
–
Pakar Dosen
Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil. Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa. Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Siswa diharapkan belajar tentang satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Selamat malam
Nama :Sudarman Zebua
NIM : 878253436
Berdasarkan cuplikan vidio inovasi pembelajaran di kelas rendah, saya dapat menyimpulkan bahwa
Meskipun pembelajaran cukup efektif, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Banyak siswa yang terlihat bermain dan mengganggu temannya, yang kemungkinan besar disebabkan oleh tidak adanya kegiatan pendahuluan dan penyampaian tujuan pembelajaran. Padahal, tahap awal pembelajaran sangat penting untuk membangun fokus dan kesiapan siswa.
Selain itu, proses pembentukan kelompok yang memakan waktu terlalu lama dapat mengurangi efektivitas waktu belajar. Terutama dalam pelajaran seperti matematika, siswa sering mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi jika pembelajaran tidak terstruktur dengan baik.
Namun, penggunaan media seperti gambar berwarna dan aktivitas menggambar jarum jam sudah merupakan langkah yang baik karena melibatkan siswa secara aktif. Untuk meningkatkan efektivitas, guru dapat mempertimbangkan penggunaan alat bantu yang lebih konkret seperti jam dinding mainan atau jam digital interaktif agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami konsep waktu. Peningkatan pada perencanaan tahapan pembelajaran dan manajemen kelas juga akan sangat membantu menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan fokus.
Nama : Ayunda
NIM : 857585646
Salut : Slawi Ayu
UPBJJ : Purwokerto
Berdasarkan video tersebut, berikut analisis video pembelajaran saya :
• Kekurangan :
1. Pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka. Contohnya seperti salam, menyapa siswa, ice breaking, berdoa, absensi.
2. Tidak ada apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Pada video pembelajaran tersebut, guru langsung meminta siswa berkelompok tanpa diberi tugas terlebih dahulu.
4. Tidak adanya evaluasi atau feed back setelah anak atau perwakilan kelompok maju.
5. Ketika akan menutup atau mengakhiri pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari.
• Kelebihan :
1. Penggunaan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi.
2. Guru mengatur siswa dalam pengorganisasian kelompok dan dapat dimengerti atau dilaksanakan dengan baik oleh siswa.
3. Guru mampu mendorong siswa agar aktif dalam pembelajaran.
4. Sebelum kegiatan diakhiri, guru memberikan tugas kepada siswa.
• Saran Perbaikan :
1. Pada kegiatan pendahuluan Guru membuka pembelajaran dengan salam, menyapa siswa, melakukan absensi dan berdoa serta mengadakan ice breaking guna meningkatkan semangat belajar.
2. Guru memberikan Lembar Kerja Kelompok yang perlu diselesaikan siswa melalui diskusi.
3. Guru menyampaikan umpan balik dan kesimpulan mengenai materi pembelajaran yang telah disampaikan sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran.
Nama : Ayunda
NIM : 857585646
Salut : Slawi Ayu
UPBJJ : Purwokerto
Berdasarkan video tersebut, berikut analisis video pembelajaran saya :
– Kekurangan :
1. Pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka. Contohnya seperti salam, menyapa siswa, ice breaking, berdoa, absensi.
2. Tidak ada apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Pada video pembelajaran tersebut, guru langsung meminta siswa berkelompok tanpa diberi tugas terlebih dahulu.
4. Tidak adanya evaluasi atau feed back setelah anak atau perwakilan kelompok maju.
5. Ketika akan menutup atau mengakhiri pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari.
– Kelebihan :
1. Penggunaan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi.
2. Guru mengatur siswa dalam pengorganisasian kelompok dan dapat dimengerti atau dilaksanakan dengan baik oleh siswa.
3. Guru mampu mendorong siswa agar aktif dalam pembelajaran.
4. Sebelum kegiatan diakhiri, guru memberikan tugas kepada siswa.
– Saran perbaikan :
1. Pada kegiatan pendahuluan Guru membuka pembelajaran dengan salam, menyapa siswa, melakukan absensi dan berdoa serta mengadakan ice breaking guna meningkatkan semangat belajar.
2. Guru memberikan Lembar Kerja Kelompok yang perlu diselesaikan siswa melalui diskusi.
3. Guru menyampaikan umpan balik dan kesimpulan mengenai materi pembelajaran yang telah disampaikan sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran.
Nama : Novita Yasliana
NIM : 856285876
UPBJJ UT : Padang
Prodi : PGSD S-1
Semester : 8
Berdasarkan video yang saya lihat yang berjudul “inovasi pembelajaran di kelas rendah ” maka analisis saya dalam video tersebut adalah pembelajaran yang dilakukan guru pada video tsb sudah cukup baik,pada awal pembelajaran guru langsung menyampaikan kepada siswa apa yang akan dipelajari hari ini,dan guru langsung membuat gambar dipapan tulis apa yang akan di sampaikan kepada siswa,dilanjutkan membuat kelompok kecil. Guru menggunakan media dengan selembar kertas dan membuat gambar pada papan tulis.dan guru juga menerangkan materi dengan menunjukkan gambar beberapa kegiatan di selembar kertas.kemudian guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan menulis kegiatan yang ada d selembar kertas.sehingga membuat siswa aktif dan memberikan keingintahuan siswa dalam belajar materi tersebut. Dan dalam video tersebut juga saya dalam menganalisis kelemahannya yaitu: guru tidak menunjukkan membuka pelajaran dengan baik contohnya cara berdoa,ice breaking dan tidak menanyakan kehadiran siswa.menurut saya itu sangat penting dalam awal pembelajaran agar tidak membuat siswa itu tegang dan kaku. Apalagi dikelas rendah setiap hari seperti itu maka anak2 tidak akan merespon gurunya dengan baik.media yang digunakan kurang menarik,guru tidak mengelola kelas dengan baik sehingga terlihat banyak anak2 yang belom fokus dalam pembelajaran tersebut.pada kegiatan penutup guru tidak memberikan penguatan atau tanya jawab apa ada yang belom memahami,serta tidak menutu pelajaran dengan doa.dari kelemahan tersebut ada juga kelebihannya,siswa tampak antusias terhadap materi yang disampaikan,dan bersemangat terlihat dari saat mereka diberikan kelompok mereka bisa menyusun bangku nya sendiri,materi yang d sampaikan juga dapat dilakukan siswa sehari2.menurut saya ada beberapa perbaikan dalam video tersebut. Guru lebih semangat lagi dalam menyampaikan materi dan memperlihatkan model2 media yang lebih banyak lagi.dan guru juga bisa melalukan metode pembelajaran yang lebih baik lagi.terimakasih
Nama : Ayunda
NIM : 857585646
UPBJJ : Purwokerto
Reaksi Anak / siswa dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru : Anak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Kelemahan :
1. Pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka. Contohnya seperti salam, menyapa siswa, ice breaking, berdoa, absensi.
2. Tidak ada apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Pada video pembelajaran tersebut, guru langsung meminta siswa berkelompok tanpa diberi tugas terlebih dahulu.
4. Tidak adanya evaluasi atau feed back setelah anak atau perwakilan kelompok maju.
5. Ketika akan menutup atau mengakhiri pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari.
Kelebihan :
1. Penggunaan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi.
2. Guru mengatur siswa dalam pengorganisasian kelompok dan dapat dimengerti atau dilaksanakan dengan baik oleh siswa.
3. Guru mampu mendorong siswa agar aktif dalam pembelajaran.
4. Sebelum kegiatan diakhiri, guru memberikan tugas kepada siswa.
Hal – Hal unik : Tidak ada hal – hal unik yang di temukan dalam video tersebut.
Upaya yang diusulkan :
1. Pada kegiatan pendahuluan Guru membuka pembelajaran dengan salam, menyapa siswa, melakukan absensi dan berdoa serta mengadakan ice breaking guna meningkatkan semangat belajar.
2. Guru memberikan Lembar Kerja Kelompok yang perlu diselesaikan siswa melalui diskusi.
3. Guru menyampaikan umpan balik dan kesimpulan mengenai materi pembelajaran yang telah disampaikan sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran.
Nama : Regina Andriani
NIM : 856592158
UPBJJ : Jambi
Dari analisis video yang saya lakukan, ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari video tersebut, yaitu:
a. Kekurangan
1. Guru belum mengondisikan siswa untuk belajar (tidak membuka kegiatan, memberi salam, berdoa, dan absensi).
2. Guru tidak mengaitkan pembelajaran sebelumnya dan tidak memberikan pertanyaan pemantik
3. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terhadap kehidupan sehari-hari
4. Guru tidak mengajak siswa untuk menyimpulkan dan dan melakukan refleksi bersama anak-anak.
b. Kelebihan
1. Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai.
2. Guru sudah memberikan tugas sesuai materi dan kemampuan siswa.
3. Guru sudah memberikan contoh materi sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
Saran perbaikan
1. Memperhatikan kesiapan siswa dari awal pembelajaran (menyapa siswa, mengecek kehadiran, berdo’a bersama) agar dapat membuat siswa antusias dan aktif selama pembelajaran.
2. Memberikan apersepsi dan pengaitan materi sebelumnya dengan materi yang sedang diajarkan.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran dengan contoh dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya.
4. Memberikan variasi masalah agar dapat membantu peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa.
5. Mengajak siswa untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini serta merefleksikan pembelajaran.
Nama : Ayunda
NIM : 857585646
UPBJJ : Purwokerto
Reaksi Anak / siswa dalam kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru : Anak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Kelemahan :
1. Pada kegiatan pendahuluan, guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka. Contohnya seperti salam, menyapa siswa, ice breaking, berdoa, absensi.
2. Tidak ada apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Pada video pembelajaran tersebut, guru langsung meminta siswa berkelompok tanpa diberi tugas terlebih dahulu.
4. Tidak adanya evaluasi atau feed back setelah anak atau perwakilan kelompok maju.
5. Ketika akan menutup atau mengakhiri pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang sudah dipelajari.
Kelebihan :
1. Penggunaan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi.
2. Guru mengatur siswa dalam pengorganisasian kelompok dan dapat dimengerti atau dilaksanakan dengan baik oleh siswa.
3. Guru mampu mendorong siswa agar aktif dalam pembelajaran.
4. Sebelum kegiatan diakhiri, guru memberikan tugas kepada siswa.
Hal – Hal unik : Tidak ada hal – hal unik yang di temukan dalam video tersebut.
Saran Perbaikan :
1. Pada kegiatan pendahuluan Guru membuka pembelajaran dengan salam, menyapa siswa, melakukan absensi dan berdoa serta mengadakan ice breaking guna meningkatkan semangat belajar.
2. Guru memberikan Lembar Kerja Kelompok yang perlu diselesaikan siswa melalui diskusi.
3. Guru menyampaikan umpan balik dan kesimpulan mengenai materi pembelajaran yang telah disampaikan sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran.
Nama : BURDADI
NIM : 835167083
Judul Video : Inovasi Pembelajaran di Kelas Rendah
Saya telah mengamati video pembelajaran di Guru Pintar Online. Dalam video yang saya amati, guru menyediakan media pembelajaran untuk siswa sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran. Siswa juga dimotivasi untuk mempresentasikan jawaban mereka ke depan kelas.
Sedangkan kelemahannya adalah guru tidak melaksanakan appersepsi, pada awal kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang diajarkan sehingga langsung mendemonstrasikan kegiatan pembelajaran.
Saran yang saya berikan adalah, sebaiknya pada awal kegiatan pembelajaran, guru sebaiknya melakukan appersepsi pembelajaran, serta mengajak siswa untuk memfokuskan konsentrasinya melalui kegiatan ice breaking. Dan pada saat masuk ke materi pembelajaran, ada baiknya guru menjelaskan terlebih dahulu.
NAMA : PUJI ASTUTI
NIM : 856759932
SALUT : GELUMBANG
Kelemahan :
– guru tidak melakukan pembukaan pada saat awal pembelajaran guru langsung mengarahkan siswa untuk memperhatikan gambar jam yang sudah ada di papan tulis.
-siswa masih ada yang tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan
kelebihan :
-guru menjelaskan materi terlebih dahulu sehinga siswa mudah paham
-pada saat guru memberikan pertanyaan siswa aktif dalam menjawab pertanyaan tersebut
-dalam pembagian kelompok siswa sangat aktif
Hal unik :
-siswa lebih bersemangat pada saat maju kedepan untuk menjawab pertanyaan dipapan tulis.
-pada akhir pelajaran guru menyimpulkan materi apa yang dijelaskan dan memberikan tugas untuk belajar di rumah.
Nama : Siti Qodriyatul Mardiyah
Nim : 858990359
berikut saya sampaikan analisis mengenai vedeo pembelajaran tersebut “inovasi pembelajaran di kelas rendah” :
kekurangan
1. Media pembelajaran yang digunakan kurang variatif dan kurang menarik. Guru hanya menggunakan gambar sebagai alat bantu, meskipun gambar jam tersebut cukup membantu dalam penyampaian materi.
2. Awal pembelajaran terlihat kurang menarik dan tidak tampak adanya kegiatan berdoa serta pengecekan kehadiran siswa. Padahal, hal-hal tersebut penting untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif.
3. tidak ada ice breaking atau apersepsi dan mengenitkan materi sebelumnya
kelebihan
1. Penggunaan konsep jam yang dikaitkan dengan aktivitas sehari-hari sangat efektif. Pendekatan ini memudahkan siswa dalam memahami konsep waktu karena berkaitan langsung dengan pengalaman mereka sehari-hari, sehingga materi menjadi lebih mudah dicerna dan diingat dan menciptakan pengalaman belajar yang mendalam
2. Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelajaran. Mereka aktif menjawab pertanyaan dari guru, yang menunjukkan partisipasi dan keterlibatan yang tinggi dalam proses belajar