silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Zurah Nurwidya Astuti
NIM : 855857988
POKJAR : MEDAN
Berikut analisis saya setelah melihat video pembelajaran IPS mengenai Kenampakan Alam.
Video kedua sangat cocok dipraktekkan dalam mengajar di kelas ,karena guru memberikan contoh yang dekat dengan lingkungan sekitar anak sehingga anak lebih mudah memahami pembelajaran yang di ajarkan.
Jika dibandingkan dengan video pertama guru menggunakan contoh yang jangkauannya terlalu luas dari dunia anak, sehingga anak menjadi bingung untuk memahami apa yang sedang di ajarkan.
Jadi apabila kita ingin mengajar sebuah materi lebih baik menggunakan contoh yang jangkauannya dekat dengan dunia anak supaya lebih mudah di fahami dan kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan baik serta efisien.
Nama : EVI HERLIANI
NIM : 858824648
Pojkar : Al-Huda Salut Kota Kediri
UPBJJ : Malang
Hasil analisis saya terkait video pembelajaran tersebut yaitu :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran?
Menurut saya, dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah mendapat respon baik dari siswa, karena siswa menjadi aktif dalam berdiskusi, contohnya ada yang antusias dalam menceritakan pengalaman ketika berkunjung ke rumah neneknya. Kemudian siswa yang lainnya dengan cermat mendengarkan cerita teman tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Kelas tidak dimulai dengan salam dan juga do’a awal pembelajaran
– Guru langsung memberi tugas tanpa menjelaskan materi terlebih dahulu mengenai ap aitu kenampakan alam buatan dan non buatan
– Guru memberi tugas pengamatan yang masih asing untuk siswa, seharusnya dimulai dari mengamati hal-hal yang ada di sekitar lingkungan terlebih dahulu
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
– Guru mampu membuat suasana menjadi aktif dengan melempar pertanyaan kemudian siswa ada yang menjawab serta menanggapi
– Guru mampu mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman pribadi siswa, sehingga mudah bagi siswa untuk menelaah materi
– Guru mengajak siswa untuk peduli dan merawat alam sekitar
4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut?
– Guru menggunakan pendekatan yang kreatif dengan mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman kehidupan pribadi siswa
– Guru mampu membangun imajinasi siswa sehingga dapat menyalurkan pendapat dengan baik sesuai dengan imajinasinya
5. Setelah mengamati video tersebut, Upaya apa untuk memperbaiki kualitas pembelajaran berikutnya?
– Guru perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang lebih bervariasi agar siswa tidak bosan. Misalnya dengan menggunakan media visual, audio, video, alat peraga, dan sebagainya.
– Guru perlu memperbanyak umpan balik dan penguatan untuk merespons jawaban dan juga partisipasi siswa.
– Guru perlu memperbanyak kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, seperti diskusi kelompok, presentasi, permainan, dan aktivitas kolaboratif lainnya.
Nama : RIDHO KURNIAWAN
Nim : 855736688
Upbjj : UT Bandar Lampung
Pokjar : Kota Agung
Hasil analisis saya dari video diatas sebagai berikut :
Judul video : Kenampakan Alam
Video yang saya analisis dari laman gurupintar.ut.ac.id
Identitas video terdapat guru,siswa,dan sekolah dalam ruangan kelas.
Ringkasan isi video Guru mengajarkan tenteng kenampakan alam
Kelemahan pembelajaran dalam video :
a)Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi.
b)Guru tidak melakukan persiapan mental dan memberikan ice breaking penyemangat kepada siswa.
c)Guru tidak menjelaskan dan mencontohkan terlebihdahulu kepada siswa.
Kelebihan pembelajaran dalam video :
a)Media yang dipergunakan cukup relevan.
b)Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
c)Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
Hal unik yang terdapat didalam video ketika siswa menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke suatu tempat.
Nama : Rika Agustina
Nim : 856640581
Pokjar: Jambi
Setelah menonton video di atas, menurut analisis dan pengalaman saya ketika mengajar materi tentang kenampakan alam pada anak kelas V SD.
Dalam video tersebut guru sudah lantang menyampaikan materi sehingga anak yang duduk berada paling belakang ikut mendengar kan materi yang di sampaikan, gerakan tubuh guru pada video tersebut juga tidak terlalu agresif.
Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu :
1. Sebaiknya guru menyampaikan materi sebelumnya terlebih dahulu yang telah di pelajari oleh siswa, tujuan nya agar siswa bisa mengingat kembali pelajaran yang sebelum nya disampaikan
2. Guru menyampaikan kepada siswa, apa itu kenampakan alam dan apa saja ciri ciri kenampakan alam
3.Guru hendak nya menyampaikan kenampakan alam secara sederhana, contoh nya kenampakan alam yang berada di lingkungan sekitar.
4.Guru bertanya kepada siswa, apakah siswa pernah melihat kenampakan alam dilingkungan sekitar atau pun melalui media. Kemudian guru menyampaikan kenampakan alam buatan dan bukan buatan.
5. Untuk menguatkan pemahaman terhadap siswa, guru hendak nya menggunakan media, bisa berupa kertas karton yang terdapat berbagai gambar kenampakan alam, bisa pula berupa video, dengan begitu siswa merasa bersemangat dalam belajar.
6. Sebaiknya guru membentuk kelompok forum diskusi, untuk membedakan kenampakan alam buatan dan kenampakan alam bukan buatan.
7. Siswa diminta setiap kelompoknya menyebutkan apa saja kenampakan alam yang mereka ketahui atau mereka kunjungi.
8. Setelah siswa benar benar memahami materi tersebut baru lah guru menjelaskan manfaat kenampakan alam itu sendiri
Jadi Itu menurut analisis saya, sebagai seorang guru kita tidak boleh menyampaikan materi secara spontan atau terlalu cepat, tidak secara bertahap, hal tersebut mengakibatkan siswa binggung. Karena siswa memiliki imajinasi yang berbeda beda dan unik. Untuk membuat siswa memahami apa saja kenampakan alam di Mesir guru perlu menjelaskan dahulu kenampakan alam yang ada di sekitar atau di Indonesian setelah nya baru guru menjelaskan tentang Mesir itu sendiri, kekayaan apa saja yang Ada. Dengan begitu siswa lebih bisa memahami kenampakan alam yang ada di Mesir
Sekian dari saya, terima kasih
Nama : Rika Agustina
Nim : 856640581
Pokjar: Jambi
Setelah menonton video di atas, menurut analisis dan pengalaman saya ketika mengajar materi tentang kenampakan alam pada anak kelas V SD.
Dalam video tersebut guru sudah lantang menyampaikan materi sehingga anak yang duduk berada paling belakang ikut mendengar kan materi yang di sampaikan, gerakan tubuh guru pada video tersebut juga tidak terlalu agresif.
Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yaitu :
1. Sebaiknya guru menyampaikan materi sebelumnya terlebih dahulu yang telah di pelajari oleh siswa, tujuan nya agar siswa bisa mengingat kembali pelajaran yang sebelum nya disampaikan
2. Guru menyampaikan kepada siswa, apa itu kenampakan alam dan apa saja ciri ciri kenampakan alam
3.Guru hendak nya menyampaikan kenampakan alam secara sederhana, contoh nya kenampakan alam yang berada di lingkungan sekitar.
4.Guru bertanya kepada siswa, apakah siswa pernah melihat kenampakan alam dilingkungan sekitar atau pun melalui media. Kemudian guru menyampaikan kenampakan alam buatan dan bukan buatan.
5. Untuk menguatkan pemahaman terhadap siswa, guru hendak nya menggunakan media, bisa berupa kertas karton yang terdapat berbagai gambar kenampakan alam, bisa pula berupa video, dengan begitu siswa merasa bersemangat dalam belajar.
6. Sebaiknya guru membentuk kelompok forum diskusi, untuk membedakan kenampakan alam buatan dan kenampakan alam bukan buatan.
Itu menurut analisis saya, sebagai seorang guru kita tidak boleh menyampaikan materi secara spontan atau terlalu cepat tidak secara bertahap, hal tersebut mengakibatkan siswa binggung. Karena siswa memiliki imajinasi yang berbeda beda dan unik. Untuk membuat siswa memahami apa saja kenampakan alam di Mesir guru perlu menjelaskan dahulu kenamapak alam yang ada di sekitar atau di Indonesian setelah nya baru guru menjelaskan tentang Mesir itu sendiri, kekayaan apa saja yang Ada. Dengan begitu siswa lebih bisa memahami kenampakan alam yang ada di Mesir
Sekian dari saya, terima kasih
Nama : Suwaibatulislamiyah
Nim : 856642632
UPBJJ : UT JAMBI
Pokjar : Kota Jambi
Berdasarkan video tentang kenampakan Alam melalui laman GPO (gurupintar.ut.ac.id) analisis yang dapat saya lakukan tentang:
Kelemahan :
1.Dalam video terlihat guru tidak melakukan pendahuluan seperti absen dan apersepsi.
2.Pada video pertama,guru memberikan materi yang belum diketahui siswa sehingga siswa bingung untuk menjawab tentang pelajaran. Sebaiknya guru memberikan contoh tentang kenampakan alam yang ada di Indonesia terutama dilingkungan sekitar siswa.
3. Penggunaan media sangat lh penting untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran,karena mereka melihat langsung,lalu buat kelompok agar siswa dapat berpartisipasi mencari materi pembelajaran yang ada d sekitar
4.Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan dan refleksi materi
Kelebihan: Guru dapat membantu siswa uktuf aktif mnceritakan pengalaman tentang kenampakan alam yg pernah di lihat.
Keunikan: antusian siswa yang bercerita tentang kenampakan alam dengan semangat.
Nama : Suwaibatulislamiyah
Nim : 856642632
UPBJJ : UT JAMBI
Pokjar : Kota Jambi
Berdasarkan video tentang kenampakan Alam melalui laman GPO (gurupintar.ut.ac.id) analisis yang dapat saya lakukan tentang:
Kelemahan :
1.Dalam video terlihat guru tidak melakukan pendahuluan seperti absen dan apersepsi.
2.Pada video pertama,guru memberikan materi yang belum diketahui siswa sehingga siswa bingung untuk menjawab tentang pelajaran. Sebaiknya guru memberikan contoh tentang kenampakan alam yang ada di Indonesia terutama dilingkungan sekitar siswa.
3. Penggunaan media sangat lh penting untuk mempermudah siswa memahami materi pembelajaran,karena mereka melihat langsung,lalu buat kelompok agar siswa dapat berpartisipasi mencari materi pembelajaran yang ada d sekitar.
4.Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan dan refleksi materi
Kelebihan: Guru dapat membantu siswa uktuf aktif mnceritakan pengalaman tentang kenampakan alam yg pernah di lihat.
Keunikan: antusian siswa yang bercerita tentang kenampakan alam dengan semangat.
Nama : Lestari Wulan Azizah
Nim : 858923666
UPBJJ : Jember
Pokjar : Tegaldlimo
Menurut saya, dari video yang saya saksikan diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya. Berikut kelemahan dalam video diatas antara lain:
1. Guru seharusnya sebelum memulai pembelajaran memberikan salam kepada siswa, mengajak siswa berdo’a, mengabsensi, serta menanyakan kabar siswa.
2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
3. Guru seharusnya melibatkan lingkungan sekitar sekolah untuk menunjukkan kenampakan alam, agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
kelebihan dalam video diatas antara lain:
1. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran.
2. Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa alat yang berupa gambar.
Hasil analisis saya dari video diatas sebagai berikut :
Judul video : Kenampakan Alam
Video yang saya analisis dari laman gurupintar.ut.ac.id
Identitas video terdapat guru,siswa,dan sekolah dalam ruangan kelas.
Ringkasan isi video Guru mengajarkan tenteng kenampakan alam
Kelemahan pembelajaran dalam video :
a)Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi.
b)Guru tidak melakukan persiapan mental dan memberikan ice breaking penyemangat kepada siswa.
c)Guru tidak menjelaskan dan mencontohkan terlebihdahulu kepada siswa.
Kelebihan pembelajaran dalam video :
a)Media yang dipergunakan cukup relevan.
b)Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
c)Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
Hal unik yang terdapat didalam video ketika siswa menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke suatu tempat.
NAMA : MELINDA RISMAYANTI
NIM : 857466586
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR
Hasil analisis Video 2 Mata pelajaran IPS tentang Kenampakan Alam
Rabu, 24 April 2024
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
Jawaban :
Dari video pembelajaran yang saya amati anak cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tetapi banyak anak yang kurang memahami materi tentang kenampakan alam yang disampaikan oleh guru.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban :
• guru tidak melakukan pembukaan ketika memulai belajar
• guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
• ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi tentang kenampakan alam dalam video ini guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa memperkenalkan apa saja yang termasuk ke dalam kenampakan alam
• guru tidak melakukan penutup dan refleksi atau kesimpulan pada akhir pembelajaran
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
Jawaban :
Dalam pembelajaran ini menggunakan alat peraga berupa peta agar anak bisa mengetahui kenampakan alam apa saja yang ada di Mesir.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban :
Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman di saat melakukan perjalanan ke rumah neneknya dengan melewati jalan tol anak tersebut dalam perjalanan melihat berbagai macam kenampakan alam yang ada di sepanjang jalan tol.
5. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelaan berikutnya?
Jawaban :
Guru seharusnya memaparkan materi terlebih dahulu ketika awal pembelajaran dan di saat pembelajaran guru membuat anak-anak menjadi bersemangat.