silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
NAMA : EMA YARNI TOLAGO
NIM : 822518768
Baik, menurut pribadi saya bahwa langkah-langkah tersebut kurang relevan karna mengaitkan materi kehidupan sehari-hari ditengah pembelajaran, saran saya Guru dapat memulai dengan contoh-contoh yang relevan dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan. Contoh awal yang relevan dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias untuk belajar. Guru dapat menggunakan contoh yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan siswa, namun tidak berhubungan dengan materi dengan kehidupan di pertengahan pembelajaran. Contoh yang mudah dipahami dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias dalam pembelajaran.
NAMA : MARSELA LAMBERTI
NIM : 501312005
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
Dalam video Kenampakan Alam, pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti salam pembuka, doa pembuka, memperhatikan kesiapan murid dalam menerima pembelajaran, serta perkenalan singkat tentang materi yang akan dipelajari. Guru terlihat langsung menjelaskan materi inti kepada murid yang dibantu dengan alat peraga berupa gambar dan ditempel dipapan tulis didepan kelas. Namun murid terlihat sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru, karena materi yang disampaikan oleh guru berupa kenampakan alam yang berada di negara Mesir dan murid diminta mencatat kenampakan alam buatan maupun kenampakan alami yang ada dinegara tersebut. Saat guru memberikan pertanyaan kepada salah satu murid, murid tersebut salah menjawab dan mengatakan piramida adalah segitiga besar. Hal ini menunjukkan bahwa murid belum memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kemudian guru berinisiatif untuk meggunakan contoh yang paling dekat dengan murid seperti lingkungan/alam sekitar agar murid lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Guru bertanya kepada murid tentang perjalanan yang pernah mereka lakukan, dan salah satu murid menjelaskan tentang perjalanan yang ia lakukan saat berkunjung ke rumah nenek yang jauh dari rumahnya. Sepanjang perjalanan murid tersebut melihat penampakan alam yang sangat indah, seperti gunung, laut, sawah, perkebunan teh, karet, rel kereta api, hutan, pabrik dan sungai yang sangat jernih. Dari video tersebut dapat kita ambil pelajaran yaitu pentingnya kegiatan pembuka dalam pembelajaran, perhatian guru terhadap siswa selama proses pembelajaran dan inisiatif guru dalam mencari cara/contoh yang paling tepat yang berada disekitar murid atau pengalaman pribadi yang dialami langsung oleh murid sehingga murid lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran, serta kegiatan penutup dari pembelajaran baik berupa doa penutup maupun kesimpulan dari pembelajaran.
Nama: PUTRI KUSUMAWATI
NIM: 501200979
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Video di atas menceritakan mengenai bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi kenampakan alam agar dapat dipahami oleh peserta didik. Pada tayangan video pertama guru menyampaikan materi kenampakan alam dengan cakupan yang terlalu luas pada negara Mesir sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Berbeda dengan cara mengajar yang digunakan pada video berikutnya. Guru memulai dari hal yang dekat dengan dunia peserta didik, hal yang diketahui peserta didik secara dekat seperti tempat yang mereka pernah kunjungi kemudian baru meluas ke cakupan yang lainnya sehingga anak memiliki gambaran dan paham dengan materi yang disampaikan guru
Pada pembelajaran di video tersebut guru meminta kepada siswa nya untuk menyebutkan kenampakan alam yang ada di negara mesir,tetapi terlihat beberapa siswa ada yang belum mengerti menegenai konsep dasar kenampakan alam .sehingga siswa tersebut Ketika melihat kenampakan alam seperti piramida siswa tersebut menyebutnya dengan 3segitiga.
Solusi yang di lakukan oleh guru tersebut ialah mengaitkan dengan pengalaman pribadi siswa mengenai tempat tempat yang sudah di kunjungi dan menceritakan tentang hal menarik yang di lihatnya
Pada pembelajaran di video tersebut guru meminta kepada siswa nya untuk menyebutkan kenampakan alam yang ada di negara mesir,tetapi terlihat beberapa siswa ada yang belum mengerti menegenai konsep dasar kenampakan alam .sehingga siswa tersebut Ketika melihat kenampakan alam seperti piramida siswa tersebut menyebutnya dengan 3 segitiga.
Solusi yang di lakukan oleh guru tersebut ialah mengaitkan dengan pengalaman pribadi siswa mengenai tempat tempat yang sudah di kunjungi dan menceritakan tentang hal menarik yang di lihatnya.
Nama : Eka Wahyuni
NIM : 501142963
UPBJJ : Pangkalpinang,
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut, sebaiknya guru menjelaskan terlebih dahulu apa itu kenampakan alam dan memberikan contoh kenampakan alam yang ada di sekitar siswa, sehingga siswa tidak merasa asing dengan daerah yang menjadi contoh pembelajaran. Guru sebaiknya memberikan contoh gambar kenampakan alam lebih besar agar dapat dilihat oleh siswa yang duduk paling belakang atau memberikan gambar ke siswa secara berkelompok untuk diamati oleh siswa. Diakhir kegiatan sebaiknya guru melakukan penguatan atau refleksi serta umpan balik terkait materi atau kegiatan pembelajaran.
Nama : Lia Nurhayati
NIM : 501222333
Prodi : S2 MPDr
Dalam video tersebut guru menggunakan pengalaman siswa untuk menceritakan kenampakan alam maupun buatan yang terlihat dari perjalanan yang telah dilakukannya.
Kekuatan dari pembelajaran dengan metode tersebut, siswa dapat menceritakan Kembali apa yang dilihatnya dan berbagi dengan teman-teman lainnya.
Kelemahannya, guru belum menanamkan konsep dasar kenampakan alam dan buatan kepada siswa, sehingga belum mengetahui apa yang dimaksud dengan kenampakan alam dan buatan. Belum semua siswa mampu mengidentifikasi kenampakan alam yang ada disekitar mereka.
Saran yang bisa dilakukan untuk melengkapi pembelajaran tersebut adalah, di awal pembelajaran guru dapat menjelaskan konsep dasar kenampakan alam dan kenampakan buatan. Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati apa saja yang terlihat oleh mata mereka. Atau siswa di kelas bisa diajak untuk memejamkan mata, membayangkan seolah-oleh terbang tinggi dan melihat sekolah mereka dan lingkungan sekitarnya dari atas, lalu siswa mendeskripsikan apa yang mereka lihat. Setelah itu mereka mengidentifikasi mana yang merupakan kenampakan alam dan menjelaskan alasannya. Guru melakukan penguatan tentang kenampakan alam, sehingga siswa dapat membedakan antara kenampakan alam dan buatan.
Nama : Retno Widianingrum S.
NIM : 501192911
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandar Lampung
Izin memberikan komentar mengenai video tersebut.
Dari video tersebut, untuk masuk ke dalam materi kenampakan alam guru memberikan pengantar materi dengan bertanya mengenai pengalaman siswa ketika melakukan suatu perjalanan yang jauh dari tempat tinggal mereka. Namun, ada alternatif lain yang dapat dilakukan guru untuk mengaitkan materi tersebut dengan pengalaman atau pengetahuan siswa dan lebih dekat dengan diri siswa, yaitu dengan meminta siswa keluar kelas dan mengamati pemandangan apa saja yang ada di sekitar tempat tinggal siswa.
Terima kasih.
Dari Video Kenampakan Alam Ketika guru menunjukan gambar Kenampakan Alam yang berada dinegara Mesir yang sangat asing bagi mereka, sehingga anak tersebut terlihat jelas kesusahan dalam mengerti dari materi tersebut. Dibuktikan kesulitan siswa tersebut dari pertanyaan yang guru berikan, dimana siswa diminta memberikan contoh kenampakan alam buatan maupun alami yang berada dinegara tersebut, namun siswa tersbut salah dalam menjawab pertanyaan guru tersebut dengan menjawab piramida adalah segi tiga yang besar. Pada video selanjutnya guru mengajak siswa untuk mengingat Kembali apakah pernah berkunjung kedaerah lain selain tempat tinggalmu sekarang? Ada seorang siswa menjawab pernah, iapun menceritakan pernah berkunjung ketempat neneknya dan menceritakan hal-hal yang ditemuainya selama perjalanannya gunung, laut, sawah, perkebunan teh, karet, rel kereta api, hutan, pabrik dan sungai yang sangat jernih. Dari video tersebut dapat disimpulkan pentingnya seorang guru memberikan suatu contoh kepada siswa yang sering atau pernah mereka kunjungi atau lebih kepada contoh dunia mereka setelah mereka sudah memahami barulah meluas kecontoh yang lainnya sehingga dapat tersampainya materi tersebut dengan baik dan siswapun dapat memahami inti dari pada materi tersebut.
Menyimak vidio pembelajaran tersebut , kegiatan pembelajaran yang dilakukan terlalu jauh mengaitkan lingkungan dengan keseharian anak-anak, sehingga anak didik kebingungan dan kurang memahami terkait contoh yang di ajarkan, seharusnya guru memberikan contoh kenampakan alam yang ada di lingkungan sekolah terlebih dahulu agar anak-anak mudah memahami terkait materi kenampakan alam , dan ketika memberikan media dalam kegiatan pembelajaran seorang guru menggunakan media gambar kejauhan dari jarak duduk anak, sehingga tidak terlihat dengan jelas apa yang di amati dan di contohkan, seharusnya guru membagikan gambar perkelompok dengan tujuan agar anak belajar kondusip dan mudah dilihat serta diamati dengan jelas media nya.