silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Marsella artha maharani
Nim : 858034527
Berdasarkan pengamatan video di atas yang berjudul kenmapakna alam, menurut pendapat saya setelah mengamati video yang di tayangkan, sebelum memulai pelajaran seharusnya di lakukan pendahuluan yaitu: ucapkan salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa,
Guru tidak melakukan penilaian di akhir pembelajaran, guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran hari ini,
Jadi alangkah baiknya guru tersebut menurut saya membuat siswa berdiskusi kelompok agar bisa terarah dalam bimbingan guru itu sendiri untuk menunjukan satu persatu kenampakan alam yg ada di sekitarnya baik itu kenampakan alam asli dan buatan manusia
Mungkin itu saja sekian dan Terima kasih
Nama: Via Elrika Saragi
Nim: 859877436
Analisis Video Pembelajaran
1. Menurut pendapat saya: Dalam memulai pembelajaran sebaiknya seorang guru melakukan kegiatan pembuka dengan memeriksa kesiapan peserta didik seperti: memeriksa kehadiran siswa, membuat salam pembuka dan berdoa, kemudian mengingatkan kembali materi yang diajarkan sebelumnya.
2. Kemudian untuk memulai pelajaran seorang guru hendaknya menyampaikan Tema apa yang akan diajarkan pada pembelajaran yang akan dilaksanakan saat itu.
3. Video pembelajaran yang dilakukan guru pada bagian pertama kurang sempurna, karena guru mengajarkan kenampakan alam kepada peserta didik dengan memberikan gambar suatu negara yang belum pernah diketahui peserta didik sedangkan pada video pembelajaran yang kedua pembelajaran yang dilakukan guru sudah mulai menunjukkan keaktifan peserta didik dalam menalar dengan meminta peserta didik menceritakan pengalaman yang dialaminya yang menunjukkan adanya kenampakan alam.
Namun pembelajaran yang lebih mudah dipahami peserta didik. Setelah menyampaikan Tema pembelajaran, sebaiknya guru menunjukkan gambar atau video yang menunjukkan beberapa kenampakan alam di daerah yang ada di sekitar peserta didik, yang berupa kenampakan alami maupun buatan. Kemudian sebaiknya seorang guru,hendaknya membuat metode pembelajaran diskusi kelompok sehingga siswa bekerja sama untuk menyampaikan kenampakan alam yang sudah mereka amati pada gambar atau video setelah mendiskusikannya di dalam kelompoknya. Setelah seorang guru meminta pendapat peserta didik Bagaimana kenampakan alam yang ada pada gambar atau video, sebaiknya guru meminta peserta didik untuk membedakan yang mana kenampakan alami dan kenampakan buatan. Di dalam metode diskusi kelompok akan menimbulkan banyak pendapat-pendapat dari pemikiran peserta didik dan mereka juga mampu bekerja sama di dalam kelompok . Setelah melakukan diskusi kelompok, maka seorang guru dapat meminta peserta didik untuk menceritakan pengalaman pribadi yang menunjukkan adanya kenampakan alam
4. Setelah Kegiatan inti pembelajaran selesai maka seorang guru hendaknya memberikan tugas kepada peserta didik sesuai dengan Tema yang diajarkan yaitu kenampakan alami dan buatan. Kemudian setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru maka seorang guru dapat membuat sebuah kesimpulan sebagai kegiatan penutup pembelajaran. Sehingga peserta didik lebih memahami tema yang diajarkan pada pembelajaran tersebut.
Terima kasih Bapak tutor kami, demikian analisis video pembelajaran saya.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
Nama : Novi Hendriani
Nim : 855890925
Prodi : S1 PGSD
Semester : 6
UPBJJ : UT Banda Aceh
Pokjar : Tapaktuan
Menurut hasil pengamatan saya dari tayangan video seri pembelajaran IPS SD dengan materi “Kenampaka Alam” maka hasil analisis sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
~ Reaksi siswa dalam video tersebut sangat mengikuti proses kegiatan pembelajaran yang sedang
berlangsung
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kegiatan Pendahuluan
~ Guru tidak memberikan salam/sapaan
~ Guru tidak mengajak siswa untuk berdo’
~ Guru tidak melakukan Absensi siswa
~ Guru tidak menginformasikan Tema atau judul materi yang akan dipelajari
Kegiatan Inti
~ Guru tidak mengajak siswa untuk berdiskusi dalam bentuk kelompok
Kegiatan Akhir
~ Guru tidak memberikan penguatan / Kesimpulan dari meteri yang telah diajarkan
~ Guru tidak mengajak siswa berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
~ Guru menggunakan media / alat peraga
~ Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar
~ Guru mengajak siswa untuk tanya jawab
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan
pembelajaran?
~ Guru tersebut mampu memotivasi siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya
apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
~ Tidak hanya terfokus pada metode Tanya jawab, mengamati saja disaat pembelajaran sedang
berlangsung, tetapi bisa kita gunakan metode demontransi, diskusi, dan lainnya. Sehingga
pembelajaran lebih menyenangkan. Terima Kasih
Wassalam…
Nama= Wike Retnowati
NIM= 857705632
Setelah melihat video ini, saya menyimpulkan dalam pembelajarannya guru hanya berfokus pada anak, mengajukan pertanyaan tanpa menjelaskan terkebih dahulu materinya. Jadi itu membuat anak kesusahan atau malah tidak bisa menjawab pertanyaan guru.
Guru seharusnya menerangkan terlebih dahulu dangan alat peraga sehingga memudahkan murid untuk memahami materi yang disampaikan guru.
Dengan alat peraga gambar misalkan, guru dapat menunjukkan posisi-posisi sebuah negara atau kota.
Nama : Novita Sellerina
NIM : 858281179
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ :Banjarmasin
Judul : “Kenampakan Alam”
Setelah saya selesai menyimak video diatas ada beberapa masalah tentang bagaimana guru menjelaskan tentang kenampakan alam
1. Guru sebaiknya menjelaskan materi kenampakan alam menggunakan contoh dari Negara mesir yang mana mungkin beberapa dari siswa masih awam tentang Negara itu. Nah hendaknya guru memberikan materi kenampakan alam dengan memanfaatkan daerah sekitar yang ada , seperti daerah-daerah yang sering dilihat atau pernah dikunjungi oleh siswa.
2. Sering sekali saat pembelajaran jika guru bertanya, dan ada salah satu siswa menjawab salah atau kurang tepat selalu ditertawakan dan di soraki. Disini guru harus memberi pengertian kepada siswa lainnya bahwa hal itu tidak boleh lagi dilakukan dan memberi peringatan tegas jika ada yang melanggar. Karena secara tidak langsung murid lainnya yang ingin aktif menjawab cenderung malu dan menutup diri, .hal kecil ini pun bisa berdampak besar dalam proses pembelajaran.
3. Jika guru mengambil materi secara luas seperti Negara mesir tadi, disesuaikan dengan media pembelajarannya bukan seperti di video tersebut menggunakan gambar saja tetapi bisa dengan tayangan video yang meliputi kenampakan alam Negara tersebut, siswa yang tidak pernah melihatpun akan terbayangkan bagaimana kenampakan alam dinegara tersebut.
Nama : Mozard W.Laisina
NIM : 855706298
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Ambon
setelah saya menonton video ini saya melihat ada beberapa kekurangan yang terjadi dalam video pembelajaran ini antara lain:
1. Guru menjelaskan materi tapi mengambil contoh dari Negara lain yang tidak diketahui oleh siswa.
2. Siswa belum paham secara mendetail apa yang di jelaskan oleh guru karena guru menjelaksan hal yang belum masuk pada materi pembelajaran.
3. Guru menyuruh siswa mencatat materi tanpa menjelaskan isi materi tersebut secara mendetail.
4. Guru menyuruh siswa menjelskan pengalaman ke tempat lain tanpa sengaja guru belum menjelaskan materi pembelajaran saat itu .
jadi saran saya atas video pembelajaran ini, perlu adanya revisi cara pembelajaran yang lebih baik lagi agar materi yang di sampaikan mudah di mengrti oleh siswa.
Nama : Mozard W .Laisina
Nim : 855607298
Progam studi : PGSD S1
UPBJJ : Ambon
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kekurangan dari guru dalam menyampaikan materi di kelas antara lain.
1. Sebelum melakukan proses pembelajaran guru mennyakan sebuah negara yang tidak di ketahui pasti oleh
siswa
2. Guru menjelaskan materi tidak begitu lengkap sehingga membuat siswa menjadi bingung untuk menjawab
3. Guru menyuruh siswa mencatat materi pembelajaran tanpa menjelaskan materi tersebut lebih dulu.
4.Perlu di adakan revisi dalam cara penyampaian materi pembelajaran oleh guru tersebut agar ke depan hal di video tidak terulang kembali.
Nama : Ledy Silitonga
Nim : 859889344
Berdasarkan video tersebut saya menemukan beberapa masalah dalam pembelajaran tersebut seperti :
1. Pada saat memulai guru tidak memberi salam dan mereview pelajaran sebelumnya.
2. Pada saat pembelajaran tentang menampakan alam, guru memberikan materi dimana siswanya tidak mengenal tentang lingkungan ataupun negara yang dibahas. Dalam hal ini sebaiknya guru memulai dengan lingkungan sekitar siswa terlebih dahulu agar lebih mudah untuk memahaminya. Seperti dalam Vidio setelah guru memulai dengan lingkungan yang sudah di kenalnya siswa dengan mudah menceritakan apa saja kenampakan alam yang pernah di lihatnya dan diketahuinya.
3. Pada saat pembelajaran tentang menampakan alam guru tidak memperkenalkan arti simbol dari peta tentang kenampakan alam
4. Pada saat pelajaran saat siswa memberikan jawaban yang salah, siswa yang lain akan bersorak. Dalam hal ini guru hanya menenangkan agar suasana kelas hening tanpa memberikan penjelasan atas jawaban siswa tersebut.
Terimakasih…
Nama: FAIZATUZ ZAHRO
Nim 858936426
Berdasarkan video di atas yang berjudul Kenamakan Alam, menurut pengamatan saya, guru tidak melakukan pendahuluan seperti mengucapkan salam, dan berdo’a.
setelah pendahuluan guru harus menjelaskan tentang materi kenampakan alam terlebih dahulu, dan bisa mencontohkan kenampakan yang ada di lingkungan sekitar. setelah itu guru harus melakukan sesi tanya jawab pada siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami pembelajaran tersebut,
jika siswa sudah faham, maka guru bisa memberikan pertanyaan kenampakan alam yang ada di negara Mesir atau di negara lainnya sesuai peta yang sudah ada.
Sekian Terimakasih
Nama : Asna Makruf
Nim : 856316773
Prodi : S1 PGSD
Pada video pembelajaran IPS tentang kenampakan alam, saya dapat memberikan sedikit penjelasan dan masukkan terhadap video pembelajaran yang telah saya tonton di atas. Pada video diatas memperlihatkan seorang guru (pendidik) berdiri di depan kelas dengan media berupa papan tulis dan sebuah gambar peta Negara Mesir. Pada video tersebut seharusnya guru memberikan motovasi serta memberikan apersepsi terlebih dahulu kepada siswa dan juga guru harus menjelaskan tujuan pembelajaran pada hari itu. Pendidik (guru) dalam video tersebut hanya langsung memerintahkan anak didiknya untuk langsung mencatat kenampakan alam apa saja yang ada di negara mesir, sementara yang kita ketahui menjadi seorang guru tidaklah mudah, guna mencapai tujuan pembelajaran agar pembelajaran di kelas berhasil. Dengan hanya langsung memerintahkan siswa untuk mencatat tanpa memberikan contoh-contoh yang konkrit dapat menyebabkan pembelajaran tersebut tidak berhasil dan tentunya anak didik hanya akan kebingungan. Sebagai seorang guru seharusnya sebelum pembelajaran di mulai, guru harus terlebih dahulu menentukan metode serta strategi pembelajaran yang tepat. Dengan tidak juga memberikan contoh-contoh ataupun gejala kenampakan alam muali dari lingkungan sekitar siswa untuk lebih menggali pengetahuan siswa dan juga siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam. Metode pembelajaran di luar kelas juga sangat cocok di terapkan pada materi ini, dengan begitu siswa akan mulai termotivasi serta cara berfikir siswa akan mulai berjalan sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan tentunya siswa tidak akan kebingungan dalam mencari jawaban serta memahami bentuk-bentuk kenampakan alam