silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Risnanda Rahayu
Nim : 859875188
Uppbjj : Medan
Kelas :2-c
Menurut saya pada pembelajaran video diatas, pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak membuka dengan salam,mengecek kehadiran siswa dan bahkan tidak menyapa siswa. Namun guru langsung masuk pada materi pembelajaran yaitu tentang kenampakan alam. Masalah pada video pembelajaran tersebut,sang guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu kenampakan alam,ia hanya langsung bertanya kepada murid siapa yang tau kenampakan alam pada negara Mesir. Seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu,dan memberikan contoh pada daerah sekitarnya agar murid tersebut dapat lebih paham dan mengerti. Bukan meluas langsung ke negara Mesir. Dan dalam penyampaian pembelajarannya guru tersebut sudah menggunakan media berupa gambar,namun seharusnya gambar tersebut bisa lebih diperbesar ataupun bisa menggunakan video agar semua siswa bisa melihatnya hingga sampai murid yang duduk di paling belakang. Dengan demikian tentunya pembelajaran menjadi lebih menarik dan akan membuat siswa memahami materi tersebut dan akan bersemangat.
Untuk kegiatan penutup sang guru juga tidak ada mengucapkan salam ataupun melakukan evaluasi.
Terimakasih
Nama : Lia Alfisah
NIM : 856987047
Kelas : 6 A
Pokjar : Sidomulyo
Reaksi Siswa
Reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut adalah biasa saja, tidak terlalu tertarik tapi juga tidak menolak materi pembelajaran tersebut.
Kelemahan
1. Guru memberikan contoh yang tidak diketahui atau asing kepada siswa.
2. Guru menyuruh siswa mencatat materi tanpa memberikan materi lebih dulu.
3. Guru tidak memberikan penjelasan terhadap jawaban salah satu siswa.
4. Sorakan-sorakan yang diberikan terhadap jawaban salah satu siswa dapat menyebabkan siswa tersebut minder atau merasa tidak percaya diri dalam menjawab pertanyaan guru di kemudian hari.
Kelebihan
1. Mengajak siswa untuk aktif dalam sesi Tanya jawab, sehingga siswa percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya.
2. Menggunakan media gambar untuk membantu siswa memahami materi pelajaran.
Keunikan
Menggunakan salah satu media pembelajaran yakni media gambar.
Rekomendasi
1. Memberikan contoh yang sekiranya ada disekitar siswa.
2. Mengajak siswa untuk belajar diluar ruangan atau dialam terbuka sehingga siswa dapat melihat contoh materi pelajaran secara nyata. Dengan demikian, siswa dapat memiliki bayangan yang nyata dari materi yang diajarkan.
Nama: Erniwati Gulo
Nim: 855993474
Prodi: S1-PGSD
E-mail: guloerniwati09@gmail.com
Berdasarkan pengamatan saya terhadap video pembelajaran diatas, cara penjelasan sangat jelas namun singkat sehingga siswa merasa kebingungan pada materi pembelajaran yang di sampaikan. Kemudian alangkah baiknya guru menggunakan metode RPP yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini.
Nama : karniti
Nim : 857317818
Program studi : PGSD S1
UPBJJ : bogor
Dari hasil video yang saya amati tentang pembelajaran ips di SD dengan judul ” Kenampakan Alam ”
Kekurangan dalam video tersebut :
1 . Ketika memulai pembelajaran Guru tidak melakukan apersepsi dalam memulai pembelajaran.
2. Ketika membuka pembelajaran guru tidak mengulang pembelajaran yang sebelumnya yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan di sampaikan pada pembelajaran yang akan dilakukan pada saat itu.
3. Pada saat menyampaikan materi pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu kenapakan alam dan apa saja contoh dari kenapakan alam.
4. Tidak menjelaskan simbol simbol yang yang ada pada peta
5. Memilih contoh tempat kenampakan alam yang tidak berada di lingkungan terdekat siswa.
Kelebihan : guru menggunakan media dalam pembelajaran.
Nama : Nuraini Ramadhani Said Damanik
Nim : 859872175
Program Stidu :
Pokjar : Siantar – Simalungun
setelah saya menonton video tersebut saya menyimpulkan dalam pembelajarannya guru tidak melakukan pembukaan dan tidak menyapa siswa. guru tidak memberi tahu materi apa yang disampaikan kepada siswa dan guru tidak menjelaskan materi tersebut sehingga siswa kesusahan untuk menjawab pertanyaan. guru menggunakan media tetapi peta luar negeri sehingga siswa tidak mengetahui negara tersebut sebaiknya guru menggunakan peta indonesia saja. sebaiknya guru melarang siswa ketika siswa menjawab pertanyaan dan jawabannya salah anak – anak jangan menyorakin temannya yang salah menjawab karena itu membuat anak – anak menjadi tidak percaya diri.
terima kasih
Nama : VESYA LIANA
NIM : 858152054
Program Studi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya, setelah menonton video pembelajaran yang berjudul “kenampakan alam”, pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan dengan salam, dilanjutkan dengan membaca doa.
– guru tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik
– guru tidak menjelaskan materi pembelajaran dengan terperinci dan langsung memberikan tugas kepada siswa, sehingga siswa bingung untuk mengerjakannya.
– media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik minat siswa sehingga siswa kurang semangat dalam belajar dan kurang memahami materi apa yang disampaikan.
– guru mengajar secara monoton atau kurang menarik sehingga siswa cenderung merasa bosan.
– guru seharusnya memberikan contoh kenampakan alam di daerah sekitar tempat tinggal siswa sehingga siswa tau seperti apa kenampakan alam yang dimaksudkan.
– guru tidak hanya mengajar didalam kelas saja tetapi bisa juga mengajak siswa untuk mengamati kenampakan alam disekitar sekolah
Nama : Nuri Syahriani Putri Siregar
Nim: 856023909
Program Studi : PGSD-SI
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
Setelah saya melihat tayangan video tersebut, saya menyimpulkan bahwa dalam memberi penjelasan pada siswa hendaklah guru mengambil contoh peristiwa yang pernah dialami atau dilihat oleh siswa, yang berkaitan dengan pembelajaran agar siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik. Guru hendaknya berperan sebagai fasilitator yang mampu memfasilitasi siswa dalam memahami pembelajaran.
Nama : DIAN DEWI HANDAYANINGSIH
NIM : 856982901
Kelas : B
Semester : 6
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar/ PDGK4209
Dosen Pengampu : BIYANA, M.Pd
Prodi : S1-PGSD/118
Pokjar : Banjar Agung
UPJJ : Bandar Lampung
Tugas Praktek 1 : Refleksi Video Pembelajaran
1. bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Jawab : Menurut pendapat saya, reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran IPS banyak dari mereka kebingungan terhadap materi yang dipelajari dikarenakan materi yang dibahas merupakan sesuatu yang asing dan sangat jauh dari dunianya.
2. secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab : Menurut pendapat saya secara keseluruhan kelemahan guru pada saat pembelajaran ialah, kurangnya penjelasan mengenai materi yang dipelajari sehingga membuat para anak atau siswa bingung dan kurang memahami materi yang dipelajari.
3. secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab : Menurut pendapat saya, secara keseluruhan kelebihan guru pada saat pembelajaran ialah, guru memberikan sebuah media pembelajaran berupa peta.
4. hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Jawab: Menurut pendapat saya, hal-hal unik yang saya temukan ialah, guru menghubungkan materi pembelajaran dengan hal-hal yang dekat dengan dunia anak kemudian meluas dengan dunia lainnya.
5. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawab : Menurut pendapat saya, berikut upaya atau solusi yang dapat dilakukan :
1. Menerangkan materi dengan menghubungkan hal-hal yang ada di sekitar siswa.
2. menerangkan materi dengan menghubungkan hal-hal yang meluas dari dunia lainnya.
3. mengamati kenampakan alam melalui peta, atlas, atau berupa video untuk memudahkan siswa.
NAMA : RUDI SETIAWAN
NIM : 859893756
POKJAR : SEIBALAI
UPBJJ : MEDAN
Assalammualaikum Wr. Wb
Menurut tanggapan saya, Berdasarkan pengamatan video di atas yang berjudul kenampakan alam yang di tayangkan, seharusnya guru sebelum memulai pelajaran seharusnya di lakukan pendahuluan yaitu seperti: ucapkan salam,berdoa dan mengecek kehadiran siswa, serta ice breaking untuk menambah semangat dari siswa-siswa tersebut. lalu, guru tersebut menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari agar siswa mudah memahaminya. seperti di video, guru langsung menanyakan sesuatu hal yang sangat asing bagi mereka sehingga siswa tidak mengerti hal yang di tanyakan. seharusnya guru menjelaskan materi kenampakan alam yang ada di sekitar terlebih dahulu agar siswa mudah memahami dan membedakan mana kenampakan alam buatan atau bukan buatan/alami.
Demikian tanggapan dari saya. Wassalammualaikum Wr. Wb
Nama : Ridhani saadah samosir
Nim : 859872286
Program Study : PGSD S1
UPBJJ : Pematang Siantar
Setelah saya melihat video “ Kenampakan Alam “ terdapat kelebihan dan kelemahan yang didalamnya.
Kelemahan video
Pada saat guru masuk kedalam ruang kelas, hendaknya memberikan salam, berdoa, sapa dan mengecek kehadiran peserta didik sebelum kegiatan belajar dimulai. Guru tidak menjelaskan tujuan pelajaran yang akan diberikan, serta guru tidak ada mengaitkan materi pelajaran yang dipelajari sebelumnya. dan guru hendaklah memberikan apresiasi bagi peserta didik yang berani menjelaskan kenampakan alam dengan tujuan agar peserta didik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keberaniannya. Selanjutkan guru juga bisa melakukan belajar diluar kelas untuk mengamati kenampakan alam buatan dan tidak buatan yang ada disekitarnya, agar suasana kegiatan belajar tidak monoton. Selanjutnya guru juga harus lah bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran.
Kelebihan video
Pada saat guru mengajar metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab dengan memancing pertanyaan kepada peserta didik dengan tujuan dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik merangsang untuk melatih dan mengembangkan daya pikir atau ingatan. Media yang digunakan adalah media bergambar, serta menentukan metode yang sesuai dengan pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode tanya jawab, selain itu guru juga mampu memotivasi siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.