silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. Nama: surya okta malia
    nim: 856084526
    prodi: PGSD S1
    Pada pembukaan Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa dan lngsung masuk ke materi, kurang menariknya media yang digunakan.
    Guru juga harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar anak2 makin bersemangat untuk mengikuti pelajaran tersebu guna menunjang
    pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
    sampaikan guru tersebut

  2. Nama : Novi wulandari
    Nim : 859812503
    PRODY: PGSD S1
    Dari vidio pembelajaran yang saya lihat ada berapa kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran tersebut
    Kelebihan:
    – Pada saat menyanyikan lagu diawal pembelajaran dapat Membantu dalam fokus: Pembelajaran yang membosankan dapat membantu siswa fokus pada materi pelajaran karena tidak ada gangguan dari elemen-elemen yang menarik perhatian.
    – Terlihat ketekunan Siswa dapat mendorong untuk berusaha lebih keras untuk memahami materi pelajaran jika pembelajaran tidak menarik, karena mereka tahu bahwa mereka harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil.
    -saat mereka mendengarkan mereka mengingat informasi: Meskipun membosankan, metode pembelajaran tradisional seperti menghafal dapat membantu siswa mengingat informasi secara efektif.
    – ada nya umpan balik antara guru dan murid

    Kekurangan dari pembelajaran tersebut
    – Membuat siswa mudah bosan: Pembelajaran yang membosankan dapat membuat siswa mudah bosan dan kehilangan motivasi. Mereka mungkin tidak tertarik untuk belajar dan tidak dapat menyerap informasi dengan baik.
    – Menurunkan motivasi: Pembelajaran yang membosankan dapat menurunkan motivasi siswa untuk belajar melakukan perilaku yang tidak pantas di kelas, seperti berbicara, bercanda, atau tidur di kelas.
    – Mereka juga mungkin tidak dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan tidak dapat mengerjakan tugas dengan baik.
    Solusi:
    – Mencari metode pembelajaran yang menarik: Guru dapat mencari metode pembelajaran yang lebih menarik dan menarik perhatian siswa, seperti menggunakan game, simulasi, dan teknik menceritakan cerita.
    – Membuat pembelajaran lebih relevan: Guru dapat membuat pembelajaran lebih relevan dengan kehidupan siswa
    – Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat: Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran, seperti mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan mengerjakan proyek kelompok.

    Penting untuk mengingat bahwa tidak semua siswa menyukai jenis pembelajaran yang sama. Guru harus mencoba berbagai metode pembelajaran untuk menemukan metode yang paling efektif untuk setiap siswa.

  3. Sulihingtyas Retno Haryaty
    877967533/ Malang-Kepanjen

    1. Reaksi peserta didik yang muncul yaitu siswa terlihat mengikuti guru bernyanyi sambil tepuk tangan, peserta didik terlihat aktif dengan menjawab pertanyaan dari bu guru

    2. Secara keseluruhan, kelemahan guru dalam video tersebut sangat kecil ditemukan, menurut saya tidak ada contoh cara menulis baik dimulai dari huruf atau awalan suku kata atau membaca suku kata maupun kalimat di papan tulis.

    3. Secara keseluruhan kelebihan bu guru tersebut mampu menghidupkan kelas dengan mengajak peserta didik bernyanyi sambil tepuk tangan, melakukan apersepsi sehingga peserta didik ikut aktif dalam menjawab. Selain itu bu guru sudah menyiapkan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu serta terdapat huruf dibawahnya. Ibu guru juga menghampiri satu persatu peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing peserta didik.

    4. Hal menarik yang terlihat dalam video tersebut yakni, Bu guru membimbing membaca dengan lima metode, yaitu anak yang belum hafal huruf, menggunakan metode abjad dan metode eja. Anak yang belum dapat membaca kata, dilatih menggunakan metode suku kata (syllabic), anak yang belum bisa membaca kata dan kalimat diajari menggunakan metode kata atau kalimat. Bagi anak yang sudah lancar membaca menggunakan metode SAS.

    5. Upaya yang bisa dilakukan yaitu bu guru memberikan tulisan di papan terlebih dahulu dari mulai huruf dibawahnya per suku kata dibawahnya lagi berbentuk kata dan terakhir berbentuk kalimat. Jadi anak-anak tahu tahapan cara membaca. Untuk anak yang belum hafal huruf, bisa disetiap akhir pelajaran bahasa Indonesia di tanya huruf a-z secara acak.

  4. Nama : Teddy Priyono NIM : 857128447 UPBJJ UT Jakarta

    Kelebihan video pembelajaran ini yaitu
    1.Pendidik sudah memberikan pertanyaan pemantik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di awal pembelajaran.
    2.Pendidik sudah menggunakan media ajar yang konkret untuk peserta didik kelas 1.
    3.Pendidik sudah menjadi fasilitator yang baik dalam mengajar peserta didik membaca.
    4.Pendidik sudah mumpuni dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan media ajar yang di gunakan.

    Kelemahan dalam video pembelajaran ini
    Pendidik tidak melakukan apersepsi di awal pembelajaran

  5. Nama : ELPI HASIBUAN
    NIM : 878253554
    Prodi : S1 PGSD
    Setelah menonton vidio tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar yaitu:
    Kekurangan :
    1.Guru tidak melakukan appersepsi dalam mengawali pembelajaran,seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa mau belajar dan melakujan ice breaking.
    2. Guru tidak menguasau ruang kelas sehingga terkesan kaku, bisan dan menoton.
    Kelebihan :
    Guru mampu mengajar menggunakan media gambar sehingga menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran.
    Guru menyebutkan huruf satu demi satu huruf sehingga siswa bisa membaca satu persatu hurufnya sehingga siswa bisa membaca satu suku kata.

  6. Nama : Elpi Hasibuan
    Nim : 878253554
    Prodi : S1 PGSD
    Setelah menonton vidio pembelajaran ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar yaitu:
    Kekurangan :
    Guru tidak melakukan appeesepsi dalam mengawali pembelajaran, seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa mau belajar dan melakukan ice breaking.
    Guru tidak menguasai ruang kelas sehingga terkesan kaku, bosan dan menoton.
    Kelebihan :
    Guru mampu mengajar menggunakan media gambar sehingga menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran.
    Guru menyebutkan huruf satu demi satu huruf sehingga siswa bisa membaca satu suku kata.

  7. Nama : Sri Wahyuni
    NIM : 857635242

    Ijin komentar

    Dalam vidio di atas saya bisa merasakan tantangan siswa dalam memahami huruf dan suku kata , terutama saat mencoba membaca kalimat lebih panjang apakah ada tips atau metode tertentu yang bisa membantu kesulitan ini? harunya guru memperkenalkan dulu huruf nya satu persatu.

    pada awal Pembelajaran ( Pendahuluan ) guru
    1. tidak mengucapkan salam pembuka
    2. Guru belum menanyakan kabar siswa dan memerikas kehadiran siswa
    3. guru belum mengajak siswa untuk berdoa
    4. untuk a persepsi sudah bagus dengan menyanyikan lagu ibu dan ayah . sebagai pemantik
    5. guru suadah menyampaikan tujuan pembelajaran
    6. sebagai bahan pembelajarn yang menarik guru sudah menggunakan alat peraga gambar ayah dan ibu
    7. Pada kegiatan inti guru sebaiknya membuat kelompok agar suasana pembelajarn lebih interaktif
    8. pada akhir pembelajarn sebaiknya ada kesimpulan refleksi dan penilaian.

    sekian . terimakasih

  8. Nama : Dicky H. Manggopa (859952376) Dengan menggunakan metode seperti yang diajarkan guru kiranya dapat membantu anak dalam memahami apa yang diajarkan seperti hurup dan kalimat, tetapi alangkah baiknya juga denga menggunakan tema warna wari seperti pada gambar dan huruf-huruf yang akan ditunjukan kepada anak, mereka akan lebih suka dengan tampilan warna wari sehingga lebih membuat suasana semakin cerah.

  9. Nama : MARYANI , NIM 859672862

    Pada Video yang saya amati pada kegiatan permulaan tidak ada sapaan dan berdoa, sebelum kegiatan inti tidak ada kegiatan literasi terlebih dahulu, untuk kelas 1 bisa menggunakan buku-buku yang banyak gambarnya untuk meningkatkan minat anak membaca. Pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar .Siswa dengan kondisi berbeda kemampuan membaca nya, terutama di kelas awal, kemampuan membaca siswa sangat beragam. Ada siswa yang sudah lancar membaca, sementara ada yang masih kesulitan mengenali huruf atau menggabungkan suku kata, alangkah baiknya menggunakan pembelajaran yang berdiferensiasi memperhatikan perbedaan Individu tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama. Guru perlu memberikan perhatian khusus pada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan dengan membentuk Kelompok kecil untuk memudahkan guru dalam memberikan bimbingan.

  10. Assalamualaikum saya Lia Sulastri dengan NIM 836281953 izin menganalis video tersebut …
    Menurut saya di dalam video tersebut ada kelebihan dan kekurangan guru
    Kekurangan :
    Guru tidak terlihat mengucapkan salam pada awal pembelajaran.
    Pada awal pembelajaran guru tidak terlihat dalam video membimbing siswa berdoa.
    Guru tidak mengabsensi siswa dalam kelas.
    Guru tidak memberitahukan pembelajaran apa yang sedang di pelajari.
    Guru tidak memaparkan huruf apa saja pada kata AYAH dan IBU.
    Kurang perhatian guru terhadap siswa yang tidak fokus dalam pelajaran.

    Kelebihan :
    Sudah bagus menggunakan nyanyian/ ice breaking tetapi kurang tepat dengan pembelajaran yang sedang di bahas.
    Adanya tanya jawab
    Adanya alat peraga

    Saran :
    Seharusnya siswa yang terlihat diam/ tidak mengikuti memaparkan kata di beri kesempatan untuk memaparkan kata AYAH / IBU
    Bisa juga dengan menggunakan playcard/ kartu huruf contohnya siswa di berikan kesempatan menyusun kata A_AH Y nya di hilangkan agar anak mencari huruf yang tidak ada di kalimat tersebut

    Terimakasih ..

Leave a Reply