Similar Posts
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Dina Septiani
Nim : 857161645
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Pakisjaya
Dari Vidio tersebut menurut saya guru mempunyai kelebihan sendiri dalam mengajar . Yang pertama guru memulai pelajaran dengan bernyanyi sehingga membuat anak menjadi senang .
Kedua dalam bernyanyi guru memberikan suku kata sehingga siswa mulai menemukan kata dan huruf.
Terimakasih.
Nama : Susi Nabila
NIM : 856993681
Prodi : S1 PGSD / Pokjar Sidomulyo / UPBJJ Bandar Lampung
Dalam video tersebut, menunjukkan bahwa peserta didik memiliki kelebihan dan kekurangan serta perkembangan yang tidak sama. Dan pendidik sebagai fasilator dalam proses pembelajaran tersebut, membuat pembelajaran menjadi menarik dan memberi apresiasi dalam pembelajaran sebagai penyemangat bagi peserta didik. Terutama terhadap peserta didik kelas rendah, karena masih rentan dan belum begitu memadai, misalnya dalam hal membaca tersebut. Peserta didik berusaha memahami setiap huruf dan kata perkata dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Dalam proses tersebut, guru dapat melakukan bebrapa hal seperti :
1. Memastikan peserta didik telah mengenal alfabet
2. Menumbuhkan rasa ingin tahu terhadap peserta didik
3. Latihan membaca dengan diawali kata perkata
4. Menyediakan buku bacaan
5. Mengenalkan bacaan melalui cerita
6. Memberi apresiasi dalam setiap pembelajaran
Selain itu, pengajar juga dapat melakukan evaluasi setelah proses pembelajaran berlangsung sebagai perbaikan bahan ajar untuk pembelajaran selanjutnya.
Setelah saya simak video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah bagus. akan tetapi sebagai seorang guru yang kita lakukan dalam proses pembelajaran adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh atau bosan dengan cara mengajar yang kita ajarkan. Apalagi yang kita ajarkan anak kelas 1 sd. Metode mengajar yang kita lakukan harus lebih menarik sehingga anak cepat merespon pembelajaran.
Dari video tersebut cara mengatasi kesulitan membaca anak untuk pemula yaitu:
1. Pastikan anak mengenal huruf dengan baik
2. Ajarkan anak mengenal huruf vokal dan konsonan
3. Ajak anak memahami kata yang dibaca
4. Bermain kartu kata
5. Membaca buku yang membuat anak mau membaca cth: buku bergambar/berwarna
6. Jangan memaksa anak
7. Beri dukungan dan pujian
Bagaimana cara Mendorong siswa cepat bisa calistung dengan alat pwndukung.dan natural
Nama : ENY PURWATI
NIM : 837605134
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya video pembelajaran yang saya tonton sudah bagus..guru mengawali pembelajaran dengan apersepsi mengajak anak untuk bernyanyi yg berkaitan dengan materi apa yg akan d ajarkan…Dan disini guru sudah kreatif dengan menggunakan media gambar serta kartu huruf sehingga anak yg kesulitan membaca suku kata dan kalimat dapat mudah memahaminya..mungkin lebih menarik lagi jika gambarnya berwarna untuk menarik minat anak saat menerima pembelajaran….dan guru sudah melakukan pendekatan dengan anak untuk mengetahui seberapa jauh materi yg telah diterima anak didiknya.
Kelemahannya hanya
1. Guru tidak memanfaatkan media gambar untuk peserta didik mempresentasikan didepan kelas sehingga anak kurang aktif
2. di awal pembelajaran guru tidak memberikan salam dan absensi.
NAMA:MELIA JUNISA
NIM:856213511
JURUSAN S1PGSD
Menurut saya kekurangan dari video ini saat awal pembelajaran tidak ada salam pembuka , doa, dan tidak memakai media pembelajaran namun untuk cara menyampaikan materi dan mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan materi sebelumnya sudah cukup baik dan mudah untuk dipahami oleh peserta didik dalam pembelajaran. Terimakasih
Nama : Evi Erpani
NIM : 858034186
PRODI : S1-PGSD
Menurut saya pada vidio pembelajaran yang telah saya tonton dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan pada vidio yang telah saya tonton tersebut.
Kelebihan nya adalah :
1. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyayi membuat suasana kelas menjadi ceria.
2. Guru menggunakan teknik ceramah, menyanyi dalam mengaitkan materi dan menggunakan media belajar (berupa gambar) untuk memudahkan anak-anak memahami yang di sampaikan.
3. Setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa untuk menguji batas kemampuan siswa.
Kelemahannya :
1. Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk berdoa di lanjutkan dengan menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa saat itu.
2. Murid banyak yang tidak fokus.
3. Guru harus menyiapkan metode yang lebih mudah di pahami oleh siswa SD.
Nama : agusmiarti
Nim : 858056411
Semster: 6
Setelah saya melihat video di atas , cara guru tersebut dalam mengajar sangat bagus , patut untuk di tiru , anak-anak bersemangat dan sangat aktif .dan Bahan ajar Sangat perlu dalam mengajar siswa SD dalam pemula , khususnya dalam membaca .
Dan kunci pertama dalam mengajar pemula khususnya dalam membaca adalah mengenal huruf Abjad . Setelah itu baru , mulai mengajarkan ejaan ,Video ini sangat membantu bagi calon guru . 🙏
Nama : JULKIFLI GANI
Nim : 859864311
Prodi : S1-PGSD
Menurut saya pada video pembelajaran yang telah saya tonton dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Kasusnya hampir sama yang saya alami di tempat saya mengajar. Dimana tempat saya mengajar,bagaimana antusias setiap siswa dalam menjawab pertanyaan yang dilemparkan kepada mereka, dan ada juga beberapa siswa yang memang lambat dalam menangkap setiap penjelasan yang diberikan. Dari video itu juga ada kasus yang hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya, dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setiap kalimat dengan baik.
Ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan pada video yang telah saya tonton tersebut..
Yang menjadi kelebihannya adalah:
1. Guru mengawali oembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi
2.guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan
3. Setelah melakukan oenjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasa kemampuan siswa
Kelemahan:
1.guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengabsen siswa
Dan menanyakan kabar siswa.
2.murid banyak yang tidak fokus
3.guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.
Solusi untuk Vidio di atas:
1. Guru dapat mulai kegiatan untuk doa bersama dan presensi awal KBM agar peserta didik lebih semangat
2. Guru melakukan identifikasi gaya belajar peserta didik dan mengaplikasikan di dalam KBM harian
3. Menambahkan media pembelajaran yang digunakan agar seluruh peserta didik dapat memahami pembelajaran
Nama : Risdayani Sitio
Prodi : PGSD
Nim : 855982955
Setelah saya melihat video tersebut dari video guru pintar online (GPO) dengan judul kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat dapat saya simpulkan.
Kekurangan video tersebut adalah:
Guru tidak memberi salam pembuka, tidak dimulai dengan berdoa, tidak mengabsen siswa. Guru juga tidak memberi salam penutup.
Kelebihan:
Guru mengajar dengan semangat sehingga siswa pun dapat belajar dengan semangat juga, guru juga berpenampilan sopan.
Kelemahan:
Kurang banyak dan besar nya media yang digunakan saat dalam pembelajaran tersebut.