Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Siti Nurjana Abdullah
NIM : 859863714
Program Studi : PGSD S1
Semester 8
menurut saya dari video diatas, pembelajaran dibuka dengan guru mengajak siswa bernyanyi bersama untuk menimbulkan rasa semangat , kurangnya guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu dan tidak mengambil daftar hadir.
saat pembelajaran dimulai guru menggunakan media gambar dimana guru mengajak siswa untuk menyebutkan huruf dan membaca nama Ayah dan Ibu, sebagian siswa terlihat bersemangat dan sebagian siswa terlihat jenuh saat pembelajaran sehingga guru melakukan pendekatan dan memban.tu siswa tersebut untuk mengeja bacaan
Nama : Putri Salmawati
Nim : 855982916
Program Studi : PGSD
Video pembelajaran tersebut kurang lebih sama dengan anak didik saya. Dimana antusias setiap siswa dalam menjawab pertanyaan yang dilemparkan kepada mereka dan ada juga beberapa siswa yang memang lambat dalam menangkap setiap penjelasan yang diberikan. Dari video itu juga ada kasus yang hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setaip kalimat dengan baik. Maka dari setiap ulasan video tadi cara yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar anak yaitu:
1. Guru harus menyiapkan metode yang mudah dipahami oleh anak SD.
2. Guru harus bisa menarik perhatian siswa dengan sesekali memutar video tentang tema yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut agar anak-anak tidak mudah jenuh dan bosan.
3. Guru harus kreatif dan tangkap dalam melihat apa yang menjadi kebutuhan siswa. Misalnya membuat permainan (game) yang bisa membantu siswa lebih aktif, konsentrasi dan menyenangkan dalam belajar.
Nama : Milatul Afia
Nim : 857703915
Prodi : S1 PGSD ( pokjar Kedungwuni)
Pada saat saya menonton vidio ini reaksi anak sangatlah senang karena saat pembelajaran sambil menyanyi , yang membuat suasana kelas menjadi riang dan semangat
Kelemahan guru dalam mengajar anak anak tidak melakukan pendahuluan , salam kepada anak anak . Dan saat melihatkan gambar , gambar tidak berwarna sehingga anak anak kurang bersemangat .
Kelebihan guru pada pembelajaran ini adalah bisa mengkondisikan murid murid nya agar tidak ribut
Guru menemukan hal hal unik di kelas saat anak anak di uji dalam bahasa , anak anak menggunakan bahasa yang sangat menarik
Solusi yang bisa digunakan adalah agar murid bisa lebih fokus lagi , dan lebih kreatif lagi dan guru mengawali dengan berdoa sebelum mengawali pembelajaran .
NAMA : ROSY YUNIFA PANGARIBUAN
NIM : 855984959
PRODI: S1- PGSD
POKJAR SERDANG BEDAGAI
SEMESTER 8
Setelah saya melihat menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi ada Kekurangan dan ada juga kelebihan nya. Yaitu:
Kelebihan
– Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi, sehingga dapat menambah semangat yang baru untuk peserta didik tersebut.
– Guru melakukan tanya-jawab kepada siswa, sehingga seluruh siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.
– Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa gambar dan huruf-huruf yang dapat disusun siswa. Sehingga peserta didik dalam menyusun huruf demi huruf sehingga terbentuk menjadi sebuah kata. Dari situ saya bisa melihat guru mampu mengajak siswa untuk mengeja dengan baik.
Kekurangan
– Guru belum melakukan salam pembuka, ataupun berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
– Sebaiknya guru memperhatikan siswa dan mengajak siswa untuk lebih aktif dengan mendatangi satu persatu siswa, sehingga mereka tidak ngantuk ataupun tidak fokus dalam pembelajaran berlangsung yang dibawakan oleh guru tersebut.
Nama : Rosidah Situmorang
NIM : 859880846
Menurut saya guru tersebut sudah tepat karena sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama yang dimana lewat bernyanyi dapat membangkitkan semangat dan dapat memfokuskan siswa sebelum memulai pembelajaran, dan dalam vidio tersebut guru tidak mengunakan media pembelajaran pada saat membaca sehingga murid kurang tertarik untuk melakukan pembelajaran.
Nama : Dewi Ainunisak
Nim. : 857697162
Prodi. : S1 PGSD
Pokjar: UPJJ Kedungwuni
– menurut saya anak-anak kurang semangat
– kelemahan guru tersebut kurang semangat dalam mengajak anak-anak dalam mengikuti pembelajaran.
Keterbatasan media.
Media yang digunakan kurang menarik
– kelebihan nya adalah guru kreatif membuat media pembelajaran yang tidak monoton, sehingga anak-anak tidak bosan
– Guru sudah bagus dalam mengajar anak-anak, dengan cara mengajak bernyanyi bersama.
Selain bernyanyi, bisa juga dengan esbriking, atau mengajak anak-anak bermain sambil belajar, agar anak konsentrasi dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Sebaiknya sebelum anak-anak konsentrasi guru tidak masuk ke materi terlebih dahulu.agar anak bisa mempersiapkan konsentrasi nya.
menurut saya:
video pertama, teelihat suasana kelas yang tidak kondusif. Guru terlihat kewalahan dalam mengkondusifkan kelas. Kemudian pada video ke dua menayangkan kelas yang kondusif dengan guru yang dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk kedalam kelas. Analisis berdasarkan video tersebut saya kemas dengan pertanyaan dan jawaban sebagai berikut.
1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
>Pada tayangan video pertama terlihat suasana kelas yang tidak kondusif sejak guru memasuki kelas, siswa tidak mau mendengarkan arahan dari guru, anak-anak terlihat tidak fokus. Kemudian pada video kedua menayangkan suasana kelas yang kondusif. Reaksi siswa saat guru memasuki kelas, mereka terlihat fokus dan memperhatikan guru.
2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
>Kelemahan guru dalam video tersebut yang pertama guru kurang mencoba menarik perhatian siswa pada saat memasuki kelas. Kemudian terlihat pada pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
> Secara keseluruhan, kelebihan yang ada pada guru tersebut yaitu guru mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran salam proses belajar mengajar. Kemudian metode yang digunakan oleh guru sudah tepat karena sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran. 4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
> Apresiasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, sehingga dapat dengan mudah mengajak siswa untuk masuk kedalam materi pembelajaran yang akan disampaikan. Kemudian cara berpakaian seorang guru yang dapat mencerminkan mana kedisiplinan dan yang tidak.
5.) Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? > a.) Sebaiknya pada pembukaan pembelajaran terdapat kalimat sapaan seperti menanyakan kabar kepada siswa.
b.) Pada saat memulai pembelajaran guru dapat menjelaskan twrlebih dahulu materi yang akan dipelajari dan menjelaskan daripada tujuan pembelajaran di hari itu.
Nama : hengki fernando
Nim : 856998104
Berdasarkan video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, Ada beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
1. Tidak adanya salam sebelum memulai pembelajaran
2. Tidak adanya kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru mengecek kehadiran siswa
4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
6. Guru tidak melaksanakan penguatan
Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
1. Guru mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa.
video pertama, teelihat suasana kelas yang tidak kondusif. Guru terlihat kewalahan dalam mengkondusifkan kelas. Kemudian pada video ke dua menayangkan kelas yang kondusif dengan guru yang dapat menarik perhatian siswa saat mulai masuk kedalam kelas. Analisis berdasarkan video tersebut saya kemas dengan pertanyaan dan jawaban sebagai berikut.
1.) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
>Pada tayangan video pertama terlihat suasana kelas yang tidak kondusif sejak guru memasuki kelas, siswa tidak mau mendengarkan arahan dari guru, anak-anak terlihat tidak fokus. Kemudian pada video kedua menayangkan suasana kelas yang kondusif. Reaksi siswa saat guru memasuki kelas, mereka terlihat fokus dan memperhatikan guru.
2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
>Kelemahan guru dalam video tersebut yang pertama guru kurang mencoba menarik perhatian siswa pada saat memasuki kelas. Kemudian terlihat pada pembelajaran tersebut guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari oleh siswa, melainkan langsung pada proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran.
3.) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
> Secara keseluruhan, kelebihan yang ada pada guru tersebut yaitu guru mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tersebut sudah menggunakan media pembelajaran salam proses belajar mengajar. Kemudian metode yang digunakan oleh guru sudah tepat karena sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran. 4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
> Apresiasi yang diberikan oleh guru kepada siswa, sehingga dapat dengan mudah mengajak siswa untuk masuk kedalam materi pembelajaran yang akan disampaikan. Kemudian cara berpakaian seorang guru yang dapat mencerminkan mana kedisiplinan dan yang tidak.
5.) Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? > a.) Sebaiknya pada pembukaan pembelajaran terdapat kalimat sapaan seperti menanyakan kabar kepada siswa.
b.) Pada saat memulai pembelajaran guru dapat menjelaskan twrlebih dahulu materi yang akan dipelajari dan menjelaskan daripada tujuan pembelajaran di hari itu.
Nama : Elka Yulianti
Nim : 856989896
Upbjj : bandar Lampung
S1 PGSD
Setelah menonton vidio ini menurut saya isi dari pembahasan tersebut iyalah tips dan trik cara supaya seorang guru mendapatkan perhatian dari siswa saat sedang memulai pembelajaran supaya siswa lebih memperhatikan penjelasan dari guru. Berikut beberapa tips dan trik tersebut :
1.belajar sambil bermain yakni dengan beberapa sebuah permainan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan guru sampaikan supaya siswa lebih tertarik dan tidak bosan .misal dalam pembelajaran bilangan ketika guru tersebut menyampaikannya dengan sebuah contoh nyata (beberapa buah jeruk) siswa pun merasa tertarik dan mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat, karena siswa mengaplikasikan dengan bentuk nyata, jadi mudah untuk dimengerti.
2.Dalam mengawali pembelajaran guru seharusnya menggunakan prinsip apersepsi manfaat dari apresepsi iyalah anak menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
3.Penampilan guru sangat penting dalam jalanya pembelajaran, karena penampilan kurang rapih dapat menurunkan semangat belajar siswa karena kurang enak di lihat, karena hal tersebut berpakain rapih dan sopan sangat berpengaruh dalam proses mengajar.