Similar Posts
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Zinta Andini
Nim : 856037867
Assalamualaikum wr.wb.
Dalam vidio tersebut guru dalam mengajar sangatlah baik, mampu mengajak siswa berdialog dengan ramah dan lembut. Dan pilihan guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran seperti media gambar sangat tepat, karna itu bisa meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan tidak mudah membuat siswa bosan.
Nama : Hanifa fauziah
Nim : 857078328
Pokjar : Tarumajaya
Semester : 8
Jurusan : PGSD
Setelah saya menyimak video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah bagus diawali dengan menyanyi agar anak -anak semangat dalam belajar. namun akan tetapi sebagai seorang guru yang kita lakukan dalam proses pembelajaran adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh atau bosan dengan cara mengajar yang kita ajarkan. Apalagi yang kita ajarkan anak kelas 1 sd. Metode mengajar yang kita lakukan harus lebih menarik sehingga anak cepat merespon pembelajaran.
Dari video tersebut cara mengatasi kesulitan membaca anak untuk pemula yaitu:
1. Pastikan anak mengenal huruf dengan baik
2. Ajarkan anak mengenal huruf vokal dan konsonan
3. Ajak anak memahami kata yang dibaca
4. Bermain kartu kata
5. Membaca buku yang membuat anak mau membaca cth: buku bergambar/berwarna
6. Jangan memaksa anak
7. Beri dukungan dan pujian
Nama : Hijriah Dachliani
NIM : 857322787
Semester : 6
Prodi : FKIP
Pokjar : Bogor Selatan
pada video diatas, guru tersebut sudah melakukan pembukaan yang baik, dengan menyanyikan lagu “Pergi kesekolah”, dan mengenalkan anggota keluarga melalui media gambar, serta menggunakan media untuk membantu siswa belajar mengeja dan membaca huruf abjad. setelah menggunakan beberapa media yg digunakan mungkin guru dapat menggunakan cara untuk mengatasi kesulitan anak pada permulaan yaitu: dengan memastikan siswa mengenal huruf abjad, ajak siswa untuk memahami kata yang dibaca, belajar menggunakan kartu kata, dan yang paling penting jangan memaksa siswa serta berikan dukungan dan semangat yang penuh untuk siswa
Nama : Elka Yulianti
Nim : 856989896
Upbjj : bandar Lampung
Pokjar: rumbia
S1 PGSD
Dari vidio yang saya tonton dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan bernyanyi hal tersebut dapat meningkatkan suasan hati siswa dan bersemangat untuk menerima pembelajaran.
2.Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di sampaikan guru tersebut.
3. Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.
Kelemahannya adalah :
1.guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya menggunakan prinsip apersepsi karena manfaat dari apresepsi iyalah anak menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2.Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
3.Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampa
menurut pendapat saya mengenai vidio pembelajaran di atas ada juga kelemahan dan kelebihannya.
kelemahannya yaitu guru kurang memperhatikan siswanya sehingga ada beberapa siswa yang tidak konsentrasi saat proses belajar mengajar berlangsung.
sedangkan kelebihannya yaitu guru mengawali pelajarannya dengan menyanyikan sebuah lagu sehingga anak-anak merasa senang,semanggat dan tidak merasa bosan di dalam ruangan.
Nama :Halimathus syahdiah
Nim : 856038052
setelah saya menyaksikan video tersebut saya ingin menyampaikankelebihan dan kekurangan lada guru tersebut.
1 kelemahannya yaitu guru kura memperhatikan muridnya sehinngga ada beberapa siswa yang bermain saat proses belajar mengajar dan guru tidak ada apresisasi dalam mengawali pembelajarn seharusny seorang guru harus menggunakan aspresiasi supaya anak anak lebih fokus dan semangat dalam pelajaran tersebut
2.guru tidak menguasairuang kelas sehingga tidak menarik ,dan terkesan sangat kaku hal ini menyebabkan siswa tidak semangat dalam belajar.
kelebihannya yaitu
guru mengawali pembelajaran dengan menyanyikan sebuah lagu,dan sehingga anak anak merasa semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
Nama: UMI AROFAH
NIM: 858928894
UPBJJ: UT JEMBER
Jurusan: PGSD
Semester: 8
Salah satu kesulitan terbesar dalam pelaksanaan pelajaran di kelas adalah bosan yang dirasakan oleh siswa baik itu pada kelas rendah atau kelas tinggi di sekolah dasar, hal ini bisa jadi dikarenakan metode yang digunakan oleh guru yang kurang menarik atau cara guru memandu siswa yang tidak disesuaikan dengan kegemaran siswa.
Dalam video metode pembelajaran kali ini, guru sudah menerapkan metode yang dapat membangun konsentrasi siswa dimulai dari menyanyikan lagu yang berisi kata-kata anggota keluarga, menampilkan alat peraga yang sesuai dengan materi seperti gambar ayah dan ibu, memperkenalkan huruf atau kata yang sesuai dengan gambar, kemudian diisi dengan permainan puzzle menyusun huruf sehingga menjadi huruf yang sesuai dengan gambar. Hal ini sangat menggugah minat siswa untuk belajar karena dalam kegiatan permainan tersebut mereka secara tidak sadar telah belajar mengenal kata ayah, membacanya dan menyusun hurufnya.
Nama : karniti
Nim : 857317818
Pokja : bogor selatan
Semester : 6
Prodi : pgsd
Dalam tayangan video yang saya saksikan dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, Terdapat
Kelebihan :
1.guru sudah mengawali pembelajaran dengan baik dengan menyanyikan lagu ” Pergi kesekolah ” Lagu tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran.
2.menggunakan kata anggota keluarga mulai dari yang paling dekat dengan siswa yaitu ” Ayah dan ibu”
3. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar ” Ayah dan ibu ” Disertai dengan kata.
4. Guru membaca kan kata ayah dan ibu kemudian bertanya kepada siswa mengenai kata dan huruf yang di sebutkan oleh guru.
5. Melakukan tanya jawab dengan siswa seperti ” Ini huruf apa? ”
6. Menggunakan kartu kata yang dibuat sendiri oleh guru untuk memudahkan dan melatih konsentrasi siswa dalam mengenal huruf serta menyusunnya.
Kekurangan :
1. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di lakukan.
2. Cara menyampaikan pembelajaran terlalu cepat.
3.gambar yang digunakan seharusnya berwarna agar lebih menarik.
Nama : Sara Rusel
Nim : 825235505
Prodi : S1 PGSD Sorong
Menurut Pendapat Saya, Dari Video Pembelajaran Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat.
Dalam Pembelajaran Video Diatas Ada Kelemahan Dan Kelebihan:
Kelemahannya Yaitu: Guru Dari Awal Pembelajaran Tidak Ada Salam Pembuka Dan Doa, Dan Juga Tidak ada salam penutup.
Kelebihannya Yaitu: Guru Mengawali Pembelajaran Dengan Menyanyikan Sebuah Lagu Dengan Anak-anak Agar Anak-anak Tidak merasa Bosan, Dan Juga Guru Mengenalkan Anggota Keluarga Melalui Media Gambar, Agar Siswa dapat Membaca Dan Mengenal Huruf Abjad Dengan Baik.
Terimakasih 🙏
Nama : Sara Rusel
Nim : 825235505
Prodi : S1 PGSD Sorong
Menurut Pendapat Saya, Dari Video Pembelajaran Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat.
Dalam Pembelajaran Video Diatas Ada Kelemahan Dan Kelebihan:
Kelemahannya Yaitu: Guru Dari Awal Pembelajaran Tidak Ada Salam Pembuka Dan Doa, Dan Juga Tidak ada salam penutup.
Kelebihannya Yaitu: Guru Mengawali Pembelajaran Dengan Menyanyikan Sebuah Lagu Dengan Anak-anak Agar Anak-anak Tidak merasa Bosan, Dan Juga Guru Mengenalkan Anggota Keluarga Melalui Media Gambar, Agar Siswa dapat Membaca Dan Mengenal Huruf Abjad Dengan Baik.
Terimakasih 🙏