Similar Posts
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Azwani Februari Zebua
Nim:856034062
Kelas/S: B(6)
Pokjar : mandrehe kab Nias barat
Prodi : PGSD
Menurut pendapat saya, mengenai video tersebut, langkah dan cara yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah benar.
Hanya saja sebelum memulai kegiatan pembelajaran sebagai guru harus melakukan kegiatan untuk berdoa,bernyanyi setelah itu guru baru mengajak siswa bernyanyi yang bisa membuat mrka semangat. Dalam Vidio tersebut guru sudah penuh kesiapan, terampil untuk memberikan materi Dengan menggunakan media gambar dan juga mengaja kata yang ditujukan pada gambar tersebut. Selain itu, guru juga menggunakan media berupa kartu huruf dan membimbing siswa untuk menyusun sebuah kata sesuai dengan yang diperintahkan guru. Siswa nampak sangat aktif dan semangat mengikuti pembelajaran dikarenakan media yang digunakan sangat menarik perhatian mereka.
Ada beberapa yang menyebabkan siswa untuk kesulitan membaca yaitu bosan,kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajar, pembelajaran lambat.
Ada juga solusi untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu melakukan metode abjad, metode eja, metode suku kata, metode kata, metode kalimat, metode sas.
Terimakasih!
Nama : Aicar maudina
Nim : 858911543
Prodi : PGSD
MENURUT saya didalam pembelajaran tersebut sudah baik dengan membangkitkan semangat dan memberi kan perhatian kepada siswa. Namun dalam pembelajaran video diatas pada awal tidak adanya kegiatan awal yaitu mengucapkan salam berdoa serta mengecek kehadiran siswa hal. Seperti itu seharusnya dilakukan sebelum menyanyi bersama.
Dalam proses pembelajaran guru menggunakan media sebagai alat bantu mempermudah pemahaman siswa dan guru menjelaskan secara rinci kepada siswa.
Namun guru juga kurang dalam mengaitkan siswa secara langsung .
Maka dari itu dari kesimpulan video ini jika terdapat anak yang kesulitan membaca huruf pentingnya guru menarik perhatian siswa dan membuat metode metode yang tidak membosankan serta terus melakukan inovasi inovasi media yang menarik agar siswa fokus terhadap pembelajaran
Nama : Rita Rahmawati
Nim : 856983025
Prodi : PGSD-S1
Semester : 6
Pokjar: Banjar agung
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Seri pembelajaran: Bahasa Indonesia SD
Judul : Kesulitan membaca di sekolah dasar
Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, refleksi yang saya berikan sebagai berikut:
Adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran kegiatan pembelajaran apa lagi seorang guru memberikan masukan seperti tepuk tangan dan memberikan refleksi terhadap awal kegiatan pembelajaran
Kelebihan
– guru tersebut menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa/siswi cepat memahami pembelajaran dan tidak bosan.
– guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu terhadap anak agar mudah di pahami
– guru tersebut memberikan huruf pada gambar ayah dan ibu dan anak anak diminta untuk mengeja kata ayah dan ibu
Adapun kekurangannya
– guru lupa akan mengecek kehadiran siswa
– guru lupa akan kegiatan awal pembelajaran seperti adanya do’a dan ucapan salam.
Upaya yang menurut saya dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada video tersebut yaitu :
– menambah media pembelajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan power point, gambar berwarna
– membiasakan anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
– mengecek kehadiran siswa sebelum pembelajaran
– mengajak interaksi dengan anak lebih banyak
– guru bisa menggunakan hal hal yang lebih menarik lagi supaya anak anak lebih bersemangat lagi
Nama : Rita Rahmawati
Nim : 856983025
Prodi : PGSD-S1
Semester : 6
Pokjar : Banjar agung
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Seri pembelajaran: Bahasa Indonesia SD
Judul : Kesulitan membaca di sekolah dasar
Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, refleksi yang saya berikan sebagai berikut:
Adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran kegiatan pembelajaran apa lagi seorang guru memberikan masukan seperti tepuk tangan dan memberikan refleksi terhadap awal kegiatan pembelajaran
Kelebihan
– guru tersebut menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa/siswi cepat memahami pembelajaran dan tidak bosan.
– guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu terhadap anak agar mudah di pahami
– guru tersebut memberikan huruf pada gambar ayah dan ibu dan anak anak diminta untuk mengeja kata ayah dan ibu
Adapun kekurangannya
– guru lupa akan mengecek kehadiran siswa
– guru lupa akan kegiatan awal pembelajaran seperti adanya do’a dan ucapan salam.
Upaya yang menurut saya dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada video tersebut yaitu :
– menambah media pembelajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan power point, gambar berwarna
– membiasakan anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
– mengecek kehadiran siswa sebelum pembelajaran
– mengajak interaksi dengan anak lebih banyak
– guru bisa menggunakan hal hal yang lebih menarik lagi supaya anak anak lebih bersemangat lagi
Hhshshha
Nama : Elka Yulianti
NIM : 856989896
POKJAR : rumbia
Judul video : Kesulitan membaca huruf,suku kata dan kalimat.
Dari vidio yang saya tonton dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran.
2.Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di sampaikan guru tersebut.
3. Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.
Kelemahannya adalah :
1.guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2.Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
3.Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
3.keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan, dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.
Cara upaya mengatasi kesulitan belajar dan untuk meningkatkan kualitas belajar
1) gunakan metode yang kreatif dan inovatif yang mudah di pahami oleh siswa dan ice breaking setiap ingin memulai pembelajaran,
2) guru harus kreatif dan lintar untuk menguasi ruangan supaya todak moniton dan anak anak tidak cepat bosan dalam melakukan pembelajaran.
3.melakukan analisa kemampuan siswa seperti memberi soal soal untuk mereka jawab dan dari hasil tersebut bisa di lihat seberapa besar pemahaman siswa mengenai materi yg di sampaikan .
Nama : Fahzila Farentika
NIM : 856221597
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : 14/Padang
Berikut analasis saya terhadap video tersebut:
Video diawali dengan nyanyi yang nantinya akan menuntun pada materi membaca huruf, kata, dan kalimat. cara tersebut bisa dibilang efektif karena akan mudah untuk anak kelas 1 menjadi tertarik memperhatikan pelajaran.
Dari video tersebut penyebab kesulitan membaca, anatara lain
1. Anak Malas
2. Bosan
3. Kurang perhatian guru
4. Tidak ada mendia pembelajaran
5. Pembelajaran lambat
Dan terdapat berbagai solusi yang dihadirkan, beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh guru SD kelas 1 untuk mengatasi kesulitan anak dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat antara lain: memberikan pengajaran fonetik, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberikan latihan membaca yang cukup, meningkatkan kosa kata, mendorong anak untuk membaca, dan memberikan penguatan positif pada anak-anak ketika mereka berhasil membaca dengan lancar dan memahami bacaan yang mereka baca.dengan menggunakan jenis-jenis metode membaca permulaan, antaranya:
1. Metode abjad
2. Metode eja
3. Metode suku kata
4. Metode kata
5. Metode kalimat
6. Metode SAS
Sekian Analisis saya
Terima Kasih
Nama: Desi Nuri Damayanti
Nim: 856989857
Pokjar: Rumbia
Judul video: Kesulitan Membaca
Huruf,Suku Kata, Kata
dan Kalimat
Setelah saya melihat video tersebut
Adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran yaitu
– siswa sangat antusias pada awal kegiatan awal pembelajaran, guru sebelum memulai pembelajaran mengajak siswa bernyanyi dengan iringan musik tepuk tangan sehingga siswa menjadi semangat dan mood siswa menjadi lebih baik.
Adapun kelebihan pada kegiatan pembelajaran pada video tersebut.
– guru menggunakan media belajar yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
Adapun kekurangan video pembelajaran tersebut
– guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
-guru lupa mengecek absen siswa
Adapun upaya yang harus ditingkatkan dalam pembelajaran video tersebut
– guru harus menyiapkan metode yang mudah dipahami anak SD, seperti kegiatan tanya jawab untuk melatih mental siswa agar lebih berani
– selain media pembelajaran menggunakan kartu kosa kata dan gambar lebih baiknya menggunakan media elektronik seperti memberi video pembelajaran tersebut agar siswa tidak mudah bosan dan lebih aktif lagi.
Nama : Ummu Sholihah
NIM : 858733483
Kelas : 2A PGSD BI
Setelah menonton video mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat tersebut terdapat beberpa hal yang dapat saya amati antara lain: untuk mengawali pembelajaran guru tersebut memulai dengan menyanyi sehingga menarik siswa dalam pembelajaran. Guru mengajarkan siswa mengenal nama anggota keluarga dengan memberi pertanyaan tehadap siswa mengenai lagu tersebut. Kemudian guru menunjukkan gambar pada siswa sehingga siswa dapat dengan mudah memahami. Setelah itu guru meminta mencocokan tulisan dengan gambar kemudian meminta siswa agar membaca huruf yang telah disediakan. Dalam video tersebut bagus untuk meningktakan kemapuan siswa dalam membaca karena dalam pemebelajaran tersebut dilengakapi dengan gambar, sisiwa terlihat antusias terhadap pelajaran tersebut, guru juga mendekati siswa yang kurang antusias dengan memintanya untuk membaca. Sebagai seorang guru setelah menonton video tersebut dapat diambil manfaatnya dengan mengikuti metode tersebut dan di praktikan ke peserta didik dimana tempat saya mengajar.
Nama: Desi Nuri Damayanti
Nim: 856989857
Pokjar: Rumbia
Judul video: kesulitan membaca Huruf,Suku kata, Kata, dan Kalimat
Setalah saya amati video tersebut adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran dengan guru dan siswa bernyanyi dengan iringan musik tepuk tangan siswa menjadi semangat.
Kelebihan video pembelajaran tersebut
– guru mengajak murid bernyanyi
– guru mengenalkan ayah ibu dengan petunjuk gambar ayah ibu dan mengeja huruf kemudian guru menyuruh siswa mengurutkan kosa kata yang diberikan kartu kosa kata
Kelemahan dari video pembelajaran tersebut
-guru lupa memberi salam kepada siswa dan mengabsen siswa satu persatu
Adapun upaya yang harus ditingkatkan
Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
– selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.