silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Novi Rianti
    Nim : 856943322
    Pokjar : UT Sidomulyo

    Setelah menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Dalam Vidio diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah dilaksanakan oleh guru tersebut,
    Menurut saya video diatas cukup baik karena guru membuka pelajaran dengan semangat dan gembira dengan cara mengajak anak-anak bernyanyi, media gambar yang digunakan juga cukup membantu anak dalam proses belajar .
    Kelebihan:
    – Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut anak lebih memahami huruf/kata yang sesui dengan gambar yang bersifat nyata terlihat.
    – Mudah diingat anak dengan bantuan media gambar tersebut.
    – Media tersebut mudah didapat.

    Kelemahan :
    – guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam, berdoa dan mengecek kehadiran. Gunakan metode yang kreatif sehingga anak-anak tidak cepat bosan dalam melakukan proses belajar mengajar
    – Dalam proses pembelajaran Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
    – Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.

    Solusi :
    Media gambar yang digunakan mengunakan gambar yang berwarna untuk menarikmperhatian anak. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara berurutan. Contohnya dimulai dengan bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga. Ketika pembelajaran sudah sampai pada kegiatan kemampuan membaca siswa, guru dapat menggunakan metode bermain kartu kata dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan yang telah diajarkan pada hari ini, agar anak mampu mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari hari ini

  2. Nama : Lesita Aulia Putri
    Nim : 856979784
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Bandar lampung
    Pokjar: Banjar agung

    Setelah saya melihat menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi ada kekurangan dan juga ada kelebihannya. Yaitu:
    1. Bagaimana reaksi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa guru?
    Berdasarkan hasil analisis saya terkait video di atas, reaksi siswa dalam menanggapi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut tentu bermacam-macam yaitu siswa ada yang terlihat ada siswa yang bosan saat di tengah pembelajaran,dan ada yang bersemangat, dan ada yang kurang fokus. Namun demikian, selama pembelajaran berlangsung, di antara siswa terlihat mampu menguasai materi pembelajaran apa yang diberikan oleh guru tersebut.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran salam pembuka, berdoa, mengisi absen atau hadir siswa, menanyakan kabar dan literasi, kesiapan siswa dalam menerima, materi pembelajaran yang akan diberikan.

    3. Secara keseluruhan apa kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
    Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu guru tersebut menggunakan media menggunakan media belajar berupa gambar sehingga mudah dipahami oleh siswa yang dapat mengatasi hambatan dan kesulitan siswa dalam membaca. Kemudian, cara berinteraksi dengan sangat menyenangkan dengan menggunakan lagu siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal-hal unik yang saya temukan saat guru tersebut melaksanakan pembelajaran yaitu dalam metode pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi masalah siswa sulit membaca untuk siswa yang tidak mengenal huruf memiliki metode dan media tersendiri yang digunakan. Kemudian, siswa yang memiliki hambatan sulit mengeja menggunakan metode eja dan media gambar sehingga siswa dapat dengan mudah belajar membaca.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang ditampilkan dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, sebelum menerapkan metode pembelajaran dalam membaca sebaiknya guru melakukan bantuan awal tentang gaya belajar setiap siswa agar selama proses KBM dengan minat dan rasa ingin tahu yang tinggi.

    Ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan pada vidio yang telah saya tonton tersebut.
    Kelebihannya adalah :
    1. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyayi membuat suasana kelas menjadi ceria.
    2. Guru menggunakan teknik ceramah, menyanyi dalam memasukkan materi dan menggunakan media pembelajaran (berupa gambar) untuk memudahkan anak-anak memahami yang di sampaikan.
    3. Setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa untuk menguji batas kemampuan siswa.
    Kelemahannya :
    1. Memperbaiki sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk berdoa dilanjutkan dengan menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa saat itu.
    2. Murid banyak yang tidak fokus.
    3. Guru harus menyiapkan metode yang lebih mudah dipahami oleh siswa SD.

  3. Nama : lINDA KUSNERI
    NIM. : 855742699
    Prodi. : S1 PGSD
    Pokjar : SEKAMPUNG Lampung timur

    Setelah menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Dalam Vidio diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah dilaksanakan oleh guru tersebut,
    Menurut saya video diatas cukup baik karena guru membuka pelajaran dengan semangat dan gembira dengan cara mengajak anak-anak bernyanyi, media gambar yang digunakan juga cukup membantu anak dalam proses belajar .
    Kelebihan:
    – Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut anak lebih memahami huruf/kata yang sesui dengan gambar yang bersifat nyata terlihat.
    – Mudah diingat anak dengan bantuan media gambar tersebut.
    – Media tersebut mudah didapat.

    Kelemahan :
    – guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam, berdoa dan mengecek kehadiran. Gunakan metode yang kreatif sehingga anak-anak tidak cepat bosan dalam melakukan proses belajar mengajar
    – Dalam proses pembelajaran Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
    – Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.

    Solusi :
    Media gambar yang digunakan mengunakan gambar yang berwarna untuk menarikmperhatian anak. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara berurutan. Contohnya dimulai dengan bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga. Ketika pembelajaran sudah sampai pada kegiatan kemampuan membaca siswa, guru dapat menggunakan metode bermain kartu kata dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan yang telah diajarkan pada hari ini, agar anak mampu mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari hari ini

  4. GPO 2
    Nama : Luh Putu Mega Paramita Sari
    NIM : 859012635
    Prodi : PGSD
    MK : PDGK 4501
    1. Apakah saudara guru pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut?
    Ya, saya pernah mengalami permasalahan seperti video tersebut.
    2. Bagaimana saudara guru mengatasi permasalahan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan? Menggunakan metode yang sama dengan video atau yang lainnya?
    Dalam pelaksanaan pengajaran membaca, guru seringkali dihadapkan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca khususnya di kelas rendah. Kesulitan-kesulitan tersebut antara lain kurang mengenali huruf, kesulitan vokal dan konsonan, serta membaca kata demi kata. Peran guru sebagai fasilitator sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan peningkatan belajar siswa. Keberhasilan belajar siswa tidak lepas dari cara guru membimbing dan mendidik siswanya. Bimbingan yang harus dilakukan guru dalam menghadapi siswa yang mengalami kesulitan membaca antara lain huruf dijadikan bahan nyanyian, menampilkan huruf dan mendiskusikan bentuk (karakteristiknya) khususnya huruf-huruf yang memiliki kemiripan bentuk (misalnya p, b, dan d), gunakanlah bacaan yang tingkat kesulitannya rendah, kembangkan dan latihlah siswa dalam mendengarkan dan mengucapkan kata-kata yang terdapat konsonan seperti depan, adat, dapat, diri dan sebagainya, serta tanamkan pengertian dan berikan contoh pada diri siswa bahwa huruf-huruf tertentu dapat melambangkan lebih dari satu bunyi misalnya : huruf e dapat melambangkan bunyi e dan é. Selain itu, guru perlu mengembangkan kemampuan untuk dapat menggunakan media-media pembelajaran yang menarik agar dapat memberikan pengaruh kontruktif pada kemampuan siswa ketika menghadapi kesulitan membaca permulaan.

  5. NAMA : NADIA GUSMATANTRI
    NIM : 856993097
    POKJAR : SIDOMULYO
    Setelah saya menyimak video diatas ( kesulitan membaca disekolah dasar).
    dalam video pembelajaran sudah cukup bagus Karena dalam video tersebut guru telah membuka pelajaran dengan semangat yaitu dengan bernyanyi bersama siswa sehingga siswa tersebut pun menjadi semangat. Kemudian lagu yag dinyanyikan guru dan siswa tersebut pun ada kaitannyan dengan judul pelajaran yang akan di pelajari (keluarga). Guru juga menggunakan media gambar dengan mengenalkan foto keluarga dan mengenalkan bacaannya serta guru juga menggunakan metode abjad kepada siswa sehingga siswa mengetahui satu persatu huruf yang tertera dalam gambar itu tadi.

  6. Nama : DWI WINDIASARI
    NIM : 855739454
    Jurusan : S1 – PGSD
    POKJAR : SEKAMPUNG LAM-TIM

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru sudah mengajar dengan cukup baik. Ia terlihat begitu perhatian terhadap para siswanya. Dan dalam video pembelajaran tersebut memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :
    1. Guru mengawali pembelaaran dengan bernyanyi sehingga dapat menamba semangat belajar siswa dan menjadikan suasana kelas begitu menyengkan
    2. Guru mengajar dengan menggunakan kartu gambar, sehingga dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca. Khususnya, dalam kelas rendah yang masih mulai memahami huruf abjad
    3. Guru yang mengajar dalam video, selain terlihat perhatian pada siswaya, ia juga terlihat begitu sabar dan mEmberikan dukungan untuk para siswa
    Akan tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaara tersebut ada beberapa kekurangan yang nampak, seperti :
    1. Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
    2. Kartu gambar yang digunakan kurag menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya
    3. Tidak adaya presensi kehadiran, sehingga guru tidak mengetahui siaa saja siswanya yang tidak hadir daam pembelaaran hari itu

    Terimakasih

  7. Nama : Ririn Septiana
    Nim : 856982965
    Pokjar : Banjar Agung
    Prodi : PGSD -S1
    Upbjj : Bandar Lampung

    Setelah saya menyimak dan menganalisis video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi pendapat saya dari video diatas yaitu:

    1.) Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Berdasarkan hasil analisis saya terkait video di atas, reaksi siswa dalam menanggapi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu, ada siswa yang terlihat bosan, ada yang bersemangat, ada yang bisa menguasai pembelajaran dengan baik, dan ada yang kurang fokus. Namun saat pembelajaran berlangsung, diantara nya terlihat mampu menguasai dan mengikuti materi pembelajaran apa yang disampaikan oleh guru tersebut.

    2.) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut pendapat saya kelemahan nya yaitu :
    1. guru tidak memulai pembelajaran dengan salam pembuka, berdoa, mengisi daftar hadir siswa/absen
    2. Tidak menanyakan kabar, literasi, dan menanyakan kesiapan siswa dalam menerima materi pembelajaran yang akan diberikan
    3. Tidak terdapat salam penutup dan tanya jawab mengenai pembelajaran tersebut antara paham tidak nya siswa terhadap materi yang disampaikan.

    3.) Secara keseluruhan apa kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
    Menurut pendapat saya kelebihan nya yaitu :
    1. menggunakan media belajar berupa gambar sehingga mudah dipahami oleh siswa
    2. Cara guru berinteraksi dan menjelaskan pembelajaran kepada siswa sangat menyenangkan
    3. Di selingi lagu yang membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.

    4.) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal-hal unik yang saya temukan saat guru tersebut melaksanakan pembelajaran yaitu :
    1. Metode pembelajaran yang interaktif. digunakan untuk mengatasi masalah siswa yang sulit membaca dan siswa yang belum mengenal huruf.
    2. Media gambar yang mempermudah pembelajaran.
    3. Ketertarikan siswa terhadap media dan metode yang diberikan guru.

    5.) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang ditampilkan dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Upaya yang dapat saya diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, yaitu
    1. Sebelum pembelajaran Guru harus memulai kegiatan pembelajaran dengan salam, ber do’a, meng absen, menanyakan kabar dan literasi.
    2. Guru lebih memberi perhatian khusus terhadap siswa yang belum paham dan yang belum bisa mengenal huruf serta meng eja.
    3. Memberikan sesi tanya jawab terhadap siswa agar guru paham mana siswa yang belum memahami materi yang diberikan
    4. Menutup kegiatan pembelajaran dengan salam penutup dan bila perlu memberi PR terhadap siswa.

  8. Nama : SYARIFAH DARMIATI
    Nim : 856078088
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6
    Assalamuaikum Wr. Wb
    Setelah saya simak vidio pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf,suku kata, dan kalimat. karena dalam vidio tersebut guru telah membuka pelajaran dengan semangat. kemudian guru dan siswa menyanyikan lagu ” pergi belajar ” ada pun kaitannya dengan judul pelajaran yang akan dipelajarai. Guru juga menggunakan media gambar dengan mengenal foto keluarga dan mengenal bacaannya serta guru juga menggunakan metode abjad kepada siswa.

  9. Nama : Yulianti Supale’e
    NIm : 823016254
    Prody : S1 _ PGSD
    Pokjar : Sram Bagian Timur (SBT)/ Maluku

    Setelah saya menyimak video proses pembelajaran yang di beriakan oleh ibu guru, di dalam kelas. ibu guru telah memberikan materi pembelajaran dengan baik, menggunakan berbagai fariasi dalam mengajarkan anak mengamati gambar,mengenal huruf,dan membaca,serta menggunakan alat peraga pengenalan keluarga,anak mampu menulis dan membaca kata ayah dan ibu.

    Proses mengajar guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran atara lain salam,menanyakan kabar siswa, berdoa dan mengecek kehadiran. Gunakan metode yang kreatif sehingga anak-anak tidak jenuh dalam melakukan proses belajar mengajar.

  10. Nama : Nadiasih
    Nim : 856077878
    PRODI : S1 PGSD

    ASSALAMUALAIKUM
    Dari video yang saya simak tadi, guru yang mengajar sudah melaksanakan metode ajar yang sangat menarik, guru tersebut juga menyediakan bahan ajar serta mengajak anak-anak bernyanyi terlebih dahulu guna merangsang kemampuan berfikir untuk menghubungkan nyanyian tersebut kepada materi pembelajaran.
    Disini tentunya semua siswa tidaklah sama, dalam hal membaca pasti ada siswa yang masih terbata-bata, yang lancar, bahkan sama sekali belum bisa membaca serta mengenal huruf, dalam kondisi tersebut tidaklah mudah sebagai seorang guru agar dapat mengajar siswa dengan keadaan yang kondusif, dalam pelajaran bahasa Indonesia ini diutamakan agar anak-anak dapat terlebih dahulu mengenal huruf bagi yang belum bisa membaca, dengan cara menuliskan huruf abjad di kertas-kertas kecil setiap siswa, kemudian kita gunting, lalu guru dapat melafalkan huruf tersebut dengan lantang, dan diikuti siswa juga memegang kertas yang bertuliskan huruf tersebut, dengan tujuan agar siswa dapat mengingat huruf satu persatu. Kegiatan tersebut dilakukan di setiap awal pelajaran. Dan setelah mereka hafal dengan huruf tersebut siswa akan dengan mudah membaca persuku kata.

Leave a Reply