silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama :Julimanto waruwu
    Nim ; 855993499
    Pokjar :Mandrehe
    Semester ; 8

    Setelah melihat video di atas, penyampain pembelajaran sudah cukup jelas, tetapi alangkah baiknya jikalau seorang guru membuka pembelajan dengan Doa terus mengabsen siswa yg hadir. Dan pada saat penyampaian materi alangkah baiknya jika seorang guru mengajak siswa untuk maju kedepan agar siswa tidak merasa bosan pada pembelajan tersebut. Dan yg keterakhir seorang guru memberikan tugas kepada siswa agar mereka tidak hanya belajar disekolah.

  2. Nama : Sunarti
    NIM : 856636789
    Prodi : S1 PGSD
    Semester : 6

    Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan agar anak lebih semangat belajar dan tidak merasa bosan. Kemudian guru juga harus memperhatikan peserta didik yang kurang memahami huruf dan sulit dalam membaca.

  3. Dari video tersebut menurut saya
    kalau metodenya sudah bagus dan baik, guru juga baik dalam menggunakan media belajar yang memudahkan anak dalam memahami materi lebih mudah dan gampang . Murid juga terlihat dapat menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh ibu guru , seperti menjawab gambar yang di tanyakan oleh Bu guru yaitu ayah dan ibu

  4. NAMA : ERNAWATI
    NIM : 857610804
    PRODI : PGSD-S1
    POKJAR : SALUT TEGAL
    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu
    1. guru terlalu focus terhadap penyampaian materi dan kegiatan awal seperti apersepsi,sehingga tujuan pembelajaran tidak di informasikan kepada siswa.
    2. Pada video tersebut gambar yang di gunakan menggunakan gambar hitam putih serta menggunakan kosakata yang kurang beragam jadi kurang terlihat menarik bagi siswa sehingga siswa cepat bosan dan sibuk dengan aktivitasnya.
    3. Pada kegiatan tersebit guru hanya mengenakan beberapa huruf yang bisa disebabkan karena kurangnya waktu. Waktu yang di berikan tidak cukup untuk membantu siswa belajar mengenali hurf – huruf.
    4. Pada video tersebut guru tidak memberikan motivasi atau dukungan berupa pujian terhadap siswa. Jadi dapat membuat siswa merasa bingung dalam membaca.

    Selain itu ada kelemahan dalam mengajar, guru tersebut juga memiliki kelebihan dalam mengajar. Kelebihan guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut,
    1. guru menggunakan media pembelajaran yang menarik , seperti penggunaan gambar dan kartu kata untuk memudahkan siswa mengenal huruf dan membaca kata, guru memberikan penjelasan dalam belajar membaca, guru juga memberikan tugas membaca buku agar siswa lebih lancar dalam membaca.
    2. Guru tersebut juga memiliki hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut, seperti guru sebelum memulai pembelajaran memberi penguatan terhadap siswa dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi dan bertepuk tangan.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru lebih memperhatikan keseluruhan siswa dalam proses pembelajaran, menymapaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan pembelajaran. sebaiknya menggunakan media yang menarik perhatian siswa misalnya dengan menggunakan tampilan-tampilan gambar lebih banyak dengan proyektor, guru harus meluangkan banyak waktu untuk membantu siswa mengenali banyak huruf atau alokasi waktu yang diberikan kepada siswa harus lebih banyak sehingga dalam proses pembelajarannya pun tidak terburu- buru.
    Guru jugaharus memberi motivasi agar mereka merasa di hargai

  5. Nama : Kholid Amrullah
    Nim : 85841896
    Pokjar : Bontang

    Setelah saya menyimak apa dalam video utersebut, bebrapa hal baru telah saya pelajari,
    terutama mengenai siswa yang keseluitan dalam membaca huruf suku kata atau membaca sebuah kata.,

    Guru melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran.
    setelah itu Guru mneyajikan gambar yang mereka mudah ketahui dan di tetap di bimbing, kemudian Guru mendapati bebrapa siswa yang kesulitan ataupun malas, dll. maka metode atau inisatif yang di lakuakan menurut saya sudah tepat, mulai dari memperhatikan setiap siswa dan memberikan metode cara baca kata

  6. REFLEKSI VIDEO PEMBELAJARAN
    GPO 2
    Kamis , 27 april 2023

    Nama : Kurnia Rizqillah
    Nim : 857692661
    Prodi : S-1 PGSD
    Pokjar : Batang
    UPBJJ : UT SEMARANG
    Judul : kesulitan membaca huruf suku kata,kata,dan kalimat
    Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
    Jawaban :
    – Para murid duduk dengan rajin dan tertib saat guru sudah mulai memasuki kelas
    – Para murid lebih senang diajak bernyanyi Bersama sehingga tidak merasakan bosan saat pelajaran berlangsung
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawaban :
    – Kebanyaak siswa pada kelas rendah dan dengan jumlah murid yang banyak maka perhatian dari guru kurang maksimal,
    – Media yang digunakan untuk mengajar kurang seru,
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    -mengajari siswa-siswi pada video tersebut dengan sabar saat menjelaskan maupun menyikapi tingkah laku anak-anak
    – guru menggunakan media belajar dengan menggunakan barang yang ada dikelas tersebut
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    – Menggunakan media gambar dan penulisan huruf A-Z dengan media kertas lain agar siswa dapat lebih cepat mengenal huruf
    – Menggunakan metode suku kata atau yang lainnya agar lebih mudah dipahami.

    4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang adna amati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Jawaban :
    – Menggunakan media gambar dan huruf yang sudah disediakan
    – Berlatih mengeja huruf dari A-Z
    – Dan menggunakan metode eja

  7. Assalamualaikum Wr,Wb
    Nama: Rori Sundari
    Nim : 856253292
    Prodi : PGSD
    Upbjj : Padang
    Baiklah dari vidio diatas yg telah saya lihat, di situ gurunya sudah semangat untuk mengajar siswa ttg kesulitan membaca huruf,media yg digunakan oleh guru tersebut sudah lengkap,tapi ada beberapa anak tidak bisa membaca huruf,menurut saya dapat kita lihat pada saat sekarang ini jika ada salah satu siswa tidak pandai membaca yg di salahkan oleh orang tuanya adalah guru,tetapi dari vidio diats dapat di simpulkan bahwa orang tua harus selalu ikut juga mengajarkan anak nya d rumah,jangan di andalkan d sekolah saja,dimana guru sudah berperan aktif untuk bisa siswa membaca,media yg d gunakan nya sudah lengkap untuk membantu siswa yg tidak bisa membaca,solusinya siswa harus semangat untuk pergi sekolah,jangan di biarkan anak malas dan orang tua harus ikut memperhatikan anaknya,sekian dari saya

  8. Nam: Rori Sundari
    Nim: 856253292
    Prodi: PGSD
    Upbjj: Padang
    Kemudian dalam vidio ini ada kekurangannya sebelum kita memulai pelajaran alangkah baiknya di mulai berdoa,kemudian mengambil absensi,baru kita masuk kegiatan inti yaitu penyampaian materi,tetapi dari vidio tersebut dalam memulai pembelajaran seorang guru bernyanyi sama siswanya,tujuannya supaya siswa tersebut semangat apalagi guru tersebut mengajar di kls 1,dari nyanyi tersebut bisa seorang guru memberi umpan balik kepada siswa tersebut,seharusnya dalam mengajar kalau bisa kita menggunkam media untuk membantu siswa tersebut dalam kesulitan apalagi di kls 1,apabila kesulitan membaca siswa tersebut, bisa dibantu oleh media tersebut,kalau kita mengajar di kls 1 media yg kita gunakan contohnya media gambar,dari media tersebut siswa jadi paham

  9. NAMA: ABDUL AZIZ
    NIM : 856989746
    POKJAR : RUMBIA
    JUDUL VIDIO : KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA dan KALIMAT
    Dari vidio reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran oleh guru ada beberapa siswa yang antusias memperhatikan penjelasan guru, namun ada juga siswa yang kurang antusias karena merasa bosan namun jumlahnya lebih sedikit
    Kelebihan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah guru membuka pelajaran dengan baik sehingga memicu semangat belajar bagi siswa
    Kekurangan adalah guru tidak memeriksa kehadiran siswa sehingga guru tidak bisa mengetahui presentasi kehadiran siswa saat pembelajaran
    Keunikan nya guru ini bisa membuat suasana kelas menjadi hidup karena memang guru memiliki kompetensi yang mumpuni
    Usulannya adalah guru bisa memperhatikan siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran dan mengajak berkomunikasi , sehingga siswa tersebut merasa diperhatikan oleh guru.

  10. Nama: Arum Tri Kusuma Waldani
    Nim: 856983168
    Prodi: S1 PGSD
    Pokjar: Banjar Agung
    UPBJJ: Bandar Lampung

    Dari video simulasi pembelajaran di atas, menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam video tersebut seperti:
    Adapun kelemahan guru dalam video tersebut seperti dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, doa, dan Mengecek kehadiran siswa dan saya yang menemukan keunikan dan menjadi kelebihan tersendiri untuk pembelajaran dalam video tersebut guru menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran di kelas dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, maka seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan membaca dan guru juga harus menggunakan metode yang bervariasi dalam menyajikan pembelajaran bagi anak yang kesulitan membaca serta menemukan solusi pada anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut titik ada beberapa reaksi siswa pada saat kegiatan belajar mengajar seperti anak yang tidak biasa atau belum mampu membaca akan merasa bosan dan malas untuk memperhatikan pembelajaran, dan anak yang merasa mampu ataupun bisa akan berperilaku aktif dan sangat interaktif terhadap lingkungan belajarnya.
    Penyebab anak yang mengalami kesulitan membaca adalah anak malas, anak bosan, anak kurang konsentrasi kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, pembelajaran lambat atau slow leaner.
    Kita sebagai tenaga seorang pendidik dapat menerapkan metode membaca permulaan seperti:
    1. Siswa yang belum dapat membaca huruf maka guru menggunakan metode abjad dan metode Eja.
    2. Siswa yang belum dapat membaca suku kata maka guru menggunakan metode suku kata.
    3. Siswa yang mampu membaca kata dan kalimat maka guru menggunakan metode kata dan kalimat.
    4. Siswa yang sudah pandai membaca maka guru menggunakan metode Sas ada beberapa solusi Bagaimana mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulaan seperti, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai pembelajaran guru harus mengenali Apa yang menjadi penyebab kesulitan anak. Guru harus memahami jenis-jenis metode membaca permulaan agar guru dapat menyajikan pembelajaran sesuai kebutuhan anak.

Leave a Reply