Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Nama :Julimanto waruwu
Nim ; 855993499
Pokjar :Mandrehe
Semester ; 8
Setelah melihat video di atas, penyampain pembelajaran sudah cukup jelas, tetapi alangkah baiknya jikalau seorang guru membuka pembelajan dengan Doa terus mengabsen siswa yg hadir. Dan pada saat penyampaian materi alangkah baiknya jika seorang guru mengajak siswa untuk maju kedepan agar siswa tidak merasa bosan pada pembelajan tersebut. Dan yg keterakhir seorang guru memberikan tugas kepada siswa agar mereka tidak hanya belajar disekolah.
Nama : Sunarti
NIM : 856636789
Prodi : S1 PGSD
Semester : 6
Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang menyenangkan agar anak lebih semangat belajar dan tidak merasa bosan. Kemudian guru juga harus memperhatikan peserta didik yang kurang memahami huruf dan sulit dalam membaca.
Dari video tersebut menurut saya
kalau metodenya sudah bagus dan baik, guru juga baik dalam menggunakan media belajar yang memudahkan anak dalam memahami materi lebih mudah dan gampang . Murid juga terlihat dapat menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh ibu guru , seperti menjawab gambar yang di tanyakan oleh Bu guru yaitu ayah dan ibu
NAMA : ERNAWATI
NIM : 857610804
PRODI : PGSD-S1
POKJAR : SALUT TEGAL
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu
1. guru terlalu focus terhadap penyampaian materi dan kegiatan awal seperti apersepsi,sehingga tujuan pembelajaran tidak di informasikan kepada siswa.
2. Pada video tersebut gambar yang di gunakan menggunakan gambar hitam putih serta menggunakan kosakata yang kurang beragam jadi kurang terlihat menarik bagi siswa sehingga siswa cepat bosan dan sibuk dengan aktivitasnya.
3. Pada kegiatan tersebit guru hanya mengenakan beberapa huruf yang bisa disebabkan karena kurangnya waktu. Waktu yang di berikan tidak cukup untuk membantu siswa belajar mengenali hurf – huruf.
4. Pada video tersebut guru tidak memberikan motivasi atau dukungan berupa pujian terhadap siswa. Jadi dapat membuat siswa merasa bingung dalam membaca.
Selain itu ada kelemahan dalam mengajar, guru tersebut juga memiliki kelebihan dalam mengajar. Kelebihan guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut,
1. guru menggunakan media pembelajaran yang menarik , seperti penggunaan gambar dan kartu kata untuk memudahkan siswa mengenal huruf dan membaca kata, guru memberikan penjelasan dalam belajar membaca, guru juga memberikan tugas membaca buku agar siswa lebih lancar dalam membaca.
2. Guru tersebut juga memiliki hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut, seperti guru sebelum memulai pembelajaran memberi penguatan terhadap siswa dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi dan bertepuk tangan.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru lebih memperhatikan keseluruhan siswa dalam proses pembelajaran, menymapaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan pembelajaran. sebaiknya menggunakan media yang menarik perhatian siswa misalnya dengan menggunakan tampilan-tampilan gambar lebih banyak dengan proyektor, guru harus meluangkan banyak waktu untuk membantu siswa mengenali banyak huruf atau alokasi waktu yang diberikan kepada siswa harus lebih banyak sehingga dalam proses pembelajarannya pun tidak terburu- buru.
Guru jugaharus memberi motivasi agar mereka merasa di hargai
Nama : Kholid Amrullah
Nim : 85841896
Pokjar : Bontang
Setelah saya menyimak apa dalam video utersebut, bebrapa hal baru telah saya pelajari,
terutama mengenai siswa yang keseluitan dalam membaca huruf suku kata atau membaca sebuah kata.,
Guru melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran.
setelah itu Guru mneyajikan gambar yang mereka mudah ketahui dan di tetap di bimbing, kemudian Guru mendapati bebrapa siswa yang kesulitan ataupun malas, dll. maka metode atau inisatif yang di lakuakan menurut saya sudah tepat, mulai dari memperhatikan setiap siswa dan memberikan metode cara baca kata
REFLEKSI VIDEO PEMBELAJARAN
GPO 2
Kamis , 27 april 2023
Nama : Kurnia Rizqillah
Nim : 857692661
Prodi : S-1 PGSD
Pokjar : Batang
UPBJJ : UT SEMARANG
Judul : kesulitan membaca huruf suku kata,kata,dan kalimat
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
Jawaban :
– Para murid duduk dengan rajin dan tertib saat guru sudah mulai memasuki kelas
– Para murid lebih senang diajak bernyanyi Bersama sehingga tidak merasakan bosan saat pelajaran berlangsung
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawaban :
– Kebanyaak siswa pada kelas rendah dan dengan jumlah murid yang banyak maka perhatian dari guru kurang maksimal,
– Media yang digunakan untuk mengajar kurang seru,
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban :
-mengajari siswa-siswi pada video tersebut dengan sabar saat menjelaskan maupun menyikapi tingkah laku anak-anak
– guru menggunakan media belajar dengan menggunakan barang yang ada dikelas tersebut
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Jawaban :
– Menggunakan media gambar dan penulisan huruf A-Z dengan media kertas lain agar siswa dapat lebih cepat mengenal huruf
– Menggunakan metode suku kata atau yang lainnya agar lebih mudah dipahami.
4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang adna amati dari tayangan video, upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawaban :
– Menggunakan media gambar dan huruf yang sudah disediakan
– Berlatih mengeja huruf dari A-Z
– Dan menggunakan metode eja
Assalamualaikum Wr,Wb
Nama: Rori Sundari
Nim : 856253292
Prodi : PGSD
Upbjj : Padang
Baiklah dari vidio diatas yg telah saya lihat, di situ gurunya sudah semangat untuk mengajar siswa ttg kesulitan membaca huruf,media yg digunakan oleh guru tersebut sudah lengkap,tapi ada beberapa anak tidak bisa membaca huruf,menurut saya dapat kita lihat pada saat sekarang ini jika ada salah satu siswa tidak pandai membaca yg di salahkan oleh orang tuanya adalah guru,tetapi dari vidio diats dapat di simpulkan bahwa orang tua harus selalu ikut juga mengajarkan anak nya d rumah,jangan di andalkan d sekolah saja,dimana guru sudah berperan aktif untuk bisa siswa membaca,media yg d gunakan nya sudah lengkap untuk membantu siswa yg tidak bisa membaca,solusinya siswa harus semangat untuk pergi sekolah,jangan di biarkan anak malas dan orang tua harus ikut memperhatikan anaknya,sekian dari saya
Nam: Rori Sundari
Nim: 856253292
Prodi: PGSD
Upbjj: Padang
Kemudian dalam vidio ini ada kekurangannya sebelum kita memulai pelajaran alangkah baiknya di mulai berdoa,kemudian mengambil absensi,baru kita masuk kegiatan inti yaitu penyampaian materi,tetapi dari vidio tersebut dalam memulai pembelajaran seorang guru bernyanyi sama siswanya,tujuannya supaya siswa tersebut semangat apalagi guru tersebut mengajar di kls 1,dari nyanyi tersebut bisa seorang guru memberi umpan balik kepada siswa tersebut,seharusnya dalam mengajar kalau bisa kita menggunkam media untuk membantu siswa tersebut dalam kesulitan apalagi di kls 1,apabila kesulitan membaca siswa tersebut, bisa dibantu oleh media tersebut,kalau kita mengajar di kls 1 media yg kita gunakan contohnya media gambar,dari media tersebut siswa jadi paham
NAMA: ABDUL AZIZ
NIM : 856989746
POKJAR : RUMBIA
JUDUL VIDIO : KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA dan KALIMAT
Dari vidio reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran oleh guru ada beberapa siswa yang antusias memperhatikan penjelasan guru, namun ada juga siswa yang kurang antusias karena merasa bosan namun jumlahnya lebih sedikit
Kelebihan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah guru membuka pelajaran dengan baik sehingga memicu semangat belajar bagi siswa
Kekurangan adalah guru tidak memeriksa kehadiran siswa sehingga guru tidak bisa mengetahui presentasi kehadiran siswa saat pembelajaran
Keunikan nya guru ini bisa membuat suasana kelas menjadi hidup karena memang guru memiliki kompetensi yang mumpuni
Usulannya adalah guru bisa memperhatikan siswa yang kurang antusias dalam pembelajaran dan mengajak berkomunikasi , sehingga siswa tersebut merasa diperhatikan oleh guru.
Nama: Arum Tri Kusuma Waldani
Nim: 856983168
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Banjar Agung
UPBJJ: Bandar Lampung
Dari video simulasi pembelajaran di atas, menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam video tersebut seperti:
Adapun kelemahan guru dalam video tersebut seperti dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, doa, dan Mengecek kehadiran siswa dan saya yang menemukan keunikan dan menjadi kelebihan tersendiri untuk pembelajaran dalam video tersebut guru menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran di kelas dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, maka seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan membaca dan guru juga harus menggunakan metode yang bervariasi dalam menyajikan pembelajaran bagi anak yang kesulitan membaca serta menemukan solusi pada anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut titik ada beberapa reaksi siswa pada saat kegiatan belajar mengajar seperti anak yang tidak biasa atau belum mampu membaca akan merasa bosan dan malas untuk memperhatikan pembelajaran, dan anak yang merasa mampu ataupun bisa akan berperilaku aktif dan sangat interaktif terhadap lingkungan belajarnya.
Penyebab anak yang mengalami kesulitan membaca adalah anak malas, anak bosan, anak kurang konsentrasi kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, pembelajaran lambat atau slow leaner.
Kita sebagai tenaga seorang pendidik dapat menerapkan metode membaca permulaan seperti:
1. Siswa yang belum dapat membaca huruf maka guru menggunakan metode abjad dan metode Eja.
2. Siswa yang belum dapat membaca suku kata maka guru menggunakan metode suku kata.
3. Siswa yang mampu membaca kata dan kalimat maka guru menggunakan metode kata dan kalimat.
4. Siswa yang sudah pandai membaca maka guru menggunakan metode Sas ada beberapa solusi Bagaimana mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulaan seperti, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai pembelajaran guru harus mengenali Apa yang menjadi penyebab kesulitan anak. Guru harus memahami jenis-jenis metode membaca permulaan agar guru dapat menyajikan pembelajaran sesuai kebutuhan anak.