Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Dalam Video KESULITAN MEMBACA PERMULAAN di SD KELAS RENDAH diatas ada beberapa kelebihan, kekurangan serta saran perbaikan yang dapat saya sampaikan diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kelebihan :
a. Dalam Menyampaikan Materi Guru terlihat Tegas dan Lugas.
b. Pembukaan kegiatan belajar dilakukan dengan bernyanyi
c. Siswa rapih dan tenang dalam pelaksanaan Kegiatan belajar
d. Guru dan siswa saling berinteraksi dalam pendalaman materi belajar secara bersama-sama.
e. Penggunaan Media atau Alat Peraga yang berkaitan dengan tema belajar adalah penunjang penjelasan materi agar lebih siswa fahami dengan mudah.
2. Kekurangan :
a. Di awal kegiatan pembelajaran tidak ada persiapan matang untuk memulai aktifitas belajar rutin ( Contoh salam pembuka, cek kelengkapan belajar siswa, daftar hadir dan Berdo’a ).
b. Guru tidak mengaitkan pembelajaran yang sebelumnya dengan pembelajaran yang sedang dilakukan
c. Tidak ada tanya jawab yang sifatnya individu dalam artian pertanyaan yang diberikan kepada siswa tidak difokuskan kepada salah satu siswa atau siswa yang lain untuk menjawab namun dilakukan secara serentak atau bersama-sama dalam menjawab pertanyaan Guru.
d. Tidak ada kebebasan siswa dalam bertanya atau menjawab dari setiap penjelasan atau pertanyaan guru dalam proses belajar.
e. Guru hanya fokus kepada siswa yang didepan kelas.
f. Dalam proses belajar siswa tampak kurang antusias
g. Guru kurang memberikan motivasi sehingga sebagian siswa terlihat mengantuk atau bermalas-malasan.
h. Tidak ada kegiatan ulasan atau kesimpulan dari materi belajar yang telah laksanakan.
i. Di akhir kegiatan pembelajaran tidak ada salam penutup atau Do’a.
3. Saran Perbaikan :
Kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas rendah memang membutuhkan kesabaran dan keihklasan yang luar biasa saran dari saya untuk kegiatan belajar diatas adalah :
a. Awali kegiatan belajar dengan Berdo,a
b. Cek kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar
c. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar ( baik berpendapat atau memberikan pendapat )
d. Guru dapat melakukan ice breaking dalam kegiatan proses belajar yang sedang berlangsung agar siswa tidak jenuh atau bosan.
e. Dalam membimbing siswa sebaiknya dilakukan secara berkeliling tidak hanya fokus didepan saja.
f. Dan sebaiknya mengakhiri kegiatan belajar pun juga dilakukan dengan berdo’a.
NAMA : YULI MERIZA KUSUMA
NIM : 859548557
SESEMSTER : 2 / 119
PRODI : BI PGSD
Dalam Video KESULITAN MEMBACA PERMULAAN di SD KELAS RENDAH diatas ada beberapa kelebihan, kekurangan serta saran perbaikan yang dapat saya sampaikan diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kelebihan : a. Dalam Menyampaikan Materi Guru terlihat Tegas dan Lugas.
b. Pembukaan kegiatan belajar dilakukan dengan bernyanyi
c. Siswa rapih dan tenang dalam pelaksanaan Kegiatan belajar
d. Guru dan siswa saling berinteraksi dalam pendalaman materi belajar secara bersama-sama.
e. Penggunaan Media atau Alat Peraga yang berkaitan dengan tema belajar adalah penunjang penjelasan materi agar lebih siswa fahami dengan mudah.
2. Kekurangan :
a. Di awal kegiatan pembelajaran tidak ada persiapan matang untuk memulai aktifitas belajar rutin ( Contoh salam pembuka, cek kelengkapan belajar siswa, daftar hadir dan Berdo’a ).
b. Guru tidak mengaitkan pembelajaran yang sebelumnya dengan pembelajaran yang sedang dilakukan
c. Tidak ada tanya jawab yang sifatnya individu dalam artian pertanyaan yang diberikan kepada siswa tidak difokuskan kepada salah satu siswa atau siswa yang lain untuk menjawab namun dilakukan secara serentak atau bersama-sama dalam menjawab pertanyaan Guru.
d. Tidak ada kebebasan siswa dalam bertanya atau menjawab dari setiap penjelasan atau pertanyaan guru dalam proses belajar.
e. Guru hanya fokus kepada siswa yang didepan kelas.
f. Dalam proses belajar siswa tampak kurang antusias
g. Guru kurang memberikan motivasi sehingga sebagian siswa terlihat mengantuk atau bermalas-malasan. h. Tidak ada kegiatan ulasan atau kesimpulan dari materi belajar yang telah laksanakan.
i. Di akhir kegiatan pembelajaran tidak ada salam penutup atau Do’a.
3. Saran Perbaikan : Kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas rendah memang membutuhkan kesabaran dan keihklasan yang luar biasa saran dari saya untuk kegiatan belajar diatas adalah :
a. Awali kegiatan belajar dengan Berdo,a
b. Cek kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar
c. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar ( baik berpendapat atau memberikan pendapat )
d. Guru dapat melakukan ice breaking dalam kegiatan proses belajar yang sedang berlangsung agar siswa tidak jenuh atau bosan.
e. Dalam membimbing siswa sebaiknya dilakukan secara berkeliling tidak hanya fokus didepan saja.
f. Dan sebaiknya mengakhiri kegiatan belajar pun juga dilakukan dengan berdo’a.
Nama : Tanzila Pertiwi
NIM : 856948188
Setelah saya mengamati video kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat, menurut saya pembelajaran yang sudah dilakukan didalam video sudah cukup baik, pembelajaran sangat aktif karena guru menggunakan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan gambar, Interaksi antara guru juga baik karena tanya jawab yang dilakukan oleh siswa dan guru harus terjalin agar siswa aktif dalam pembelajaran tersebut. Guru tersebut bagus sekali mendatangi siswa untuk melihat kesulitan yang dialami oleh siswa dan guru membimbing cara membaca dengan benar dengan begitu siswa merasa terbimbing dan mendapat perhatian guru.
kekurangan yang ada di video adalah Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran, guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa.
Dalam Vidio pembelajaran tersebut sangatlah menarik
Pertama guru mengajak siswa menyanyi dan sambil menunjukan gambar sehingga memudahkan untuk menghafal dan mengingatnya
Vidio tersebut mengatasi cara bagaimana siswa mudah untuk membaca,ketika anak yang belum bisa membaca bahkan ada yang belum mengenal huruf anak tersebut dibantu dengan susunan potongan kertas yang dituliskan huruf abjad kemudian menyusunya dengan diatasnya terdapat gambar agar lebih mudah
Vidio pembelajaran ini patut dicontoh untuk pembelajaran dikelas rendah
NAMA : ROHAYA
NIM : 857162726
Semester : 2 /119
Prodi : BI PGSD
Dalam video ” KESULITAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS RENDAH ”
ada kelebihan dan kekurangan dalam kesulitan membaca .
1. Guru menyampaikan materi dengan tegas dan lugas.
2. Guru mengawali pembelajaran dengan cara bernyanyi
3. Media pembelajaran kurang maksimal
4. Guru hanya pokus pada satu anak saja
5.Ppenyebab kesulitan membaca pada anak adalah ;
a. anak malas untuk membaca
b. anak kurang konsentrasi
c. anak kurang perhatian dari guru
d. tidak tersedianya media pembelajaran yang membuat anak tertarik untuk membaca
e. pembelajaran lambat / slow learmer
6 .Metode yang digunakan dalam membaca permulaan
a. Metode abjad
b .Metode eja
C. metode kata
d. metode suku kata
e. metode kalimat
f. metode SAS ( bagi anak yang sudah pandai membaca )
7. Saran perbaikan Kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas rendah memang membutuhkan kesabaran
dan keihklasan yang luar biasa saran dari saya untuk kegiatan belajar diatas adalah :
a. Awali kegiatan belajar dengan Berdo,a
b. Cek kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar
c. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar
Nama : Indah Kartika Setianingsih
NIM : 857098541
Semester : 6
Prodi : PGSD
Setelah saya menyimak video diatas guru sudah cukup jelas dalam menyampaikan dan mengajarkan baca kepada siswanya. Tetapi ada beberapa siswa yang kesulitan membaca disebabkan karena anak belum dapat membedakan huruf, dan mengeja huruf dengan baik. Jika hal ini terjadi sebaiknya guru dan orangtua murid pun lebih memperhatikan anak tersebut, peran guru dan orangtua sangat penting dalam membimbing anak tersebut. Belajar membaca bukan hanya dilakukan di sekolah saja, tetapi orangtua pun harus mengulang kembali bacaan-bacaan tersebut agar anak semakin terbiasa dalam mengeja dan membaca pun semakin lancar. Media pembelajaran pun penting untuk menarik minat baca.
Nama : Natalia Devi Sylviana
NIM : 857041995
Jurusan : PGSD BI
Semester : 2
Setelah saya mengamati dan menonton video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru sudah cukup baik dalam melakukan proses pembelajaran, karena ibu guru mengajak siswa bernyanyi dan bertepuk tangan untuk membangkitkan semangat dan antusias siswa untuk memulai proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru, ibu guru menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan kartu huruf bergambar untuk memudahkan siswa dalam membedakan jenis huruf yang memiliki kesamaan bentuk dan memudahkan anak dalam mengingat jenis huruf. Ibu guru juga memiliki kepedulian terhadap siswa-siswanya terlihat dari cara ibu guru membimbing siswanya di tempat duduknya masing-masing. Siswa juga diminta untuk merespon ibu guru dalam penyampaian materi pembelajaran dengan cara tanya jawab yang dapat memantapkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Kesulitan membaca pada siswa sangat umum ditemui dikelas bawah karena beberapa faktor yang menjadi pemicunya dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran diharapkan dapat memacu semangat siswa dan keingintahuan siswa dalam belajar membaca.
Walaupun proses pembelajaran sudah cukup baik tetapi ada tahapan dalam proses pembelajaran yang belum ada yaitu pembuka, proses pembelajaran dapat dibuka dengan doa maupun salam, kemudian penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang akan berlangsung kemudian dapat di tutup dengan kesimpulan dari pembelajaran yang sudah dilakukan. Alat peraga juga lebih baik jika berwarna agar siswa dapat berkonsentrasi dengan baik karena merasa tertarik dengn alat peraga tersebut.
Nama : Hernawati
NIM : 857155673
Prodi : S.1 PGSD BI
Kelas / Semester : A / 2
Setelah melihat video pembelajaran tersebut tentang kesulitan membaca huruf, suku kata kata dan kalimat, maka kesimpulan yang saya ambil bahwa guru yang mengajar pada kelas tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dari guru tersebut adalah (1) mampu menumbuhka semangat belajar siswa di awal pelajaran dengan mengajak bernyanyi bersama dengan judul lagu yang berhubungan dengan tema yang akan dipelajari dikelas; (2) guru menggunakan media pembelajaran dengan gambar foto keluarga yang terdapat huruf atau abjad; (3) sistem pembelajaran guru yang digunakan dalam video tersebut dengan menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa bisa memahami tujuan pembelajaran dengan baik dan guru bisa berinteraksi dengan baik kepada siswa; (4) Dapat melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa .Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata
Kekurangan guru tersebut : adalah (1) Guru tidak melakukan apresepsi dalam mengawali pembelajaran, seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran; (2) Banyak murid yang tidak fokus dalam pembelajaran; (3) menggunakan media gambar juga seharusnya berwarna, agar lebih menarik lagi dan Seharusnya guru tersebut mengulang suku kata beberapa kali agar siswa siswa mengeja bacaan dengan tepat dan dapat membaca dengan lancer; (4) guru tidak melakukan kesimpulan setelah mengakhiri pembelajaran
Mengajar membaca permulaan bagi murid sekolah dasar tidaklah mudah, walaupun telah dibantu media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi, ada beberapa anak yang belum mengenal huruf, belum dapat merangkai suku kata, dan kalimat. Ketidakmampuan ini disebabkan : (1) Anak malas; (2) Bosan; (3) Kurang kosentrasi; (4) Kurang perhatian guru; (5) Tidak ada media pembelajaran; (6) Pembelajaran lambat/slow learner.
Solusi bagaimakah guru mengatasi kesulitan membaca permulaan, yaitu guru dapat memilih jenis-jenis metode membaca permulaan yaitu :
– Anak yang belum dapat membaca huruf, dibimbing membaca dengan metode abjad dan metode eja
– Anak yang belum dapat membaca kata, dilatih dengan metode suku kata atau silabik
– Anak yang belum dapat membaca kata dan kalimat, dilatih dengan metode kata dan metode global atau kalimat.
– Bagi anak yang pandai atau sudah dapat membaca dapat dilatih dengan metode SAS
Riska Wijayanti
NIM: 856982618
POKJAR: UT-BUMIRATU NUBAN
April 11, 2023 at 4:53 pm
Nama : Ratri Yunita Sari
NIM : 857944216
Berdasarkan video diatas setelah saya amati, permasalahan yang dihadapi di atas terkait dengan “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Penyelesaian permasalahan terkait dengan video tersebut sama dengan yang diterapkan di sekolah kami, dengan memberikan jam tambahan bagi siswa yang kemampuan membacanya masih belum baik dan memantau kegiatan belajar khususnya membaca di rumah dengan bantuan Kerjasama orangtua
Di sekolah kami juga disediakan sarana prasarana yang dapat mendukung perkembangan kemampuan membaca anak, seperti: , huruf abjad, kartu huruf, buku berlatih membaca dan buku cerita. Selain menggunakan sarana prasarana kami juga memotivasi siswa agar semangat dan gemar membaca, sesekali siswa yang kemampuan membacanya semakin baik kita berikan apresisasi atau reward dengan tujuan kedepan lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan membacanya agar lebih baik lagi.
Nama : Supriyani
NIM : 857116958
Kelas : B
Semester : 6
Jurusan : PGSD
Setelah melihat tayangan video tersebut, ternyata memberi pelajaran membaca permulaan itu tidaklah mudah. Banyak hal yang membuat anak kesulitan dalam belajar membaca permulaan. Di antaranya :
1. Kurangnya media pembelajaran
2. Rasa bosan pada diri anak karena pembelajaran kurang menarik
3. Kurang fokus dalam belajar
4. Lamban dalam menerima materi pembelajaran
Salah satu solusi yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan metode pembelajaran membaca sambil bermain dan memakai media pembelajaran yang menarik. Sehingga perhatian anak akan terfokus pada pelajaran yang sedang berlangsung.