silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Ursila HIdayah Rahmadani
    Nim : 858697015
    Jurusan : S1-PGSD (119) UPBJJ SURABAYA
    setelah melihat video di atas maka analisis saya adalah guru diatas ketika mengajar sudah sangat baik. sebelum masuk materi guru memberikan apersepsi dulu yang di awali dengan bernyanyi dan memberikan pertanyaan aperseps.
    Sehingga dengan apersepsi ini pikiran anak -anak akan tertuju terhadap apa yang akan mereka pelajari hari ini.

    2. Guru juga mengajar menggunakan media pembelajaran gambar yang sederhana tetapi sangat baik dan mudah di pahami anak-anak.
    Media pembelajaran sangat membantu guru dalam menarik perhatian anak agar anak- anak fokus dan mau belajar. Tanpa media pembelajaran hanya sekedar menulis di papan maka anak sebanyak itu pasti akan ribut dan tidak fokus kenapa? karena merek bosan dan rasa sulit untuk mengerti karena tidak ada kemauan belajar.ini sangat menginspirasi saya selalu guru kelas satu juga bagaimana menyajikan pembelajaran yang menarik bagi anak.

  2. Nama: Widya pratiwi
    Nim : 859757446
    Prodi: PGSD

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan.

  3. Nama : Hamda Fauziah
    Nim : 857101284
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya menyimak video pembelajaran B.indonesia tersebut, menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi agar anak bisa fokus dan lebih bersemangat saat mau memulai pembelajaran. Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.

    Kekurangan dari video mengajar tersebut yg saya lihat yaitu :
    1. Murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.

    Solusinya:
    1. Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anakpun tidak bingung pada bentuk huruf abjad.

    2. Guru mencontohkan cara menulis setiap huruf a sampai z agar siswa paham cara menulis huruf tersebut sehingga siswa tersebut bisa menulis huruf, suku kata dan kalimat.

    Sedangkan alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca pemulaan yaitu
    1. guru lebih memprioritaskan anak-anak yang mengalami kesulitan.

    2. Hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa.

    3. Orang tua harus lebih memperhatikan, memantau anak dalam belajar membaca.

    4. Minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus, hasil ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan kemampuan siswa kelas rendah dalam keterampilan membaca.

  4. Ema Yuliarti

    859547981

    dari video yang telah saya simak, guru memulai pembelajaran dengan ice breaking.
    ice breaking dapat membantu membangun suasana yang lebih positif dan mendukung untuk pembelajaran.

    kemudian, saya amati permasalahan yang ada di dalam video tersebut adalah kesulitan siswa dalam membaca huruf, suku kata, dan kata dan kalimat.
    menurut pendapat saya hal- hal yang mempengaruhi siswa kesulitan membaca huruf adalah
    Kurangnya stimulasi visual: Stimulasi visual sangat penting dalam membantu siswa mengenal dan membedakan huruf-huruf. Jika siswa kurang terpapar dengan gambar atau bentuk huruf, maka mereka akan kesulitan membaca huruf dengan baik.
    Kurangnya latihan: Latihan yang cukup dalam membaca huruf juga sangat penting. Jika siswa kurang terbiasa membaca huruf, maka mereka akan kesulitan dalam membedakan satu huruf dengan huruf lainnya

  5. Nama : LINA SUSANTI
    Nim : 857151218
    Prodi : S1 – PGSD
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah melihat video tersebut, pendapat saya :
    Dalam memulai pembelajaran guru memberikan ice breaking dengan mengajak siswa bernyanyi bersama, sehingga suasana belajar menyenangkan. Guru menggunakan media gambar untuk memudahkan siswa memahami pelajaran yang sedang dibahas. Guru mengajak siswa untuk mengeja huruf bersama-sama. selain itu guru juga telah menggunakan alat peraga huruf abjad dan membimbing siswa membaca dengan cara mencari huruf awal dari suatu gambar. Guru memberikan bimbingan secara personal kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca secara langsung. Guru juga telah menggunakan beberapa metode yang dapat dilakukan, seperti metode abjad, metode eja, metode suku kata maupun metode kata. Bagi anak-anak yang slow learner harus diberikan pelajaran tambahan agar mereka tidak tertinggal pelajaran. selain itu mereka harus diberikan latihan yang rutin. untuk menarik perhatian siswa alangkah lebih baik guru menggunakan media yg berwarna.

    Demikian pendapat saya. Terima kasih

  6. Nama : SUDARMI SILALAHI
    NIM : 856029877
    Jurusan: PGSD
    UT Semester 8

    1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1 dan kelas 2)
    2. Cara saya salam mengatasi permasalahan, yaitu dengan

    Di sekolah saya tempat mengajar itu rata-rata siswanya sudah menjalani PAUD terlebih dahulu baru masuk SD, tetapi ada juga tidak PAUD langsung SD sehingga membuat siswa tersebut kurang mampu untuk membaca dan menulis berbeda dengan temannya.
    saya biasanya menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan yang sudah disediaakn oleh lembaga.
    Yang mempengaruhi siswa kesulitan membaca huruf adalah kurangnya latihan yang sangat penting dalam membantu siswa mengenal dan membedakan huruf-huruf. Jika siswa kurang berinteraksi langsung dengan gambar atau bentuk huruf, maka mereka akan kesulitan membaca huruf dengan baik.
    Jadi menurut pendapat saya ada baiknya latihan menulis dan membaca itu tidak hanya di sekolah saja, guru bisa memberi tugas rumah supaya si anak juga bisa latihan menulis dan membaca di rumah, yang akan membuat dia semakin terbiasa.

  7. Nama : Fatria Indriana
    NIM : 857040993
    Mata Kuliah: PGSD BI

    Pada video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, guru sudah baik dalam melakukan kegiatan mengajar. Guru tersebut mengawali kegiatan belajar dengan menyanyi lagu pergi belajar, yang kemudian dielaborasi dengan tema pembelajaran hari itu yaitu mengenai keluarga. Kegiatan menyanyi tersebut dapat menumbuhkan minat dan semangat siswa untuk belajar. Kemudian guru tersebut menggunakan media gambar untuk menjelaskan tentang huruf-huruf pada beberapa kata. Menurut saya, pada video ini guru sudah bagus dengan menggunakan metode dan ada media belajar yang membuat siswa tertarik untuk belajar.

  8. Assalamualaikum Warohmatullahi WabarokaatuhBismillah ….
    maaf Izin menaggapi Vidio
    Setelah saya melihat video di atas yang berjudul kesulitan dalam membaca huruf, suku kata dan kalimat. Saya menemukan beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan sekaligus juga terdapat kelebihan untuk mengatasi permasalahan di dalam proses pembelajaran tersebut.Adapun Kekurangan dan kelebihan video tersebut sebagai berikut :
    1. KekuranganTidak adanya kegiatan pendahuluan seperti Salam atau sapaan menayakan kabar untuk membuka pembelajaran. Berdo’a, pengecekan kehadiran siswa/ absensi untuk memastikan kelengkapan dan kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran, guru gurang memotivasi siswa sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak fokus.Kurangnya contoh media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan inti pembelajaran.Di dalam video tersebut gurunya meminta siswa menyusun huruf menjadi satu kata yang memungkinkan membuat siswa merasa cepat bosan dalam proses pembelajaran. Di zaman yang serba digital tak jarang siswa sudah bisa menggunakan media seperti gadget ataupun laptop alangkah lebih baiknya juga guru menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa, salah satunya adalah LCD Proyektor atau infokus. Dalam proses pembelajaran kita bisa menggunakan efek animasi seperti gambar, angka,huruf dan lain-lain yang membuat siswa menjadi antusias dalam proses pembelajaran yang kita ajarkan.Tidak adanya kegiatan penutup seperti : Review,Do’a, Salam Penutup2. KelebihanBernyanyi merupakan salah satu hal yang merelaksasi otak dan Penggunaan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami materi serta membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyanyi sebelum masuk pembelajaran bisa menjadi metode yang menarik bagi siswa.Penggunaan media pembelajaran berupa gambar disertai tulisan juga sangat menarik perhatian siswa dan sangat membantu siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Tapi alangkah baiknya jika guru mengikuti perkembangan zaman seperti menggunakan laptop/ video
    Mungkin itu sedikit komentar dari saya kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih.

  9. NAMA : RAHMAYANI
    NIM : 856040399
    PRODI : S1- PGSD
    UPBJJ : Medan

    tayangan video ini sangat bagus karena metode mengajar membaca yang di tampilkan dapat di terapkan di kelas dengan melakukan pembelajaran yang kreatif seperti dalam video tersebut seperti mengajak siswa untuk bernyanyi hal ini akan menambah kosa kata anak yang belum bisa membaca dan dengan media yang di gunakan menarik perhatian siswa dengan menggunakan metode – metode tersebut akan dapat membantu anak anak yang belum bisa membaca menjadi lebih cepat dalam membaca , karna metode yang bervariasi dapat di gunakan di setiap siswa yang berbeda.

  10. NAMA : RAHMAYANI
    NIM : 856040399
    PRODI : S1- PGSD
    UPBJJ : Medan
    “kesulitan dalam membaca huruf, suku kata ,kata ,dan kalimat ”

    tayangan video ini sangat bagus karena metode mengajar membaca yang di tampilkan dapat di terapkan di kelas dengan melakukan pembelajaran yang kreatif seperti dalam video tersebut seperti mengajak siswa untuk bernyanyi hal ini akan menambah kosa kata anak yang belum bisa membaca dan dengan media yang di gunakan menarik perhatian siswa dengan menggunakan metode – metode tersebut akan dapat membantu anak anak yang belum bisa membaca menjadi lebih cepat dalam membaca , karna metode yang bervariasi dapat di gunakan di setiap siswa yang berbeda.

Leave a Reply