Similar Posts
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Nama : Devita Nataliyani
NIM : 856807653
Jurusan Pgsd, semeeter 8
Setelah saya menonton video tersbut, saya menemukan adanya cara mengajar guru yang sangat menarik sehingga dapat menumbuhkan motivasi peserta didik untuk belajar membaca.
Guru melakukan kegiatan pembelajaran yang sangat unik, yaitu dengan mengajak peserta didik bernyanyi sambil membaca.
Guru menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar yang bisa membuat peserta didik memahami pelajaran dengan mudah.
Guru juga mendatangi meja peserta didik satu per satu untuk membimbingnya.
Kekurangan yang saya temukan pada video tersebut yaitu proses pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak mengabsen peserta didik terlebih dahulu.
Nama : Riska handayani
Nim : 857098763
Kelas : pgsd Akpmm semester 6b
setelah saya mengamati video tersebut, saya pernah mengalami salah 1 siswa yang sulit dalam merangkai kata2 untuk membacanya, sulit mengamati huruf2 yang ada dan menggabungkan nya. Tentu kita sebagai guru harus melatih dan sabar membimbingnya, kita juga harus mengelani karakter siswa tersebut, latar belakang nya, kita juga harus buat pembelajaran tersebut tidak membosankan, dan memberi waktu paling lama 30menit untuk mengajarkan membaca. motivasi tentu sangat perlu untuk anak yang sulit dalam membaca, ringkup lingkungan nya juga harus memerlukan kerjasama dari orangtua nya. Dengan menggunakan media membaca yang menarik akan lebih bagus untuk menarik perhatian siswa tersebut, bisa dengan dibuat seperti sedang bernyayi dalam membacanya juga, itu bisa mengurangi kebosanan dari siswa nya
Nama : Nofik Aridiyanti
Nim : 857731376
Jurusan : S-1 PGSD
Semester : 6
Setelah Mengamati video tersebut saya jadi tau cara mengatasi kesulitan membaca permulaan di Sekolah Dasar. Saat pembelajaran berlangsung jika anak merasa bosan, maka mereka akan malas untuk mengikuti plajaran sehingga dapat menghambat pembelajaran. Dengan memanfaatkan media pembelajaran bisa menarik perhatian siswa dan membuat mereka tidak mudah bosan, juga bisa menggunakan beberapa tahapan metode membaca permulaan seperti, metode abjad, metode eja, metode suku kata, metode kata, metode kalimat, metode SAS dapat membantu mempermudah belajar membaca.
Nama: Indah Nugraheni
NIM: 857762388
PGSD BI semester 2
Berdasarkan video yang saya simak diatas, terlihat guru bagus dalam berinteraksi dengan siswa, menggunakan media pembelajaran yang cukup menarik minat siswa dalam berlatih membaca permulaan, mengeja, huruf maupun suku kata. Guru aktif mendatangi siswa memberi perhatian dan membimbing siswa, sehingga guru menjadi tahu kekurangan siswa dalam pembelajaran tersebut. Sebaiknya guru memulai pelajaran dengan berdoa, mengabsen siswa, menanyakan kabar siswa. Ketika siswa mulai penat dan bosan mungkin bisa di jeda dengan permainan sederhana ataupun icebreaking.
Nama : Ummi Makhbubah
NIM : 857762284
Semester : 2
Jurusan : PGSD BI Masukan Sarjana
Pokjar : Kota Pekalongan
assalamualaikum wr.wb
Menurut saya
setelah saya melihat vidio pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf , suku kata, kata dan kalimat saya melihat adanya kekurangan guru dalam proses KBM yaitu :
– Guru tidak melakukan kegiatan awal seperti , salam, berdoa, menanyakan kabar kepada anak didik nya , tidak mengabsensi kehadiran anak, juga masih ada beberapa yang kurang fokus.
– Guru masih menggunakan metode pembelajaran yang sederhana
– Guru tidak mengenalkan terlebih dahulu huruf abjad, karena terkadang ada beberapa anak yang belum mengenal huruf abjad seperti A-Z
tetapi disamping kekurangannya, ada juga kelebihannya
– Guru sudah membuka pelajaran dengan metode bernyanyi secara bersama-sama , itu bisa menimbulkan motivasi dan semangat anak dalam belajar. yang saya tahu untuk kelas rendah seperti kelas 1 anak – anak suka sekali bernyanyi.
– Dengan bernyanyi juga guru sudah baik dan efektif dalam mengelola kelas sehingga siswa bisa kondusif
– Guru sudah melakukan rangsangan atau stimulus dengan memberikan beberapa pertanyaan “siapa ayah dan ibu ” dengan menggunakan media gambar. SEtau saya gambar juga salah satu media yang disukai anak terutama anak kelas rendah.
– Guru mampu berkomunikasi dengan baik dan ketika memberikan penjelasan tentang kata dan mengeja.
– Guru juga sangat telaten dalam hal membimbing anak-anak terlihat guru menghampiri satu per satu anak-anak dan mendampingi anak dalam belajar mengeja dan membaca
– Walupun guru menggunakan media yang sederhana yaitu gambar tetapi anak sudah aktif dan terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar.
Nama : YANIH
NIM : 859504334
UT PGSD Semester 2
POKJAR JATILUHUR KOTA BEKASI
Setelah menyimak video, Saya pernah mengalami kesulitan seperti yang dihadapi oleh guru dalam video tersebut, kesulitan membaca permulaan bagi siswa kelas rendah khususnya siswa kelas 1 sangat lah membutuhkan perhatian, Masih banyaknya siswa kelas 1 yang belum mengenal huruf, kemudian ada juga siswa yang sudah hafal huruf abjad namun belum mampu merangkainya menjadi suku kata , kata ataupun kalimat. Hal ini menjadikan guru harus lebih kreatif , lebih selektif memilih metode mengajar yang tepat, memilih dan menggunakan media yang menarik bagi siswa. Penyebab kesulitan siswa dalam membaca diantaranya karena siswa tersebut malas belajar, siswa kurang konsentrasi saat belajar, guru kurang menggunakan media pembelajaran, dan lain sebagainya. Menurut saya ada beberapa cara/ metode mengajar yang saya terapkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca permulaan , yaitu :
1. Menggunakan media kartu huruf, kartu suku kata, dan kartu kata .
2. Mengajak siswa membaca kata melalui video pembelajaran membaca , biasanya yang menampilkan kosa kata -kosa kata disertai dengan gambar yang menarik.
3. Setiap sebelum masuk kelas , guru meminta siswa untuk berbaris lalu guru menunjukkan kartu kata yang harus dibaca siswa sebagai syarat masuk kelas .
4. Guru menyiapkan waktu khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca
5. Dalam kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa melakukan permainan , seperti menyusun kartu huruf menjadi kata yang benar, menyusun suku kata menjadi kata serta menyusun kata-kata menjadi kalimat sederhana .
Bagi siswa yang sudah lancar membaca , guru membiasakan siswa untuk membaca buku-buku cerita yang tersedia di perpustakaan kelas.
Terima kasih
setelah menonton tayangan video ini saya mendapatkan pelajaran karena dalam tayangan ini guru mampu membuat suasana kelas menjadi menarik dan hidup. Dalam tayangan tersebut guru juga mengajak siswa belajar sambil bernyanyi yang membuat siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Jadi tidak membuat siswa jenuh. Guru tidak hanya duduk ditempatnya saja saat mengajar tapi juga menghampiri para siswa ditempat duduknya. Media yang digunakan pada tayangan video tersebut menggunskan gambar yang dapat membuat siswa mampu memahaminya.
Kekurangan dalam tayangan video tersebut guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa dan media pembelajaran yang digunakan mash harus ditambah.
Nama : Nadhifah
NIM : 857752799
Progdi : S1 PGSD
Setelah saya menyimak video tersebut, cara yang dilakukan oleh guru sebelum memulai pembelajaran dengan bernyanyi itu sudah baik karena lagu yang dinyanyikan itu berkaitan dengan materi yang akan diajarkan tapi alangkah baiknya pembelajaran itu sebaiknya dimulai dengan membaca do’a, absensi kehadiran siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan pada hari itu barulah guru mulai mengenalkan abjad dari A-Z. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru itu sudah sangat menarik selain menggunakan kartu kata beliau juga menggunakan kartu gambar agar memudahkan siswa dalam membaca dan menjadi motivasi siswa untuk belajar membaca lebih giat lagi.
Ada beberapa alasan penyebab anak-anak kelas rendah kesulitan untuk membaca huruf,suku kata dan kalimat sebagai berikut :
1. anak malas atau Bosan
2. Kurang konsentrasi
3. Kurang perhatian guru
4. Tidak ada media pembelajaran
5. Anak tergolong lamban belajar
solusi yang pernah saya lakukan adalah dengan mengajak anak membaca 1 kalimat 1 anak, sehingga anak yang lain akan termotivasi untuk lebih semangat dalam membaca dan membiasakan anak sebelum memulai pembelajaran dengan literasi dengan durasi 5 menit, dan anak yang sama sekali belum bisa membaca saya memberikan kesempatan dia untuk mengeja per suku kata sehingga lama kelamaan dia akan bisa membaca lancar.
NAMA : SAFITRIWATI
NIM : 856078135
JURUSAN : PGSD-S1
SEMESTER : 6
Dari video yang saya tonton tentang Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat, saya sekarang paham bahwa penyebab kesulitan membaca disebabkan oleh:
1. anak malas
2. bosan
3. kurang konsentrasi
4. kurang perhatian guru
5. tidak ada media pembelajaran
6. pembelajaran lambat/slow learner
Oleh karena itu, saya menyadari apa yang perlu saya kembangkan kedepannya agar anak-anak mudah membaca.
nama : Puji Imaroah
Nim : 857763089
progdi : PGSD BI Semester 2
setelah saya melihat vidio diatassdapat menambah wawasan saya dalam mengajar dikelas 1 terutama dalam mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca huruf, kata, dan suku kata, banyak sekali metode yang dapat diterapkan dikelas 1 untuk menumbuhkan semangat anak dalam hal membaca dari vidio yang saya lihat ada hal yang ingin saya ketahui tentang pengkondisian anak supaya saat guru memberikan post tes terhadapa salah satu anak, anak yang lain tidak ikut berkerumun disalah satu siswa yang sedang dikunjungi oleh guru. serta antusias anak terhadapap pelajaran yang sedang diberikan, terimakasih..