silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

174 Comments

  1. MARLINA BELYANAN
    NIM : 859621991

    1 . Identifikasi masalah
    Dalam video tersebut terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan dan merangkai ide karangan
    2. Penyebab
    Siswa kurang memahami dalam mengembangkan ide karangan

    3. Solusi
    Didalam vidio tersebut seharusnya siswa
    Di berikan contoh dalam menulis karangan sehingga tugas yang di berikan oleh guru dapat dimengerti oleh siswa guru harus Membimbing siswa untuk merangkai kalimat-kalimat menjadi sebuah karangan yang padu.

  2. Nama : Novi Amelia
    NIM : 857037125

    Assalamualaikum wr. wb.
    izin menanggapi dan menganalisis video pembelajaran di atas terkait kesulitan anak dalam menulis karangan cerita/narasi

    1. Identifikasi masalah : peserta didik kesulitan dalam menulis karangan cerita
    2. Penyebab : Peserta didik belum terbiasa mengutarakan perasaan, ide, gagasan kedalam tulisan. Peserta didik belum memahami kerangka menulis karangan
    3. Solusi : Diberikan penjelasan kerangka menulis karangan, dibantu latihan menulis menggunakan media gambar baik seri acak atau gambar utuh
    4. Masalah yang dipilih : Kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis karangan cerita
    5. Penyebab masalah : kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyusun kata menjadi kalimat, kurangnya pemahaman tentang tanda baca
    6. Alasan pemilihan masalah : karena menulis karangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan inovatif peserta didik
    7. Rencana solusi :
    – Peserta didik diberikan latihan-latihan untuk menuangkan ide/gagasan/perasaan mereka
    – Bentuk kelompok belajar/diskusi agar peserta didik saling bertukar ide
    – Gunakan media gambar/video untuk memancing ide/gagasan peserta didik
    – Berikan penjelasan tentang kerangka menulis karangan.

    8. Rumusan masalah : Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi menggunakan media gambar dan metode diskusi ?
    9. Tujuan Perbaikan pembelajaran :
    Mengetahui pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi dengan menggunakan media gambar dan metode diskusi
    10. Judul :
    Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Karangan menggunakan Metode Diskusi dan Media Gambar

  3. Nama : Syifa Nadia Noor Azra
    NIM : 858321645

    Ringkasan :
    Dalam video yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” adalah bagaimana seorang guru mengajarkan kepada peserta didiknya bagaimana membuat sebuah cerita atau narasi tetapi peserta didiknya mengalami kesulitan dalam membuat karangan cerita atau narasi tersebut.
    Dari video tersebut ada beberapa hal yang saya lihat yaitu, guru tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran, melakukan ice breaking.

    Kelebihannya :
    1. Pendekatan Kreatif : Guru membantu siswa dengan memberikan visual atau alur sederhana membantu memudahkan peserta didik memulai membuat karangan cerita atau narasi.
    2. Pemberian Contoh : Guru dapat memberikan contoh atau menceritakan pengalaman bisa memberikan inspirasi dan struktur awal bagi peserta didik.
    3. Interaksi dan Bimbingan : Guru tersebut memberikan umpan balik langsung membantu peserta didik memahami kesalahan daan bagaimana memperbaikinya.

    Kekurangannya :
    1. Penggunaan bahasa yang terlalu kompleks, Guru tersebut menggunakan kata yang sulit dimengerti peserta didik, akibatnya dapat membingungkan dan membuat mereka kurang percaya diri.
    2. Kurangnya variasi teknik mengajar. Metode yang digunakan terlalu monoton atau tidak sesuai gaya belajar peserta didik
    3. Kurangnya pendekatan personal. Pendekatan guru tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan tiap peserta didik, akibatnya peserta didik kesulitan lebih besar bisa tertinggal.

  4. NAMA: Siska wahyu ningsih

    NIM: 856568876

    UPBJJ: Jambi
    

Reaksi siswa dari awal proses pembelajaran siswa tidak siap untuk belajar, tidak fokus serta pembelajaran tidak menarik sehingga anak nampak bosan

    Kelemahan guru dalam vidio ini.
    Guru tidak memberi salam,doa, apersepsi dan memotivasi siswa untuk belajar, serta guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberi penjelasan tentang apa itu cerita narasi

    Upaya yang harus di lakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya adalah meningkatkan peningkatan kemampuan mendengar dg cermat dan fokus sehingga bisa menangkap inti cerita. Melatih pemahaman struktur cerita,mengajarkan siswa tentang struktur cerita yg baik seperti pembukaan, pengembangan kalimat dan penutup, dg cara yg logis dan menarik. Mengasah keterampilan menulis dan menyusun narasi.

Leave a Reply