Similar Posts
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
MARLINA BELYANAN
NIM : 859621991
1 . Identifikasi masalah
Dalam video tersebut terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan dan merangkai ide karangan
2. Penyebab
Siswa kurang memahami dalam mengembangkan ide karangan
3. Solusi
Didalam vidio tersebut seharusnya siswa
Di berikan contoh dalam menulis karangan sehingga tugas yang di berikan oleh guru dapat dimengerti oleh siswa guru harus Membimbing siswa untuk merangkai kalimat-kalimat menjadi sebuah karangan yang padu.
Nama : Novi Amelia
NIM : 857037125
Assalamualaikum wr. wb.
izin menanggapi dan menganalisis video pembelajaran di atas terkait kesulitan anak dalam menulis karangan cerita/narasi
1. Identifikasi masalah : peserta didik kesulitan dalam menulis karangan cerita
2. Penyebab : Peserta didik belum terbiasa mengutarakan perasaan, ide, gagasan kedalam tulisan. Peserta didik belum memahami kerangka menulis karangan
3. Solusi : Diberikan penjelasan kerangka menulis karangan, dibantu latihan menulis menggunakan media gambar baik seri acak atau gambar utuh
4. Masalah yang dipilih : Kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis karangan cerita
5. Penyebab masalah : kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyusun kata menjadi kalimat, kurangnya pemahaman tentang tanda baca
6. Alasan pemilihan masalah : karena menulis karangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan inovatif peserta didik
7. Rencana solusi :
– Peserta didik diberikan latihan-latihan untuk menuangkan ide/gagasan/perasaan mereka
– Bentuk kelompok belajar/diskusi agar peserta didik saling bertukar ide
– Gunakan media gambar/video untuk memancing ide/gagasan peserta didik
– Berikan penjelasan tentang kerangka menulis karangan.
8. Rumusan masalah : Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi menggunakan media gambar dan metode diskusi ?
9. Tujuan Perbaikan pembelajaran :
Mengetahui pemahaman dan hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi dengan menggunakan media gambar dan metode diskusi
10. Judul :
Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Karangan menggunakan Metode Diskusi dan Media Gambar
Nama : Syifa Nadia Noor Azra
NIM : 858321645
Ringkasan :
Dalam video yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” adalah bagaimana seorang guru mengajarkan kepada peserta didiknya bagaimana membuat sebuah cerita atau narasi tetapi peserta didiknya mengalami kesulitan dalam membuat karangan cerita atau narasi tersebut.
Dari video tersebut ada beberapa hal yang saya lihat yaitu, guru tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran, melakukan ice breaking.
Kelebihannya :
1. Pendekatan Kreatif : Guru membantu siswa dengan memberikan visual atau alur sederhana membantu memudahkan peserta didik memulai membuat karangan cerita atau narasi.
2. Pemberian Contoh : Guru dapat memberikan contoh atau menceritakan pengalaman bisa memberikan inspirasi dan struktur awal bagi peserta didik.
3. Interaksi dan Bimbingan : Guru tersebut memberikan umpan balik langsung membantu peserta didik memahami kesalahan daan bagaimana memperbaikinya.
Kekurangannya :
1. Penggunaan bahasa yang terlalu kompleks, Guru tersebut menggunakan kata yang sulit dimengerti peserta didik, akibatnya dapat membingungkan dan membuat mereka kurang percaya diri.
2. Kurangnya variasi teknik mengajar. Metode yang digunakan terlalu monoton atau tidak sesuai gaya belajar peserta didik
3. Kurangnya pendekatan personal. Pendekatan guru tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan tiap peserta didik, akibatnya peserta didik kesulitan lebih besar bisa tertinggal.
NAMA: Siska wahyu ningsih
NIM: 856568876
UPBJJ: Jambi
Reaksi siswa dari awal proses pembelajaran siswa tidak siap untuk belajar, tidak fokus serta pembelajaran tidak menarik sehingga anak nampak bosan
Kelemahan guru dalam vidio ini.
Guru tidak memberi salam,doa, apersepsi dan memotivasi siswa untuk belajar, serta guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberi penjelasan tentang apa itu cerita narasi
Upaya yang harus di lakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya adalah meningkatkan peningkatan kemampuan mendengar dg cermat dan fokus sehingga bisa menangkap inti cerita. Melatih pemahaman struktur cerita,mengajarkan siswa tentang struktur cerita yg baik seperti pembukaan, pengembangan kalimat dan penutup, dg cara yg logis dan menarik. Mengasah keterampilan menulis dan menyusun narasi.