Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
NAMA : VIONITA AMELINDA
NIM : 857031962
Hasil analisis:
Dalam video yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” tersebut guru lebih baik memberikan keleluasaan pada siswa untuk membuat cerita atau karangannya sendiri seperti menceritakan kejadian yang pernah dialami atau yang dijumpai di lingkungan siswa.
Adapun kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut yaitu:
– KELEMAHAN
Guru tidak memberikan keleluasaan pada siswa untuk menentukan karangannya sendiri
– KELEBIHAN
a. Guru sudah melakukan interaksi dengan mempublikasikan setiap anak
b. Guru memberi petunjuk atau arahan apa yang harus dilakukan sebelum mulai pelajaran
NAMA : KASDI NIM : 857038388 POKJAR : SIDOMULYO Hasil analisis: dalam video yang berjudul kesulitan menulis karangan cerita/ narasi tersebut guru lebih baik memberikan keleluasaan pada siswa untuk membuat cerita atau karangan sendiri seperti menceritakan kejadian yang pernah dialami atau yang dijumpai di lingkungan siswa. Adapun kelemahan dan kelebihan dalam video tersebut yaitu-kelemahan guru tidak memberikan keleluasaan pada siswa untuk menentukan karangan sendiri – kelebihan a. Guru sudah melakukan interaksi dengan mempublikasikan setiap anak b. Guru memberikan petunjuk atau arahan apa yang harus dilakukan sebelum memulai pelajaran.
Nama : Sakinah Amatullah
NIM. : 856523873
UPBJJ : UT Pekanbaru
Hasil Analisis video terkait kesulitan anak dalam menulis karangan cerita/narasi:
Berdasarkan video tersebut, guru langsung menyampaikan tujuan pembelajaran tanpa melakukan kegiatan pembuka seperti salam serta memberikan motivasi sebelum belajar.
Namun pada saat siswa merasa kesulitan dalam proses membuat karangan, guru langsung memberikan ide-ide baru untuk membantu kesulitan siswa dalam membuat karangan. Sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa, meskipun sebelumnya masih ragu-ragu dan kurang berminat dalam melaksanakan pembelajaran.
Nama : Rapika
Nim : 858080825
Pokja : Mempawah
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru yaitu, ada yang terlihat kebingungan dan kehilangan fokus.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu, tidak memberikan keleluasaan pada siswa untuk menentukan karangannya sendiri.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu,guru sudah melakukan interaksi dengan memperlihatkan setiap anak, dan guru memberi petunjuk atau arahan apa yang harus di lakukan sebelum memulai menulis.
4. Hal unik apa saja yang di temukan dalam vidio tersebut, saat guru melihat ada banyak tulisan makanan di lembar tugas siswanya dan bertanya,dan di jawab oleh temannya sehingga ikut tertawa.
5. Upaya apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, guru sebaiknya memberikan keluesan kepada siswa untuk membuat ceria atau karangannya sendiri seperti, menceritakan kejadian yang pernah dialaminya atau yang pernah mereka jumpai di lingkungan sekitar siswa.
Nama : Eni Juwita zai
Nim : 859882911
* Identifikasi masalah
Dalam video tersebut terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menulis karangan dan merangkai ide karangan
* Penyebab
Siswa kurang memahami dalam mengembangkan ide karangan
* Solusi
Didalam video tersebut seharusnya siswa Di berikan contoh dalam menulis karangan seperti memberi kan gambar sehingga tugas yang diberikan oleh guru dapat Dipahami oleh siswa.
Nama: sastuti pane
Nim: 855865455
izin menanggapi dan menganalisis video pembelajaran di atas terkait kesulitan anak dalam menulis karangan cerita/narasi
1. Identifikasi masalah : peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis karangan cerita
2. Penyebab : Peserta didik belum terbiasa dalam menuliskan perasaan, ide, gagasan kedalam. Benti tulisan berupa karangan. Peserta didik belum memahami kerangka menulis karangan
3. Solusi : memberikan penjelasan kerangka menulis karangan,dan dibantu dengan latihan menulis menggunakan media gambar, baik seri acak atau gambar utuh
4. Masalah yang dipilih : Kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis karangan cerita
5. Penyebab masalah : kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyusun kata menjadi kalimat, kurangnya pemahaman tentang tanda baca
6. Alasan pemilihan masalah : karena menulis karangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan inovatif peserta didik
7. Rencana solusi :
– Peserta didik diberikan latihan-latihan untuk menuangkan ide/gagasan/perasaan mereka
– Membentuk kelompok belajar/diskusi agar peserta didik saling bertukar ide, gagasan dan pendapat
– Menggunakan media gambar/video untuk memancing ide/gagasan peserta didik
– Memberikan penjelasan tentang kerangka menulis karangan.
8. Rumusan masalah : Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi menggunakan media gambar dan metode diskusi ?
9. Tujuan Perbaikan pembelajaran :
Untuk memberikan pemahaman terhadap hasil belajar peserta didik dalam menulis karangan cerita / narasi dengan menggunakan media gambar dan metode diskusi
10. Judul :
Upanya Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IV Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Karangan menggunakan Metode Diskusi dan Media Gambar
Terimakasih.
Nama : Pretty Aprilianty Kaunang
NIM : 858084815
Pokjar / Salut : Musyaahadah Secapah Mempawah
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester : 6
Setelah menonton video tersebut, saya melihat ada beberapa hal yang terjadi, yaitu :
1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada video tentang pembelajaran “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” tersebut yaitu para siswa kurang bersemangat dan tidak berantusias pada awal kegiatan pembelajaran.
2. Dalam pembelajaran tersebut, guru juga kurang memperhatikan kegiatan pembuka pada saat awal pembelajaran, sehingga siswa pada awal pembelajaran menjadi kurang bersemangat.
3. Secara keseluruhan, guru juga memiliki kelebihan dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu guru dapat mengaplikasikan metode pembelajaran yang bervariasi. Dilihat dari alat peraga yang berupa gambar-gambar yang digunakan pada saat pembelajaran.
4. Setelah melihat video tersebut juga, hal unik yang saya temukan dalam pembelajaran tersebut yaitu siswa dapat menjawab dan menyelesaikan soal yang telah diberikan oleh guru.
5. Menurut saya, setelah melihat video tersebut, upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu lebih menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar. Dan pada kegiatan pembuka pelajaran harus dilakukan oleh guru agar suasana di kelas menjadi aman, tentram, asik dan juga dapat mempersiapkan mental, perhatian serta dapat memberikan gambaran tentang apa yang akan dipelajari.
NAMA : UMI HABIBAH
NIM : 859540402
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
– Hasil analisa
Dalam video yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” adalah bagaimana seorang guru mengajarkan kepada peserta didiknya bagaimana membuat sebuah cerita atau narasi tetapi peserta didiknya mengalami kesulitan dalam membuat karangan cerita atau narasi tersebut. Dari video tersebut ada beberapa hal yang saya lihat salah satunya, guru tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek daftar hadir siswa, melakukan ice breaking.
-Reaksi siswa dari awal proses pembelajaran siswa tidak siap untuk belajar, tidak fokus serta pembelajaran tidak menarik sehingga anak nampak bosan.
– Kelebihannya :
1. Pendekatan Kreatif: Guru membantu siswa dengan memberikan visual atau alur sederhana membantu memudahkan peserta didik memulai membuat karangan cerita atau narasi.
2. Pemberian Contoh: Guru dapat memberikan contoh atau menceritakan pengalaman bisa memberikan inspirasi dan struktur awal bagi peserta didik.
3. Interaksi dan Bimbingan: Guru tersebut memberikan umpan balik langsung membantu peserta didik memahami kesalahan daan bagaimana memperbaikinya.
– Kekurangannya :
1. Penggunaan bahasa yang terlalu kompleks, Guru tersebut menggunakan kata yang sulit dimengerti peserta didik, akibatnya dapat membingungkan dan membuat mereka kurang percaya diri.
2. Kurangnya variasi teknik mengajar.
Metode yang digunakan terlalu monoton atau tidak sesuai gaya belajar peserta didik
3. Kurangnya pendekatan personal.
Pendekatan guru tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan tiap peserta didik, akibatnya peserta didik kesulitan lebih besar bisa tertinggal.
NAMA : KRISTINA MANALU
NIM : 859891064
Sikap siswa dari awal proses pembelajaran menunjukkan bahwa mereka tidak siap untuk belajar, tidak fokus untuk mendengarkan pemberlajaran serta pembelajaran tidak menarik sehingga siswa merasa bosan.
Kelemahan: Guru tidak memberi salam,doa, apersepsi dan memotivasi siswa untuk belajar, serta guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberi penjelasan tentang apa itu cerita narasi.
Upaya yang harus di lakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya adalah meningkatkan kemampuan mendengar dengan cermat dan fokus sehingga bisa menangkap inti dari cerita. Melatih pemahaman struktur cerita,mengajarkan siswa tentang struktur cerita yg baik seperti pembukaan, pengembangan kalimat dan penutup, dengan cara yang cukup logis dan menarik.
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi adalah:
Instrumen refleksi sebagai berikut:
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada video pembelajaran “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” tersebut yaitu para siswa kurang bersemangat dan tidak berantusias diawal kegiatan pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Kelemahannya adalah guru kurang memperhatikan kegiatan pembuka pelajaran. Terlihat dari antusiasme siswa diawal pembelajaran yang kurang bersemangat.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu dapat mengaplikasikan metode pembelajaran yang bervariasi, dilihat dari alat peraga berupa gambar-gambar yang digunakan dalam penyampaian mengenai cerita/narasi yang dijelaskan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat Melaksanakan pembelajaran?
Jawab: Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut adalah siswa selalu bisa menjawab dan menyelesaikan tugas yang diberikan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang dapat anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?(digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
Jawab: Upaya yang dapat dilakukan adalah lebih mempersiapkan suasana yang kondusif untuk belajar. Dan kegiatan membuka pelajaran harus dilakukan dengan baik oleh seorang pengajar untuk menciptakan suasana yang dapat mempersiapkan mental, perhatian,dan gambaran tentang apa yang akan dipelajari dan dikuasai siswa sehingga tercipta kondisi awal yang terarah dan dinamis.